5 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Cuka Paling Ampuh

Saat anda mendengar kata “cuka” secara refleks tampilan muka anda akan menjadi kernyitan di dahi karena terbayang rasa asam dari bahan yang satu ini. Cuka yang ada dikenal beberapa macam, namun yang paling populer terdapat dua jenis cuka yaitu cuka putih dan cuka apel yang biasa digunakan sebagai bahan tambahan dalam makanan dan minuman. Manfaat dari keduanya sama yaitu untuk memberikan sentuhan rasa masam pada masakan atau sejenis minuman tertentu. Selain itu, cuka juga sering dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan kesehatan maupun kecantikan. Diantaranya seperti yang berikut ini yakni memakai cuka sebagai bahan untuk menghilangkan ketombe secara alami. (baca juga:  Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Lidah BuayaCara Menghilangkan Flek Hitam di Pipi)

Ketombe yang disebabkan adanya jamur di kulit kepala tentu sangat mengganggu aktifitas anda. Cuka ternyata diyakini dapat membunuh jamur yang mengakibatkan sel kulit mati beralih menjadi ketombe. Selain itu cuka dapat mengurangi rasa gatal yang ada pada kulit kepala anda. Sebelum menyimak lebih lanjut penggunaan cuka sebagai obat pembasmi ketombe berikut ini akan dijelaskan perbedaan dua jenis cuka yang populer di masyarakat. (baca juga: Cara Menghilangkan Uban Dengan Kulit KentangCC Cream Untuk Kulit Berminyak)

  • Cuka apel, adalah cuka yang terbuat dari bahan alami atau kimia dasar. Bahan alami yang dimaksud contohnya adalah apel, anggur, kulit pisang, jagung, gandum dan sebagainya yang mengandung lebih dari 9% gula dan dapat dikonversi menjadi cuka.
  • Cuka putih, adalah cuka yang dibuat dari penyulingan alkohol dengan 5% tingkat keasaman.

(Baca Juga: Bahaya Cuka untuk Rambut , Manfaat Cuka Untuk Rambut)

Ketombe memang dapat muncul pada usia berapapun. Berbagai masalah yang diakibatkan adanya ketombe selain mengganggu penampilan adalah rasa gatal yang selalu datang. Pada tahap paling parah mengakibatkan sakit kepala bagi penderitanya. Dua jenis cuka tersebut dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe apabila shampo anti ketombe anda tidak mampu mengatasi permasalahan ini. Berikut caranya.

Artikel terkait: Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Minyak ZaitunLem Bulu Mata Yang Bagus

  1. Cuka Putih dan Minyak Kelapa

Ketombe yang seringkali mneganggu aktifitas anda dapat dihilangkan dengan bahan seperti minyak kelapa. Minyak kelapa akan menjaga kelembaban kulit kepala sehingga sel luar tetap dalam kondisi yang prima meskipun terkena sinar matahari alias tidak kering. (Baca Juga: Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut , Manfaat Minyak Kelapa untuk Alis )

Bahan dan cara pemakaiannya:

  • Sediakan 5 sdm cuka putih dan 3sdm minyak kelapa, jumlahnya sesuaikan dengan rambut anda. Artinya, jika rambut anda panjang dan lepat, jumlah dapat ditambahkan.
  • Campurkan kedua bahan dan gosokan pada rambut serta kulit kepala secara merata.
  • Pijat perlahan kulit kepala anda dan tunggu hingga setengah jam
  • Bilas dengan air hangat kemudian air dingin hingga bersih.

(Baca juga: Manfaat Air Hangat Untuk Wajah , Manfaat Air Cleo Untuk Wajah)

  1. Cuka dan Jeruk nipis

Larutan cuka yang berikutnya menggunakan jeruk nipis sebagai kolaborasi. Jeruk nipis mengandung kadar vitamin C tinggi yang dapat membantu membunuh kuman penyebab ketombe. Penggunaan larutan ini secara teratur pada rambut dan kulit kepala akan menjadikan kulit kepala anda selalu sehat bebas keringat. Akan tetapi anda harus berhati-hati jika terdapat luka di kulit kepala anda karena larutan akan terasa sedikit perih saat mengenai luka tersebut. (baca juga: Kondisioner Untuk Rambut KeritingBB Cream Untuk Kulit Sawo Matang)

Bahan dan cara pemakaiannya:

  • Sediakan 5 sdm cuka putih dan air perasan jeruk nipis dari 3 buah jeruk nipis ukuran sedang.
  • Oleskan terlebih dulu perasan jeruk nipis pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat perlahan.
  • Tunggu 5 menit kemudian untuk mengoleskan larutan cuka putih pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama satu jam sebelum keramas.
  • Bilas dengan air dingin hingga bersih, lalu keramaslah seperti biasa.
  1. Cuka dan Air Garam

Air garam diyakini dapat menjadi pengusir ketombe secara alami. bahan ini mudah didapat dan pastinya lebih murah dibandingkan dengan harus pergi ke salon untuk melakukan perawatan. Campuran air garam dan cuka akan menghasilkan rambut yang bebas dari ketombe serta segar dan selalu bersih pada kulit kepala jika dilakukan secara teratur. (baca juga: Eyeshadow Matte Yang BagusCara Membuat Lulur Kefir)

Bahan dan cara pemakaiannya:

  • Sediakan 7 sdm cuka dan larutan garam dari 1 gelas air yang dicampur dengan 3 sdm garam dapur.
  • Campurkan kedua larutan tersebut dan basuh pada rambut anda.
  • Diamkan selama 15 menit sambil lakukan pemijatan secara perlahan
  • Bilas dengan air dingin hingga bersih lalu optimalkan dengan keramas menggunakan shampo

(Baca Juga: Manfaat Air Garam Untuk Kulit , Manfaat Air Garam Untuk Wajah)

  1. Cuka dan Santan

Santan memiliki kandungan pelembab yang setara dengan minyak kelapa. Kandungan ini akan membuat kulit kepala anda terjaga kelembabannya dan selalu sehat. Pasalnya, penggunaan santan juga dipercaya berkhasiat untuk mengurangi adana ketombe yang menempel di rambut anda. Selain lambut bebas dari ketombe, larutan ini dapat membuat rambut anda senantiasa berkilau alami dan semakin hitam. (baca juga: Manfaat Celak MataCara Membuat Masker Belerang)

Bahan dan cara pemakaiannya:

  • Sediakan cuka sebanyak 5 sdm, bergantung pada rambut anda.
  • Sediakan santan dari satu butir kelapa, sekitar 100 ml.
  • Basuh rambut anda menggunakan larutan cuka terlebih dulu
  • Kemudian setelah itu oleskan juga larutan santan pada rambut anda, sambil dipijat perlahan
  • Bilas dengan air hangat serta air dingin pada bilasan terakhir.
  1. Cuka dan Lidah Buaya

Sudah menjadi tradisi bila bahan alami lidah buaya memiliki manfaat yang cukup besar bagi rambut dan kulit kepala. Jadi, anda yang ingin mengobati ketombe dengan bahan ini pun tidak perlu ragu. Lidah buaya dapat menghilangkan ketombe dan rasa gatal yang mengganggu kulit kepala anda sekaligus merawat kesuburan rambut dan membuat rambut lebih hitam.

Bahan dan cara pemakaiannya:

  • Sediakan 2 buah lidah buaya ukuran sedang, kupas dan cuci bersih
  • Tumbuk daging lidah buaya kemudian tambahkan 2 sdm cuka
  • Haluskan keduanya hingga membentuk pasta
  • Gunakan masker tersebut untuk dioleskan pada rambut serta kulit kepala
  • Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih.

Baca juga:

Beberapa cara menghilangkan ketombe diatas dapat dilakukan minimal sekali dalam seminggu. Bagi anda yang alergi terhadap cuka, anda dapat menggunakan kadar cuka yang diminimalkan dengan cara dicampur air terlebih dulu. Hasil yang optimal untuk menghilangkan ketombe adalah dengan cara mengaplikasikan perawatan diatas selama dua bulan. Setelah itu anda dapat mengimbanginya dengan perawatan lain seperti penggunaan hair tonic ataupun kondisioner untuk menjaga kesehatan rambut dan mencegah ketombe datang kembali. (Baca Juga: Manfaat Hair Tonic , Cara Merawat Rambut Mengembang)

Demikian artikel mengenai cara menghilangkan ketombe dengan cuka, semoga bermanfaat ya!