3 Cara Membuat Lulur Kefir di Rumah

Kefir adalah minuman yang terbuat dari susu yang melalui proses fermentasi. Susu yang dibuat kefir biasanya susu sapi, kambing, air atau santan kelapa. Pembuatan kefir dilakukan dengan cara memasukkan butiran kefir ke dalam susu sapi, kambing atau domba. Kefir tradisional dibuat di dalam tas kulit kambing dan ditaruh di pintu, sehingga ketika ada yang membuka pintu tersebut maka kefir dan susu akan tercampur karena teraduk – aduk dengan sendirinya. Mirip dengan yogurt dan minuman sejenis lainnya, akan tetapi kefir mengandung beberapa bakteri baik yang tidak ada pada yogurt.

Apabila pada yogurt hanya terdiri dari beberapa mikroba, kefir dapat mengandung lebih dari 60 jenis mikroflora atau bekteri yang menguntungkan. Beberapa orang ada yang menyebut kefir sebagai yogurt super. Di barat, kefir bahkan disebut ‘Champagne of Yoghurt‘ atau ‘yoghurt for life’. Kefir telah dikonsumsi oleh masyarakat di Pegunungan Kaukasus selama berabad – abad. Kefir lebih mudah dicerna karena ukuran dadihnya lebih halus daripada yogurt, karena itu kefir juga lebih cair daripada yogurt.

Asal Mula Nama Kefir

Kefir berasal dari bahasa Turki ke’if yang berarti enak, atau keadaan dan kondisi yang baik. Selain itu, dalam Al Qur’an surat Al-Insaan ayat 5, disebutkan bahwa orang – orang yang berbuat kebaikan minum dari gelas berisi air kafur (kafuura), yaitu nama mata air di surga yang airnya berwarna putih, baunya harum dan rasanya lezat. Biji kefir asalnya diberikan oleh Nabi Muhammad kepada masyarakat di pegunungan Kaukasus beribu tahun yang lalu.

Macam – macam Kefir

Kefir memiliki beberapa varian yang bisa ditemukan berdasarkan bahan pembuatnya yaitu:

  • Kefir Prima

Beraroma asam sedang, kefir ini rasanya dapat diterima oleh sebagian besar orang sehingga dapat disajikan sebagai minuman yang menyegarkan. Gizi paling lengkap bisa ditemukan pada kefir macam ini. Dibuat dengan menggunakan Kefir Grains, kefir jenis ini dapat dijadikan bibit praktis karena merupakan turunan pertama. Pada proses fermentasi, terjadi pemisahan antara bagian bening atau whey dan bagian kentalnya atau curd. Bagian putih yang berada paling atas dari wadah fermentasi inilah yang disebut kefir prima. Bagian yang bening dipisahkan menjadi kefir bening. Kefir prima ini paling baik untuk menanggulangi masalah pencernaan, menjaga kondisi liver, diet bagi penderita diabetes, dan menjaga kebugaran tubuh.

  • Kefir Bening

Kefir jenis ini terbentuk dari kefir bening atau whey yang terbentuk saat proses pembuatan kefir prima. Di Indonesia, kefir ini terkenal sebagai obat untuk diabetes, karena kefir bening ini adalah minuman isotonik dengan kualitas yang super disebabkan komposisinya yang paling sesuai dengan cairan tubuh manusia pada umumnya. Kefir bening juga bisa berfungsi sebagai insulin bagi para penderita diabetes, dan juga sangat baik untuk mengatasi dehidrasi, keringat berlebih, juga dapat digunakan sebagai pengganti oralit.

  • Kefir Medika

Efek pengobatan yang kuat, aroma dan rasa yang tajam adalah karakteristik dari kefir medika. Bila Anda mengkonsumsi kefir ini, sebaiknya diikuti dengan konsumsi makanan berserat. Kefir ini mempunyai efek antibiotika yang kuat karena itu sering digunakan untuk pengobatan penyakit tuberkulosis, hepatitis, demam berdarah, herpes dan sebagainya. Ekstrak kefir medika digunakan sebagai bahan untuk pembuatan obat luar seperti sengatan matahari, dan beberapa jenis infeksi kulit seperti eksim, kutu air dan lainnya. Selain itu, juga digunakan sebagai bahan dasar dan campuran untuk pembuatan beberapa kosmetika seperti pembersih, foundation, dan lain – lain.

  • Kefir Soya

Terbuat dari sekitar 50 persen sampai 70 persen susu kedelai dan 30 persen sampai 50 persen serta mengandung lecithin yaitu senyawa yang gunanya dapat memperbaiki kondisi pembuluh darah koroner di jantung. Karena itu jenis kefir ini juga direkomendasikan untuk seluruh penderita diabetes, darah tinggi dan penyakit kolesterol.

  • Kefir Optima

Hasil fermentasi susu yang menggunakan kefir prima sebagai starter adalah kefir optima. Bagian kefir beningnya tidak dipisahkan dari bagian curd. Tidak memerlukan peralatan yang rumit dalam pembuatannya karena itu kefir ini sangat praktis untuk dibuat sendiri, yaitu dengan mencampurkan satu bagian kefir prima dengan tujuh sampai 10 bagian susu murni. Kefir optima akan terbentuk dalam waktu 2×24 jam.

  • Kefir Kolostrum

Kefir jenis ini dibuat dari perahan susu sapi yang baru melahirkan tidak lebih dari 16 jam sejak melahirkan, yaitu perahan pertama dan kedua. Daya pengobatan paling tinggi ada pada kefir kolostrum ini yaitu untuk penyembuhan penyakit berat seperti kanker, bayi prematur, stroke, dan lain – lain.

  • Kefir Susu Kambing/Goat

Kefir ini dibuat dari fermentasi susu kambing Etawa dengan bibit yang digunakan yaitu kefir Grains. Hasil kefir susu kambing berupa cairan yang tidak terpisah antara bagian kefir bening dengan curd. Khasiatnya diyakini lebih baik daripada kefir yang berasal dari susu sapi, namun karena itu pula harganya menjadi lebih mahal.

Cara Membuat Lulur dari Kefir

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kefir juga mengandung Asam Alfa Hidroksil atau AHA. Fungsi AHA untuk kulit yang terkandung dalam kefir masih sangat alami karena tidak tercampur dengan bahan kimia. Salah satu tips membuat kulit putih adalah dengan menggunakan produk pemutih badan, atau cara memutihkan badan secara alami dengan menggunakan bahan alami antara lain seperti manfaat kopi untuk kulit dan juga manfaat memakai masker bengkoang setiap hari untuk kulit wajah yang putih alami. Cara membuat lulur kefir sendiri di rumah yaitu:

1. Lulur Kefir Beras Jepang

Beras jepang terkenal dengan teksturnya yang sangat pulen dan lengket,  sehingga bisa diambil menggunakan sumpit. Kadar amilosa dalam beras jepang lebih sedikit daripada beras indonesia, karena itulah butirannya lebih lengket juga. Bulir berasnya berbentuk pendek dan cenderung bulat, disebut juga dengan short grain rice.

Alat yang akan dipakai

  • Satu lembar kain katun bersih
  • Satu buah karet gelang
  • Satu buah gelas ukur volume satu liter
  • Blender tangan
  • Wadah bersih untuk menampung hasil pembuatan

Bahan – bahan yang diperlukan

Cara Pembuatan:

  • Cuci bersih beras jepang terlebih dulu
  • Kemudian rendam dengan air panas kurang lebih selama dua jam
  • Gunakan blender tangan atau hand blender, lalu blender sampai halus.
  • Taruh kain katun di atas mulut gelas ukur dan ikat agar tidak lepas.
  • Tuangkan beras jepang yang sudah diblender ke atas kain, saring dengan cara mengaduknya diatas kain
  • Pindahkan beras yang sudah halus ke dalam sebuah wadah bertutup.
  • Tuangkan 200 ml kefir ke atas kain yang tadi dipakai menyaring beras.
  • Saring dengan diaduk di atas kain sampai whey turun ke bawah.
  • Campurkan kefir cream dengan beras jepang halus tadi
  • Tambahkan minyak zaitun, virgin coconut  oil, madu putih dan himalayan salt
  • Aduk semua campuran sampai merata, lalu lulur kefir siap digunakan.

2. Lulur Kefir Witch Hazel

Mungkin Anda merasa masih asing dengan nama tanaman Witch Hazel ini. Witch Hazel yaitu tanaman yang berasal dari Amerika Utara dan memiliki banyak khasiat untuk perawatan kulit. Daun, kulit pohon dan sebagian rantingnya digunakan untuk kecantikan melalui proses destilasi untuk memperoeh ekstraknya.

Bahan:

Cara Pembuatan:

  • Campurkan dua sendok makan mentega yang dilelehkan dengan dua sendok makan minyak zaitun.
  • Biarkan selama satu jam.
  • Tambahkan satu sendok makan cuka apel, jus dari tiga buah aprikot, setengah cup susu kefir, dan dua sendok makan witch hazel (hamamelis virginiana).
  • Tambahkan dua butir telur yang dikocok lebih dulu dan dua pertiga cup susu. Selain manfaatnya untuk kulit wajah dan tubuh, ada juga manfaat telur untuk rambut yang dapat digunakan untuk membuat rambut semakin sehat berkilau.
  • Hanya satu cup yang diperlukan untuk setiap pemakaian, sisanya dapat disimpan dalam botol tertutup di lemari es. Kefir yang digunakan dapat berupa macam atau jenis kefir yang mana saja, semuanya dapat memberikan manfaat yang sama.

3. Lulur Kefir Garam Epsom dan Himalayan Salt

Manfaat garam untuk kulit dapat ditemukan dari penggunaan garam epsom dan himalayan salt. Garam epsom adalah senyawa kimia yang memiliki nama lain Magnesium Sulfat. Garam epsom bermanfaat untuk membantu penyerapan magnesium dan sulfat oleh tubuh yang tidak mudah diserap melalui makanan. Sedangkan himalayan salt adalah garam yang dipanen di kaki bukit daerah pegunungan himalaya. Garam ini lebih mahal dari garam biasa namun juga dianggap lebih murni dan sehat. Bahan – bahan apa saja lainnya yang digunakan dan cara pembuatannya yaitu:

  • Satu cup garam epsom
  • Setengah cup butiran pink himalayan salt
  • Satu sendok makan air butiran kefir
  • Satu sendok makan minyak kelapa
  • Campur semua bahan menjadi satu, tambahkan minyak esensial bila perlu. Minyak esensial yang dianjurkan untuk digunakan yaitu minyak lavender dan chamomile, frankincense dan vanilla, mandarin, rosemary dan black pepper, peppermint dan lemon, jahe dan lemon, serta beragam minyak lainnya.
  • Jika untuk digunakan bagi wanita hamil, menyusui dan anak – anak, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan ahlinya untuk menentukan minyak yang tepat.

Selain lulur kefir, masih banyak lagi lulur buatan sendiri yang sama khasiaatnya bagi kecantikan wanita, terutama bagi perawatan kulit. Lulur yang bisa dibuat sendiri di rumah sangat beragam cara pembuatannya. Ada cara membuat lulur susu yang mudah, cara membuat lulur kopi, cara membuat lulur bengkoang, dan cara membuat lulur kunyit. Selain itu juga ada manfaat wortel untuk kulit sebagai cara memutihkan kulit secara alami. Lulur kefir juga dapat menjadi jenis perawatan yang sesuai untuk mempercantik kulit Anda. Bila semua alat dan bahan dapat terkumpul, maka Anda tidak akan kesulitan jika ingin mencoba membuat lulur kefir untuk perawatan kulit Anda. Hanya saja, pastikan bahwa kefir yang digunakan adalah produk yang asli demi menjamin keamanan penggunaannya.