18 Shampo yang Cocok Untuk Rambut Kering dan Rusak

Kondisi yang kering tampak sangat tidak menunjang penampilan rambut kita. Siapakah orangnya yang mau memiliki rambut kering? Sepertinya tidak ada, apalagi kaum wanita yang selalu ingin penampilannya sempurna dari ujung rambut sampai ke ujung kaki. Rambut yang kering membuat mimpi sebagian besar wanita tentang memiliki rambut yang bervolume, berkilau dan hitam menjadi hanya sebatas mimpi.

Sebabnya karena merawat rambut yang kering memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit untuk mengembalikan kondisi rambut yang sudah terlanjur rusak tersebut. Hal ini harus dilakukan dengan serius, karena rambut yang kering pada akhirnya akan berujung pada kondisi rambut yang rusak seperti bercabang, rontok dan patah.

Penyebab Rambut Kering

Rambut yang kering merupakan hasil dari serangkaian kejadian atau kebiasaan yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi rambut menjadi kering dan rusak. Penyebab paling utama dari rambut kering adalah ketika kulit kepala tidak memproduksi cukup minyak untuk melembabkan rambut, atau rambut tidak mampu mempertahankan kelembaban lebih lama. Berbagai penyebab lain yang turut menyumbang kepada kondisi rambut kering dan rusak yaitu:

  • Terlalu sering mencuci rambut
  • Menggunakan shampo yang berbahan keras
  • Terlalu banyak menggunakan produk rambut berbahan alkohol
  • Terlalu sering menggunakan hair dryer
  • Terlalu sering menggunakan panas untuk menata rambut seperti alat catok dan pelurus rambut
  • Rambut sering terkena panas matahari, angin dan udara kering.
  • Banyak menggunakan bahan kimia seperti cat rambut, rebonding, smoothing dan berbagai  jenis perawatan rambut di salon lainnya.

Jika tidak ingin rambut indah menjadi hanya sekedar impian, masalah yang menjadi penyebab rambut kering harus segera diatasi dengan efektif, dan dengan perawatan yang intensif serta telaten yang bisa dilakukan. Perawatan yang bisa mulai dilakukan dan paling mudah dilakukan sehari – hari yaitu antara lain dengan menggunakan shampo yang khusus dibuat untuk rambut kering.

Merk Shampo untuk Rambut Kering

Saat ini di pasaran telah tersedia banyak sekali merk shampo yang diklaim dapat memperbaiki masalah rambut yang kering tersebut. Inilah beberapa merk shampo mulai dari lokal hingga premium yang bisa dipilih untuk mengatasi masalah rambut kering tersebut:

1. Sunsilk Nourishing Soft & Smooth

Varian shampo dari sunsilk ini bisa menjadi cara membuat rambut lembut dengan segera. Formulanya yang ringan dan tidak lengket di rambut mengandung lima ekstrak minyak alami yang sangat cocok untuk perawatan rambut kering dengan menciptakan lapisan yang melindungi setiap helai rambut dari kekeringan. Untuk mengatasi rambut kasar secara alami, cobalah manfaat susu untuk rambut sesekali.

2. Dove Norishing Oil Care Shampoo

Rambut yang sebelumnya kusam dan kasar karena kering akan terlihat lebih halus dengan menggunakan produk ini. Dove membantu rambut Anda tetap ternutrisi dengan baik sehingga terhindar dari masalah rambut kering. Memakai shampo ini akan menjadi cara merawat rambut agar tidak kering.

3. L’oreal Paris Smooth Intense Caring Shampoo

Menggunakan shampo ini selain bisa mengatasi masalah rambut kering, juga dapat menjadi cara melembutkan rambut dengan cepat. Formulanya yang berupa thermo protect agent akan memberi perlindungan dari efek kelembaban, dengan begitu. rambut juga akan tetap lembut. Selain itu shampo ini juga diklaim dapat menjadi cara mengatasi rambut kusut selama 48 jam penuh dan dapat menjadi cara menghaluskan rambut empat kali lipat dibandingkan shampo lain.

4. Mane N Tail Deep Moisturizing Shampoo

Walaupun bergambar kuda, shampo ini bukan shampo yang khusus digunakan untuk kuda. Merk ini memiliki produk yang khusus dibuat untuk rambut kering, selain itu shampo ini juga bisa menjadi cara mengatasi rambut agar tidak rontok, cara menebalkan rambut secara alami, dan memberi nutrisi pada rambut sehingga dapat meminimalkan akibat rambut rontok karena kering dan rusak.

5. Tresemme Keratin Smooth Shampoo

Rambut kering bisa juga disebabkan oleh hila ngnya protein pada kutikula rambut. Shampo untuk rambut kering dari Tresemme ini dapat mengembalikan protein yang hilang tersebut. Dibuat untuk rambut yang kering dan kaku, shampo ini bisa dipakai setiap hari karena formulanya yang lembut. Selain itu, shampo ini juga bisa dipakai untuk perawatan rambut berwarna karena mengandung lower sulfate yang cocok untuk rambut yang diwarnai.

6. Sunsilk Damaged Hair Treatment Shampoo

Shampo dari sunsilk ini dirancang bersama dengan Thomas Taw yaitu seorang pakar rambut kering dan rusak dari London. Mengandung Olive Serum Nutri Complex, shampoo ini dapat melindungi rambut dari kekeringan dan kerusakan dengan tetap halus agar tidak kehilangan kelembaban alaminya. Shampo yang dibuat dengan kemasan orange ini juga dapat mengatasi penyebab rambut bercabang, dan dengan demikian juga bisa menjadi cara mengatasi rambut bercabang dan cara merawat rambut bercabang. Hasil yang lebih maksimal bisa didapatkan dengan pemakaian kondisionernya secara bersamaan.

7. Tresemme Deep Repair Shampoo

Rambut yang kering biasanya juga menjadi mudah patah dan rusak. Tresemme deep repair adalah varian shampo yang dibuat untuk mengurangi dan mengatasi masalah tersebut dengan memberikan kelembaban pada rambut, sehingga jika digunakan secara rutin akan membuat rambut halus dan lembut. Mengurangi rambut patah sebanyak 80% dengan kandungan berupa gelatin dan vitamin B12.

8. Ichikami Smooth Care Shampoo

Rambut yang kering juga dapat membuat rambut tampak mengembang dan megar seperti rambut singa ketika kondisi rambut sedang dalam keadaan paling kering. Shampo ichikami dapat menjadi cara merawat rambut agar tidak mengembang berlebihan dan cara mengatasi rambut mengembang.

9. Furatasse Moist Shampoo

Rangkaian perawatan rambut premium dari Furatasse ini dapat memperbaiki setiap helaian rambut yang kering, rusak dan bercabang menjadi sehat dan kembali menunjukkan keindahan alaminya. Shampo ini mengandung pelembab yang menjaga kelembaban rambut yang bisa bertahan sepanjang hari dan cocok untuk kulit kepala yang normal. Bisa dipakai setiap hari dan menghasilkan rambut yang ringan dan lembut.

10. L’Occitane Body and Strength Shampoo

Kombinasi lima macam essential oil dan asam amino yang dapat membantu kesehatan rambut membuat shampo ini cocok bagi rambut kering. Formula aslinya memang diperuntukkan bagi rambut rontok, namun dengan kandungan minyak esensial didalamnya, shampo dari L’Occitane juga dapat digunakan bagi rambut kering dan rusak.

11. Sariayu Shampoo Wortel

Manfaat wortel untuk kulit yang beragam kerap kali digunakan sebagai bahan perawatan kulit wajah dan tubuh. Wortel juga dapat digunakan sebagai bahan yang dapat mencegah rambut menjadi semakin kering dan rusak. Kandungan wortel , karoten amino acid, dan vitamin A dalam shampo dari Sariayu dapat menjadi salah satu solusi bagi rambut yang kering, sehingga rambut tidak menjadi bercabang dan rontok dengan menguatkan akar rambut.

12. Herbal Essences Touchable Moisture Shampoo

Kandungan pelembab yang sangat melimpah dalam shampo ini sangat cocok untuk rambut kering, karena akan memberikan kelembaban ekstra pada rambut yang kering tersebut. Bila digunakan pada rambut normal, efeknya akan menjaga kelembaban rambut sepanjang hari. Produk ini juga dapat digunakan sebagai sampo untuk rambut berminyak yang dapat menjadi cara mengatasi rambut berminyak dan penyebab rambut berminyak dengan menyeimbangkan kadar kelembaban rambut.

13. Rejoice Shampoo Soft and Smooth

Akibat dari rambut yang kering adalah teksturnya yang akan terasa kasar dan sulit diatur. Rajoice shampoo dapat mengatasi masalah rambut kering dan sulit diatur tersebut dengan menggunakan manfaat pepaya untuk rambut. Selain itu juga dapat mengatasi penyebab kulit kepala gatal atau penyebab rambut gatal dan menghilangkan ketombe. Rambut akan menjadi lebih lembut, halus dan mudah diatur dalam 12 jam.

14. Pantene Daily Moisture Shampoo

Shampo ini akan membersihkan rambut sambil menjaga agar rambut tetap bersih dan berkilau, memperbaiki kerusakan rambut sekaligus juga melindungi helai – helai rambut dengan mencegah rambut mengalami kerusakan lagi di kemudian hari. Memberi kelembaban pada rambut secara mendalam dan juga mencegah rambut menjadi bercabang.

15. Shiseido The Hair Aqua Intensive Shampoo

Rangkaian perawatan untuk rambut kering dari Shiseido ini difokuskan kepada hilangnya kelembaban dari dalam rambut. Rambut kering dapat dicegah dengan efektif menggunakan teknologi Aqua Mimic yang mengandung ekstrak Royal Jelly, Sodium Chondroitin Sulfate, dan wangi yang menyegarkan dari ekstrak bunga June Bride. Shampo ini membuang kotoran dari rambut dan kulit kepala secara selektif tanpa menghilangkan kelembabannya.

16. Shiseido Extra Moist Shampoo

Sebagai produsen dari produk – produk perawatan kecantikan yang premium, Shiseido kembali mengeluarkan varian shampo yang bertujuan untuk merawat rambut kering serta rambut yang sulit diatur. Dalam kemasan botol berwarna merah ini, kandungan utamanya adalah Tsubaki Koji yang dapat melembutkan dan melembabkan rambut serta kulit kepala. Lalu ada Hyaluronic Acid yang juga dapat memberi efek melembabkan, dan minyak bunga Camelia yang memberi kilau pada rambut.

17. Makarizo Texture Experience Shampoo Vanilla Milk

Shampo ini merupakan bagian dari rangkaian perawatan Makarizo Texture Experience yang mengandung nutrisi alami terbaik untuk rambut. Setiap varian memiliki aroma khas yang bertujuan untuk memberikan efek relaksasi kepada pemakainya. Kandungan protein dalam susu akan terserap sempurna ke dalam rambut, sehingga membuat rambut terlihat berkilau alami. Bagi Anda yang memiliki masalah rambut kering, Vanilla Milk sangat cocok sebab dapat melembabkan rambut dan mempertahankan elastisitas rambut sehingga tidak mudah patah dan rontok.

18. Makarizo Hair Energy Fibertherapy Shampoo Kiwi Extract

Salah satu seri perawatan rambut dari makarizo yang bertujuan untuk membuat rambut lebih kuat, menutrisinya dan membuatnya berkilau secara alami. Varian Kiwi Extract yang akan menghidrasi rambut dan berfungsi sebagai antioksidan sebenarnya ditujukan untuk rambut yang diwarnai dan diproses dengan bahan kimia, namun juga bisa digunakan untuk rambut yang kering karena biasanya efek – efek dari perawatan tersebut adalah kekeringan pada rambut.

Solusi Sehari – hari untuk Rambut Kering 

Selain menggunakan shampo yang tepat untuk mencuci rambut yang kering, ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan sehari – hari untuk mencegah dan mengatasi rambut kering:

  • Kurangi frekuensi mencuci rambut. Biasakan untuk mencuci rambut setiap dua atau tiga hari sekali jika memiliki rambut yang sangat kering, gunanya agar kelembaban rambut tidak menghilang jika sering dikeramas.
  • Gunakan produk rambut yang tidak menggunakan alkohol yang bisa membuat rambut makin kering.
  • Gunakan kondisioner yang melembabkan setelah keramas untuk membantu kutikula mempertahankan minyak alami rambut.
  • Pijat kulit kepala dengan menggunakan minyak alami untuk merangsang terbentuknya kelembaban rambut.
  • Hindari terlalu banyak menggunakan bahan kimia untuk merawat rambut.

Shampo memang bukan satu – satunya cara untuk mengatasi rambut yang kering, akan tetapi dapat menjadi cara yang paling mudah untuk digunakan sehari – hari. Terlebih lagi jika seseorang tidak mempunyai banyak waktu untuk merawat rambutnya dengan seksama. Jika Anda telah menemukan shampo yang cocok untuk rambut kering Anda dari beberapa rekomendasi di atas, maka lengkapi perawatan rambut Anda yang kering dengan melakukan langkah – langkah lainnya agar rambut bisa cepat pulih serta sehat kembali.