15 Cara Menebalkan Rambut Secara Alami Paling Efektif

Rambut yang tipis atau mudah rontok menjadi masalah besar bagi sebagian orang karena hal ini kemudian menjadi hal yang menurunkan kepercayaan diri. Faktor genetik adalah salah satu pemicunya tapi juga bisa dikarenakan hal-hal lain lagi, seperti kekurangan gizi. Infeksi oleh jamur atau bakteri juga dapat membuat rambut lebih mudah rontok.

Agak mengganggu juga memang kalau rasa percaya diri harus turun ketika rambut kita tak setebal dan sebanyak milik orang lain. Tipisnya rambut menjadi kendala dalam sebuah penampilan di mana hal ini menjadikannya kurang maksimal. Jadi, simak sejumlah cara menebalkan rambut secara alami di bawah ini agar Anda bisa mendapatkan rambut lebat sempurna.

(Baca juga: cara mengatasi rambut rontok dan kering)

1. Memijat Leher

Diketahui bahwa dengan memijat leher, rambut bakal dapat dipertebal secara alami. Ini dikarenakan pijatan pada leher akan membuat peredaran darah lebih lancar menuju ke kepala sehingga pertumbuhan rambut bakal lebih terstimulasi. Rambut bakal lebih kelihatan menebal ketika Anda memijat secara rutin dan perlu dilakukan oleh yang sudah ahli.

2. Menghindari Stres

Rambut tipis dan stres sebetulnya tidaklah jauh berbeda karena stres juga berpengaruh besar terhadap pertumbuhan rambut seseorang. Memang hal ini belumlah dibenarkan oleh hasil studi manapun, tapi Anda pasti pernah melihat betapa orang yang terlalu kebanyakan berpikir, rambut yang dimiliki pun sangat tipis. Jadi, kelolalah stres dengan baik supaya tak berimbas buruk bagi kesehatan tubuh maupun kulit kepala.

(Baca juga: cara mengatasi rambut agar tidak rontok)

3. Memilih Sampo yang Benar

Rambut tebal juga tergantung pada sampo yang Anda gunakan. Produk sampo kebanyakan tentunya mempunyai kandungan bahan-bahan keras yang benar-benar bisa terkadang malah merusak rambut. Salah menggunakan sampo bisa berakibat fatal dan malah mengalami kebotakan, jadi selalu pilih sampo tepat yang bisa merangsang pertumbuhan rambut dan tidak berbahaya bagi rambut.

4. Menggunakan Telur

Bila menginginkan cara alami menebalkan rambut tipis, Anda bisa menggunakan telur sebagai bahan yang ampuh. Kandungan protein di dalam telur sangatlah tinggi sehingga inilah yang membuat rambut semakin kuat dan lebat.

  • Cara 1: Campurkan saja minyak rambut pilihan Anda sebanyak 1 sendok makan bersama dengan 1 kuning telur serta sesendok makan air. Campuran ini bisa Anda gunakan untuk dioles ke kulit kepala dan memijat kulit kepala sampai rata. Melakukannya sekali seminggu bisa membuat rambut lebih tebal secara efektif.
  • Cara 2: Untuk alternatifnya, Anda bisa coba menggunakan 1 atau 2 butir telur lalu terapkan telur ini ke rambut yang sudah Anda basahi lebih dulu. Setelah diaplikasikan secara merata, kira-kira setelah setengah jam Anda dapat membilas dan mengeramasinya untuk menghilangkan bau amis mengganggu. Seminggu sekali atau 2 kali adalah perawatan rambut yang lebih disarankan.

(Baca juga: manfaat telur untuk rambut)

5. Memakai Minyak Jarak

Minyak jarak juga adalah bahan yang dapat diandalkan untuk cara menebalkan rambut secara alami karena vitamin E serta asam lemaknya sangat tinggi. Kedua kandungan tersebutlah yang bisa Anda gunakan untuk menumbuhkan rambut secara alami. Bahkan rambut juga bakal dicegah dari masalah kerontokan.

  • Caranya: Minyak jarak dapat Anda hangatkan lebih dulu bersama dengan minyak kelapa, tapi boleh juga menggunakan minyak jarak saja, tapi efeknya bakal terlalu kental. Oles ke kulit kepala sambil memijat menggunakan gerakan memutar. Rambut kemudian bisa disisir supaya minyak dapat merata ke seluruh rambut, lalu tutup dengan handuk basah oleh air hangat. Setelah 1 jam, keramasilah sampai bersih.

6. Menggunakan Minyak Zaitun

Untuk pertumbuhan rambut maksimal, minyak zaitun pun juga sangat baik karena tak hanya menumbuhkan saja fungsinya. Rambut yang gampang rontok akarnya akan diperkuat oleh minyak ini. Selain itu, Anda juga bakal mendapatkan rambut lembut yang oke.

  • Cara 1: Oleskan minyak zaitun ke kulit kepala Anda sambil dipijat-pijat lembut dan pastikan bahwa minyak ini sudah dihangatkan lebih dulu. Setelah itu diamkanlah sekitar 45 menit maksimal dan Anda dapat mencuci rambut secara menyeluruh dengan sampo yang berbahan ringan. Atau, Anda juga bisa memakainya setiap malam sehingga Anda meninggalkannya semalaman sebelum dikeramasi esok paginya.
  • Cara 2: Minyak zaitun secukupnya bisa Anda ambil, tergantung seberapa panjang rambut Anda. Campurlah bersama madu dan kemudian Anda dapat menerapkannya ke seluruh rambut Anda. Tunggulah selama setengah jam, baru Anda bisa mengeramasinya sesudah itu. Apapun cara yang Anda pilih, perawatan seminggu 2 kali saja sudah sangat baik.

(Baca juga: manfaat minyak zaitun untuk rambut anak)

7. Memakai Gooseberry India

Gooseberry India boleh menjadi salah satu bahan yang Anda pertimbangkan demi rambut tebal nan lebat karena berkandungan anti inflamasi serta antibakteri. Kulit kepala juga bakal terjaga kesehatannya supaya rambut bisa tumbuh dengan lebih baik dan sempurna.

  • Cara 1: Sediakan gooseberry India atau bubuk amla sesendok makan saja dan campurkan bersama dengan minyak kelapa. Panaskan hingga mendidih lebih dulu, minyak kemudian disaring, lalu oles ke kulit kepala sambil memijat sebelum berangkat tidur setiap malamnya. Esok paginya Anda bisa keramasi dan untuk hasil sempurna, Anda dapat melakukannya sekali seminggu secara rutin.
  • Cara 2: Campurkanlah gooseberry India ini dengan air hangat sebanyak seperempat cangkir, lalu diamkanlah selama kurang lebih 10 menit. Jadikan bentuk pasta dan oles secara menyeluruh ke bagian rambut Anda. Tinggalkan selama 20 menit maksimal sebelum dibersihkan atau dibilas tanpa menggunakan sampo. Selama beberapa minggu, lakukan perawatan ini secara rutin untuk menjadikan rambut Anda tebal dan sehat.

8. Memanfaatkan Lidah Buaya

Untuk cara melebatkan rambut secara alami berikutnya, ada lidah buaya yang memberikan banyak manfaat besar bagi rambut Anda. Dengan kandungan nutrisinya yang besar, keseimbangan pH kulit kepala bakal terjaga dengan baik. Selain itu, kulit kepala juga akan selalu lembab dan rambut tumbuh secara lebih tebal.

  • Cara 1: Seperti biasa, Anda hanya memerlukan bagian gelnya dari 1 atau 2 batang daun lidah buaya. Gel itulah yang harus Anda gosokkan ke kulit kepala sampai menyeluruh, dan tunggulah selama setengah jam. Barulah sesudahnya Anda boleh memakai air hangat sebagai pembasuh. Melakukan perawatan ini seminggu 2 kali akan sangat luar biasa hasilnya.
  • Cara 2: Untuk cara alternatif, silakan Anda bisa coba mencampurkan gel segar lidah buaya dengan sesendok teh susu kelapa. Campuran inilah yang bisa diterapkan langsung ke kulit kepala dan tunggu setengah jam. Keramasi setelah 30 menit dan perawatan ini akan memberikan hasil maksimal ketika Anda melakukannya rutin seminggu 1-2 kali.

(Baca juga: manfaat aloe vera untuk rambut)

9. Memakai Biji Rami

Kaya dengan kandungan asam lemak omega 3, tentu biji rami ini tak hanya bagus untuk kesehatan tapi juga untuk pertumbuhan rambut. Biji rami pun mengandung protein yang cukup tinggi sehingga dapat membuat rambut tebal secara alami. Selain bisa membuat rambut lebih lebat, rambut juga akan berkilau indah dan tampak begitu sehat.

  • Caranya: Sediakan biji rami seperempat cangkir yang bisa Anda rendam dulu di dalam air semalaman. Esok paginya, Anda kemudian dapat merebusnya bersama air panas sebanyak 2 gelas sambil mengaduknya sesekali. Saat sudah kental teksturnya, Anda dapat mematikan api, angkat, dan gel bisa Anda saring. Untuk menambah khasiatnya, masukkan beberapa tetes minyak esensial dan Anda dapat membiarkannya sampai dingin sebelum Anda pakai sebagai gel rambut. Gel dari biji rami ini bisa diaplikasikan secara menyeluruh ke rambut dan kulit kepala Anda. Memakan biji rami secara langsung juga boleh, tapi gilinglah terlebih dulu supaya bisa lebih enak dimakan.

10. Menggunakan Daun Henna

Untuk rambut tebal yang menyenangkan seperti yang Anda damba-dambakan, ada henna atau daun henna yang bisa dimanfaatkan. Bila henna ini diketahui menjadi solusi alternatif dari bahaya cat rambut kimia, Anda bisa menggunakan daun henna ini sebagai penyubur rambut.

  • Cara 1: Ambil segenggam daun henna dan gilinglah terlebih dulu dengan menambah sedikit air. Penggilingan ini bertujuan untuk membuat pasta halus. Setelah 2 jam, barulah Anda menerapkannya ke rambut Anda. Tutuplah rambut dengan menggunakan shower cap yang kemudian setelah beberapa jam Anda bisa mengeramasi sampai bersih.
  • Cara 2: Anda bisa mencampurkan daun henna yang sudah menjadi bubuk setelah digiling tadi dengan air secukupnya untuk membuat pasta. Pasta yang dibuat pun tidak boleh terlalu kental, dan samakanlah dengan konsistensi yang ada pada yogurt. Bila ingin mencampurnya bersama teh hijau juga boleh, tapi jangan langsung dipakai, melainkan tunggu semalaman. Esok paginya larutan bisa dicampur bersama jus lemon 2 sendok teh serta telur mentah 1 butir. Aplikasikan ke rambut Anda secara merata, tunggu sampai mengering total dan bilaslah serta keramasi.

Gunakan sarung tangan Anda ketika proses pengaplikasian dan pastikan juga Anda menggunakan sikat atau kuas untuk mengoles henna ini ke rambut supaya tidak menimbulkan noda di mana-mana.

(Baca juga: penyebab rambut rontok parah)

11. Berdiet Sehat

Diet tidak hanya bisa menguntungkan bagi yang bertubuh gemuk. Diet tidak hanya bisa diandalkan untuk menurunkan berat badan saja, tapi juga untuk menyehatkan rambut. Supaya rambut bisa tumbuh lebih banyak, subur dan sehat, diet tinggi protein, mineral dan vitamin sangat penting. Berikan rambut Anda protein dan vitamin B lebih banyak.

Konsumsilah makanan-makanan dengan kandungan tersebut, seperti misalnya sayuran hijau dan biji-bijian. Jangan lupa juga untuk senantiasa mengonsumsi kacang-kacangan, ikan berlemak, Greek yogurt, telur, daging unggas, dan juga susu. Semuanya ini bukan hanya baik dalam menjaga kesehatan organ dalam Anda, melainkan juga kesehatan kulit kepala serta rambut untuk tumbuh lebih luar biasa.

12. Menggunakan Alpukat

Mungkin Anda sudah tahu bagaimana manfaat alpukat untuk rambut rontok. Kandungan vitamin E-nya yang begitu tinggi akan mampu membuat pertumbuhan rambut lebih terstimulasi. Bahkan rambut yang terasa kering juga mampu dilembabkan oleh buah ini.

  • Cara 1: Tumbuklah alpukat yang sudah disediakan, campurkan dengan sesendok makan minyak zaitun serta pisang yang juga sudah ditumbuk. Pijatlah kepala Anda ketika proses pengaplikasian dan tunggulah supaya meresap sekitar setengah jam. Setelah lewat 30 menit, bilas dan keramasilah rambut hingga sisa-sisa ramuan alpukat atau masker rambut hilang sama sekali.
  • Cara 2: Sediakan minyak gandum yang bisa Anda campurkan bersama dengan tumbukan alpukat. Oles ramuan ini ke seluruh rambut dan kulit kepala sampai merata sebagai masker rambut. Tunggulah sekitar 20 menit sebelum Anda memutuskan untuk membersihkan rambut Anda. Keramasilah agar sisa ramuan tak lagi menempel. Salah satu dari cara ini dapat Anda coba gunakan sekali seminggu secara rutin agar hasilnya maksimal.

(Baca juga: manfaat avokad untuk rambut)

13. Memakai Santan

Kalau biasanya santan adalah bahan untuk memasak, Anda bisa menggunakannya untuk tujuan berbeda kali ini. Hanya dengan secara rutin membilas atau membasuh rambut Anda menggunakan santan, kemudian juga sambil memijat-mijatnya, ada perubahan yang pasti Anda sukai. Rambut bakal tumbuh lebih lebat secara alami tanpa efek samping.

14. Menggunakan Teh Hijau

Selain nikmat diminum, teh hijau yang penuh dengan manfaat bagi kesehatan ini juga membawa khasiat bagi rambut Anda. Masalah rambut rontok atau tipis dapat Anda atasi dengan teh hijau agar pertumbuhan rambut lebih tebal.

  • Caranya: Sediakan air teh hijau secukupnya sesuai dengan panjang pendek rambut Anda. Air teh hijau inilah yang dapat dipakai untuk dioles ke rambut tepat sebelum Anda keramas. Tapi pastikan bahwa air teh sudah Anda diamkan semalaman lebih dulu. Setelah diaplikasikan, tunggu 10-15 menit sebelum Anda membasuh rambut Anda sampai bersih.

(Baca juga: manfaat conditioner rambut)

15. Mengonsumsi Vitamin A

Memenuhi asupan vitamin A juga sangat penting dalam hal melebatkan rambut secara alami karena Anda memerlukan nutrisi lebih bagi rambut Anda selain vitamin B dan protein. Selain vitamin A baik untuk kesehatan mata serta menjaga kebugaran tubuh, rambut dan kulit kepala pun akan terawat dengan sempurna. Buah apel dan wortel adalah contoh yang bisa Anda konsumsi setiap hari di mana keduanya akan menutrisi tubuh serta rambut dari dalam agar pertumbuhannya lebih lebat.

(Baca juga: jenis perawatan rambut di salon)

Itulah cara menebalkan rambut secara alami paling efektif yang boleh Anda coba di rumah. Jangan khawatir lagi akan rambut yang sedikit atau gampang rontok, karena dengan cara-cara tersebut Anda bisa memiliki rambut seperti yang Anda harapkan.