16 Cara Mengecilkan Hidung yang Mengembang dan Besar

Hidung adalah salah satu bagian yang penting pada wajah. Dikatakan penting karena bagian tengah wajah akan tampak didominasi oleh keberadaan bentuk hidung kita. Ukuran hidung dengan sendirinya juga akan turut mempengaruhi kesan proporsional pada wajah secara keseluruhan. Setiap orang akan memiliki ukuran hidung yang berbeda – beda, tidak ada orang yang memiliki bentuk hidung yang sama persis satu dengan lainnya. Tentunya setiap orang mendambakan memiliki bentuk hidung yang proporsional dengan wajahnya yaitu hidung yang mancung dan ramping. Bentuk hidung yang dianggap tidak sesuai akan menjadi masalah yang dapat mempengaruhi penampilan wajah.

Bentuk hidung yang dianggap tidak proporsional sehingga menjadi penyebab wajah tidak simetris misalnya, hidung yang terlalu kecil, pesek, atau besar. Hidung yang terlalu besar  atau tampak mengembang akan membuat wajah menjadi tidak seimbang dan menarik seluruh perhatian ke area hidung, sehingga kelebihan bagian wajah lainnya tidak akan terlihat. Umumnya orang yang memiliki hidung besar akan merasa tidak percaya diri. Bagi kaum pria mungkin hal itu tidak terlalu menjadi masalah, namun hidung mengembang pada kaum wanita yang identik dengan citra hidung ramping dan mancung akan menjadi masalah.

Mengecilkan Bentuk Hidung

Karena  keinginan mendapatkan proporsi wajah yang tepat itulah biasanya para wanita mencari segala cara untuk dapat membuat penampilan wajahnya menjadi proporsional, dengan mengoreksi bentuk hidungnya yang mengembang. Bahkan ada saja yang menginginkan cara memancungkan hidung dalam 30 menit karena tidak ingin menunggu lama. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengecilkan hidung yang mengembang yaitu:

1. Mengecilkan Hidung dengan Kosmetika

Menggunakan make up adalah cara tercepat untuk mengoreksi penampilan hidung wanita, dan salah satu cara mengecilkan hidung yang besar. Namun itu berarti Anda harus menjadi seorang yang cukup ahli dalam mengetahui teknik – teknik berdandan dan membubuhkan make up seperti teknik shading, contouring, dan lain sebagainya sebagai cara memancungkan hidung dengan make up. Belum lagi, membutuhkan waktu yang lama untuk merias wajah dengan menggunakan teknik korektif dan biaya yang perlu dikeluarkan tentunya juga tidak sedikit, mengingat banyaknya ragam kosmetik yang perlu digunakan untuk mengoreksi bentuk wajah dengan teknik make up.

2. Operasi Plastik

Cara mengecilkan hidung yang mengembang dengan operasi plastik adalah cara yang lebih permanen, akan tetapi tidak semua orang bersedia menempuh cara ini. Selain karena biayanya yang sangat tinggi, resikonya juga lebih besar. Jika bukan alasan biaya, dampak negatif dari resiko operasi plastik telah membuat banyak orang ragu untuk menjalaninya. Contohnya, bisa timbul infeksi yang dapat meradang atau bahkan menimbulkan kanker. Jika tidak, kesalahan memilih dokter akan berakibat kepada tidak sesuainya bentuk hidung yang diinginkan, bukannya menjadi cara membuat hidung mancung dan membuat seseorang tersebut harus menjalani koreksi berkali – kali hingga mendapatkan bentuk hidung yang sesuai.

3. Latihan Pernapasan 1

Bernapas tidak hanya berfungsi untuk menghirup udara bagi keperluan kinerja tubuh kita, melainkan juga dapat membuat bentuk hidung berubah jika dilakukan dengan teknik yang benar.  Latihan bernapas juga dapat menjadi cara mengecilkan cuping hidung. Selain dapat mengencangkan bentuk hidung, juga dapat memperbaiki bentuk hidung yang besar sehingga menjadi lebih ramping. Caranya yaitu:

Sponsors Link

  • Gunakan ibu jari dan telunjuk untuk menekan kedua bagian samping hidung Anda.
  • Tekan kedua bagian samping hidung lalu bernafaslah kuat – kuat.
  • Tahan bagian bawah lubang hidung sambil bernapas jika menginginkan hasil yang lebih baik.
  • Lakukan latihan nafas ini sepuluh kali sehari, maka hidung akan mengecil dan tidak kendur.

4. Latihan Pernapasan 2

Anda juga dapat melakukan latihan pernapasan dengan metode yang berbeda seperti berikut ini:

  • Gunakan ibu jari untuk menekan salah satu lubang hidung secara bergantian.
  • Lakukan pada satu sisi lubang hidung, tahan nafas selama sekitar lima detik dan hembuskan kembali selama lima detik.
  • Ulangi pada sisi lubang hidung yang lain.
  • Anda dapat berlatih sekitar lima belas hingga dua puluh menit setiap kalinya.

5. Latihan Pijat Hidung

Tidak saja dapat membantu merubah bentuk hidung menjadi lebih ramping, pijatan hidung juga berfungsi untuk menghilangkan pusing ringan di kepala. Selain itu pijat hidung juga dapat menjadi cara memancungkan hidung tanpa operasi dan cara memancungkan hidung pesek. Cara memijat hidung yang benar yaitu:

  • Gunakan jari tengah dan telunjuk untuk memijat hidung.
  • Mulai dari pangkal batang hidung yaitu area yang berada di dekat mata, pijit menurun hingga mendekati lubang hidung.
  • Pijat dengan gerakan memutar selama kira – kira lima menit
  • Anda dapat berlatih lima kali sehari untuk hasil yang maksimal.

6. Totok Wajah

Terapi pijat wajah yang lebih dikenal dengan totok wajah juga bermanfaat untuk membuat hidung menjadi lebih kecil dan tampak mancung.  Totok wajah relatif aman karena tidak menggunakan bahan – bahan apapun yang berbahaya untuk kulit wajah. Anda dapat menemui terapis ahli totok wajah di berbagai klinik kecantikan maupun salon atau tempat pijat dan spa, namun waspadalah untuk memilih tenaga yang benar – benar ahli agar hasilnya pun sesuai dengan keinginan Anda. Manfaat totok aura wajah juga dapat  menjadi cara membuat muka tirus secara alami.  Selain itu, ada pula manfaat akupunktur wajah untuk kecantikan untuk cara meniruskan pipi tembam.

ads

7. Melatih Otot Hidung

Pada hidung kita juga terdapat berbagai otot yang memungkinkan pergerakan cuping hidung. Pelatihan pada otot bagian hidung dipercaya dapat membuat ukuran hidung menjadi lebih kecil. Otot yang terbentuk dengan baik akan mengencangkan cuping hidung dan membuatnya tampak lebih kecil, tidak lagi tampak mengembang. Cara melatih otot hidung yaitu:

  • Gerakkan cuping hidung ke kiri dan ke kanan
  • Gerakkan juga ke atas dan bawah
  • Lakukan gerakan mengembangkan dan mengempiskan hidung
  • Usahakan untuk menggerakkan hidung saja, dan tidak menggerakkan bagian wajah lainnya
  • Lakukan latihan ini setiap hari selama satu hingga dua menit setiap kalinya.

8. Melatih Otot Sisi Hidung

Latihan ini dapat membuat bentuk hidung Anda menjadi semakin mancung dan lurus, sehingga tidak terlihat mengembang. Cara melakukannya yaitu:

  • Ulaslah senyum di wajah Anda seperti biasanya, lalu gunakan jari untuk mendorong hidung ke arah atas.
  • Gerakan ini akan membantu membangun otot di sisi hidung Anda.
  • Lakukan latihan ini dua puluh hingga tiga puluh kali setiap hari untuk hasil terbaik.

9. Pembentukan Batang Hidung

Tahukah Anda bahwa batang hidung terbuat dari tulang rawan yang sebenarnya dapat diubah bentuknya  walaupun lebih efektif jika dilakukan ketika usia masih muda. Pada saat usia kita masih muda, tulang rawan hidung masih sangat lunak sehingga mudah dibentuk. Walaupun demikian, orang dewasa juga bisa membentuknya kembali, namun dalam kurun waktu yang lebih lama dan harus dilakukan dengan rutin. Cara membentuk batang hidung yaitu:

  • Tempatkan kedua jari telunjuk di sepanjang sisi kanan dan kiri batang hidung.
  • Tekan lembut pada bagian yang diinginkan agar hidung terbentuk selama kurang lebih dua menit
  • Latihan ini dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari
  • Hasilnya baru akan terlihat apabila proses ini dilakukan selama beberapa waktu dengan rutin.

10. Menggunakan Nose Clipper

Ini adalah alat yang dibuat secara khusus untuk membuat hidung mancung secara merata, mulai dari tulang hidung hingga merampingkan bagian cuping hidung yang mengembang. Walaupun berbentuk seperti penjepit, namun alat ini nyaman untuk digunakan karena diramcang khusus untuk bentuk hidung. Terbuat dari plastik atau resin. alat ini banyak dijual di pasaran maupun penjualan online dengan harga yang bervariasi. Supaya pemakaian menunjukkan hasil yang signifikan, Anda harus menggunakan alat ini secara teratur. Untuk perawatan kulti hidung, ketahuilah cara menghilangkan komedo hitam di hidung dan cara menghilangkan pori – pori besar di hidung.

11. Menggunakan Nose Straightener

Hampir mirip dengan nose clipper, ini juga merupakan alat yang dapat digunakan untuk merubah bentuk hidung. Hanya bedanya nose straightener ini lebih ditujukan untuk membuat hidung menjadi mancung. Hidung yang mengembang juga dapat dirampingkan menggunakan alat ini. Terbuat dari besi dengan rubber silicon di bagian ujungnya dan di setiap sisinya untuk membuat pemakaian menjadi lebih nyaman.

12. Dermal Filler

Filler adalah teknik menginjeksi kulit dengan bahan tertentu untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan. Dermal filler restylane adalah  menggunakanbahan yang terbuat dari gel, yang berguna untuk injeksi ke dalam jaringan dermis pada kulit wajah. Gel ini terbuat dari bahan kimia yaitu asam hyaluronic, yang juga mempunyai resiko terjadinya dampak negatif setelah pemakaian berupa kemerahan, pembengkakan dan juga sensitif terhadap sinar matahari. Agar hidung Anda tampak mulus, ketahui juga cara menghilangkan komedo putih di hidung dan cara menghilangkan flek hitam di hidung.

13. Bubuk Jahe

Bisa jadi hidung yang tampak mengembang terlihat besar karena timbunan lemak yang terdapat di lapisan kulit hidung. Tenyata hal ini bisa dilenyapkan dengan menggunakan bubuk jahe. Jahe dapat menjadi cara menghilangkan varises secara alami dan cara menghilangkan bintik hitam di wajah. Kandungan senyawa di dalam jahe yang dapat melunturkan lemak pada permukaan kulit hidung dan mengurangi ukuran hidung yang tampak mengembang. Cara membuat ramuan jahe untuk cara mengecilkan hidung yang mengembang yaitu:

  • Siapkan setengah sendok teh jahe bubuk, tambahkan beberapa tetes air sampai mengental.
  • Oleskan pada area hidung yang banyak lemaknya selama beberapa menit.
  • Pada awalnya jahe akan terasa pedas di kulit, namun lama kelamaan Anda akan terbiasa.
  • Lakukan latihan ini selama setiap hari selama beberapa minggu agar hidung Anda mengalami perubahan.

14. Minyak Atsiri

Mungkin akan ada sebagian orang yang merasa bahwa penggunaan jahe terlalu pedas untuk kulitnya. Jika demikian, Anda dapat menggunakan minyak atsiri atau minyak esensial yang tersedia di toko – toko obat tradisional, dan sangat populer untuk pijat serta keperluan spa. Minyak yang sering digunakan untuk melunturkan lemak pada hidung adalah minyak dari pohon lemon, pohon cedar dan pohon cendana. Cara menggunakannya cukup dengan mencampurkan beberapa tetes dari minyak – minyak tersebut dan memijatkannya dengan lembut di bagian hidung yang berlemak. Anda dapat mengulangi perawatan ini setiap beberapa menit dalam sehari, setiap hari.

Sponsors Link

15. Odol

Manfaat odol untuk kecantikan lebih diketahui sebagai manfaat odol untuk menghilangkan komedo dan  cara memerahkan bibir dengan odol, bahkan ada cara menumbuhkan kumis dengan pasta gigi . Odol atau pasta gigi ternyata juga bermanfaat untuk mengecilkan hidung yang mengembang. Caranya yaitu:

  • Campurkan satu sendok teh pasta gigi, satu sendok teh jahe bubuk, dan satu sendok makan cuka apel.
  • Aduk ketiga bahan sampai rata lalu oleskan pada hidung
  • Biarkan sekitar dua puluh menit dan bilas dengan air dingin sampai bersih.

16. Melakukan Yoga

Olah raga yoga juga memiliki latihan pernapasan yang dapat dilakukan untuk merampingkan hidung yang mengembang. CAra melakukannya yaitu:

  • Duduk tegak dalam posisi kaki bersila
  • Tutup lubang hidung sebelah kiri dengan jari
  • Tarik napas melalui lubang hidung kanan selama beberapa detik, lalu lepaskan selama beberapa detik
  • Ganti dengan lubang hidung lainnya
  • Rutinlah lakukan latihan ini selama lima belas menit setiap hari, maka hidung akan menjadi ramping dengan sendirinya.

Pada dasarnya bentuk wajah setiap orang adalah unik dan memiliki kelebihan tersendiri, karena itu sebaiknya janganlah terlalu berambisi untuk mengubahnya menjadi bentuk yang Anda inginkan apabila hal tersebut tidak memungkinkan. Sungguh lebih baik untuk melakukan perawatan wajah alami daripada mencoba berbagai metode modern yang mungkin saja tidak aman dan beresiko serta menuntut biaya yang mahal. Cara alami memang membutuhkan waktu lebih lama dan mungkin saja tidak akan berhasil dengan tepat, namun Anda dapat melakukannya dengan telaten untuk mendapatkan hasilnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Monday 28th, August 2017 / 15:18 Oleh :
Kategori : Wajah