32 Cara Meniruskan Pipi Tembem Secara Alami

Pipi tembem adalah sebuah masalah bagi banyak orang, khususnya para wanita, meski sebagian dari mereka justru suka dengan pipi tembem karena terlihat lebih awet muda dan sehat. Hanya saja, banyak wanita yang terobsesi untuk bisa kurus dan tampil cantik sehingga masalah pipi tembem pun harus diatasi segera.

Wajah yang tirus kerap dianggap lebih menarik dan cantik dan itulah alasan mengapa banyak wanita dan bahkan juga pria zaman sekarang tak ragu lagi untuk melakukan operasi plastik. Selain menyakitkan, operasi plastik membutuhkan kocek banyak, jadi mengapa Anda tidak melakukannya secara alami saja di rumah? Ini dia beberapa cara meniruskan pipi yang bisa Anda coba-coba sendiri.

(Baca juga: cara merawat wajah agar tidak kusam)

1. Memijat Wajah

Memberikan pijatan pada wajah terbukti sebagai cara ampuh yang alami untuk meniruskan pipi sehingga Anda tak perlu melakukan operasi bedah plastik. Dengan memijat, Anda akan mampu mengurangi lemak yang bersarang di bagian pipi. Terkadang wajah dan leher kelihatan membesar dan bengkak juga dikarenakan adanya penimbunan cairan di sana.

Gunakan saja bibit gandum maupun minyak ginseng untuk memijat wajah supaya peredaran darah dapat berjalan lancar dan sehat. Pijatan ini juga bakal secara alami mengurangi retensi air serta menurunkan limfatik pada tubuh. Jadi, tak ada salahnya setiap hari Anda memijat-mijat wajah dan pipi di waktu senggang secara rutin.

  • Oles minyak gandum di bagian pipi atau seluruh wajah serta leher, lalu Anda bisa meletakkan telapak tangan di area pipi.
  • Pijatlah bagian tersebut dengan menggunakan telapak tangan dari bawah menuju atas; yaitu dari dagu ke pipi secara melingkar.
  • 5 kali pengulangan saja sudah cukup. Jangan lupa tekan pipi secara pelan dari sudut bibir memakai ujung jari Anda, lalu bergerak ke telinga; langkah ini perlu dilakukan 10 kali.
  • Lanjutkan lagi dengan melakukan pijatan dengan ibu jari di area rahang dari bawah ke atas dan pengulangannya 5-6 kali.

2. Menjulurkan Lidah

Pada teknik satu ini, Anda diminta untuk membuka mulut lebar-lebar, lalu lidah Anda bisa dijulurkan sejauh yang Anda mampu. Upayakan untuk menyentuh dagu Anda dengan lidah tersebut, lalu tahan sampai pada hitungan ke 10 alias selama 10 detik saja. Cara ini dapat Anda ulangi sebanyak 10 kali dan hendaknya Anda melakukan sesi berikutnya dalam beberapa waktu kemudian.

Cara ini akan membantu Anda merasakan adanya pengetatan pada bagian otot dagu serta leher di mana ini akan berimbas pada bagian pipi nantinya. Satu sesi ada pengulangan gerakan 10 kali, maka silakan Anda coba melakukannya dalam beberapa sesi setiap harinya sesering mungkin. Otot yang diketatkan terus-menerus akan mengencang dan membuat pipi tirus secara alami.

(Baca juga: manfaat eksfoliasi wajah)

3. Totok Wajah

Cara alami lainnya dalam membuat pipi lebih tirus dan kurus adalah dengan totok wajah. Maka dari itu, Anda juga perlu mengenal apa saja manfaat totok aura wajah di mana beberapa di antaranya adalah untuk merilekskan otot wajah serta membentuk kontur wajah secara alami.

Apabila cara ini dilakukan rutin, maka jelas akan meningkatkan potensi keberhasikan proyek pipi tirus Anda. Metode totok wajah juga berfokus pada pemijatan, yakni dari bagian bawah dagu lalu ditarik pelan ke atas sampai ke tulang pipi dan lanjut mengarah ke sudut mata. Banyak wanita yang sudah mencoba cara ini, jadi silakan buktikan sendiri efektivitasnya.

4. Kepala Menggantung

Untuk meniruskan pipi, cara lain yang cukup mudah dipraktikkan dan membawa keberhasilan adalah dengan teknik kepala menggantung. Anda bisa memulainya dengan berbaring di atas tempat tidur atau sofa, mana saja asal nyaman. Lalu di ujung atau tepi sofa atau tempat tidur kepala Anda dapat diposisikan menggantung.

Lanjutkan dengan mengangkat dagu Anda menuju dada di mana setelah itu Anda perlu menghitung 10 detik selama menahan posisi tersebut. Kembalilah ke posisi semula setelah 10 detik berlalu. Cara ini bisa Anda lakukan dengan mengulanginya sebanyak 10 kali sebelum merilekskan diri. Melakukannya serutin mungkin akan berefek optimal bagi pipi Anda yang tembem.

5. Menggulung Leher

Anda bisa mengambil posisi berdiri dengan punggung yang ditegakkan, lalu kepala dapat Anda putar ke arah samping menjadikan letak dagu sejajar dengan bagian bahu. Arah mata pun sebaiknya Anda buat melihat ke arah samping. Secara perlahan putarlah kepala ke bawah kemudian naik ke sisi lain, ulang metode ini hingga 10 kali.

(Baca juga: cara mengatasi kulit kering pada wajah)

6. Mengangkat Dagu

Metode satu ini juga cukup alami dalam membantu cara meniruskan pipi serta bagian dagu yang tembem. Latihan seperti ini akan membuat otot pada wajah sekaligus leher lebih kencang dan kuat. Cukup dengan memosisikan diri berdiri dengan punggung serta leher lurus, dagu bisa Anda angkat.

Selama mengangkat dagu, otomatis arah pandangan Anda adalah ke atas, lakukan sambil mengerutkan bibir secara maksimal. Tahanlah posisi ini kira-kira 10 detik saja, lalu Anda bisa rileks sejenak sebelum kembali melakukan hal yang sama. Paling tidak, 1 sesi Anda bisa melakukan latihan ini 10 kali demi hasil terbaik.

7. Mengunyah Permen Karet

Cara ini pasti tergolong sangat simpel dan tanpa harus banyak membuang waktu Anda. Bagi Anda penggemar permen karet, ternyata mengunyahnya secara rutin dapat membantu membuat pipi serta dagu yang tembem kelihatan lebih tirus. Tanpa harus operasi dan cukup dengan permen karet biasa, Anda dapat menguruskan pipi.

Hanya saja, semudah-mudahnya cara ini, tetap saja Anda perlu memerhatikan jenis permen karet yang Anda hendak kunyah. Lebih dianjurkan untuk mengunyah permen karet yang bebas gula dan tidak boleh berlebihan pula dalam mengunyahnya. Kunyah secukupnya saja, lalu setelah dikunyah bisa Anda buang. Perhatikan bahwa otot rahang bisa menjadi lebih kuat dan dagu pun mengecil.

8. Melatih Otot Platysma

Latihan lainnya yang perlu Anda lakukan adalah melatih otot platysma di mana Anda perlu berdiri dengan leher tegak, lalu tendon bagian rahang Anda kencangkan. Caranya adalah dengan menarik bagian bibir ke di atas gigi, seperti orang tertawa namun Anda harus mengubah sudut mulut agar mengarah ke bawah.

Bila sudut mulut sudah seperti yang dianjurkan, Anda dapat menahan posisi terebut selama kurang lebih 10 detik saja. Sesudah itu Anda bisa merilekskan wajah lebih dulu sebelum kembali mengulanginya di waktu 10 detik lainnya. Begitulah terus sampai 10 kali pada 1 set; lakukan sesering mungkin dalam sehari.

(Baca juga: cara makeup natural untuk wajah bulat)

ads

9. Trik Makeup

Apabila Anda ingin meniruskan pipi secara lebih mudah lagi, Anda bisa mencoba menggunakan trik makeup. Kalau trik makeup saja bisa menjadi cara memancungkan hidung pesek, Anda yang punya pipi tembem pun pasti dapat membuat efek wajah tirus dengan makeup. Hanya saja, ingat akan bahaya penggunaan kosmetik yang berlebihan.

Menggunakan shading adalah trik yang paling umum dan bermanfaat meski memang hasilnya tidaklah permanen dan hanya sementara saja. Anda juga bisa memanfaatkan blush on yang warnanya lebih gelap daripada warna bedak Anda sehingga menimbulkan efek kurus pada pipi. Blush on tak perlu tebal-tebal dan sapukan dari arah bulatan pipi menuju tulang pipi.

10. Menarik Kulit Wajah saat Memakai Pelembab

Bila Anda peduli pada pipi tembem Anda berarti Anda juga rajin merawat kulit wajah, di mana salah satunya adalah dengan menggunakan krim pelembab wajah. Setiap hari Anda mungkin tak dapat lepas dari produk perawatan atau kosmetik satu ini.

Oleh karena itu, manfaatkan dengan baik pelembab wajah ini, terutama saat Anda mengoleskannya ke wajah. Buatlah gerakan menarik kulit wajah di mana Anda bisa mulai dari bawah sekitar sudut bibir yang kemudian Anda tarik pelan-pelan ke arah pipi bagian atas. Lakukan metode ini secara berulang-ulang dan setiap hari supaya hasilnya maksimal.

(Baca juga: cara merawat kulit sensitif)

11. Facial Emosional Yoga

Mungkin sebagian dari Anda sudah pernah mendengar facial emosional Yoga ini di mana memang masih menjadi bagian dari latihan Yoga. Latihan Yoga sendiri dikenal sebagai latihan  fisik yang baik untuk merilekskan otot tubuh serta pikiran. Bahkan latihan Yoga mendukung juga peningkatan fleksibilitas tubuh seseorang.

Pada metode ini, fokusnya adalah wajah di mana Anda bisa menggerakkan wajah secara sengaja supaya otot-otot wajah kaku dan tegang. Untuk melakukannya, Anda perlu melakukan gerakan-gerakan mencibir, melotot, emosi, marah dan terkejut di mana Anda berpura-pura hendak memukul sesuatu. Biasanya latihan ini hanya memerlukan waktu beberapa detik saja.

Setelahnya, Anda bisa mengambil napas secara pelan-pelan dengan tujuan agar tubuh dapat merasa tenang kembali. Cukup unik memang, tapi sangat efektif apabila Anda suka berakting dan metode ini boleh diulang berkali-kali setiap harinya. Dengan pengulangan yang signifikan, lemak pada area sekitar pipi akan menyusut dan ucapkan selamat tinggal pada pipi tembem.

12. Menggerakan Mulut seperti Ikan

Pada gerakan ini, Anda diminta untuk melatih bagian mulut, pipi dan rahang dengan mengucapkan huruf i dan o secara cepat layaknya mulut ikan bergerak. Selain cepat, Anda perlu melakukannya berulang-ulang supaya lebih efektif. Tak usah mengucapkan dengan bersuara juga bisa dan hal ini akan membantu sirkulasi darah di bagian wajah lebih lancar. Bahkan cara ini pun efektif sebagai pembakar lemak yang menimbun di pipi Anda.

13. Memutar Lidah

Apabila sebelumnya Anda sudah belajar menjulurkan lidah, cara membuat muka tirus secara alami berikutnya justru dengan aksi memutar lidah. Tampak mudah dan simpel, namun sangat efektif dalam mengurangi timbunan lemak di wajah.

Putarlah lidah tapi pastikan mulut dalam kondisi tertutup dan Anda perlu menekan sedikit. Sementara memutar lidah, lidah pun Anda buat menyentuh permukaan luar gigi bawah dan atas. Jangan salah arah karena yang terbaik adalah searah jarum jam, lalu berlawanan arah jarum jam. Metode ini baik dilakukan selama 15 kali masing-masing.

(Baca juga: manfaat suntik kolagen bagi kulit)

14. Smiling Fish

Agak berbeda dari menggerakkan mulut seperti ikan, smiling fish ini mengharuskan Anda untuk melatih pipi bawah serta area dagu dengan menyedot pipi. Kalau tadi hanya bagian mulut saja yang digerakkan membentuk huruf i dan o, kali ini Anda bisa menyedot pipi lalu lanjutkan dengan tersenyum. Lakukan 10 detik selama 5 kali pengulangan.

15. Puffy Cheeks/Meniup Udara dalam Keadaan Mulut Tertutup

Latihan paling cepat yang bisa Anda lakukan berikutnya adalah dengan melakukan teknik puffy cheeks. Metode satu ini adalah metode yang baik untuk mengurangi lemak, terutama bagian atas serta tengah pipi.

  • Tutup mulut rapat-rapat, lalu gembungkan pipi Anda yaitu dengan mengisi udara di dalamnya dan posisi ini bisa ditahan 10 detik.
  • Secara bergantian masing-masing 10 detik, udara dipindahkan ke bagian pipi kanan, lalu pipi kiri.
  • Praktik ini bisa dilakukan 10 kali dalam 1 set.

16. Berkumur

Ada lagi trik mudah yang bisa Anda lakukan di mana saja dan kapan saja, yakni dengan berkumur. Namun memang akan lebih baik kalau Anda berkumur menggunakan air hangat dan dalam sehari Anda perlu melakukannya 3-4 kali atau bahkan lebih. Metode ini hanya tergantung pada waktu luang Anda dan sangat gampang melakukannya jadi tak perlu sampai harus repot selama ada persediaan air minum.

(Baca juga: cara mengencangkan kulit leher)

17. Meniup Balon

Cara satu ini memang cukup ribet karena Anda harus menyiapkan peralatan berupa balon untuk meniruskan pipi Anda.

  • Cukup siapkan saja balon 1 atau 2 buah, lalu tiuplah balon hingga mengembang.
  • Namun jangan diikat lebih dulu karena Anda bisa mengempiskan kembali balon yang sudah mengembang.
  • Ulangilah sebanyak 15 kali dalam sehari dan ini memerlukan konsistensi Anda. Dalam waktu 5 hari akan terlihat beda ukuran pipi yang tadinya tembem sudah mulai mengurus.

18. Menggunakan Bola Tenis

Bola tenis bisa digunakan sebagai penirus wajah? Pipi Anda dapat kelihatan lebih tirus dengan cara sederhana, dan bagi Anda memiliki bola tenis, pergunakan alat ini dengan baik. Anda bisa menempatkan bola tenis di bagian leher, lalu tahanlah bola tersebut dengan posisi mengempit dengan menggunakan dagu Anda. Tekan bola lalu sedikit lepaskan, begitu seterusnya dan ulangi hingga 10 kali berturut-turut.

(Baca juga: manfaat olahraga untuk kecantikan)

19. Menyedot Pipi

Mirip seperti teknik smiling fish, tapi Anda hanya perlu menyedot pipi saja dan tidak usah sambil melakukan aksi tersenyum. Sedotlah pipi kiri dan kanan sekuat dan semampu Anda. Cara ini bisa Anda lakukan untuk membuat pipi tidak tembem lagi, tapi setiap latihan Anda bisa menahannya kira-kira 10 detik. Cara ini sebaiknya juga diulangi hingga 10 kali; rutin dan sering-seringlah melakukannya.

20. Mengangkat Pipi

Dalam kondisi yang tegang Anda bisa mengangkat pipi Anda seatas mungkin hingga hampir mendekati mata. Ini adalah metode tersenyum yang sangat ampuh dalam meniruskan pipi. Melakukannya sesering mungkin dan kemudian menahannya dalam hitungan 10 detik adalah yang terbaik; pengulangan bisa dilakukan hingga 10 kali.

Sponsors Link

21. Senam Muka

Melakukan senam muka adalah cara yang efektif juga untuk membuat pipi jauh lebih tirus, yakni dengan mengucap huruf vokal secara bergantian dan berulang-ulang mulai dari huruf A kemudian lanjutkan dengan huruf I, U, E dan O yang tanpa tekanan. Lakukan secara cepat dan pelan-pelan. Senam muka ini dipastikan juga akan menambah awet muda karena peredaran darah pada wajah juga lebih lancar sehingga kulit tampak kencang dan segar.

(Baca juga: cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami)

22. Menghindari Memotong Poni Sedahi

Apakah Anda termasuk orang yang suka menggunakan poni ketika memotong atau menata rambut? Untuk pipi tembem, akan jauh terlihat tirus apabila poni tidak dipotong sedahi. Aksen poni tersebut malah hanya akan membuat wajah kelihatan penuh, gemuk dan bundar. Poni yang lebih panjang dan menyamping akan membuat pipi tak setembem aslinya.

23. Menghindari Menggerai Rambut

Bagi Anda yang berambut panjang, dalam membuat efek pipi tembem menjadi lebih tirus Anda sebaiknya menghindari menggerai rambut. Justru jauh lebih baik kalau Anda mengikatnya ke belakang dengan model ekor kuda. Metode ini sederhana dan pasti bisa menampilkan wajah yang lebih rapi segar dan tidak gemuk.

24. Menepuk-nepuk dengan Handuk serta Es Batu

Sediakan handuk 2 buah yang tipis saja, lalu gunakan handuk ini sebagai pembungkus es batu beberapa kotak. Pakailah alat sederhana ini untuk menepuk-nepuk lembut kedua sisi pipi Anda dalam waktu yang sama. Arah tepukan yang benar adalah dari pipi bawah ke tulang pipi atas di mana tepukan dengan es ini bakal mampu melunturkan lemak berlebih di bagian pipi.

(Baca juga: manfaat akupuntur wajah untuk kecantikan)

25. Memiringkan Pipi

Ada lagi teknik yang begitu mudahnya tanpa alat apapun, yakni dengan metode pipi miring. Pipi Anda bisa Anda miringkan ke bagian mulut sisi kanan, tunggulah sekitar 10 detik atau lebih, lalu lanjutkan dengan sisi pipi lainnya dan menahannya 10 detik juga. Terus lakukan secara bergantian karena pelaksanaan rutin bakal mampu membuat lemak di pipi terbakar dengan baik.

26. Tertawa

Cara mengencangkan kulit wajah dan membuat pipi lebih tirus lainnya adalah dengan tertawa. Ingat bahwa tertawa adalah metode efektif untuk membakar lemak. Untuk mengecilkan dan meniruskan pipi tembem, tertawalah sebanyak dan sesering mungkin karena selain meniruskan pipi, otomatis Anda akan selalu kelihatan awet muda.

27. Tersenyum

Selain tertawa, tersenyum juga adalah salah satu tips yang baik dan gampang untuk membuat pipi lebih tirus. Sama dengan tertawa, tersenyum adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan karena Anda bisa tersenyum di mana dan kapan saja bahkan juga terhadap siapa saja, menandakan bahwa Anda adalah orang yang ramah juga.

(Baca juga: bahaya facial di salon)

Tips Lain Meniruskan Pipi

Untuk mendukung hasil yang lebih baik, beberapa tips di bawah ini pun perlu Anda lakukan:

  1. Menjaga asupan makanan. Dalam hal ini, Anda perlu menjauhi makanan yang asin-asin dan mengandung banyak garam. Jauhi pula makanan atau produk olahan susu serta yang terlalu banyak mengandung lemak.
  2. Perbanyak konsumsi sayur, buah dan makanan yang mengandung omega-3. Makanan-makanan inilah yang akan meningkatkan produksi kolagen pada tubuh Anda. Dengan demikian, otomatis otot wajah pun akan jauh lebih kencang.
  3. Rutin melakukan olahraga. Selain bagian pipi, Anda juga mungkin perlu mengecilkan beberapa bagian tubuh lainnya. Olahraga secara rajin adalah kuncinya supaya lemak dapat terbakar lebih mudah.
  4. Banyak konsumsi air putih. Mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per harinya adalah rahasia kulit yang sehat, tubuh yang bugar dan juga tubuh yang ideal.
  5. Tidur cukup. Kualitas tidur yang cukup akan membantu tubuh tetap sehat, sementara terlalu sering begadang justru berpotensi membuat seseorang gemuk.

(Baca juga: bahaya suntik silikon)

Itulah beberapa cara meniruskan pipi yang bisa Anda coba di rumah dan semoga pipi tembem Anda berhasil untuk menjadi lebih tirus dan cantik.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 20th, October 2016 / 09:42 Oleh :
Kategori : Wajah