12 Cara Menghilangkan Pori Pori Besar di Hidung Dengan Bahan Alami

Pori pori merupakan lubang berukuran kecil yang tersebar di seluruh lapisan kulit yang berguna untuk melepaskan minyak dan keringat. Akan tetapi, untuk pori pori di bagian wajah secara khusus lebih banyak berfungsi sebagai pelepas minyak. Pori pori di bagian tubuh akan lebih terlihat jelas apabila fungsinya lebih banyak mengeluarkan keringat seperti yang ada di bagian wajah terutama area hidung. Pori pori besar biasanya bisa terjadi karena faktor genetik dan seseorang yang memiliki warna kulit lebih gelap, ukuran pori pori yang dimiliki juga umumnya besar. Sementara untuk orang yang memiliki warna kulit lebih cerah, maka biasanya akan memiliki ukuran pori yang lebih kecil. Namun, selain faktor genetika juga ada penyebab lain dari munculnya pori pori yang terlihat besar di bagian hidung seperti paparan sinar matahari berlebih, sebum yang terperangkap dan juga penumpukkan sel kulit mati yang nantinya akan menjadi penyebab dari jerawat serta komedo. Ada beberapa cara menghilangkan pori pori besar di hidung yang bisa anda lakukan, bisa dengan cara perawatan di salon kecantikan atau dengan melakukan perawatan sendiri di rumah yang lebih ekonomis, tanpa menimbulkan efek samping dan juga memakai bahan-bahan alami. Berikut ulasan selengkapnya.

Artikel terkait:

  1. Es Batu

Es batu adalah salah satu cara instan yang bisa anda lakukan untuk menyingkirkan masalah pori pori besar di area hidung. Es batu akan memberi rangsangan pada peredaran darah sekaligus menyehatkan kulit. Cara penggunaannya juga cukup mudah, yakni dengan bersihkan wajah terlebih dulu kemudian gosok permukaan wajah terutama hidung dengan es batu secara lembut selama 5 sampai 10 detik sebanyak 2 kali dalam sehari. Alternatif lainnya adalah dengan mencuci muka memakai air es atau membekukan jus tomat atau jus lemon menjadi es batu lalu gunakan untuk menggosok pori hidung anda.

  1. Madu dan Yogurt

Madu menjadi bahan berkhasiat tidak hanya untuk kesehatan tubuh bagian dalam, namun juga menjaga kesehatan kulit seperti masalah pori hidung yang besar. Madu memiliki sifat anti bakteri dan juga potasium yang sangat ampuh untuk membunuh bakteri penyumbat pori kulit. Sementara yogurt merupakan sumber asam laktat yang baik untuk mengelupas sel kulit mati, membersihkan pori sekaligus mengecilkannya. Campur madu dengan yogurt tawar kemudian oleskan di area hidung dan diamkan selama beberapa menit. Setelah selesai, bilas dengan air sampai bersih dan keringkan.

  1. Masker Putih Telur

Dalam putih telur terkandung asam amino dan juga beberapa enzim yang baik untuk meremajakan kulit sekaligus menghilangkan pori besar pada bagian hidung. Cara menggunakannya, kocok lepas satu putih telur lalu oleskan secara merata ke seluruh permukaan wajah khususnya hidung dan tutup dengan kertas tisu. Biarkan masker sampai mengering kemudian lepas secara perlahan tisu tersebut. Masker putih telur ini sangat ampuh untuk mengecilkan pori, membersihkan kulit sekaligus menghilangkan segala kotoran yang menyumbat pori hidung anda.

  1. Almond dan Lemon

Almond memiliki sifat restorasi yang akan meminimalisir pori kulit terbuka sehingga permukaan kulit lebih terlihat halus sekaligus bersih. Haluskan 5 sampai 6 buah kacang almond mentah lalu tambahkan dengan beberapa tetes sari jeruk lemon kemudian oleskan pada permukaan hidung anda. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas sampai bersih memakai air dingin.

Artikel terkait:

  1. Mentimun dan Air Mawar

Kandungan silika dalam mentimun bertugas untuk memperbaiki tekstur kulit sekaligus mempercantik kulit wajah dan juga mengecilkan pori hidung yang terbuka. Siapkan jus timun asli lalu campur dengan beberapa tetes air mawar dan oleskan pada area hidung. Diamkan selama 15 sampai 20 menit kemudian bilas sampai bersih.

  1. Cuka Apel

Cuka sari apel murni mempunyai sifat anti inflamasi dan juga anti mikroba yang sangat baik untuk mengecangkan dan menghilangkan pori besai area hidung sekaligus menjaga keseimbangan pH kulit wajah anda. Campurkan cuka sari apel murni dan air dengan perbandingan yang sama banyak kemudian celupkan kapas lalu oleskan pada area hidung dan biarkan selama beberapa menit baru bilas bersih dengan air. Untuk hasil terbaik, lakukan cara ini secara teratur agar pori hidung bisa mengecil dengan cepat.

  1. Masker Oatmeal dan Tomat

Tomat memiliki zat alami yang berguna untuk mengecilkan pori, mengangkat kotoran dan mengurangi kelebihan minyak di area hidung. Sementara oatmeal berperan sebagai exoliator yang bagus untuk membersihkan, memberikan kelembaban, menenangkan kulit dan mengurangi minyak berlebih. Campurkan oatmeal dengan sedikit jus tomat sampai menjadi pasta dan terapkan pada hidung lalu diamkan selama 30 menit baru dibilas dengan air dingin sampai bersih.

  1. Baking Soda

Baking soda juga bisa digunakan untuk masalah pori besar pada hidung karena berfungsi sebagai pengelupasan kulit, mengurangi kelebihan minyak dan juga mengangkat kototan penyumbat pori yang menjadi penyebab pori membesar. Campurkan 2 sendok makan baking soda dengan air hangat dan oleskan pasta tersebut pada hidung sambil lakukan pijatan dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 5 menit lalu bilas bersih dengan air dingin.

Artikel terkait:

  1. Susu Murni

Susu murni bisa digunakan sebagai pembersih kulit alami sekaligus menutup pori hidung yang besar. Bersihkan wajah anda terutama area hidung lalu celupkan kapas pada susu murni dan gosok lembu pada hidung. Diamkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan air dingin.

  1. Semangka dan Mint

Tidak hanya memberikan sensasi menyegarkan, daun mint juga ampuh dalam membunuh bakteri penyebab pori besar pada hidung. Sedangkan kandungan antioksidan serta vitamin C tinggi pada semangkan berperan aktif dalam mengangkat kotoran dan mengecilkan pori hidung secara bertahap. Campurkan jus semangka murni dengan jus daun mint lalu terapkan pada area hidung dan diamkan beberapa saat baru dibilas sampai bersih.

  1. Masker Tanah Liat

Masker tanah liat tidak hanya bagus untuk mejaga kesehatan kulit dan membersihkan, namun juga berguna untuk mengatasi minyak berlebih dan masalah pori besar di hidung. Tanah liat yang mengandung kaolin akan menyerap kelebihan minyak di area wajah anda sekaligus mengunci pori besar hidung sehingga akan tampak mengecil dari waktu ke waktu.

  1. Uap Panas dan Air Dingin

Uap dari air panas sangat ampuh untuk mengatasi penyumbatan pori di area hidung dan berguna untuk menghilangkan minyak serta kotoran yang tertimbun di dalam pori. Uapkan wajah anda pada wadah yang sudah diisi dengan air panas dan bisa ditambahkan juga dengan minyak esensial yang memiliki sifat anti bakteri. Tutupi area belakang kepala anda dengan handuk supaya uap panas tidak menyebar. Lakukan cara ini selama 10 sampai 15 menit kemudian bersihkan muka dengan pembersih yang ringan dan akhiri dengan membilasnya memakai air dingin untuk menutup sekaligus menghilangkan pori besar khususnya di area hidung anda.

Artikel terkait:

Cara menghilangkan pori pori besar di hidung sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah yakni memakai bahan alami yang ada di sekitar anda. Selain itu, pemakaian berbagai bahan alami tersebut akan memberikan manfaat lebih untuk area wajah secara menyeluruh sehingga tidak hanya masalah pori besar saja yang akan diatasi dengan baik, namun berbagai masalah kulit lain seperti kusam, berminyak, jerawat dan komedo juga bisa dihilangkan asalkan melakukan beberapa cara diatas secara teratur.