15 Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah Bekas Jerawat Secara Alami

Masalah utama dari kulit wajah adalah jerawat, kahdiran jerawat pada kulit wajah memang pernah dialami hampir semua orang. Namun selain jerawat yang membuat penampilan menjadi masalah berikutnya adalah bekas dari jerawat tersebut. Biasanya bekas jerawat akan membuat pori-pori diwajah menjadi besar. Hal ini wajah karena selama berjerawat telah terjadi peradangan yang cukup serius pada pori tersebut.

Bagi Anda yang merasa kehadiran pori wajah yang besar sangat menganggu maka ada cara yang dapat membantu untuk mengecilkan pori-pori wajah bekas jerawat dengan cara yang alami. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk itu semua. Cukup dengan menggunakan bahan-bahan alami secara teratur dan melakukan pola hidup yang sehat dapat memberikan hasil yang maksimal. Berikut ini cara untuk mengecilkan pori pori wajah bekas jerawat antara lain :

1.Membersihkan wajah secara teratur

Pori-pori wajah yang besar bisa karena produksi kelenjar minyak dan kotoran yang menyumbat pori wajah. Untuk itu Anda perlu membersihkan wajah secara teratur. Membersihkan wajah secara teratur berarti melakukannya sbanyak dua kali dalam sehari yakni pada pagi hari dan malam hari.

Artikel terkait :

2. Minum air putih yang cukup

Pori yang tampak membesar juga bisa disebabkan karena kulit yang kekurangan asupan air. Para peneliti kesehatan menganjurkan Anda untuk minum air putih yang cukup. Adapun minum air putih yang berperan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang disarankan sebanyak delapan gelas sehari. Namun dengan kegiatan Anda yang banyak nda juga dapat mengetahui kebutuhan cairan tubuh dengan memerikas urine. Jika urine Anda bewarna kuning maka dikatakan tubuh kekurangan air. Sedangkan untuk urine yang memiliki warna bening mengindikasikan kebutuhan kulit Anda akan air sudah tercukupi.

Artikel terkait :

3. Istirahat

Ketiga cara mengecilkan pori wajah bekas jerawat adalah dengan istirahat yang cukup. Tubuh dan kulit memerlukan istirahat terutama pada malam hari selama 8 jam. Saat malam hari kulit juga akan melakukan regenerasi sehingga baik untuk mengangkat sel kulit yang mati dan menggantinya dengan sel kulit yang baru.

(Baca juga : Cara mencegah penuaan dini)

4. Produk pembersih yang tepat

Gunakan juga produk pembersih yang tepat untuk wajah Anda. Pemilihan produk pembersih yang tepat dapat meminimalisir permasalahan kulit lainnya. Cara untuk memilih produk pembersih yang tepat adalah dengan menyesuaikan produk dengan jenis kulit Anda sendiri.

(Baca juga : Pembersih wajah alami)

5. Olahraga

Olahraga juga dapat membantu mengecilkan pori bekas jerawat. Olahraga dapat membantu untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh sehingga kulit akan tampak sehat. Pori-pori juga akan terlihat lebih kecil karena peredaran darah yang lancar.

(Baca juga : Manfaat olahraga utuk kecantikan)

Sponsors Link

6. Madu

Selanjutnya cara untuk mengecilkan pori wajah bekas jerawat adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Salah satunya adalah dengan menggunakan madu. Madu merupakan cairan alami yang berasal dari sari bunga dari lebah. Manfaat madu dalam dunia kecantikan sudah lama terbukti bermanfaat terutama mengecilkan pori wajah. Madu mengandung vitamin c dan antioksidan alami. Adapun cara menggunakan madu untuk kulit wajah adalah mengoleskan madu secara merata pada kulit wajah. Tunggu hingga 30 menit atau cairan madu sudah mengering. Selanjutnya baru bilas dengan menggunakan air yang bersih.

Artikel terkait :

7. Mentimun

Sayuran yang selanjutnya dapat mengecilkan pori-pori wajah bekas jerawat adalah mentimun. Sayuran ini kaya akan kandungan air dan juga antioksidan. Mentimun mudah untuk didapatkan karena selain sebagai masker untuk kulit mentimun juga dapat digunakan sebagai lalapan saat makan. Adapun cara untuk membuat masker mentimun ini adalah dengan mencuci bersih mentimun terlebih dahulu. Lalu potong mentimun bulat-bulat dan tempelkan pada wajah. Selain itu Anda juga dapat melumatkan mentimun menyerupai masker lalu tempelkan pada wajah. Diamkan selama 30 menit masker mentimun tersebut. Setelahnya baru bersihkan wajah secara merata dari masker mentimun yang sudah mengering.

Artikel terkait :

8. Pepaya

Buah yang berasal dari amerika latin ini juga bermanfaat untuk mengecilkan pori bekas jerawat. Buah pepaya mengandung enzim bernama papain, vitamin a, vitamin c dan kaya serat. Untuk menggunakan buah pepaya ini harus diolah terlebih dulu dengan menjadikannya sebagai masker. Cara membuat masker dari buah pepaya adalah sebagai berikut, pertama mengupas secara bersih kulit dari buah pepaya. Selanjutnya pisahkan daging buah dari biji. Ambil daging buah tersebut lalu diblender hingga halus dan tempelkan pada wajah secara merata. Dengan melakukan tindakan ini maka secara langsung memberikan manfaat yang banyak kulit. Termasuk dalam mengecilkan pori-pori wajah secara alami.

Artikel terkait :

ads

9. Es batu

Bahan alami yang dapat mengecilkan pori-pori bekas jerawat pada wajah selanjutnya adalah es batu. Es batu terbukti secara cepat dapat mengecilkan pori wajah. Caranya lumurkan es batu pada seluruh wajah secara merata. Untuk membuat es batu kamu dapat menggunakan wadah kecil lalu isi air kedalamnya. Masukkan wadah yang telah berisi air tadi kedalam lemari pendingin. Tunggu hingga sekitar satu jam hingga air tadi membeku. Setelah membeku baru bisa diaplikasikan pada wajah Anda.

(Baca juga : Manfaat es batu untuk alis)

10. Tomat

Sayuran tomat yang berwarna merah ini juga dapat dijadikan masker untuk mengecilkan pori wajah bekas jerawat. Tomat mengandung vitamin a, vitamin c, likopene yang berperan sebagai penjaga kolagen untuk menjaga keelastisan kulit wajah Anda serta antioksidan yang berguna untuk menagkal serangan radikal bebas yang dapat mengakibatkan penuaan dini dengan komposisi yang tinggi. Adapun cara untuk membuat masker dari buah tomat ini adalah dengan menghaluskan buah tomat. Kemudian tempelkan buah tomat yang sudha halus tadi pada wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit, setelahnya bilas wajah Anda dengan bersih setelah menggunakan masker tomat ini.

Artikel terkait :

11. Jeruk nipis

Bahan alami yang kesebelas untuk mengecilkan pori-pori wajah bekas jerawat adalah jeruk nipis. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin c yang tinggi sehingga baik untuk mengecilkan pori wajah. Cara untuk mengolah jeruk nipis sebagai masker alami ini cukup membelah jeruk nipis menjadi dua bagian. peras jeruk nipis untuk mengeluarkan airnya kedalam wadah. Setelah semua air terperas selanjutnya usapkan air tersebut keseluruh kulit wajah. Awalnya akan terasa perih jika Anda memiliki luka kecil pada wajah. Namun setelah itu rasanya akan menghilang sendiri. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan bersih.

Artikel terkait :

12. Bengkuang

Buah tropis yang satu ini sudah sejak lama digunakan untuk kecantikan kulit wajah dan badan. Buah bengkuang dapat dibuat sebagai masker dengan mengambil sari pati dari bengkuang. Caranya kupas kulit bengkuang secara merata. Lalu parut buah benngkuang tadi dan tambahkan air secukupnya. Setelah itu remas dan pisahkan antara air dan ampas bengkuang. Air tadi diamkan selama satu jam didalam wadah. Setelah satu jam buang airnya dan ambil sari pati bengkuang yang tertinggal didalam dasar wadah. Gunakan sari pati bengkuang tersebut untuk dioleskan secara merata pada kulit wajah Anda.

Artikel terkait :

13. Pisang

Buah pisang juga dapat digunakan untuk kecantikan kulit wajah wanita Indonesia. Pisang mengandung kalium yang tinggi dan vitamin yang menutrisi kulit. Untuk menggunakan pisang sebagai salah satu masker yang dapat mengecilkan pori wajah bekas jerawat adalah dengan mengupas kulit pisang terlebih dahulu. Setelah kulit pisang dikupas Anda dapat memblender buah pisang menyerupai masker. Lanjut tempelkan masker buah pisang ini pada wajah secara merata. Setelah itu diamkan selama 30 menit saja. Baru bilas wajah dengan menggunakan air yang bersih.

Sponsors Link

Artikel terkait :

14. Ampas teh

Jika Anda termasuk orang yang suka mengonsumsi teh pada pagi hari maka ada berita gembira. Bahwa ternyata ampas teh dapat membantu untuk mengecilkan ukuran pori pada wajah. Jadi mulai sekarang jangan pernah membuang ampas teh setelah digunakan. Karena ternyata ampas teh ini memiliki manfaat yang banyak bagi kulit. Cara menggunakannya adalah balurkan ampas teh pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu baru dibilas dengan menggunakan air yang bersih.

Artikel terkait :

15. Lidah buaya

Terakhir bahan alami yang dapat mengatasi pori wajah yang membesar adalah lidah buaya. Kandungan dalam lendir lidah buaya terdiri dari anti iritasi, antioksidan dan vitamin c. Cara untuk mengambil lendir dari lidah buaya ini adalah dengan mengupas kulit lidah buaya terlebih dahulu. Setelah itu cuci bersih baru oleskan lendir lidah buaya pada kulit wajah. Diamkan selama 30 menit hingga meresap pada kulit.

Artikel terkait :

Itulah beberapa bahan alami dan cara menggunakannya untuk membantu mengecilkan pori-pori pada wajah bekas jerawat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 07th, August 2017 / 04:23 Oleh :
Kategori : Wajah