12 Manfaat Mentimun untuk Perawatan Wajah

Cucumis Sativus L atau dikenal dengan nama mentimun, timun, juga biasa disebut sebagai ketimun mempunyai kandungan air yang tinggi di dalam buahnya. Tubuh kita memerlukan asupan vitamin dan gizi yang memadai agar bisa bekerja dengan baik. Satu buah mentimun sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh akan vitamin. Beberapa vitamin yang terkandung dalam mentimun adalah Tiamin (vitamin B1), Riboflavin (vitamin B2), Niacin (vitamin B3), Vitamin B6, Asam Folat, Kalsium, Besi, Potasium, Zinc, Magnesium dan Fosfor. Satu lagi kandungan dalam mentimun yang bermanfaat untuk perawatan kecantikan adalah silika, mineral yang bisa memperkuat jaringan ikat pada kulit. Semua kandungan itu membuat mentimun menjadi buah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Mentimun sering dibuat menjadi masker untuk mendapatkan manfaatnya bagi perawatan kecantikan. (Baca Juga: Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah , Manfaat Susu Untuk Kulit)

Manfaat Mentimun untuk Wajah Dari Kandungan Gizinya

Seperti telah disebutkan diatas, kandungan gizi pada mentimun banyak memiliki manfaat timun untuk wajah. Dilihat dari manfaat masing – masing kandungan gizi pada mentimun yaitu:

  1. Kandungan air – Kandungan air dalam mentimun bisa menghidrasi kulit, melembutkan dan membuat kulit kenyal serta melindungi kulit dari kekeringan, gatal dan kulit pecah – pecah.
  2.  Vitamin A – Sangat penting untuk pertumbuhan sel normal dan memiliki manfaat anti radang serta anti oksidan yang melindungi kulit dari infeksi serta peradangan.
  3.  Vitamin B1 – Meningkatkan kualitas peredaran darah dan cairan tubuh lainnya melalui sel – sel dalam kulit. Menjaga kulit dari radang, eksim, kulit bersisik dan lainnya.
  4. Vitamin C –  Sangat penting dalam pembentukan kolagen, yang struktur proteinnya membentuk kulit kita. Menetralkan aktivitas radikal bebas yang bisa menjadi penyebab kulit keriput dini.
  5. Biotin – Untuk memelihara kulit sehat. Kekurangan biotin bisa menyebabkan iritasi kulit, eksim, infeksi jamur, dan kondisi kulit lainnya yang meradang.
  6. Potasium –  Menjaga fungsi kulit yang bekerja baik. Kekurangan potasium bisa menyebabkan kondisi kulit kering dan kusam. Mencegah pengelupasan dan kekeringan kulit.

(Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering , Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik)

Manfaat Mentimun Untuk Perawatan Wajah

Sebagai bagian dari bahan yang digunakan untuk perawatan kecantikan, mentimun sering dipakai untuk merawat wajah. Adapun manfaat mentimun yang sangat berguna bagi perawatan kulit wajah yaitu seperti berikut ini:

  1. Menghilangkan Lingkaran Hitam

Manfaat timun untuk mata dan wajah memiliki kemampuan untuk menghilangkan lingkaran hitam dengan cepat dan aman. Kurang tidur adalah salah satu penyebab mata panda .Kandungan anti oksidan serta silica didalam mentimun bisa menghilangkan lingkaran hitam di sekitar kulit mata. Caranya sangat mudah, cukup hanya menempatkan dua irisan mentimun di kedua mata dan biarkan selama sekitar dua puluh menit. Atau celupkan kapas di dalam jus mentimun dan tempatkan di kedua mata untuk kompres sebagai cara alami menghilangkan mata panda.

  1. Menghilangkan Kantung Mata

Penyebab kantung mata hitam biasanya diatasi dengan cara menghilangkan kantung mata dengan es batu atau cara menghilangkan kantung mata dengan sendok. Apabila Anda punya masalah kantung mata maka mentimun dapat menjadi solusinya. Kandungan asam askorbat dari mentimun bisa mengurangi kandungan air pada kulit di sekitar mata dan mengurangi kantung mata yang ada jika ditempatkan di srea mata selama sekitar dua puluh menit. Pastikan mata Anda terpejam saat menempatkan mentimun. Selain itu ada juga manfaat air teh untuk wajah yang bisa menjadi cara menghilangkan kantung mata.

ads
  1. Menghilangkan Bintik Hitam

Mentimun juga dapat menghilangkan bintik hitam pada wajah sebagai cara menghilangkan bintik hitam di wajah yang alami selain cara menghilangkan bintik hitam di wajah dengan putih telur. Cara menggunakannya dengan memarut mentimun dan menggunakan airnya untuk diusapkan ke seluruh wajah dan leher. Noda – noda hitam atau bintik hitam pada wajah akan berkurang seiring waktu jika memakainya dengan teratur.

  1. Memperbaiki Warna Kulit

Manfaat mentimun yang paling umum adalah memperbaiki warna kulit dengan cara mencerahkan kulit wajah dan cara memutihkan wajah secara alami. Cara membuat ramuan mentimun untuk memperbaiki warna kulit yaitu dengan mencampurkan mentimun bersama air perasan lemon dan digunakan ke wajah. Campuran ini sangat berguna untuk memperbaiki rona kulit dan memudarkan noda hitam dan cara memutihkan kulit secara alami.

  1. Mengatasi Sengatan Matahari

Kulit wajah bisa terbakar jika kita tinggal di bawah sinar matahari terlalu lama. Mentimun juga bisa mengatasi penyebab kulit hitam terbakar matahari  karena mempunyai khasiat mendinginkan kulit serta menenangkan kulit dan mempercepat proses penyembuhan dari kulit yang terbakar matahari.

  1. Mengecilkan Pori – Pori

Mentimun bisa menjadi cara mengecilkan pori – pori besar secara alami jika digunakan sebagai toner wajah. Anda bisa memadukannya dengan beberapa tetes cuka apel, lemon, lidah buaya atau tomat. Bisa juga digunakan tanpa campuran apapun. Pori kulit yang terbuka akan segera mengecil dengan menggunakan mentimun. Ada juga cara mengecilkan pori dengan menggunakan manfaat air beras untuk kecantikan.

  1. Mengatasi Wajah Berminyak

Penyebab kulit berminyak saat bangun tidur bisa diatasi dengan cara merawat kulit berminyak menggunakan masker yang dibuat dari mentimun dan pelembab untuk kulit berminyak. Ada beberapa cara membuat masker mentimun yaitu:

  • Parut setengah mentimun ke dalam mangkuk dan tambahkan satu sendok teh air mawar. Pakailah ke daerah T yaitu dahi, hidung dan dagu pada wajah. Biarkan selama lima belas menit dan bilas wajah dengan air hangat.
  • Campurkan mentimun dengan daun mint secukupnya, dan gunakan pada kulit wajah. Masker ini terutama berguna saat musimpanas, karena bisa meredakan iritasi, radang dan kemerahan pada kulit.
  1. Meremajakan Kulit

Untuk meremajakan kulit ada beberapa cara menggunakan masker mentimun sesuai dengan campuran bahan – bahannya yaitu:

  • Cara pertama dengan mencampurkan setengah cangkir gandum, dua sendok makan madu, dan satu buah mentimun yang diiris serta lima sendok makan yogurt atau susu. Hancurkan dulu irisan mentimun sampai halus, kemudian tambahkan madu dan yogurt atau susu dan aduk. Kemudian tambahkan gandum dan biarkan beberapa menit baru digunakan ke kulit wajah. Manfaat madu untuk masker wajah, manfaat yogurt sebagai pelembab untuk cara mengatasi kulit wajah kering dan manfaat susu untuk kulit sangat baik untuk meremajakan kondisi kulit.
  • Cara kedua dengan bahan satu buah mentimun, setengah sendok teh air jeruk nipis dan satu putih telur. Campurkan semuanya sampai merata. Hancurkan mentimun sampai menjadi bubur dan saring. Tambahkan beberapa tetes air jeruk nipis ke dalam campuran yang sudah disaring. Tambahkan putih telur dan aduk lagi agar rata, oleskan ke wajah. Biarkan selama lima belas atau dua puluh lima menit hingga mengering dan bersihkan wajah Anda. Manfaat buah jeruk nipis untuk wajah sangat baik untuk meremajakan kulit.
  • Cara ketiga yaitu mencampurkan mentimun, putih telur, tiga lembar daun mint dan setengah cangkir yogurt. Haluskan mentimun dan daun mint lebih dulu lalu tambahkan putih telur dan yogurt. Tambahkan masker secara merata dan biarkan selama sekitar dua puluh menit. Bersihkan muka setelahnya.
  1. Merawat Wajah Sensitif

Kulit wajah yang sensitif mudah memerah, mengelupas dan mengalami radang, bahkan sangat mudah berjerawat. Mentimun bisa digunakan untuk merawat wajah yang sensitif dengan menggunakannya sebagai masker wajah dengan campuran apel serta oatmeal. Manfaat oatmeal untuk wajah sensitif memang sudah lama dikenal memiliki manfaat eksfoliasi wajah  sebagai salah satu bahan pembuat masker untuk wajah yang sensitif. Cara mencampur mentimun dengan oatmeal dan apel yaitu:

  • Siapkan potongan mentimun dan apel yang sudah dibersihkan secukupnya saja.
  • Campurkan dengan satu sendok oatmeal sampai merata
  • Gunakan campuran tersebut di wajah dan biarkan sampai agak mengering sekitar dua puluh lima menit
  • Cuci dan bilas wajah sampai bersih

Ada juga manfaat buah apel untuk kesehatan rambut yang bisa Anda coba.

  1. Anti Penuaan

Mentimun mengandung caffeic acid dan vitamin C yang bisa berfungsi sebagai cara mencegah penuaan dini dan juga mengurangi keriput, mengatasi kulit yang rusak karena terbakar matahari dan sebagainya. Cara membuatnya yaitu:

  • Campurkan setengah potong mentimun yang sudah dihancurkan dengan dua sendok makan yogurt.
  • Aduk sampai kental dan biarkan selama lima belas menit pada wajah.
  • Bersihkan dengan air hangat.

Yogurt mempunyai manfaat eksfoliasi untuk kulit yang juga bisa membersihkan kotoran dan sel kulit mati. Jika dicampur dengan mentimun yang memiliki manfaat membersihkan kulit, kedua bahan ini akan bermanfaat untuk menghidrasi kulit. (Baca Juga: Penyebab Kulit Kering dan Kusam)

  1. Mengatasi Kulit Kering

Masker mentimun dan alpukat bisa mengatasi masalah kulit kering pada wajah. Cara membuatnya yaitu:

  • Siapkan setengah cangkir mentimun potong dan setengah cangkir alpukat, satu putih telur, dan dua sendok teh susu bubuk.
  • Campur semua bahan sampai membentuk tekstur seperti pasta
  • Masker ini bisa segera digunakan atau bisa juga dimasukkan lebih dulu ke kulkas selama setengah jam.
  • Gosokkan ke wajah dan leher sambil dipijat melingkar.
  • Biarkan selama tiga puluh menit atau sampai agak mengering
  • Bilas dengan air hangat, kemudian diikuti dengan air dingin.

(Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo Dengan Putih Telur , Manfaat Air Hangat Untuk Perawatan Wajah)

Sponsors Link

  1. Mengurangi Noda

Noda atau cacat pada kulit wajah yang merusak penampilan bisa dihilangkan dengan menggunakan masker mentimun yang dicampur dengan minyak rosemary atau rosemary oil dan putih telur. Putih telur juga dapat menjadi cara memutihkan wajah secara alami. Cara membuat campuran ramuan untuk noda di wajah ini adalah:

  • Siapkan satu potong bagian kecil dari mentimun, satu tetes minyak rosemary, dan satu putih telur.
  • Hancurkan mentimun di blender sampai menjadi cair lalu tambahkan tetesan rosemary oil.
  • Kocok putih telur sampai kaku dan campurkan ke cairan mentimun.
  • Oleskan ke wajah dan biarkan selama lima belas menit.
  • Bersihkan dengan waslap setelahnya.

Manfaat Lain Mengkonsumsi Mentimun

Selain menjadi bahan alami yang sangat baik untuk perawatan wajah, banyak manfaat lainnya dari konsumsi mentimun untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat tersebut?

  • Merupakan sumber vitamin B yang sangat baik untuk tubuh
  • Juga merupakan sumber vitamin C yang kaya
  • Mentimun bisa mengatasi masalah batu ginjal
  • Memakan mentimun bisa mengenyangkan
  • Mentimun yang dikonsumsi dengan kulitnya bisa membawa pengaruh baik untuk pencernaan
  • Menyembuhkan bau mulut
  • Bebas kalori
  • Memiliki manfaat anti peradangan
  • Bisa bermanfaat dalam pengurangan berat badan
  • Mentimun sangat baik untuk penderita diabetes
  • Juga sangat baik untuk memelihara jaringan tubuh dan tulang rawan
  • Mentimun bisa membantu mencegah kanker
  • Meredakan sakit perut
  • Memerangi kolesterol
  • Mentimun bisa menstabilkan tekanan darah

(Baca Juga: Manfaat Mentega Untuk Bibir , Suntik Vitamin C dan Kolagen)

Mentimun adalah buah yang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh dan kecantikan. Oleh karena itu jangan ragu untuk menambahkan mentimun ke dalam daftar makanan yang Anda konsumsi dan daftar perawatan kulit Anda yang rutin. Selain mudah didapatkan, menggunakan mentimun untuk perawatan kulit rutin juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak seperti berbagai perawatan canggih yang banyak ditemui di salon atau klinik kecantikan. Hanya memerlukan ketelatenan dan kesabaran agar mentimun bisa memberikan efek yang baik bagi kulit wajah. Melakukan perawatan dengan mentimun juga minim resiko daripada menggunakan perawatan dengan bahan kimia.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 11th, November 2016 / 23:26 Oleh :
Kategori : Buah Sehat