8 Cara Membuat Masker Bengkoang Dengan Mudah

Apabila menginginkan kulit wajah yang mulus dan putih, tidak selalu perlu menggunakan perawatan yang modern, canggih atau mahal. Kekayaan alam kita memungkinkan eksplorasi berbagai bahan alam yang banyak memiliki manfaat untuk perawatan kecantikan, terutama wajah. Bahan – bahan alami yang mudah didapatkan di pasar tradisional ini bisa digunakan sebagai masker wajah. Salah satunya adalah bengkoang. Bengkoang bukanlah tanaman yang asing untuk kita yang tinggal di negara tropis, bengkoang adalah umbi yang bisa dimakan karena rasanya yang manis serta menyegarkan di lidah.

Banyak orang yang menggunakan bengkoang sebagai bahan baku masakan atau rujak. Namun diluar itu ada manfaat bengkoang untuk kulit, bahkan jauh sebelum adanya produk perawatan wajah modern, bengkoang sudah banyak digunakan sebagai bahan baku yang sering digunakan dalam perawatan wajah pada zaman dahulu, dan banyak warisan yang turun temurun mengenai cara membuat lulur bengkoang untuk kecantikan kulit tubuh wanita.

Kandungan Bengkoang

Menurut para pakar kesehatan, bengkoang mempunyai manfaat kimiawi dan farmakologis yang manis, dingin dan menyejukkan. Kandungan antiseptik dalam bengkoang dapat mengatasi gatal dan membuat kulit mengencang. Bengkoang dengan nama Latin Pachyrhizus Erosus termasuk ke dalam suku polong – polongan atau Fabaceae. Kandungan di dalam bengkoang meliputi kalsium, fosfor, Vitamin A, Vitamin B1, dan Vitamin C, Besi, folat, thiamin, riboflavin, piridoksin, asam pantotenat, pachyrhizon dan kandungan lainnya.

Manfaat Masker Bengkoang untuk Wajah

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan bengkoang sebagai bahan untuk membuat masker wajah. Anda bahkan bisa memakai masker bengkoang setiap hari jika menginginkannya tanpa harus khawatir dengan efek samping. Manfaat memakai masker bengkoang setiap hari tersebut antara lain:

  • Menghilangkan flek hitam bekas jerawat

Jerawat adalah salah satu musuh utama para wanita, karena mudah sekali muncul di kulit wajah yang sensitif. Walaupun bisa diatasi, namun akibat dari jerawat adalah berupa flek – flek hitam yang dapat merusak kemulusan kulit wajah. Flek hitam ini terutama muncul di pipi, karena biasanya di area itulah jerawat muncul. Bengkoang adalah salah satu cara menghilangkan flek hitam di pipi dan cara menghilangkan noda hitam di wajah, karena memiliki kandungan pachyrzon, rotenon, vitamin B1 dan vitamin C yang dapat menjadi solusi dengan cara menghilangkan flek hitam di wajah dan juga bekas jerawat yang sulit dihilangkan.

  • Menyegarkan kulit wajah

Bengkoang juga memiliki efek untuk mendinginkan kulit dan juga sering digunakan sebagai bedak dingin. Paparan cuaca, polusi, sinar matahari dan juga tubuh yang lelah akan membuat wajah terlihat tidak segar. Menggunakan masker bengkoang menjadi salah satu cara merawat wajah agar tetap segar dan tidak mudah terlihat lelah serta kusam. Wajah menjadi segar karena regenerasi kulit yang terjaga, dan hal itu dimungkinkan dengan kandungan Vitamin A dan Vitamin B1 yang memberikan nutrisi bagi sel kulit yang sangat penting bagi regenerasi, sehingga kulit selalu tampak mulus, cerah dan segar.

  • Memutihkan kulit wajah

Bila Anda menginginkan suatu cara memutihkan kulit wajah secara alami, bengkoang dapat dipertimbangkan sebagai salah satu bahan untuk membuat perawatan kulit wajah. Para wanita zaman dulu konon sering menggunakan bengkoang sebagai cara merawat kulit wajah agar putih. Anda pun dapat menggunakan bengkoang untuk mendapatkan khasiat yang sama.

  • Mencegah Penuaan Dini

Salah satu tips mencegah penuaan dini pada kulit wajah adalah dengan memanfaatkan bengkoang yang memang bisa digunakan sebagai cara mencegah penuaan dini jika digunakan secara teratur sebagai masker wajah. Kandungan antioksidan yang tinggi berupa vitamin C dalam bengkoang sangat baik bila dimanfaatkan sebagai masker untuk merawat kulit wajah, karena dapat berfungsi sebagai anti aging yang dapat merawat keriput dan tanda penuaan.

  • Mengatasi Kulit Kering dan Kusam

Bengkoang dapat menjadi salah satu bahan masker untuk kulit kering dan flek hitam dan juga menjadi cara merawat wajah agar tidak kusam. Wajah yang kering dan kusam akan menjadi masalah kulit yang sangat mengganggu kesempurnaan penampilan para wanita. Anda bisa menggunakan masker bengkoang agar wajah tidak mudah kusam dan kering.

  • Melembabkan Kulit Wajah

Buah ini mempunyai kandungan air yang tinggi, sekitar 80-90% sehingga sering dianjurkan untuk para penderita diabetes atau untuk berdiet. Karena kandungan airnya yang tinggi inilah, bengkoang sangat cocok untuk dikonsumsi agar kadar air dalam kulit selalu terjaga, dan dengan demikian terus membuat kulit tampak kenyal.

Membuat Masker Bengkoang Sendiri

Anda pasti pernah melihat produk masker bengkoang yang merupakan hasil produksi salah satu merk kosmetik lokal kita yang ternama. Menggunakan produk yang sudah jadi memang mudah bila dilihat dari segi kepraktisan, namun tetap saja faktanya menggunakan bahan asli langsung dari alam lebih memberikan khasiat yang langsung untuk kulit. Berikut ini adalah beberapa cara membuat masker bengkoang sendiri di rumah:

1. Masker Bengkoang Dasar

Bengkoang dapat digunakan sebagai masker wajah tanpa campuran bahan lainnya sebagai cara memutihkan wajah paling alami dan cara merawat wajah agar putih. Berikut ini adalah cara dasar membuat masker bengkoang, yaitu:

  • Siapkan bengkoang yang berukuran sedang, kupas lalu cuci sampai bersih.
  • Parut bengkoang setelah dipotong menjadi dua bagian.
  • Peras hasil parutan dan simpan airnya di sebuah wadah.
  • Diamkan air perasan selama sekitar satu jam atau semalaman sampai terbentuk endapan putih yang mirip tepung.
  • Pisahkan air tersebut dengan endapannya. Endapan yang teksturnya seperti tepung inilah yang akan dijadikan masker.

2. Masker Bengkoang dan Jeruk Nipis

Manfaat buah jeruk nipis untuk wajah didapatkan dari kandungan vitamin C di dalamnya. Cara menghilangkan flek hitam dengan jeruk nipis merupakan salah satu dari manfaat buah yang asam ini bagi perawatan kulit wajah. Menggabungkan manfaat bengkoang dan jeruk nipis dapat memberi manfaat maksimal pada wajah. Anda bisa mencoba cara membuat masker jeruk nipis dan bengkoang dengan cara ini:

  • Buat cairan endapan bengkoang seperti cara yang diatas.
  • Setelah terdapat endapan, lalu campur dengan air perasan jeruk nipis secukupnya sampai merata.
  • Basuh wajah lebih dulu dengan air hangat sebelumnya untuk membuka pori – pori wajah.
  • Oleskan masker ke kulit wajah secara merata
  • Tunggu sekitar empat puluh sampai enam puluh menit
  • Bilas dengan air dingin untuk kembali menutup pori – pori wajah.

Anda juga bisa menggunakan manfaat jeruk lemon untuk wajah dan bengkoang dengan cara yang sama dengan membuat masker bengkoang dan jeruk nipis.

3. Masker Bengkoang dan Minyak Zaitun

Minyak yang berasal dari Timur Tengah ini sudah sangat dikenal dengan banyak kegunaannya. Manfaat Extra Virgin Olive Oil untuk kecantikan adalah sebagai salah satu cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan minyak zaitun. Minyak zaitun dapat menjadi bahan campuran untuk masker bengkoang agar manfaatnya semakin maksimal. Cara membuat masker bengkoang dan minyak zaitun yaitu:

  • Buatlah endapan sari pati bengkoang seperti cara yang sudah dijelaskan diatas.
  • Ambil endapan bengkoang dan campur dengan dua sendok makan minyak zaitun
  • Aduk kedua bahan sampai tercampur rata
  • Oleskan masker campuran bengkoang dan minyak zaitun ke wajah secara merata.
  • Diamkan selama satu jam sampai mengering
  • Lalu bilas dengan air dingin sampai wajah bersih dari masker.

4. Masker Bengkoang dan Beras

Tips mencerahkan wajah secara alami dapat dilakukan salah satunya dengan menggunakan manfaat beras untuk wajah. Cara membuat amsker bengkoang dan beras yaitu:

  • Kupas bengkoang secukupnya sampai bersih dan haluskan.
  • Campurkan bengkoang yang telah dihaluskan dengan beras secukupnya lalu kembali hancurkan dengan blender.
  • Bersihkan dulu wajah Anda sebelum menggunakan masker.
  • Oleskan masker secara merata pada wajah
  • Biarkan masker selama sekitar tiga puluh menit di wajah.
  • Bersihkan dengan menggunakan air dingin.

5. Masker Bengkoang dan Tomat

Tomat adalah salah satu buah sayuran yang mengandung vitamin E tinggi, yang menjadi antioksidan alami. Manfaat tomat untuk wajah dapat mencegah radikal bebas yang dihasilkan dari polusi penyebab kulit kering, kusam dan menua sebelum waktunya. Cara membuat masker tomat dan bengkoang adalah:

  • Buatlah endapan sari pati bengkoang seperti cara yang telah dibahas sebelumnya.
  • Hancurkan dulu tomat yang akan digunakan dengan blender
  • Campurkan tomat yang telah diblender dengan endapan bengkoang hingga rata.
  • Gunakan masker bengkoang dan tomat sampai merata di wajah Anda.
  • Diamkan masker di kulit wajah selama sekitar tiga puluh menit
  • Bersihkan dengan air biasa.

6. Masker Bengkoang dan Putih Telur

Walaupun baunya amis, telur ternyata tidak hanya bermanfaat sebagai bahan makanan saja. Manfaat putih telur untuk rambut sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada rambut seperti rambut kusam, kering, dan banyak lagi. Salah satu bahan yang digunakan dalam cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan putih telur. Dicampur dengan bengkoang, putih telur dapat memberi manfaat yang besar bagi kecantikan wajah. Cara membuat masker putih telur dan bengkoang yang benar adalah:

  • Buatlah endapan sari pati bengkoang menggunakan cara yang telah disebutkan diatas
  • Siapkan putih telur secukupnya saja, pisahkan dengan kuning telurnya
  • campur putih telur dengan endapan sari bengkoang tersebut
  • Gunakan masker bengkoang dan putih telur pada wajah sampai merata
  • Biarkan sampai agak mengering, dan bilas dengan air hangat bersih dan handuk lembut

7. Masker Bengkoang dan Madu

Madu juga merupakan salah satu bahan alami yang khasiatnya sangat besar untuk merawat kecantikan kulit wajah. Manfaat madu untuk wajah yaitu dapat digunakan sebagai masker wajah alami yang mencerahkan dan mengatasi masalah jerawat. Anda bisa menggunakan manfaat madu untuk masker wajah dicampur dengan bengkoang untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan mulus, dan ada juga cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu.

  • Pertama – tama, endapkan dulu sari pati bengkoang sesuai cara yang telah dipaparkan diatas.
  • Campur tiga sendok makan madu murni dengan endapan bengkoang.
  • Oleskan masker ke kulit wajah dan pijat selama lima menit.
  • Diamkan masker sampai mengering, kira – kira satu jam.
  • Bersihkan masker dengan menggunakan air dingin.

8. Masker Bengkoang dan Air Mawar

Air mawar adalah campuran yang sering digunakan dalam pembuatan masker wajah alami maupun untuk mengencerkan bedak dingin. Cara menggunakan masker bengkoang dicampur dengan air mawar yaitu:

  • Keringkan bengkoang yang telah diparut terlebih dulu.
  • Campur bengkoang yang telah kering dengan air mawar sampai merata
  • Oleskan campuran bengkoang dan air mawar ke wajah
  • Biarkan sampai agak mengering, lalu bersihkan wajah dengan air bersih

Tips Menggunakan Masker Bengkoang

Proses pemakaian masker bengkoang tidak hanya berupa mengoleskannya saja ke wajah, melainkan harus ada beberapa aturan yang perlu diikuti dengan seksama agar khasiat bengkoang benar – benar meresap ke kulit wajah.

  • Gunakan masker setelah wajah bersih dari kotoran, keringat atau sisa – sisa make up. Kulit yang kotor membuat masker tidak akan meresap dengan sempurna ke dalam kulit.
  • Ketika membersihkan, gosok wajah dengan menggunakan handuk halus yang telah dibasahi air, agar wajah terhindar dari iritasi.
  • Mengeringkan masker dapat dilakukan secara alami dengan membiarkan wajah terkena udara biasa.
  • Sebaiknya menggunakan masker setelah mandi dan digunakan secara rutin.

Bedak Dingin Bengkoang

Selain dibuat sebagai masker, bengkoang juga dapat dijadikan bahan untuk membuat bedak dingin. Bahan yang diperlukan adalah jeruk nipis, tepung beras, dan bengkoang. Cara membuat bedak dingin bengkoang adalah:

  • Siapkan satu sendok makan perasan jeruk nipis, dua buah bengkoang ukuran sedang, dan 100 gr tepung beras.
  • Bersihkan bengkoang, kupas dan cuci kemudian parut sampai halus.
  • Saring bengkoang dan biarkan mengendap selama beberapa jam.
  • Campurkan endapan bengkoang dengan jeruk lemon dan tepung beras.
  • Anda bisa menambahkan mawar, daun suji atau daun pandan untuk wanginya.
  • Bentuk menjadi bulatan kecil – kecil dan keringkan bulatan – bulatan tersebut.

Anda tinggal mencampurkannya dengan air mawar jika hendak digunakan.

Manfaat Bengkoang Lainnya Untuk Kesehatan

Selain untuk kecantikan wajah, bengkoang juga memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat bengkoang lainnya yaitu:

  • Bengkoang dapat menurunkan kadar gula darah sehingga dapat dikonsumsi dengan aman oleh penderita diabetes.
  • Sariawan dapat diatasi dengan bengkoang melalui kandungan vitamin C didalamnya, cara nya dengan meminum jus bengkoang dan ditambahkan madu.
  • Kandungan air dan serat yang tinggi dalam bengkoang dapat menjaga kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga baik untuk orang yang sedang berdiet.
  • Bengkoang juga dapat menghentikan diare dan memperlancar pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.
  • Fitoestrogen diperlukan untuk menanggulangi efek menopause pada wanita. Wanita yang telah memasuki masa menopause dapat mengonsumsi bengkoang yang mengandung estrogen alami.
  • Jus bengkoang dapat menurunkan demam dengan mengonsumsinya dua kali sehari, pagi dan sore.
  • Mengonsumsi bengkoang empat kali seminggu secara teratur dapat menghilangkan eksim.
  • Kandungan potasium dan fosfor di dalam bengkoang adalah zat yang sangat baik untuk tubuh, terutama bagi ginjal dan empedu, sehingga juga bermanfaat untuk mengatasi masalah batu ginjal dan empedu.

Bengkoang menjadi pilihan bahan alami yang sangat aman untuk perawatan wajah Anda, karena tidak perlu mengeluarkan biaya besar untukmendapatkan wajah yang mulus dan bebas dari masalah. Mendapatkan kulit sehat dengan rutin menggunakan masker bengkoang buatan sendiri lebih menjamin efektivitasnya karena berasal dari bahan – bahan segar yang langsung dibuat tanpa melalui tambahan bahan kimia atau bahkan menggunakan masker instan yang telah lama berada di dalam kemasan, sehingga khasiat alaminya bisa saja berkurang. Hasil yang diberikan oleh perawatan alami memang tidak akan secepat kilat, namun jika Anda bisa bersabar dan telaten, maka semua hasilnya akan sepadan.