35 Cara Menghilangkan Varises Secara Alami Tanpa Operasi

Menjaga penampilan tubuh merupakan salah satu hal penting yang harus kita lakukan setiap hari. Ladies !! kali ini kita akan membahas tentang varises, dan apa saja penyebab dari varises. Tahukah kamu jika varises bisa terjadi kapan saja, dan bahkan tanpa kita sangka. Menurut Mediskus Varises adalah pembesaran atau pelebaran pembuluh darah vena yang terletak tepat di bawah permukaan kulit (vena superfisial) biasanya terjadi pada kaki. Selain itu juga dapat terjadi pada vena esofagus (kerongkongan) disebut varises esofagus, kantung buah zakar, vagina, bagian anus (wasir), bawah lidah (sublingual), dan lain-lain. Jika disimpulkan varises merupakan gangguan yang terjadi pada vena, sehingga menjadikan munculnya gangguan pada salah satu bagian tubuh manusia. Tahukah kamu jika varises bisa terjadi akibat beberapa hal yang berikut ini.

  1. Sering menggunakan heels
  2. Lama berdiri
  3. Lama duduk
  4. Faktor usia
  5. Faktor genetik / keturunan
  6. Menopause
  7. Hamil
  8. Terlalu gemuk
  9. Diet
  10. Gaya hidup tidak sehat, dll

Mengatasi varises bisa dilakukan dengan banyak hal, misalnya saja dengan operasi, disinar dan perawatan medis lainnya. Kali ini klinkkecantikan akan memberikan mu tips, tentang bagaimana cara menghilangkan varises secara alami tanpa operasi.

1. Cuka Apel

Tahukah kamu jika cuka apel ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan perawatan untuk menghilangkan varises.  Cara memanfaatkannya juga cukup mudah, pertama ambilah cuka sebanyak 5 sendok makan. Campurkan cuka apel dengan air hangat sebanyak setengah cangkir, lalu aduk merata hingga cuka apel dan air tercampur merata. Gosokkan cuka apel tersebut pada bagian yang varises, dan diamkan hingga mengering dengan sendirinya.

Baca Juga :

2. Minyak Zaitun

Bahan alami untuk menghilangkan varises, adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit dan tubuh mu. Kamu bisa mendapatkan minyak zaitun dibeberapa toko bahan kue, atau supermarket besar yang ada dikota mu. Cara menggunakannya juga sangat mudah, cukup oleskan minyak zaitun pada bagian tubuh yang varises dan berikan sedikit pijatan lembut.

3. Minyak Kelapa

Yang ketiga bahan alami untuk menghilangkan varises, adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit dan tubuh mu. Kamu bisa mendapatkan minyak kelapa dibeberapa toko bahan kue, atau supermarket besar yang ada dikota mu. Cara menggunakannya juga sangat mudah, cukup oleskan minyak zaitun pada bagian tubuh yang varises dan berikan sedikit pijatan lembut pada bagian yang varises. Baca Juga :

4. Cabe Rawit

Tahukah kamu jika cabe rawit ternyata mampu mengatasi varises yang terjadi pada bagian tubuh mu??.  Kamu bisa menggunakan cabe rawit sebagai masakan, atau bisa juga kamu gunakan sebagai balado.  Dengan mengonsumsi cabe rawit bisa mengatasi varises yang menghiasi kaki mu.

5. Bawang Putih

Tahukah kamu jika bawang putih ternyata tidak hanya bisa mengatasi sakit gigi, tapi kamu juga bisa menggunakannya sebagai obat varises. Cara memanfaatkannya juga cukup mudah, kamu bisa menggoreng atau membakar bawang putih dan memakannya. Selain itu bawang putih juga bisa kamu haluskan dan dibalurkan pada bagian tubuh yang varises.

Baca Juga :

 6. Peterseli

Salah satu daun yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi varises, adalah daun yang sering digunakan untuk hiasan kuliner yaitu peterseli. Daun ini ternyata tidak hanya bisa mempercantik makanan saja, tapi juga bisa membuat tubuh mu cantik tanpa ada varises. Cara memanfaatkannya juga cukup mudah, kamu bisa merebusnya, memakannya langsung atau bisa juga kamu haluskan dengan cara diulek lalu dibalurkan pada bagian yang varises.  

7. Bunga Marigold

Salah satu bunga yang bisa kamu manfaatkan sebagai obat varises adalah bunga marigold. Bunga ini memang agak susah ditemukan, dan jika kamu ingin mencarinya sebaiknya brwosinglah di internet. . Cara memanfaatkannya juga cukup mudah, kamu bisa merebusnya dengan air dan memnimumnya, atau bisa juga kamu haluskan dengan cara diulek lalu dibalurkan pada bagian yang varises.

8. Biji Anggur

Biji anggur merupakan salah satu bahan alami yang bisa kita gunakan untuk membuat obat varises. Cara mengolahnya juga cukup mudah, kamu bisa mengahaluskan biji anggur dan merebusnya. Minumlah air rebusan biji anggur agar peredaran darah menjadi lancar.  

9. Kulit Kayu Pinus

Pinus ternyata memiliki manfaat yang lebih, tapi yang bisa ambil manfaatnya untuk varises berada dibagian kulitnya. Kamu bisa memanfaatkan air rebusan kulit kayu pinus dan meminumnya saat sudah dingin, dan bisa juga kamu tambahkan sedikit gula agar lebih manis.

Baca Juga :

10. Minyak Atsiri

Salah satu minyak yang bisa kamu manfaatkan sebagai perawatan varises adalah minyak astisiri. Minyak atsiri merupakan salah satu minyak yang bisa kamu gunakan untuk memijat bagian tubuh yang varises. Kamu bisa membalurkan minyak atsiri ini pada varises, dan melakukan pijatan lembut pada bagian tersebut.

11. Minyak Chamomile

Minyak yang berikutnya bisa digunakan untuk memijat bagian tubuh yang varises adalah Chamomile. Minyak ini bisa kamu temukan ditoko kecantikan, dan kamu bisa membalurkan minyak ini pada bagian yang varies. Selanjutnya kamu bisa melakukan pijatan lembut dengan menggunakan minyak chamomile pada bagian tubuh yang varises.  

12. Minyak Mawar

Salah satu minyak yang bisa kamu manfaatkan sebagai perawatan varises selain chamomile dan atsiri adalah minyak mawar. Minyak mawar merupakan salah satu minyak yang bisa kamu gunakan untuk memijat bagian tubuh yang varises. Kamu bisa membalurkan minyak mawar ini pada varises, dan melakukan pijatan lembut pada bagian tersebut.  

13. Minyak Lavender

Minyak lavender adalah salah satu minyak yang bisa kamu gunakan untuk memijat bagian tubuh mu yang varises. Kamu bisa membalurkan minyak lavender pada bagian yang varises, dan memijatnya dengan pijatan yang lembut.  

14. Jeruk Nipis

Tahukah kamu jika jeruk nipis ternyata bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi varises. Cara memanfaatkannya juga sangat mudah, belah jeruk nipis menjadi dua bagian dan peraslah air jeruk nipis pada wadah yang bersih. Selanjutnya tambahkan air perasan jeruk nipis dengan minyak zaitun, minyak lavender atau minyak kelapa, dan balurkan pada bagian yang varises serta lakukan pijatan lembut.

15. Jeruk Lemon

Jeruk lemon ternyata tidak hanya mampu kamu manfaatkan untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Kali ini kamu juga bisa menggunakannya untuk mengatasi varises. Cara memanfaatkan lemon juga sangat mudah, belah jeruk lemon menjadi dua bagian dan peraslah hingga keluar air jeruk lemon pada wadah yang bersih. Selanjutnya tambahkan air perasan jeruk lemon dengan minyak zaitun, minyak lavender atau minyak kelapa, dan balurkan pada bagian yang varises serta lakukan pijatan lembut.  

16. Minyak Jarak

Cara menghilangkan varises selanjutnya bisa kamu lakukan dengan menggunakan minyak jarak. Cara menggunakannya juga sangat mudah, pertama balurkan minyak jarak pada bagian tubuh yang varises. Selanjutnya kamu bisa melakukan pijatan lembut pada bagian yang varises. Baca Juga :

17. Jambu Biji

jambu biji adalah salah satu obat ampuh yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi varises. Cara memanfaatkan jambu biji sangat mudah, kamu bisa memakan jambu beserta bijinya agar lebih mudah.  

18. Jahe

Cara mengatasi varises selanjutnya adalah dengan menggunakan jahe. Kamu bisa memanfaatkan jahe sebagai minuman hangat, dan menambahkannya dengan sedikit madu agar rasanya lebih manis.

19. Es Batu

Mengompres kaki anak yang varises merupakan salah satu cara termudah yang bisa dilakukan. Gunakan kain bersih dan masukkan es batu dalam kain, lalu mulailah mengompres varises dengan perlahan.

20. Tidak Merokok

Varises bisa terjadi akibat penggunaan rokok, oleh sebab itu sebaiknya hentikan kebiasaan merokok agar tubuh mu jauh lebih sehat.

21. Perbaiki Posisi Duduk

Salah satu penyebab terjadinya varises adalah kesalahan dalam posisi duduk. Cara yang benar saat duduk harus kamu perhatikan dengan benar, agar punggung mu dan kaki mu lebih rileks dan tidak memicuh munculnya varises. Baca Juga :

22. Tidak Menggunakan Heels

Salah satu cara menghilangkan dan mencegah varises, adalah dengan menghindari penggunaan heels secara terus menerus. Sebaiknya gunakan flat shoes atau sandal teplek, agar kaki mu merasa lebih nyaman dan terhindar dari varises.

23. Tidak Menggunakan Celana Ketat

Varises bisa dipicuh oleh penggunaan celana yang ketat, oleh sebab itu sebaiknya gunakan celana yang agak longgar agar kaki mu tidak tertekan. Jika kamu menggunakan jeans, sebaiknya gunakan celana jeans yang agak longgar modelnya agar lebih nyaman dan sehat.

24. Menghindari Gorengan

Kolesterol merupakan salah satu pemicuh munculnya varises, dan kolesterol bisa kamu hindari dengan tidak mengonsumsi gorengan berlebihan. Ketika kamu makan gorengan sebaiknya segera minumlah air jeruk lemon agar kolesterol terkurangi dan tubuh tetap sehat.

25. Tablet Ginkgo Biloba

Jika kamu ingin cepat sembuh dari varises, sebaiknya konsumsilah tablet ginkgo biloba. Tablet ini bisa kamu temukan di apotek, dan sebaiknya dikonsumsi atas perintah dokter dan pihak medis lainnya.

26. Tablet Omega -3

Tablet omega 3 ternyata bisa meredahkan varises yang ada dikaki, tangan dan bagian tubuh lainnya. Kamu bisa mendapatkan tablet ini di apotek terdekat, atau kamu juga bisa mengonsumsi ikan untuk memenuhi kebutuhan omega 3 harian mu.  

27. Menajaga Berat Badan

Tahukah kamu jika salah satu penyebab varises, adalah tidak seimbangnya berat badan mu. Oleh sebab itu sebaiknya jagalah berat badan mu dengan olahraga ringan, dan membuat pola makan yang baik untuk kesehatan tubuh mu.

28. Kacang Hijau

Kacang hijau yang biasa dibuat bubur atau kolak, kali memiliki manfaat bagi kamu yang terkena varises. Kamu bisa mengolah kacang hijau sebagai bubur, atau bisa juga kamu rebus dan meminum air rebusannya. Baca Juga :

29. Terong

Tahukah kamu jika terong ternyata sangat bermanfaat untuk mengurangi varises. Kamu bisa mengolah terong sebagai terong kukus, atau sambal terong. Dengan mengonsumsi terong secara rutin, maka varises akan hilang dengan bertahap.  

30. Madu

Salah satu bahan alami yang dapat memperlancar aliran vena, adalah madu alami. Madu dapat kita manfaatkan untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh, dan membuka aliran yang tersumbat penyebab varises. Kamu bisa menggunakan madu sebagai minuman hangat atau minuman dingin, dan meminumnya secara rutin. Baca Juga :

31. Habbatusaudah

Mengatasi segala penyakit bisa dilakukan dengan mengonsumsi habbatusaudah. Biji jintan hitam ini dipercaya dapat mengobati segala macam penyakit kecuali kematian. Jika kamu ingin menggunakan bahan alami ini untuk mengatasi varises, maka konsumsilah habbatusaudah 3 kali sehari.

32. Air Putih

Mengonsumsi 8 hingga 9 gelas sehari dapat mengatasi varises, dan membuat varises lebih cepat sembuh. Minumlah air putih ketika bangun tidur sebanyak satu gelas, dan ketika akan tidur malam juga minumlah sebanyak 1 gelas.

33. Kualitas Tidur Yang Baik

Varises bisa saja terjadi karena kurangnya waktu istirahat dan kualitas tidur yang kurang baik. Tidurlah paling tidak 8 jam perhari, dan kamu juga harus bisa memastikan jika kualitas tidur mu benar-benar baik agar peredaran darah lancar.

 34. Makanan Pedas

Tahukah kamu jika makanan pedas ternyata dapat memperlancar peredaran darah mu. Dan jika peredaran darah lebih lancar, maka otomatis varises juga akan berkurang sedikit demi sedikit.

35. Makanan Bernutrisi

Mengatasi varises bisa kita lakukan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi akan membuat tubuh menjadi sehat, dan otomatis peredaran darah yang ada dalam tubuh juga berjalan lancar. Jika peredaran dalam tubuh lancar, maka varises akan hilang dan enggan untuk terjadi lagi pada tubuh mu. Baca Juga :

Mengatasi kaki varises memanglah bukan hal yang mudah, tapi tahukah kamu jika kita bisa mengatasi varises dengan salah satu cara diatas. Jika kamu ingin mengatasi varises, maka kamu bisa memilih makan pedas, minum air jahe hangat, menggunakan minyak essensial dan beberapa cara lainnya.