15 Efek Samping Tomat untuk Wajah Perlu Diketahui

Tomat adalah salah satu bahan makanan yang lekat dengan kehidupan kita sehari-hari dan hampir selalu ada di dapur kita. Buah ini dapat dicampurkan ke dalam salad, sup, es buah, dan masih banyak lagi. Mengonsumsi tomat setiap hari dapat meningkatkan kesehatan sekaligus menguatkan rasa masakan yang kita buat. (Baca Juga: manfaat lidah buaya untuk kecantikan)

Ada banyak manfaat tomat yang dapat Anda rasakan, di antaranya adalah meningkatkan kemampuan penglihatan, menurunkan tekanan darah, mencegah infeksi saluran kemih, dan melindungi tubuh dari kanker. Terlepas dari manfaat untuk tubuh, Anda dapat menggunakan tomat untuk perawatan kulit dan meningkatkan kesehatannya. Tingginya kadar lycopene (sejenis antioksidan) melindungi kulit dari sinar ultraviolet, sehingga menunda efek penuaan dan melindungi kulit dari kanker. Kandungan vitamin C dan A-nya juga sebagai komponen penyejuk dan astringent. (Baca juga: manfaat susu kedelai untuk kulit, manfaat ginseng untuk kecantikan)

Manfaat Tomat Untuk Kulit

1. Mencerahkan kulit

Menggunakan jus tomat dan jeruk nipis pada wajah dapat menghasilkan kulit yng lebih cerah dan bersih. Untuk Anda yang memiliki kulit normal dan kering dapat mengganti jeruk nipis dengan air bunga mawar (dapat dibeli di supermarket). Perawatan semacam ini tidak memiliki efek samping pada kulit Anda kecuali Anda memiliki alergi pada tomat atau kulit Anda tidak tahan pada jeruk nipis. Ditambah, hal ini merupakan cara yang cepat untuk diaplikasikan karena tidak membutuhkan persiapan banyak. Anda dapat mengoleskan campuran jus tomat dan jeruk nipis ke wajah Anda sembari melakukan kegiatan sehari-hari di rumah. (Baca Juga: Manfaat olahraga untuk kecantikan , Manfaat oatmeal untuk wajah sensitif)

2. Memutihkan kulit

Lycopene yang terkandung dalam tomat memiliki banyak manfaat. Tidak hanya membuat kulit terhindar dari penuaan dini tapi juga mampu mengatasi kulit yang terbakar dan gosong/menghitam akibat sinar matahari (tan). Menggunakan jus tomat pada kulit secara teratur dapat membantu memutihkan kulit dan membuatnya lebih sehat. (Baca Juga: Cream Malam yang Bagus Untuk Mencerahkan Wajah , Cream Pemutih Wajah yang Bagus)

3. Menjaga kulit dari sinar matahari

Seperti yang telah kami sebutkan, lycopene dapat membantu mengatasi kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari (sunburn). Banyak produk-produk kecantikan untuk mengatasi sunburn yang dianjurkan oleh para ahli kecantikan yang mengandung lycopene. Dan bila Anda memasukkan tomat pada menu diet Anda serta perawatan kulit Anda sehari-hari, Anda bisa mengurangi waktu dan biaya untuk berkunjung ke dokter kulit. (baca juga: Cara Mengkilapkan Kuku dengan Pasta Gigi, Perontok Daki)

4. Baik untuk kulit berminyak

Masih berhubungan dengan yang di atas, tomat adalah astringent alami untuk kulit kombinasi dan kulit berminyak. Cukup gunakan jus tomat untuk mencegah kulit menjadi licin dan nampak berminyak (hal ini tentunya akan mengganggu penampilan dan menjadi penyebab utama jerawat). Bila Anda harus menggunakan makeup untuk waktu yang lama, kami sarankan untuk mengoleskan jus tomat ini pada wajah Anda 1-2 jam sebelumnya agar kulit Anda tidak terlalu berminyak dan makeup Anda dapat bertahan lama.

Baca Juga:

5. Mengatasi pori-pori yang terbuka

Potong tomat menjadi dua bagian, ambil separuhnya dan gosokkan pada kulit wajah Anda yang memiliki pori-pori besar/terbuka. Gosokkan selama 15-20 menit dan bilas wajah Anda dengan air sesudahnya. Anda tidak perlu waktu khusus untuk melakukannya, aktivitas ini bisa Anda lakukan sambil menonton televisi atau membaca buku. Anda akan merasakan kulit Anda lebih bersih dan cerah serta bebas dari minyak berlebih. Melakukan hal ini secara teratur dapat membuat pori-pori kulit wajah Anda mengecil dan memudarkan bekas jerawat yang ada di wajah Anda.

6. Membersihkan pori-pori yang tersumbat

Seperti yang sudah kami tuliskan di atas, tomat dapat membantu menyerap minyak yang menyumbat pori-pori kulit wajah Anda. Hal ini tentunya dapat membuat kulit Anda dapat bernafas dengan lega. Campurkan jus tomat dengan gula atau tepung beras untuk membuat srub, oleskan di permukaan wajah Anda dengan gerakan memutar di sekitar hidung dan basuh wajah Anda dengan air hangat sesudahnya. Anda akan dapat langsung merasakan hasilnya: kulit menjadi bersih dan terasa lembut. Scrub ini dapat Anda gunakan dua kali dalam seminggu.

Baca Juga:

7. Melawan penuaan

Tomat tidak hanya memberi efek pada kulit dari luar, tapi juga dari dalam. Konsumsi tomat sebanyak 1-2 buah per hari dapat memberikan manfaat yang baik bagi kulit dan rambut Anda. Lycopene-nya merupakan antioksidan yang ampuh untuk mencegah kulit mengalami penuaan dini. Memasukkan tomat dalam menu diet Anda sehari-hari dapat menjaga kulit Anda agar tetap nampak muda.

Efek Samping Tomat untuk Wajah

Tomat adalah buah yang kaya akan air dan antioksidan. Antioksidan ini menunda proses penuaan pada kulit dan juga membersihkan kulit dari toksin. Asam sitrus yang terkandung pada tomat diketahui dapat memutihkan kulit secara alami (sebagai bleach).

Baca Juga:

Namun, segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, termasuk dalam mengonsumsi dan menggunakan tomat pada kulit Anda. Bahkan beberapa orang bisa jadi memiliki alergi khusus terhadap buah yang satu ini. Meskipun efek sampingnya terhadap wajah dan kulit Anda tidak banyak serta jarang terjadi (mengingat lebih banyak manfaatnya), tidak ada salahnya untuk berhati-hati dalam mengonsumsi dan/atau menggunakan buah versatile satu ini. (Baca juga: krim penghilang stretch mark yang ampuh, cara mengencangkan perut)

Jadi apa yang akan terjadi pada kulit Anda bila terlalu berlebihan mengonsumsi tomat? (Baca juga: cara mencegah penuaan dini, manfaat suntik kolagen)

1. Sensitif terhadap cahaya

Lepas dari segala manfaatnya, asam sitrus adalah agen photosensitizing dan akan membuat kulit Anda sensitif terhadap sinar UVA. Lycopene yang berlebihan juga dapat berakibat buruk pada kulit setelah dipapar oleh sinar UVA. (Baca juga: cara merawat kulit tubuh)

2. Reaksi alergi

Untuk Anda yang memang memiliki alergi khusus terhadap tomat, photosensitizing dan pengaruh lycopene tadi dapat menyebabkan kulit Anda mengalami ruam dan beberapa reaksi alergi lain yang mengikutinya. Seperti dermatitis, gatal-gatal, iritasi, kemerahan, bahkan eksim. (Baca juga: cara mengatasi kulit keriput)

3. Memengaruhi mulut

Mengonsumsi tomat secara berlebih dapat mengakibatkan alergi seperti membuat mulut amat kering atau justru produksi saliva yang berlebihan sehingga dapat membuat Anda tidak nyaman. (Baca juga: vitamin untuk kulit kering)

4. Memengaruhi mata dan bibir

Tomat juga dapat membuat iritasi pada mata yang dapat memengaruhi penglihatan serta alergi yang membuat bibir Anda menjadi bengkak. (Baca juga: perawatan bibir pecah-pecah)

Pencegahan

  • Bila menggunakan tomat sebagai masker wajah, jangan membiarkannya terlalu lama di wajah Anda
  • Bersihkan wajah Anda secara menyeluruh sebelum dan sesudah menggunakan tomat secara topikal\
  • Jangan berada di bawah sinar matahari terlalu lama setelah menggunakan masker tomat
  • Gunakan tomat secara bijak dan secukupnya untuk penggunaan topikal—terutama pada wajah. Tambahkan sedikit vitamin E untuk melindungi kulit dari ultraviolet.

(Baca juga: Manfaat kiwi bagi kulit , Manfaat kentang untuk kulit wajah)

Setelah pembahasan di atas, sebenarnya kita dapat mengambil kesimpulan bahwa secara umum tomat manfaat yang baik bagi orang normal, hanya sedikit orang yang perlu perhatian khusus dan berhati-hati saat mengonsumsi tomat. Dan hal-hal di atas hanya dapat terjadi bila Anda mengonsumsi tomat dalam jumlah yang amat banyak. Beberapa orang yang ingin menurunkan berat badan akan rentan terhadap efek di atas, termasuk orang-orang yang hanya memakan salad dalam kehidupan sehari-harinya. (Baca Juga: Manfaat bengkoang untuk kulit)