11 Manfaat Coklat untuk Kulit Badan

Apakah Anda pernah mendengar scrub, lotion, dan masker yang menggunakan cokelat sebagai bahan dasar atau salah satu komponennya? Nah, merek ternyata memanfaatkan cokelat sebagai bahan yang baik untuk perawatan kulit. Cokelat mengandung komponen berupa polyphenol dan flavanol lebih banyak ketimbang makanan yang berasal dari tumbuhan lainnya, termasuk tumbuh-tumbuhan yang sering disebut sebagai buah super di industri makanan. (Baca juga: manfaat susu kedelai untuk kulit, manfaat ginseng untuk kecantikan)

Flavonoid adalah phytonutrient—substansi yang terkandung dalam tumbuhan tertentu yang bermanfaat bagi kesehatan manusia dan mebantu mencegah berbagai macam penyakit berkembang—yang terdapat dalam cokelat atau cocoa yang memiliki antioksidan dan bahan antiperadangan. Flavonoid juga membantu kulit untuk merefleksikan kembali sinar ultraviolet, yang berkontribusi untuk meningkatkan penampilan kulit dengan mengurangi kerusakan akibat sinar UV dan rusaknya kolagen alami dalam kulit. (Baca Juga: manfaat lidah buaya untuk kecantikan)

Cokelat juga kaya akan mineral termasuk magnesium, tembaga, potasium, dan zat besi, yang semuanya membantu meningkatkan pertumbuhan sel-sel dalam tubuh. Magnesium adalah mineral yang paling dominan dalam cokelat dan merupakan jenis mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh—tubuh kita tidak akan mampu berfungsi tanpanya. Magnesium pun bermanfaat untuk meningkatkan penampilan dengan mengurangi garis-garis halus serta kerutan pada wajah, membersihkan jerawat, dan meredakan reaksi alergi yang terjadi pada kulit. (Baca juga: cara mengatasi kulit keriput)

Kini telah banyak produk-produk di pasaran yang menggunakan dan mempromosikan cokelat sebagai bahan dasarnya. Berikut kami paparkan lebih lanjut apa saja manfaat cokelat untuk kulit yang berguna bagi Anda:

1. Mengencangkan kulit

Kafein yang terkandung dalam cokelat menstimulasi sirkulasi dan memperlancar peredaran darah. Hal ini berfungsi meningkatkan dan menyegarkan sel-sel kulit, mengurangi proses penuaan, dan meningkatkan kekencangan kulit. (Baca juga: cara mengencangkan paha)

2. Kaya akan antioksidan

Apakah Anda tahu bahwa semakin gelap cokelat yang dikonsumsi (semakin tinggi persentase dark chocolate), maka semakin kuat pula antioksidan yang terkandung di dalamnya? Antioksidan ini dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel baru, melawan proses penuaan dan kerusakan yang terjadi akibat paparan radikal bebas di kulit setelah berada di luar ruangan atau terkena sinar matahari. (Baca juga: cara mencegah penuaan dini, penyebab kulit keriput di usia muda)

3. Sebagai pelembap

Mentega cokelat (cocoa butter) mengandung minyak alami yang tinggi dan emollient (komponen yang dapat melembutkan kulit) yang penting untuk mengatasi kulit kering, kasar, dan mengelupas. (Baca juga: pelembap untuk kulit kering dan kusam, cara mengatasi kulit mengelupas)

4. Selulit

Cokelat juga mengandung komponen yang disebut theobromine. Komponen ini membantu membakar lemak dan menyingkirkan selulit. (Baca juga: cara menghilangkan selulit di paha)

5. Efek menenangkan

Sedang bad mood atau stres? Apakah biasanya Anda mengonsumsi cokelat untuk meredakan kedua hal tersebut? Ternyata cokelat berfungsi untuk meredakan stres dan tegangan pada otot-otot yang kaku. Termasuk pada kulit. (Baca juga: cara merawat kulit agar tetap sehat)

6. Melindungi kulit

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat secara konsisten selama 12 minggu dapat menjaga kelembapan kulit sebanyak 25 persen, sehingga membuat kulit terhindar dari terbakar oleh sinar matahari. Hal ini karena cokelat meningkatkan sirkulasi darah pada kapiler di bagian kulit yang paling luar, sehingga membuat kulit menyerap oksigen lebih banyak dan menutrisinya untuk melindungi kulit dari bahaya dehidrasi dan efek terbakar. (Baca juga: cara merawat kulit tubuh)

7. Mengurangi inflamasi

Cocoa butter adalah obat yang mujarab untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti ruam, eksim, psoriasis, dll. Kandungan antioksidan serta asam lemak di dalamnya dapat meredakan peradangan/inflamasi yang terjadi pada kulit. Anda dapat menggunakan cocoa butter untuk pemakaian sehari-hari agar terhindar dari hal-hal serupa. Pastikan bahwa Anda mengaplikasikan cocoa butter murni—tidak memiliki campuran alkohol dan wewangian/parfum karena hal ini justru mengurangi efek cocoa butter terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. (Baca juga: cara merawat kulit sensitif)

8. Melembutkan bibir

Bibir adalah salah satu bagian tubuh yang lembut, namun dapat berubah menjadi kasar dan pecah-pecah karena cuaca yang ekstrim. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan cokelat dalam format cocoa butter. Satu lagi alasan mengapa cokelat amatlah baik untuk kulit Anda. Anda bisa membeli produk lip balm yang mengandung cokelat atau buat sendiri menggunakan cocoa butter. (Baca juga: perawatan bibir pecah-pecah, cara mengatasi bibir kering)

9. Pengganti krim pencukur

Bagi para pria, cocoa butter adalah alternatif shaving cream (krim pencukur) yang baik, dia mempermudah proses bercukur dan membuat kulit lembut setelahnya. Hal ini dapat membuat Anda berhemat ketimbang membeli krim pencukur serta pelembap tambahan, karena cocoa butter sama-sama dapat menutrisi kulit dengan baik. (Baca juga: cara menumbuhkan brewok)

10. Menghilangkan stretch marks

Bagi Anda yang baru saja melahirkan atau mengalami penurunan berat badan yang signifikan dan memiliki stretch marks di bagian perut, mentega cokelat dikabarkan merupakan solusi yang efektif untuk mengurangi masalah tersebut. Meski hal ini belum terbukti—menghilangkan stretch marks atau memudarkan garis-garisnya—Anda tetap bisa mencoba mengombinasikan cokelat dengan shea butter karena campuran keduanya merupakan kaya antioksidan dan vitamin E, yang diketahui dapat memperbaiki dan melindungi kulit yang rusak. (Baca juga: krim penghilang stretch mark yang ampuh, cara mengencangkan perut)

11. Menyembuhkan eksim

Hasil ini memang berbeda pada tiap-tiap orang, terkandung kondisi mereka. Namun penelitian menunjukkan bahwa dark chocolate dapat mengurangi eksim karena membantu memfermentasi makanan di dalam perut Anda sehingga membuatnya menjadi senyawa antiperadangan. (Baca Juga: Manfaat olahraga untuk kecantikan , Manfaat oatmeal untuk wajah sensitif)

Dark chocolate terbuat dari biji cokelat yang dipanggang dengan lemak dan gula. Berbeda dengan cokelat atau cokelat susu, dark chocolate memiliki kadar susu yang jauh lebih rendah atau bahkan tidak mengandung susu sama sekali. Rasanya juga kurang manis bila dibanding dengan cokelat biasa. Malah, semakin pahit cokelat tersebut—kandungan cokelatnya 70-99 persen—semakin baik pula kualitas dark chocolate.

Selain bermanfaat bagi kulit, secara umum cokelat juga amatlah baik untuk kesehatan. Di antaranya berguna untuk meredakan stres, menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah—sehingga dapat mencegah penyakit stroke, meningkatkan kemampuan otak, membantu menurunkan berat badan, mengatasi diare, mengontrol kadar gula dalam darah (dark chocolate), bahkan membantu menyembuhkan batuk yang mengganggu. Baca Juga: Cream Malam yang Bagus Untuk Mencerahkan Wajah , Cream Pemutih Wajah yang Bagus)

Nah, meski manfaat di atas pasti membuat Anda ingin mengonsumsi cokelat sebanyak-banyaknya, penelitian menunjukkan bahwa agar dapat menikmati manfaat cokelat bagi kulit dan kecantikan (serta kesehatan), Anda perlu mengonsumsi cokelat sebanyak 50-85 gram setiap minggunya. Ditambah cokelat mengandung kalori yang tinggi yang justru dapat memberikan efek berlawanan pada kesehatan Anda. Untuk dark chocolate, konsumsi kualitas yang baik dan orgnaik secara normal adalah kuncinya.

Sehingga, secara kasar, Anda hanya perlu mengonsumsi sebatang cokelat per hari dan hal itu sudah cukup. Ingat untuk selalu menjaga agar apa yang kita konsumsi atau gunakan tidak berlebihan.

Baca juga: