20 Cara Merawat Wajah dengan Madu Asli Paling Mudah

Madu merupakan bahan makanan yang dapat dikonsumsi secara internal, meski ia mengandung banyak sekali gula (sekitar 90% madu murni terdiri dari fruktosa dan glukosa), Anda tidak perlu khawatir karena gula tersebut tidaklah seperti yang ada pada makanan diproses lainnya. Dan karena vitamin, mineral, serta banyak lagi kandungan bermanfaat lainnya yang terdapat dalam madu, gula tersebut dapat langsung diproses dan diserap oleh tubuh, terutama bila dikonsumsi dalam jumlah kecil.

Namun bila Anda tidak gemar mengonsumsi madu sebagai pemanis, kami menyarankan agar Anda tetap membelinya atau sekadar memilikinya sebagai bahan cadangan di rumah. Mengapa? Karena madu murni merupakan bahan alami yang amat bermanfaat bagi kulit. Kandungan antibakteri dan antipenuaan yang dimilikinya juga dapat berperan sebagai pembersih alami bagi kulit, sekaligus pelicin dan pelembap.

Baca juga: Manfaat Madu Untuk Kulit – Manfaat Madu untuk Wajah – Manfaat Madu Untuk Masker Wajah

Manfaat Madu Bagi Kulit

1. Mengurangi kemerahan dan melawan peradangan yang kerap terjadi atau berkaitan dengan iritasi kulit.

2. Mengandung properti antijamur dan antibakteri yang dapat menghilangkan kotoran-kotoran pada kulit. Bila tidak dibersihkan, kotoran-kotoran ini akan masuk dan membuntu pori-pori sehingga dapat berujung pada jerawat.

3. Madu bekerja sebagai pembersih alami yang dapat menyingkirkan kotoran pada kulit tanpa membuatnya kering.

4. Madu dapat melembapkan kulit dengan melindungi kadar pH alami kulit serta menjaga minyak alami yang diproduksi kulit.

5. Kandungan gula alaminya, polysaccharides, mengandung enzim yang dapat meningkatkan fungsi sel kulit.

6. Madu dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan meningkatkan pertumbuhan sel kulit baru, sehingga membuat kulit beregenerasi dengan cepat.

7. Madu dapat melawan bakteri tipe tertentu yang dapat menyebabkan jerawat.

8. Penelitian yang membandingkan penggunaan obat medis dan madu dalam perawatan luka bakar menunjukkan bahwa pasien yang menggunakan madu mengalami kesembuhan rata-rata dalam 18 hari, sedangkan yang menggunakan obat medis serta dibalut perban mengalami kesembuhan rata-rata setelah 32 hari.

Untuk mendapat keseluruh manfaat madu di atas, Anda perlu menggunakan madu yang 100% murni alias madu mentah. Jangan membeli madu yang telah diproses sehingga tidak lagi mentah maupun organik karena mereka telah melalui pemrosesan dan, tentunya, pemanasan. Sehingga nutrisi yang terkandung di dalamnya akan berkurang, begitu pula dengan manfaatnya. Madu yang tidak organik juga biasanya mengandung bahan-bahan kimia dan pestisida, tentunya Anda tidak ingin menggunakan bahan-bahan tersebut secara eksesif pada kulit Anda, bukan?

Baca juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Madu – Manfaat Madu Untuk Bibir

Cara Merawat Wajah dengan Madu

Madu alami amat mudah dan sederhana untuk ditemukan dan digunakan. Anda bisa mencarinya di toko swalayan penyedia bahan-bahan organik atau bahkan menemukan penjualnya secara online. Mari kita simak beberapa cara termudah dan yang paling umum tentang perawatan kulit wajah dengan madu:

Sponsors Link

1. Masker madu

Cukup bersihkan wajah Anda dengan air pada saat pagi dan malam hari, tidak perlu menggunakan cleanser atau pembersih. Lantas oleskan madu murni pada wajah Anda sebagai masker. Dengan tidak menggunakan cleanser dan langsung menggunakan madu, ia dapat menyingkirkan bakteri dari wajah Anda. Anda tidak perlu memapar wajah dengan bahan-bahan kimia yang terdapat pada produk kecantikan. Madu dapat sekaligus melembapkan wajah Anda. Biarkan masker madu tadi berada di wajah selama sekitar 20 menit, lantas bilas wajah Anda hingga bersih. Ada baiknya Anda mengikat rambut agar tidak lengket pada madu tersebut.

Baca juga: Cara Mengatasi Kulit Kusam – Cara Merawat Kulit Tubuh – cara mengencangkan kulit wajah

2. Mengatasi jerawat

Ingin mengatasi jerawat dengan cepat karena Anda perlu tampil dengan kondisi maksimal untuk acara tertentu? Madu adalah solusinya! Cukup oleskan sedikit madu pada jerawat di wajah Anda seperti ketika Anda menggunakan krim jerawat lainnya. Saat Anda terbangun di pagi hari, kemerahan pada jerawat tersebut akan hilang atau berkurang secara signifikan, tergantung pada tingkat keparahannya, dan jerawat Anda akan hilang sesudahnya. Ulangi perawatan ini setiap malam hingga jerawat menghilang.

3. Mengatasi ruam

Banyak orang mengalami masalah berupa kulit kering dan ruam yang muncul pada wajah, seperti eksim dan rosacea. Madu murni dapat digunakan untuk mengatasi ruam ini, terutama bila kondisinya sedang parah. Ruam yang terjadi akibat berada di daerah dingin juga dapat diatasi dengan menggunakan madu. Cukup oleskan sedikit madu pada area wajah yang ingin dirawat sebelum Anda tidur pada malam hari. Bila area wajah yang akan dirawat kebetulan cukup luas, maka gunakan madu sebagai masker dan bersihkan wajah Anda satu jam setelahnya.

Baca juga: Masker untuk Mengencangkan Kulit – manfaat vitamin E untuk kulit

ads

4. Pembersih wajah

Untuk Anda yang memiliki kulit wajah kering dan berjerawat, kami menyarankan Anda untuk menggunakan pembersih wajah buatan sendiri, yaitu menggunakan madu. Campurkan 1 sendok teh madu murni dengan air lemon dan 2 sendok teh air. Anda bisa menggunakan blender bila madu yang Anda gunakan cukup kental, namun bila ia cenderung encer gunakan saja sendok untk mencampurkan semua bahan tadi. Bersihkan wajah Anda menggunakan bahan-bahan ini ketimbang produk-produk kecantikan berbahan kimia yang justru akan membuat kulit Anda semakin kering dan membuat jerawat Anda bertambah parah. Lemon yang dicampurkan akan menyingkiran sel-sel kulit mati sekaligus membunuh bakteri, dan madunya akan membantu menyingkirkan jerawat sekaligus mencegah kulit Anda kering. Ia akan memberi vitamin pada kulit Anda yang membantu memercepat penyembuhannya.

5. Masker antipenuaan

Anda juga bisa memanfaatkan madu sebagai resep masker antipenuaan. Ada banyak resep dan kombinasi menggunakan madu ini, namun kami punya solusi yang amat sederhana, murah, dan efektif: campurkan 2 sendok makan madu murni dengan ¼ alpukat matang, 1 sendok teh gandum kering, dan 2 sendok teh air lemon. Campuran ini mengandung antibakteri, asam yang membersihkan dan membantu pergantian sel kulit, vitamin E, antioksidan, antijamur, vitamin B, dan ia akan menyerap bakteri yang dapat berujung pada jerawat dan penuaan pada kulit. Gunakan masker ini beberapa kali dalam seminggu dan lihat hasilnya dalam sebulan. Anda akan mendapatkan garis-garis wajah berkurang, kulit yang lebih halus, serta minim jerawat.

Baca Juga: Cara Mencegah Penuaan Dini – tips mencegah penuaan dini pada kulit

tips agar awet muda

6. Makeup remover

Campurkan madu dan baking soda untuk membuat pasta dan tambahkan beberapa tetes tea tree oil ke dalamnya. Gunakan campuran ini dengan kain yang telah dibasahi air hangat pada wajah Anda dengan gerakan memutar, lantas bersihkan wajah dengan air sesudahnya.

7. Penghilang lingkar hitam di bawah mata

Anda bisa mencampurkan 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh minyak almond, oleskan campurkan ini pada area di bawah mata Anda. Setelah 20 menit, bersihkan campuran tersebut dan lanjutkan perawatan dengan mengoleskan secara tipis minyak kelapa organik pada area tersebut. Ulangi perawatan ini beberapa kali dalam seminggu agar wajah Anda terlihat segar dengan hilangnya lingkar hitam di bawah mata tadi.

8. Pelembap bibir

Bibir merupakan bagian wajah yang esensial. Cara termudah dan tercepat untuk merawat bibir dengan menghindari bibir kering dan pecah-pecah adalah dengan menggunakan madu. Campurkan lilin lebah yang baru dilelehkan (sehingga masih hangat) dan minyak zaitun dengan perbandingan 1:3. Lantas tambahkan 1-2 sendok makan madu ke dalamnya. Setelah tercampur dengan rata, Anda bisa langsung menggunakannya.

Baca juga: Masker untuk Kulit Kering dan Flek Hitam – Cara Menghaluskan Kulit Wajah

9. Gigitan serangga

Pernahkah wajah Anda mengalami bintik-bintik atau bengkak yang disebabkan oleh gigitan serangga? Kami punya cara jitu untuk mengatasinya. Campurkan air dari sebuah lemon dengan 2 sendok makan madu murni, oleskan campuran ini pada area wajah yang digigit oleh serangga. Kandungan antiseptik dan gula alami dalam sugar dapat membunuh mikroorganisme, sedangkan lemon bertugas untuk mencegah bakteri tersebut menyebar di kulit wajah Anda. Kombinasi ini dapat mengurangi pembengkakan yang biasanya mengiringi gigitan serangga, sekaligus mengurangi rasa gatal.

Sponsors Link

10. Menyamarkan bekas luka

Campuran madu dan baking soda dapat mengurangi atau menyamarkan bekas luka pada wajah. Ambilah 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan baking soda, campurkan keduanya hingga membentuk pasta. Oleskan pasta/masker ini pada area wajah yang dimaksud dan biarkan selama 30 menit. Bersihkan wajah Anda dengan air dingin sesudahnya dan keringkan dengan cara menepuk-nepuk wajah Anda. Lakukan hal ini setiap hari hingga bekas luka di wajah Anda memudar.

Baca juga: Cara Merawat Kulit Kering dan Bersisik Secara Rutin – Cara Mencegah Kerutan di Wajah

11. Mencerahkan kulit

Memercantik kulit merupakan salah satu manfaat madu. Para wanita di masa lampau menggunakan madu sebagai perawatan kulit, terutama untuk membuat kulit mereka nampak muda, halus, serta bersinar. Dengan kandungan antipenuaan, pelembap alami, serta antioksidan, madu menjaga agar kulit Anda tetap segar, terhidrasi, dan lembut. Campurkan 1 sendok teh madu dengan 1 sendok teh minyak zaitun dan sebuah kuning telur. Gunakan campuran ini sebagai masker pada wajah Anda dan biarkan selama kurang lebih 15 menit, lantas bersihkan wajah Anda dengan air dingin.

12. Meredakan kulit terbakar sinar matahari

Madu memiliki kemampuan melembapkan kulit, sehingga Anda dapat memanfaatkannya untuk mengatasi kulit wajah yang terbakar akibat paparan sinar matahari yang terlalu lama. Madu memiliki kualifikasi sebagai antiperadangan, sehingga ia dapat memasuki kulit bagian dalam dan meredakan kulit yang terbakar, sekaligus membantu menyembuhkan kulit wajah Anda. Campurkan 2 sendok teh gel lidah buaya dengan 1 sendok teh madu dan oleskan pada wajah Anda yang terbakar oleh sinar matahari. Anda dapat menggunakan perawatan ini setiap hari hingga kondisi kulit wajah Anda mereda atau kembali seperti sedia kala.

Artikel terkait:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 24th, July 2017 / 01:52 Oleh :
Kategori : Wajah