Sponsors Link

25 Cara Merawat Wajah Agar Awet Muda, Segar Secara Alami

Sponsors Link

Cara merawat wajah agar awet muda hampir banyak dilakukan oleh para pria dan wanita. Kondisi kulit yang bagus adalah cerminan dari kondisi tubuh yang sehat dan juga pikiran yang tenang. Untuk itu, kabanyakan wanita mencari solusinya pada krim perawatan tubuh yang diklaim dapat memberikan hasil yang sempurna, namun sayangnya tidak semua orang beruntung dapat merasakan kecocokan langsung dengan satu merk krim saja untuk memperoleh kulit wajah yang awet muda.

ads

Kebanyakan wanita harus mencoba beberapa kali sebelum menemukan krim yang cocok, dan hasilnya pun biasanya tidak bertahan lama apabila pemakaian dihentikan. Tentu saja akan lebih nyaman apabila kondisi kulit yang diinginkan dapat bertahan lebih lama, dan terlihat awet muda tanpa harus menggunakan produk yang berbiaya tinggi dan yang khasiatnya menurun apabila tidak digunakan lagi. Anda bisa mendapatkan kulit yang tampak awet muda lebih lama apabila menggunakan cara – cara yang lebih alami dan menyeluruh sehingga kondisi kulit akan tampak sehat dari dalam.

Dengan Rutinitas Setiap Hari

Perawatan kulit tidak akan cukup hanya dengan membubuhkan krim mahal secara rutin, akan tetapi juga harus dilakukan bersamaan dengan pemeliharaan kulit yang intensif, yaitu bagaimana Anda melakukan perawatan kulit sehari – hari.

1. Jaga Cairan Tubuh

Tips mencegah penuaan dini ini adalah yang paling penting untuk dilakukan apabila Anda ingin mendapatkan kulit yang tampak awet muda. Sekitar 65% susunan tubuh kita adalah air, maka tubuh juga memerlukan banyak asupan cairan agar dapat menjalankan berbagai fungsinya dengan baik, termasuk membuat wajah tampak awet muda.

  • Minum air putih sebanyak delapan hingga sepuluh gelas setiap hari.
  • Membawa botol berisi air kemanapun Anda pergi untuk menghindari dehidrasi. Dehidrasi adalah salah satu penyebab kulit cepat keriput.
  • Meminum air kelapa muda lebih ahat daripada mengkonsumsi berbagai inuman kemasan yang mengandung banyak gula dan pengawaet didalamnya.

2. Menjaga Asupan Makanan

Mengonsumsi makanan sehat termasuk yang mengandung asam lemak omega dan anti oksidan akan membantu menjaga kondisi tubuh dan juga kesehatan kulit yang akan mencegah penyebab wajah kelihatan tua. Selain itu konsumsi buah – buahan yang mengandung banyak air seperti jeruk dan semangka  juga akan sangat baik untuk menjaga cairan tubuh serta juga konsumsi sayur – sayuran segar yang dilakukan secara rutin.

3. Rutinitas Perawatan Kulit

Tidak kalah pentingnya adalah rutinitas yang biasa dilakukan ketika merawat kulit setiap hari yaitu aktivitas membersihkan, menyegarkan dan melembabkan kulit wajah dengan pembersih, toner dan pelembab yang akan menghindarkan penyebab wajah cepat tua. Pembersih kulit akan membantu membersihkan kotoran dan debu yang melekat, toner dapat mengatasi masalah dengan pori – pori wajah sedangkan pelembab akan mencegah kulit menjadi kering. Kulit yang kering dapat menjadi penyebab kulit keriput di usia muda.

4.  Pengelupasan Kulit

Manfaat eksfoliasi wajah akan berguna untuk membersihkan wajah dari kotoran yang membandel, dan sel kulit mati yang sulit hilang. Lakukan pengelupasan kulit secara teratur dan juga pembersihan wajah secara teratur. Anda dapat menggunakan berbagai bahan alami untuk dijadikan sebagai scrub wajah seperti oatmeal, gula atau garam, yang dapat menjadi cara mencegah penuaan dini.

5. Lindungi Kulit

Perlindungan dari sinar matahari sangat diperlukan bagi wanita yang hidup di iklim tropis. Gunakan tabir surya yang memiliki kandungan SPF tinggi setiap kali akan beraktivitas di bawah sengatan matahari siang hari dan oleskan ulang kepada kulit Anda jika diperlukan. Perlindungan dari sinar UV dapat menjadi cara menghilangkan kerutan di wajah.

6. Istirahat Cukup

Kondisi kulit yang segar juga akan dipengaruhi oleh aktivitas tidur yang cukup. Apabila Anda lelah dan tubuh tidak mendapatkan cukup istirahat, hal itu akan terlihat dari kondisi kulit Anda. Cara mengatasi kulit yang tampak kusam dan lelah adalah dengan memastikan jadwal tidur yang mencukupi.

7. Melembabkan Kulit

Pelembab yang bagus penting untuk digunakan pada kulit Anda agar dapat mendorong pergantian sel kulit yang lebih lancar. Pelembab yang kental dan bertekstur seperti krim akan cocok digunakan pada malam hari. Rawatlah juga kulit di bawah mata Anda dengan menggunakan krim mata atau eye gel.

Sponsors Link

8. Hindari Bahan Kimia

Keabnyakan pembersih kulit di pasaran pastinya mengandung bahan kimia, salah satunya sulfat. Tidak hanya pembersih wajah namun juga sabun muka, yang dapat memberikan efek samping berupa kulit kering dan bersisik, bahkan terasa gatal. Gunakanlah produk yang tidak menggunakan paraben, sulfat atau silikon agar aman.

9. Berhenti Merokok

Semua orang dewasa pasti mengetahui bahaya rokok bagi kesehatan berkaitan dengan kandungan nikotin didalamnya. Selain meracuni paru – paru, rokok juga akan menjadi penyebab kulit cepat keriput, warna kulit menggelap dan juga kondisi kulit wajah yang buruk . Jika Anda tidak ingin membuat kulit sendiri menjadi bermasalah sebaiknya hindari rokok.

10. Memelihara Peralatan Make Up

Memiliki kulit yang awet muda tidak bisa diperoleh jika Anda tidak menjaga kebersihan alat – alat make up yang digunakan seperti kuas, spons dan lainnya. Alat make up yang kotor akan membawa kuman serta bakteri yang akan dapat menimbulkan jerawat dan komedo, bahkan munculnya gangguan kulit yang lebih serius. Usahakan untuk menjaga kebersihan alat – alat tersebut dengan benar, atau menggantinya jika sudah tidak mungkin digunakan atau dibersihkan lagi.

11. Mengunjungi Dokter Kulit

Berkonsultasi dengan ahlinya sangat berguna untuk mengetahui kondisi kulit Anda sendiri, sehingga Anda juga dapat memahami perawatan apa yang tepat untuk dilakukan agar mendapatkan wajah yang awet muda dan bebas keriput. Pilihlah dokter yang kompeten dan memiliki reputasi yang baik, bila perlu Anda dapat mencari referensi yang terpercaya lebih dulu.

12. Mengelola Stress

Beban pikiran yang memberatkan atau stress akan langsung terlihat pada kulit Anda, membuatnya jadi kusam, berkerut dan keriput sebelum waktunya sehingga akan menjadi penyebab wajah tampak tua di usia muda. Stress menyebabkan Anda sulit tidur, tidak berselera makan yang akan mempengaruhi kondisi tubuh dan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat olah raga untuk kecantikan dan ketenangan pikiran juga bisa Anda coba sebagai salah satu cara merawat wajah agar awet muda.

ads

13. Pijat dan Senam Wajah

Gunanya pijat dan senam wajah ini adalah untuk membuat kulit wajah jadi lebih kenyal dan kencang, lebih berseri – seri dan menunda proses penuaan. Proses pemijatan pada wajah akan membuat otot – otot wajah yang tegang menjadi lebih rileks. Dengan demikian, sirkulasi darah pun akan lancar sehingga wajah jadi tampak lebih segar dan muda.

Bahan Alami

Menggunakan manfaat masker wajah sebagai bahan yang dapat membuat wajah menjadi awet muda serta berseri adalah langkah yang paling aman, walaupun mungkin cara pembuatannya tidak praktis seperti produk berbahan kimia yang kebanyakan sudah jadi dan sangat praktis. Namun khasiatnya bisa dipastikan lebih aman untuk kulit. Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat digunakan:

1. Madu

Manfaat madu untuk masker wajah sangat beragam, antara lain digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam dengan madu. Kandungan anti oksidan madu yang kaya, juga kandungan asam amino, vitamin, mineral dan enzim telah memungkinkan manfaat madu untuk kulit sebagai bahan yang dapat merawat dan melembabkan kulit. Manfaat madu untuk wajah dapat meringankan radang dan menstimulasi regenerasi sel kulit, keduanya sangat esensial untuk membuat kulit tampak lebih muda. Cara menggunakan madu untuk membuat kulit lebih muda yaitu:

  • Tambahkan dua sendok makan garam batu yang dihancurkan dengan satu sendok makan madu dapat digunakan sebagai bahan scrub wajah untuk mengelupas sel kulit mati.
  • Campurkan satu sendok madu murni dengan 30 ml jus indian gooseberry atau amla untuk dikonsumsi setiap hari agar dapat memperlambat proses penuaan dini.

2. Kunyit

Manfaat masker kunyit untuk wajah mempunyai manfaat antiseptik, anti inflamasi, dan anti bakteri yang dapat memperbaiki tingkat sirkulasi darah, melawan infeksi, membersihkan noda, serta mengatasi garis halus serta keriput. Cara membuat masker kunyit untuk membuat kulit tampak awet muda yaitu:

  • Campur satu sendok makan bubuk kunyit dengan satu sendok makan madu dan sedikit susu untuk membentuk pasta. Gunakan sebagai scrub untuk menggosok kulit wajah dan kulit bagian tubuh lainnya.
  • Hilangkan kantung hitam dan mata sembab dengan setengah sendok makan bubuk kunyit dan dua sendok makan buttermilk.

3. Oatmeal

Manfaat oatmeal untuk wajah sensitif lebih aman daripada menggunakan bahan lainnya untuk digunakan sebagai masker wajah. Oatmeal jika dicampurkan dengan air akan membentuk struktur seperti gelatin yang berasal dari kandungan polisakarida didalamnya. Dengan begitu oatmeal akan berperan sebagai lapisan pelindung bagi kulit yang akan mencegah kulit menjadi kering dan bersisik dan menjadi cara mencegah kulit mengelupas . Kandungan lemak sehat di dalam oatmeal berkhasiat sebagai pelembab alami. Cara membuat oatmeal untuk masker wajah yaitu:

  • Campur dua sendok makan oatmeal, satu kuning telur yang sudah dikocok, satu sendok makan minyak zaitun dan jus jeruk segar yang baru diperas.
  • Oleskan pada kulit Anda dan biarkan selama dua puluh menit
  • Bilas sampai bersih sesudahnya
  • Lakukan dua kali seminggu untuk memperlambat penuaan pada kulit wajah.

Oatmeal juga dapat melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan sinar matahari dan membersihkan kulit secara menyeluruh untuk membuatnya tampak awet muda.

4. Yogurt

Sebagai makanan mengandung asam yang teksturnya lembut, yogurt mencegah kulit kehilangan rona alaminya. Selain itu, yogurt juga bagus untuk menyembuhkan kulit yang terbakar matahari dan mencerahkan noda hitam. Cara merawat wajah agar awet muda dengan membuat yogurt sebagai masker wajah yaitu:

  • Campurkan satu sendok makan yogurt tawar dan satu sendok makan bubuk kunyit untuk digunakan sebagai scrub wajah.
  • Campur satu sendok makan yogurt, setengah sendok makan madu dan satu sendok makan air lemon untuk masker wajah. Gunakan pada wajah, diamkan beberapa menit lalu bilas.

5. Minyak Kelapa

Pemakaian minyak kelapa akan membuat kulit menjadi lembut, kenyal dan bersinar. Minyak kelapa mengandung lauric acid, bahan anti mikroba yang memungkinkan minyak kelapa bertindak sebagai pembersih kulit dan pembersih make up. Cara menggunakan minyak kelapa yaitu:

  • Panaskan sedikit minyak kelapa secukupnya dan gunakan untuk mengoleskan wajah sebelum tidur malam. Cuci dan bilas keesokan harinya.
  • Siapkan satu sendok makan minyak kelapa, satu sendok makan madu, satu sendok makan gula dan setengah sendok makan garam. Masker wajah ini dapat membuat wajah selalu terhidrasi.

6.Lemon

Lemon yang baru diperas meluruhkan racun dari dalam tubuh dan membantu kulit bebas dari bercak serta noda. Kandungan potasium serta vitamin C juga memungkinkan untuk melawan radikal bebas yang menjadi penyebab penuaan. Cara menggunakan air lemon yaitu:

  • Oleskan air lemon pada wajah menggunakan kapas untuk mengurangi keriput serta noda hitam.
  • Campur air lemon dan madu dalam jumlah yang sama untuk digunakan sebagai masker wajah agar dapat menghilangkan tanda – tanda penuaan.

7. Paprika

Paprika merah, hijau dan kuning semuanya mengandung kolagen yang memproduksi vitamin C, yang mencegah kerusakan kulit secara oksidasi dan  memelihara kekenyalan kulit. Cara menggunakan paprika untuk membuat kulit awet muda yaitu:

  • Kupas kulit satu buah paprika.
  • Campurkan dengan satu sendok makan madu dan oatmeal dan satu sendok makan susu sampai menjadi pasta kental.
  • Gunakan pada wajah Anda dan biarkan lima belas menit untuk menyerap
  • Cuci dan bilas dengan air hangat sesudahnya.
  • Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes air mawar ke dalam masker wajah ini.
Sponsors Link

8. Cokelat Dark atau Dark Chocolate

Dark chocolate yang bebas gula dapat membuat kulit menjadi lebih muda karena mengandung cocoa yang dapat berfungsi sebagai bahan anti penuaan. Selain itu, kandungan flavonoidnya juga menjaga kulit dari kerusakan sambil memelihara kekenyalan serta elastisitasnya. Cara menggunakan dark chocolate yaitu:

  • Tambahkan dua sendok makan bubuk dark cocoa tanpa gula ke satu cawan gula merah, setengah cawan minyak kelapa beku, dan sepertiga cawan minyak almond. Campur hingga merata semuanya dan membentuk pasta yang bertekstur kasar. Simpan dan gunakan sebagai bahan scrub wajah kapan saja diperlukan.
  • Tambah sepertiga cawan bubuk cocoa tanpa gula dengan seperempat cawan madu, dua sendok makan krim, tiga sendok makan oatmeal dan lima buah stroberi segar yang dihancurkan. Aduk merata hingga tercampur dan membentuk pasta tebal. Gunakan pada kulit, biarkan mengering lalu bilas dengan air hangat. Ulangi dua kali seminggu untuk hasil yang ideal.

9. Kopi

Kopi bisa saja tidak baik untuk dikonsumsi terlalu banyak akan tetapi memiliki banyak manfaat untuk kulit kita. Khasiat antioksidannya yang kuat memiliki manfaat anti radang dan juga sebagai bahan pengelupas kulit yang juga membantu mempertahankan elastisitas dan kekenyalan kulit. Cara menggunakan kopi untuk membuat wajah awet muda yaitu:

  • Kopi rebus yang didinginkan dengan campuran madu dan gula dapat digunakan sebagai pembersih wajah sehari – hari.
  • Campur dua sendok makan bubuk kopi murni dengan dua sendok makan bubuk cocoa tanpa gula, dan beberapa tetes susu serta minyak kelapa sampai menjadi pasta. Gunakan pada wajah Anda dan cuci bersih setelah dua puluh menit. Jika kulit Anda berminyak, gunakan air lemon sebagai ganti madu.

10. Putih Telur dan Lemon

Manfaat lemon untuk kulit dan manfaat putih telur untuk wajah dapat digabungkan untuk membuat wajah tetap awet muda.

  • Siapkan satu putih telur dan campur dengan beberapa tetes air lemon.
  • Kocok bahan sampai berbusa, oleskan merata pada wajah.
  • Biarkan beberapa menit sampai agak mengering lalu bilas.

Putih telur berkhasiat untuk mengencangkan kulit dan wajah akan tampak segar berkat manfaat lemon.

11. Pisang

Manfaat pisang untuk kulit dapat melembabkan kulit dan mengencangkan serta mencerahkan. Cara membuat masker pisang untuk wajah awet muda yaitu:

  • Hancurkan pisang hingga lembut secukupnya.
  • Oleskan pisang ke wajah
  • Diamkan selama kurang lebih lima belas menit
  • Bersihkan dengan air dingin.

12. Putih Telur, Yogurt dan Gula

Cara membuat masker putih telur dengan campuran yogurt dan gula adalah:

  • Siapkan satu putih telur dan kocok sampai berbusa
  • Campur dengan yogurt dan gula sampai merata.
  • Oleskan pada wajah sampai rata dan biarkan beberapa menit
  • Bilas sampai bersih dengan air.

Bahan yogurt dapat menjadi cara mengatasi belang di wajah dan cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat, sementara cara menghilangkan komedo dengan putih telur telah dikenal sangat efektif.

Menggunakan bahan alami memang tidak sepraktis dan semudah produk kecantikan siap pakai yang ada di toko, karena bahan – bahannya harus disiapkan dan dicampurkan lebih dulu. Namun tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk melakukan perawatan secara alami untuk kulit wajah, karena selain biaya yang dibutuhkan lebih sedikit, juga resikonya terhadap kulit lebih minim daripada menggunakan bahan kimia. Jika benar – benar menginginkan penampilan kulit wajah yang awet muda, Anda dapat mencoba berbagai bahan alami yang tersebut diatas sebagai masker wajah.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Sunday 23rd, July 2017 / 14:02 Oleh :
Kategori : Wajah