15 Cara Menutup Pori-Pori Wajah Secara Alami dan Cepat

Tahukah Anda bahwa titik-titik kecil yang ada di permukaan kulit sebenarnya adalah folikel rambut yang terbuka? Tiap-tiap folikel tersebut mengandung kelenjar minyak yang, tentunya, memproduksi minyak pada kulit Anda. Kelenjar ini umumnya lebih besar pada bagian wajah seperti dahi dan hidung, sehingga pori-pori Anda akan lebih nampak “membesar” di bagian-bagian wajah tadi.

Mengapa kata membesar kami beri tanda kutip? Hal ini karena sebenarnya pori-pori kulit tidak benar-benar membesar. Besar kecilnya bergantung pada genetik seseorang. Orang-orang dengan kulit putih atau pucat memiliki pori-pori yang cenderung kecil, sebaliknya mereka yang berkulit lebih gelap atau gelap memiliki pori-pori yang besar. Tipe kulit pun memengaruhi besar kecilnya pori-pori; kulit kering biasanya nampak seperti tidak memiliki pori-pori, sedangkan kulit berminyak pori-porinya lebih terlihat.

Beberapa faktor lain pun dapat memengaruhi besar kecilnya pori-pori, seperti: sel-sel kulit mati dan minyak yang terperangkap dalam folikel, atau sinar ultraviolet yang melemahkan kolagen (kolagen membuat pori-pori kencang). Seiring dengan menuanya seseorang, kadar kolagen pada kulit pun akan menurun sehingga orang tua cenderung nampak memiliki pori-pori yang besar pula.

Pori-pori yang membuka dan membesar merupakan masalah kulit yang umum terjadi dan juga merupakan salah satu penyebab utama masalah kulit lainnya seperti jerawat dan komedo, terutama pada orang dengan kulit berminyak. Seperti yang telah kami sebut di atas, minyak berlebih pada wajah ditambah dengan sel-sel kulit mati, debu dan kotoran, serta bakteri, dapat melebarkan dan membuntu pori-pori. Hal inilah yang menjadi komedo dan bila tidak dibersihkan dapat berujung menjadi jerawat.

Baca juga: Krim untuk mengecilkan pori-pori wajah – Cara mengecilkan pori-pori besar – Cara Menghilangkan Komedo Membandel

Yang wajib Anda ingat adalah pori-pori merupakan bagian alami dari kulit dan tidak mungkin dihilangkan, sehingga berbagai macam produk yang mengaku dapat menghilangkan pori-pori sejatinya adalah mitos belaka. Jadi sebelum Anda pergi ke toko kosmetik dan menghabiskan uang untuk produk-produk tersebut, ada baiknya Anda coba dulu ke-16 cara menutup pori-pori wajah yang akan kami berikan berikut ini. Kesemuanya merupakan cara yang mudah dan merupakan perawatan rumahan yang terdiri dari bahan-bahan alami untuk meminimalisir pori-pori wajah yang terbuka.

1. Timun

Timun adalah astringent alami yang dapat membantu menutup pori-pori, sekaligus meningkatkan tekstur kulit Anda dan membuatnya nampak segar.

  • Parut sebuah timun segar dan ambil airnya. Celupkan kapas ke dalam air tersebut dan oleskan kapas tersebut pada area kulit Anda. Biarkan selama 15-20 menit sebelum membersihkannya dengan air dingin.
  • Anda juga bisa menambahkan sedikit air bunga mawar atau air perasan lemon pada air parutan timun tadi. Oleskan pada kulit Anda dan biarkan selama 10-15 menit sebelum membersihkannya dengan air.

Anda bisa memilih salah satu dari kedua perawatan di atas dan melakukannya setiap hari selama sebulan hingga Anda mengalami peningkatan kondisi kulit.

Baca juga: Manfaat timun untuk wajahManfaat timun untuk mata dan wajah

2. Lemon

Air lemon mengandung asam sitrus yang dapat mengeksfoliasi kulit dan meminimalkan pori-pori yang terbuka. Anda juga dapat meningkatkan kulit Anda serta menghilangkan noda-noda hitam dengan efek bleaching yang ada pada air lemon.

  • Campurkan 1 sdt madu organik dengan air perasan sebuah lemon. Oleskan campuran ini pada kulit Anda dan biarkan selama 10-15 menit sebelum membersihkannya. Lakukan setiap hari selama sebulan.
  • Anda bisa juga mengombinasikan masing-masing 1 sdt air lemon dan bubuk kayu manis, oleskan pada kulit dan biarkan selama 15-20 menit. Lakukan setiap hari selama sebulan.
Sponsors Link

3. Minyak zaitun

Komponen fenolik ada minyak zaitun mengandung antioksidan serta antiinflamasi. Keduanya dapat menjaga kesehatan kulit dan menyingkirkan berbagai macam masalah yang menyertai kulit seperti kulit kering, gatal-gatal, hingga pori-pori yang nampak membesar. Cukup pijatkan beberapa tetes minyak zaitun esktra virgin pada bagian kulit yang dimaksud dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Lantas bersihkan wajah dengan air hangat suam kuku.

4. Tomat

Kandungan zat asam pada tomat dapat menyeimbangkan minyak alami pada kulit dan mengencangkan pori-pori wajah Anda. Cukup gunakan sebuah tomat berukuran kecil dan sesendok madu (untuk kulit yang cenderung kering). Ambil isi tomat dan campurkan dengan madu tersebut. Olesan campuran ini pada wajah selayaknya masker, biarkan mengering selama 10-12 menit lantas bersihkan wajah Anda. Lakukan perawatan ini setiap hari.

Baca juga: Manfaat tomat untuk kulitCara membuat masker tomat

5. Madu

Antioksidan yang terkandung dalam madu dapat membuat kulit Anda nampak lebih muda dan sehat. Anstringent (kemampuan penyusut) alaminya dapat menutup pori-poro wajah yang nampak membesar, terutama yang biasa terjadi di sekitar area hidung. Cukup siapkan 2 sdm madu alami dan oleskan pada area wajah yang diinginkan, biarkan selama 15 menit lantas basuh wajah dengan air hangat suam kuku. Anda bisa melakukan perawatan ini setiap hari atau dua hari sekali.

6. Putih telur

Putih telur juga kerap digunakan untuk menutup pori-pori karena ia dapat mengeringkan minyak berlebih pada kulit berminyak.

  • Cukup kocok putih telur lantas oleskan secara merata pada wajah Anda. Biarkan mengering dan bersihkan setelahnya. Untuk hasil lebih baik, setelah mengoleskan putih telur, tutupi wajah dengan selembar kertas tisu dan kelupas tisu tersebut saat putih telur telah mengering di wajah Anda. Lakukan hal ini 1-2 kali dalam seminggu secara teratur.

Baca juga: Cara menghilangkan komedo dengan putih telur – cara menghilangkan komedo secara alami

ads

7. Lidah buaya

Melembapkan wajah dengan lidah buaya dapat sekaligus mengecilkan pori-pori. Gel lidah buaya dapat membersihkan dan menutrisi kulit serta menghilangkan minyak berlebih serta kotoran yang menyumbat pori-pori wajah. Cukup oleskan gel lidah buaya pada area wajah yang dimaksud dan pijatlah selama beberapa menit. Setelah itu biarkan selama 10 menit dan bersihkan dengan air dingin.

8. Cuka apel

Cuka apel berfungsi sebagai astringent alami sekaligus toner bagi kulit wajah. Sehingga ia dapat mengencangkan kulit, menutup pori-pori, dan mengembalikan keseimbangan pH. Ditambah antimikroba dan antiperadangannya dapat membantu mengatasi jerawat.

  1. Campurkan air dan cuka apel organik dengan komposisi yang sama
  2. Celupkan kapas pada larutan tersebut dan oleskan pada wajah Anda
  3. Biarkan selama beberapa menit, lantas basuk dengan air
  4. Lakukan perawatan ini setiap malam seusai membersihkan wajah untuk mendapatkan hasil terbaik. Tambahkan moisturizer setelahnya bila perlu.

9. Pepaya

Pepaya dapat membantu mengencangkan pori-pori kulit dengan membersihkan kulit wajah Anda. Ia dapat menghilangkan segala jenis kotoran sehingga dapat membebaskan pori-pori wajah Anda yang tersumbat. Siapkan beberapa iris pepaya yang telah matang, lumatkan semuanya dan gunakan sebagai masker pada wajah Anda. Biarkan selama 20 menit, lantas bersihkan wajah dengan air. Anda bisa melakukan perawatan ini setiap beberapa hari sekali.

Baca juga: Cara menghilangkan flek hitam di pipi – Cara menghilangkan belang di wajah – Cara menghilangkan kerutan di wajah

10. Pisang

Nah, untuk yang satu ini, Anda hanya membutuhkan kulitnya. Kulit pisang mengandung antioksidan dan mineral potasium yang dapat menyembuhkan serta meremajakan kulit. Ambil kulit pisang dan gosokkan bagian dalam kulit tersebut pada wajah Anda. Setelah 10-15 menit, Anda bisa membersihkan wajah.

11. Baking soda

Baking soda merupakan bahan yang baik untuk mengeksfoliasi kulit, ia dapat menyingkirkan minyak berlebih serta kotoran lainnya dari kulit Anda. Ia juga dapat membantu menyeimbangkan level pH kulit dan mengurangi masalah seperti jerawat dengan kandungan antibakteri serta antiinflamasinya.

  1. Campurkan masing 2 sdm baking soda dan air hangat suam kuku
  2. Gunakan campuran ini pada kulit wajah sembari memijatnya dengan memutar selama beberapa detik
  3. Bersihkan wajah setelahnya dengan air dingin
  4. Ulangi proses ini setiap hari paling tidak selama seminggu, setelah itu Anda dapat mengurangi frekuensinya 3-5 kali setiap minggu selama beberapa minggu.

Baca juga: Cara membuat masker baking soda – Cara memutihkan badan dengan baking soda

12. Yogurt

Yogurt mengandung asam laktat yang dapat mengeliminasi minyak berlebih, kotoran, serta sel-sel kulit mati, sehingga dapat menutup kembali pori-pori Anda yang nampak terbuka dan membesar. Yogurt juga sekaligus dapat mengurangi kerutan dan garis-garis halus pada wajah.

  • Oleskan lapisan tipis yogurt pada wajah Anda, biarkan selama 10 menit, lalu bersihkan dari wajah. Ulangi hal ini 3-4 kali dalam seminggu selama paling tidak sebulan.
Sponsors Link

13. Minyak jojoba

Konsistensi minyak jojoba mirip dengan minyak alami yang dihasilkan oleh kulit, ia dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat dan memiminalisir pori-pori yang nampak membesar pada wajah Anda. Cukup gunakan 3-4 tetes minyak jojoba dan pijatkan pada kulit wajah Anda selama beberapa menit, lantas biarkan selama semalaman. Anda bisa melakukan perawatan ini beberapa kali dalam seminggu.

14. Gandum/oatmeal

Oatmeal merupakan bahan yang amat baik untuk mengeksfoliasi kulit dan menghilangkan kotoran yang membuntu pori-pori. Keutamaan oatmeal lainnya adalah ia dapat menenangkan kulit dan dapat digunakan pada kulit yang amat sensitif.

  1. Campurkan 5 sdm madu, 2 sdm susu bubuk, dan 2 sdm oatmeal
  2. Gunakan campuran ini selayaknya masker pada wajah Anda sembari memijat wajah dengan gerakan memutar
  3. Biarkan selama 15 menit atau hingga masker benar-benar mengering
  4. Bersihkan wajah Anda setelahnya dengan air dingin
  5. Ulangi perawatan ini 1-2 kali dalam seminggu.

Baca juga: Manfaat oatmeal untuk kulit wajah sensitif – manfaat suntik kolagen

15. Es batu

Ini adalah perawatan termudah dan efektif yang jelas dapat Anda lakukan sendiri di rumah untuk menutup pori-pori yang nampak membesar. Es batu memiliki efek mengencangkan kulit sehingga kerap digunakan untuk menutup pori-pori sebelum menggunakan makeup.

  • Bungkus beberapa potongan es batu pada kain bersih dan tempelkan pada kulit wajah Anda selama 15-30 menit. Lakukan hal ini dua kali sehari, lantas kurangi frekuensinya bila Anda sudah mengalami peningkatan pada kulit wajah.
  • Alternatifnya, Anda cukup membasuh wajah Anda dengan air yang berisikan es batu sekali sehari.

Bila ingin meningkatkan manfaatnya, tambahkan esktrak ketimun, jus apel, atau minyak bunga mawar saat membuat es batu yang akan digunakan untuk perawatan wajah.

Sebagai tambahan, rawat dan lindungilah kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari. Lakukan eksfoliasi paling tidak sekali dala seminggu untuk membersihkan kulit dari minyak berlebih, kotoran, dan sel-sel kulit mati. Anda juga bisa melakukan facial steam seminggu sekali untuk membebaskan pori-pori yang buntu. Pilihlah produk kosmetik/kecantikan yang nonkomedogenik serta water-based. Jangan lupa pula untuk membersihkan makeup dari wajah Anda sebelum tidur setiap malam.

Artikel terkait:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Sunday 09th, July 2017 / 21:59 Oleh :
Kategori : Wajah