27 Cara Menghilangkan Minyak di Wajah Secara Alami dan Permanen

Wajah berminyak memang bukanlah hal yang menyenangkan karena mampu membuat penampilan kita menjadi kelihatan kurang sedap dipandang. Kulit wajah yang memroduksi terlalu banyak minyak bakal membuat wajah sangat mengkilap sehingga akhirnya tampilan pun kurang optimal. Menghilangkan minyak berlebih adalah solusi supaya kulit tampak segar dan tidak kelihatan lecek serta kucel.

Ada beberapa cara menghilangkan minyak di wajah yang bisa Anda coba di rumah. Cara-cara di bawah ini direkomendasikan supaya tetap dapat mengendalikan sebum pada permukaan kulit sehingga kekusaman dapat dihindari. Untuk menghilangkan minyak secara total tentu agak mustahil, namun minyak berlebihan bisa cepat berkurang dengan sejumlah langkah aman berikut ini.

(Baca juga: cara merawat kulit berminyak)

1. Membersihkan Wajah Rutin

Kulit wajah yang berminyak bakal sangat lembab dan berminyak sehingga tak heran bila kotoran akan lebih mudah tertempel dan membuat pori-pori kulit tersumbat. Komedo serta jerawat adalah dua masalah kulit umum yang kerap terjadi dikarenakan tertutupnya pori-pori oleh kotoran. Bakteri memiliki kesempatan besar untuk tumbuh serta berkembang biak di sana.

Jadi, demi menghindari kotoran bisa menyumbat pori-pori, Anda perlu membersihkan wajah secara rutin. Rutin atau teratur di sini berarti Anda perlu mencuci wajah dengan sabun khusus pembersih wajah setiap sehabis melakukan kegiatan. Untuk wajah berminyak dan berjerawat, para ahli menganjurkan untuk membersihkan wajah sehari 2 kali agar wajah tetap bersih.

2. Menggunakan Pembersih Wajah yang Tepat

Demi wajah bersih dari minyak, atau sekadar mengurangi kadar minyak berlebih, Anda bisa mencari produk perawatan atau pembersih kulit yang tepat. Pembersih yang memang dikhususkan bagi yang memiliki tipe kulit berminyak adalah pilihan benar. Tapi hati-hati juga akan kandungan kimia berbahaya pada pembersih wajah yang Anda pakai.

(Baca juga: bahan kosmetik berbahaya)

3. Memilih Produk Makeup secara Bijaksana

Produk makeup tertentu diketahui dapat memengaruhi produksi minyak berlebih pada wajah dan mampu menyumbat pori-pori. Kebanyakan produk kosmetik selalu demikian, maka dari itu Anda perlu waspada dan berhati-hati terhadap produk yang memicu penyumbatan. Apabila Anda juga hanya ingin memberi sedikit penutup untuk flek-flek di wajah, lebih baik pakai bedak daripada foundation.

4. Membersihkan Makeup sebelum Tidur

Jangan biarkan makeup terlalu lama pada wajah Anda karena inilah yang akan memicu produksi minyak secara berlebih. Apapun produk yang Anda pakai, sekalipun itu produk yang bagus untuk kulit berminyak, Anda sebaiknya rajin menghapus riasan sebelum berangkat tidur.

Ketika baru saja pulang ke rumah sehabis melakukan kegiatan, selalu langsung bersihkan wajah secara langsung. Jangan tunda-tunda atau menunggu hingga sampai keesokan paginya karena minyak akan jelas semakin banyak saja. Biarkan kulit Anda bernapas dengan membersihkan sisa-sisa makeup secara total dengan produk pembersih wajah yang tepat.

(Baca juga: cara mengatasi wajah berminyak)

5. Menggunakan Air Hangat untuk Mencuci Wajah

Kebanyakan orang lebih memilih untuk menggunakan air dingin ketika membersihkan wajah karena dianggap lebih menyegarkan. Namun sebenarnya untuk tipe kulit yang berminyak, air hangat bisa membuat minyak berkurang secara lebih efektif dibanding saat Anda memakai air dingin. Jadi, setiap mencuci wajah Anda dapat menggunakan air hangat mulai dari sekarang.

ads

6. Memakai Apel

Bila Anda sudah tahu betul apa manfaat buah apel untuk rambut, maka Anda juga perlu tahu apa saja manfaat buah apel bagi kulit tipe berminyak. Minyak berlebih pada kulit bakal menjadikan penampilan tidak maksimal, jadi sebagai agen pengelupasan kulit yang bersifat antiseptik, apel adalah buah untuk perawatan wajah berminyak yang tepat.

  • Cara 1: Sediakan setengah apel yang dapat Anda parut halus, setelah itu ratakanlah ke area kulit wajah. Sesudah lewat 15 menit, Anda dapat membersihkannya memakai air hangat.
  • Cara 2: Parutan apel yang halus Anda campurkan saja dengan jus lemon serta yogurt, masing-masing sebanyak 1 sendok teh. Bentuk pasta halus dan terapkan ke wajah secara menyeluruh dan tunggu 15 menit sebelum dicuci bersih dengan air.

(Baca juga: manfaat kulit apel untuk rambut)

7. Menggunakan Masker Mentimun

Untuk yang punya masalah dengan kulit super berminyak, manfaat timun untuk wajah dengan tipe kulit tersebut sudah cukup banyak diketahui. Bervitamin dan bermineral tinggi, timun adalah pilihan tepat untuk dijadikan masker perawatan wajah.

  • Cara 1: Ambil jus mentimun sekitar 1 ½ sendok teh yang kemudian dicampur rata bersama dengan air jeruk nipis dengan takaran yang sama. Oleskanlah campuran tersebut langsung ke kulit secara menyeluruh, baru kemudian bilas menggunakan air hangat. Setiap hari adalah waktu perawatan yang paling dianjurkan. Perawatan ini juga bisa mengatasi flek-flek hitam berikut juga kulit yang terbakar matahari.
  • Cara 2: Mentimun dapat Anda potong-potong atau iris-iris cukup tebal. Irisan mentimun tersebut kemudian dapat Anda gosok-gosokkan ke kulit wajah Anda sampai menyeluruh. Lakukan perawatan ini tepat sebelum tidur agar khasiat mentimun terserap ke wajah selama semalaman dan esok paginya baru Anda cuci wajah menggunakan air hangat.

8. Memanfaatkan Putih Telur

Kalau Anda biasanya mungkin hanya mendengar atau tahu akan cara menghilangkan bintik hitam di wajah dengan putih telur saja, Anda juga harus tahu bahwa putih telur baik dalam menghilangkan minyak di wajah.

  • Caranya: Sediakan 1 putih telur yang sudah dipecah ke satu wadah, kocok hingga kaku, ratakan pada kulit wajah. Tunggu kering sebelum akhirnya Anda boleh memakai air hangat untuk membersihkannya. Melakukanya seminggu 2 kali sudah sangat cukup dan vitamin A-nya pun bakal mengurangi jerawat serta bekas jerawat.

(Baca juga: manfaat telur untuk rambut)

9. Menggunakan Tomat

Tampaknya memang tak usah dipungkiri lagi manfaat tomat untuk kulit yang cukup besar. Vitamin C di dalam tomat sangat bagus dalam merawat kulit yang berjerawat, jadi otomatis pasti baik juga untuk menghilangkan kelebihan minyak pada permukaan kulit wajah. Asam penyerap minyak yang alami juga siap bertugas membantu Anda.

  • Caranya: Ambil saja jusnya, yakni dengan mengiris tomat menjadi 2, lalu pakai dengan menggosokkan ke kulit wajah. Minimal 15 menit, tinggalkan supaya jusnya meresap, barulah setelah lewat 15 menit Anda bisa membilasnya dengan air dingin. Setelah dibilas menggunakan air, terapkan pelembab ringan bebas minyak seperti yang biasanya Anda pakai.

10. Memakai Yogurt

Penggunaan yogurt sebagai cara alami menghilangkan mata panda memang terbukti efektif, namun yang tak kalah efektif adalah yogurt mampu menghilangkan wajah penuh minyak. Asam laktat pada yogurt cukup tinggi sehingga dapat menolong supaya kulit beregenerasi serta membuat kelebihan minyak terserap secara sempurna.

  • Cara 1: Sediakan yogurt tawar, pakai 1 sendok makan saja di mana ini bisa langsung diterapkan ke seluruh wajah. Bilas dengan air dingin sesudah 15 menit dan lakukan perawatan ini sehari 1 kali.
  • Cara 2: Oatmeal dan yogurt masing-masing 1 sendok makan dapat Anda campur hingga halus. Tambahkan ke madu hangat sebanyak 1 sendok teh, jadikan masker wajah. Gunakan air hangat untuk membilas setelah 15 menit.

11. Memanfaatkan Jus Lemon

Demi wajah bebas minyak, Anda bisa juga memanfaatkan buah lemon yang diambil jusnya. Jus lemon adalah sumber asam sitrat yang juga bersifat antiseptik. Selain untuk cara menghilangkan minyak di wajah yang berlebih, keseimbangan pH kulit pun bakal dikembalikan.

  • Cara 1: Campurkan jus lemon dan susu masing-masing 1 sendok makan bersama dengan madu 1 ½ sendok makan. Setelah terbentuk pasta, oleslah ke seluruh wajah dan bilas menggunakan air dingin sesudah 15 menit berlalu. Perawatan ini dapat dilakukan setiap hari dengan waktu 1 kali, dan dalam 1 minggu Anda bakal dapat mulai melihat hasilnya.
  • Cara 2: Jus lemon 1 sendok teh bisa dicampur dengan air sulingan jernih 1 ½ sendok teh. Sesudah tercampur rata, langsung terapkan saja ke seluruh wajah menggunakan kapas, tunggulah sampai sekitar 10 menit. Cuci menggunakan air hangat setelah 10 menit dan keringan kulit wajah. Lakukanlah perawatan ini sehari 1 kali secara rutin.

(Baca juga: manfaat jeruk lemon untuk wajah)

12. Menggunakan Madu Murni

Manfaat madu untuk bibir memang sangat baik, tapi tak hanya itu yang dapat Anda peroleh karena untuk kulit berminyak pun juga oke. Madu mampu menutrisi kulit dan melembabkan secara alami tanpa memicu minyak berlebih pada wajah. Sifat antiseptiknya juga bagus karena mampu menghilangkan minyak serta jerawat.

  • Cara 1: Langsung saja pakai madu asli secukupnya untuk dibalurkan ke seluruh wajah. Terapkan tipis-tipis saja dan bilas dengan air setelah 15 menit. Sehari 2 kali adalah waktu perawatan yang lebih dianjurkan karena hasilnya bakal lebih maksimal, tapi pastikan perawatan ini dilakukan rutin.
  • Cara 2: Madu juga bisa dicampur bersama almond secukupnya. Almond harus dihancurkan sampai halus terlebih dulu dan buatlah pasta bersama dengan madu. Terapkan ke kulit berminyak Anda untuk mengangkat pula sel-sel kulit mati. Sesudah itu, wajah bisa dibersihkan menggunakan kain hangat supaya pori-pori membuka. Seminggu 1 kali saja cukup untuk perawatan ini.

13. Memakai Susu Murni

Penggunaan serta manfaat susu untuk kulit wajah tampaknya sudah banyak diketahui. Memang susu murni tak hanya akan membuat kulit lebih elastis, tapi juga bebas minyak berlebih. Kadar pH kulit juga bakal seimbang kembali ditambah sel-sel kulit mati mampu terangkat oleh alpha hydroxy acids-nya.

  • Caranya: Siapkan susu 2 sendok makan, lalu campur rata dengan minyak lavender sebanyak 3 tetes saja. Campuran ini bisa Anda terapkan langsung ke wajah memakai kapas halus. Selama beberapa menit, pijat lembut kulit wajah. Lakukanlah setiap akan pergi tidur dan besok paginya baru dibilas dengan air dingin. Penggunaan setiap hari akan memberikan hasil terbaik.

(Baca juga: manfaat susu untuk rambut)

14. Membersihkan Wajah dengan Toner Alami Cuka Sari Apel

Bersifat antibakteri serta kaya akan asam alpha hydroxy bakal mengusir minyak berlebih serta bakteri yang mengancam kesehatan kulit Anda. Dengan toner alami dari cuka sari apel, wajah tak hanya bebas minyak, tapi kelembaban alaminya bakal tercipta dan tampak lebih segar.

  • Caranya: Untuk membuat tonernya, cukup encerkan saja cuka sari apel sebanyak ¼ cangkir bersama dengan air sulingan murni sebanyak ¾ cangkir. Toner buatan Anda sendiri yang alami ini bisa diterapkan langsung menggunakan bola kapas saat membersihkan wajah. Setelah 10 menit, pakai air dingin untuk mencuci wajah. Seminggu 1 kali adalah waktu perawatan yang tepat. Cuka putih bisa menjadi alternatif kalau tak sedia cuka sari apel di rumah.

15. Memakai Aloe Vera

Penggunaan lidah buaya untuk merawat kulit serta rambut sudah sejak zaman nenek moyang kita. Sifat antimikrobanya sangat besar sehingga bagus dalam menjaga kesehatan kulit, termasuk jenis kulit yang berminyak. Lidah buaya diketahui punya kemampuan menyerap minyak yang berlebihan dari kulit wajah juga.

  • Cara 1: Ambil daun lidah buaya secukupnya yang kemudian dapat Anda rebus di dalam air beberapa menit. Setelah itu, gilinglah bersama dengan madu untuk membentuk adonan pasta. Terapkan pasta ke wajah secara merata, bilas menggunakan air dingin setelah 20 menit. Lakukanlah perawatan ini sekali seminggu.
  • Cara 2: Ambil sebatang daun lidah buaya yang kemudian Anda belah menjadi 2 untuk lebih mudah mengambil bagian gelnya. Gel tersebut kemudian dapat Anda oles ke wajah sampai merata. Sesudah dirasa kering, barulah pakai air bersih untuk membilas; lakukan metode ini sehari 3 kali.

(Baca juga: manfaat lidah buaya untuk lidah buaya)

16. Memanfaatkan Garam

Kemungkinan besar Anda sudah tahu akan cara menghilangkan komedo dengan garam, tapi Anda juga harus tahu bahwa manfaat garam tak hanya itu. Garam adalah bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan kelebihan minyak pada kulit wajah. Pengering minyak alami ini adalah satu dari sekian bahan yang terbaik.

  • Caranya: Sediakan sebuah botol semprot kosong yang kemudian Anda bisa isi dengan air hangat yang ditambah dengan sesendok makan garam. Setelah dicampur rata, tutup mata dan mulai aplikasikan ke wajah dengan menyemprotkannya. Larutan garam ini bila dipakai sehari sekali setiap hari bakal sangat efektif.

17. Menggunakan Masker Lumpur

Penggunaan masker lumpur atau juga dikenal dengan sebutan masker tanah liat tentu sudah sangat populer akhir-akhir ini. Tidak hanya mengencangkan pori-pori serta meremajakan kulit wajah, kondisi kulit wajah yang berminyak terlalu berlebihan. Masker alami ini bakal sangat baik dalam mengontrol minyak sehingga tak membuat wajah menjadi kucel.

  • Caranya: Ambil saja tanah liat sekitar 4 sendok makan yang kemudian Anda campur bersama bahan lainnya, yakni air mawar. Bentuklah pasta dengan kedua bahan tersebut dan aplikasikan ke wajah Anda. Biarkanlah selama 20 menit sebelum akhirnya dibilas menggunakan air bersih. Seminggu 1 kali Anda bisa mengulangi perawatan ini supaya hasil efektifnya bisa dirasakan.

(Baca juga: cara menghilangkan tahi lalat)

18. Memakai Tepung Jagung

Kalau pada umumnya tepung jagung diketahui hanya bisa menjadi bahan pembuat makanan, kali ini pemanfaatan tepung jagung untuk wajah akan bermanfaat besar. Minyak pada kulit yang terproduksi secara berlebihan terkadang begitu mengganggu, maka keringkan secara alami dengan bahan alami satu ini.

  • Caranya: Tepung jagung atau maizena yang dibutuhkan di sini hanyalah sekitar 1-2 sendok makan saja yang dicampurkan bersama air seperlunya. Buatlah pasta lembut dan terapkan ke seluruh wajah. Keringkan lebih dulu selama beberapa menit, barulah dibilas menggunakan air hangat. Perawatan dengan metode ini akan efektif hasilnya bila dilakukan secara efektif.
Sponsors Link

19. Minum Air Putih

Air putih tugasnya adalah untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap manusia. Memang biasanya banyak minum air putih adalah saran untuk merawat jenis kulit kering agar senantiasa terhidrasi. Tapi air putih juga berguna untuk menghidrasi wajah yang berminyak supaya kelembaban alaminya muncul tanpa menghasilkan terlalu banyak minyak. Dehidrasi bisa membuat kelenjar minyak mengalami tekanan dan akhirnya menghasilkan lebih banyak minyak.

(Baca juga: manfaat alpukat untuk kulit)

20. Menggunakan Masker Alpukat

Alpukat selain enak dinikmati sebagai minuman jus, buah ini juga bermanfaat baik ketika dijadikan masker alami. Karena khasiatnya mampu mengatasi minyak berlebih pada kulit wajah dengan menyerapnya, jadi tak ada salahnya kalau mencoba cara ini.

  • Caranya: Sediakan buah alpukat secukupnya yang lalu Anda haluskan. Alpukat yang sudah hancur dan lembut dapat langsung diterapkan langsung ke wajah secara menyeluruh. Diamkan dulu sampai sekitar 15 menit, sesudah itu barulah Anda boleh membilas wajah memakai air hangat. Gunakan metode ini secara rutin supaya ada hasilnya.

21. Memakai Masker Bengkoang

Satu lagi bahan alami baik yang bakal secara efektif menghilangkan minyak berlebih dari kulit wajah Anda. Kalau jenis kulit berminyak rata-rata bakal memiliki pori-pori wajah yang besar, dengan masker bengkoang, Anda akan memiliki pori-pori wajah yang kecil. Bengkoang sudah terkenal bagus manfaatnya untuk kulit sehingga Anda dapat mengandalkannya.

  • Caranya: Ambil bengkoang secukupnya yang bisa Anda cuci bersih lebih dulu sebelum mengolahnya menjadi masker. Sesudah dicuci, blenderlah agar hasilnya menjadi larutan bengkoang halus dan bisa Anda oles ke seluruh wajah. Bilas sampai bersih menggunakan air sesudah 15 menit berlalu. Melakukannya setiap hari dan rutin akan memberikan hasil maksimal dalam pengurangan minyak.

(Baca juga: manfaat bengkoang untuk kulit)

22. Menggunakan Masker Pisang

Pisang adalah buah yang baik untuk yang sedang diet dan juga yang ingin wajahnya bebas dari produksi minyak berlebih. Karena kandungan vitamin E, A dan C-nya begitu tinggi, buah satu ini dapat Anda pakai juga dengan tujuan untuk pencegahan penuaan dini. Selain dimakan, buah pisang mampu digunakan sebagai masker juga.

  • Caranya: Sediakan buah pisang secukupnya untuk kemudian Anda haluskan sampai benar-benar lembut. Setelah itu, oleskan pisang yang sudah bertekstur lembut tersebut ke seluruh wajah sampai merata. Bilas wajah dengan air biasa sesudah 20 menit berlalu. Penggunaan metode ini secara rutin akan membuat Anda puas akan hasilnya nanti.

23. Menghindari Makanan Berlemak Jenuh Tinggi

Makanan dengan kandungan lemak jenuh pada kadar yang tinggi tak hanya mampu memicu kolesterol tinggi dan juga darah tinggi. Makanan berlemak pun berisiko membuat kulit wajah Anda semakin berminyak sehingga kelihatan kurang menarik. Jauhi makanan-makanan berlemak seperti gorengan dan makanan bersantan.

(Baca juga: manfaat seledri untuk wajah)

24. Memakai Seledri

Seledri tak hanya bisa dijadikan pelengkap sebuah masakan supaya membuatnya menjadi lebih sedap. Seledri adalah jenis sayuran yang berkhasiat pula untuk membuat minyak berlebih hilang dari kulit wajah Anda. Tanpa harus merogoh biaya mahal, hanya dengan seledri saja Anda bisa merawat kulit berminyak Anda secara lebih efektif.

  • Caranya: Sediakan beberapa tangkai daun seledri, yang kemudian bisa Anda cuci dulu hingga bersih. Barulah sesudah itu Anda boleh rajang sampai benar-benar halus dan gunakanlah secukupnya. Rendam dulu di dalam air panas kira-kira setengah jam, barulah Anda saring, dan tunggu setengah jam lagi. Air seledri bisa Anda oles ke seluruh wajah dan setelah mengering, baru Anda boleh membilasnya. Sehari 2 kali merupakan aturan pakai yang dianjurkan supaya hasil lebih memuaskan.

25. Memakai Jeruk Nipis

Menghilangkan minyak pada kulit wajah yang berlebihan juga bisa mengandalkan jeruk nipis. Ini adalah salah satu bahan yang terbilang alami tapi cukup berisiko juga. Boleh mencoba bahan ini, tapi bila terjadi iritasi, segera hentikan pemakaian karena pada dasarnya jeruk nipis kemungkinan tidak selalu cocok untuk semua orang.

  • Caranya: Siapkan 1 buah jeruk nipis yang bisa Anda potong dan airnya diperas. Namun bukan airnya yang perlu digunakan, melainkan kulitnya. Kulit jeruk nipis bisa Anda gosok-gosokkan secara merata ke area wajah sambil memberikan pijatan lembut. Tapi pastikan hindari daerah mata dan setelah selesai, tunggu 25 menit. Gunakan air bersih untuk membilas wajah dan untuk hasil maksimal, seminggu 3 kali adalah waktu perawatan yang tepat.

(Baca juga: manfaat jeruk nipis untuk rambut)

26. Menggunakan Gula dan Madu

Untuk membuat minyak berlebih bisa hilang dari wajah dan membuat penampilan Anda tampak segar, cobalah membuat scrub dari campuran gula dan madu. Kombinasi kedua bahan ini benar-benar ampuh dalam mengangkat segala sel-sel kulit mati dan mendukung regenerasi sel kulit baru. Tapi tidak disarankan untuk menggunakan scrub ini terlalu sering karena mampu menjadikan kulit Anda langsung menjadi kering. Seminggu 1-2 kali sudah cukup dan rasakan bahwa scrub buatan sendiri ini dapat melembutkan serta melembabkan wajah Anda.

27. Memakai Baking Soda

Kombinasi antara baking soda dan air biasa bisa Anda jadikan pasta. Pasta ini mampu menghilangkan minyak berlebihan dari kulit wajah Anda secara alami dengan dioleskan langsung ke wajah. Diamkan selama 10 menit sebelum akhirnya wajah boleh dicuci. Selain bebas minyak, wajah dijamin lebih lembut, serta kelihatan segar dan sehat.

(Baca juga: penyebab kulit berminyak saat bangun tidur)

Itulah cara menghilangkan minyak di wajah paling ampuh untuk dicoba ketika Anda merasa bahwa minyak pada wajah Anda sudah terlalu mengganggu. Setelah mencoba salah satu atau beberapa cara di atas, dijamin Anda tak usah minder lagi.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Wednesday 31st, August 2016 / 15:14 Oleh :
Kategori : Wajah