15 Cara Tradisional Merawat Rambut Bercabang Secara Alami

Rambut merupakan salah satu mahkota kecantikan dari penampilan tak hanya bagi wanita namun juga pria. Rambut yang sehat tentunya bebas dari masalah salah satunya berupa masalah rambut bercabang, tapi karena perawatan yang salah justru rambut menjadi mudah untuk bercabang. Rambut yang bercabang membuat tampilan rambut tidak halus dan kasar, ditambah lagi dibagian bawahnya rambut akan menjadi tidak lurus. Namun untuk mengatasi rambut bercabang yang lebih aman adalah dengan cara tradisional.

Cara-cara tradisional ini sebenarnya sudah dilakukan sejak zaman dahulu oleh para orang tua-tua dulu. Sehingga kita para generasi baru hanya tinggal meniru apa yang telah lebih dahulu mereka lakukan karena manfaatnya sudah mereka rasakan sendiri. Cara tradisional tetap menjadi cara perawatan yang aman dan tidak memiliki efek samping sama sekali. Adapun berikut ini cara tradisional dari merawat rambut bercabang antara lain :

1.Minyak zaitun

Cara merawat rambut bercabang yang pertama adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun berasal dari buah zaitun yang memiliki kandungan minyak didalamnya. Namun agar lebih mudah dan praktis Anda bisa membeli minyak zaitun di toko terdekat yang sudah dikemas dengan lebih simpel agar mudah digunakan. Cara pemakaiannya juga mudah sekali Anda hanya perlu menuangkan minyak zaitun keatas telapak tangan secukupnya. Setelah itu oleskan pada rambut secara merata. Diamkan selama lebih kurang 30 menit, setelah itu jika telah kering bilas rambut Anda dengan bersih.

Baca juga :

2. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang kaya akan lemak jenuh sehingga dapat berperan untuk merawat rambut bercabang. Alpukat ini dapat dibelah menjadi dua bagian kemudian keluarkan isinya dari kulit. Haluskan isi dari daging alpukat tersebut. Jika sudah baru oleskan pada rambut secara merata masker dari alpukat tersebut. Diamkan selama 30 menit dan setelah itu baru bilas rambut Anda. Ada baiknya penggunaan bahan alami berupa masker alpukat ini dilakukan pada sore hari saja sebelum mandi.

Baca juga :

3. Madu

Cara tradisonal merawat rambut bercabang yang ketiga adalah dengan menggunakan madu. Madu merupakan nektar yang berasal dari bunga yang dihisap oleh lebah. Cairan madu umumnya memiliki warna kekuning-kuningan dengan rasa yang manis. Madu asli baik sekali untuk dijadikan sebagai masker merawat rambut. Cara menggunakan madu ini adalah dengan tuangkan madu secukupnya dan oleskan secara merata pada rambut. Biarkan selama beberapa menit hingga madu mengering dirambut dengan sendirinya. Jika madu sudah kering baru dilanjutkan dengan membilas rambut hingga bersih.

Baca juga :

4. Pepaya

Selanjutnya cara keempat untuk merawat rambut bercabang adalah dengan menggunakan pepaya. Pepaya adalah buah yang berasal dari meksiko dan kaya akan vitamin c dan vitamin a didalamnya. Masker dari buah pepaya tidak hanya bermanfaat bagi kulit namun juga bermanfaat sekali bagi  rambut. Cara membuat masker dari buah pepaya ini pertama adalah kupas kulit pepaya. Setelah itu pisahkan daging dan biji pepaya. Gunakan daging pepaya dengan cara dihaluskan bisa dilakukan secara manual atau dengan menggunakan blender. Setelah halus kita menyebutnya dengan nama masker pepaya. Lanjut masker pepaya tersebut oleskan pada rambut merata dan diamkan selama 30 menit. Jika sudah maka selanjutnya keramas untuk membilas rambut agar bersih.

Baca juga :

5. Lidah buaya

Cara tradisional yang kelima untuk merawat rambut adalah menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan gel didalamnya. Gel dari lidah buaya ini berperan untuk mengatasi rambut bercabang dan memberikan kelembapan alami pada rambut. Cara mendapatkan gel dari lidah buaya adalah dengan memotong tanaman lidah buaya. Lalu bersihkan kulitnya dengan cara mengupas, dilapisan kulit itu nanti akan Andan temukan gel dari lidah buaya. Oleskan gel tersebut pda rambut dan diamkan selama 30 menit. Setelah didiamkan selama 30 menit baru bilas rambut Anda.

Baca juga :

6. Telur

Cara tradisional yang keenam untuk merawat rambut bercabang adalah dengan menggunakan telur. Bagian telur yang akan kita gunakan adalah putih telurnya saja. Cara untuk menggunakannya adalah pecah telur dan pisahkan bagian putih telur dari kuning telur. Setelah itu kocok putih telur hingga berbusa. Setelah putih telur berbusa baru kemudian di aplikasikan pada rambut Anda. Diamkan masker telur ini selama 30 menit atau tunggu hingga masker benar-benar mengering. Jika sudah terasa kerin baru bilas rambut Anda.

Baca juga :

7. Minyak kemiri

Ketujuh cara tradisonal merawat rambut bercabang adalah dengan menggunakan minyak kemiri. Saat ini Anda tidak perlu repot-repot untuk membuat minyak kemiri langsung karena sudah banyak toko yang menjual minyak kemiri asli. Setelah mendapatkan minyak kemiri pada toko-toko, maka selanjutnya tuangkan minyak kemiri pada tangan Anda dan oleskan pada rambut secara merata, Setelah merata diamkan selama beberapa menit minyak kemiri di rambut. Lanjut jika sudah kering minyak kemirinya baru kemudian bilas rambut Anda.

Baca juga :

8. Minyak kelapa

Kedelapan adalah dengan merawat rambut bercabang dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa berfungsi untuk mengatasi rambut yang bercabang dengan cara yang alami. Caranya juga mudah sekali tuangkan secukupnya minyak kelapa pada telapak tangan. Setelah itu oleskan pada rambut Anda secara merata, jika sudah didiamkan selama 30 menit baru kemudian bilas rambut Anda dengan bersih. Pemakaian bahan alami ini untuk merawat rambut dan mengatasi rambut bercabang dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu. Dengan pemakaian yang teratur maka hasil yang Anda dapatkan akan terlihat sangat memuaskan.

(Baca juga : Manfaat minyak kelapa untuk rambut)

9. Potong rambut yang bercabang

Ksesembilan cara tradisional merawat rambut bercabang adalah dengan memotong rambut yang bercabang. Cara ini mungkin dapat membantu untuk mengatasi masalah rambut namun sifatnya hanya sementara. Sedangkan memberikan nutrisi yang cukup pada rambut dapat membantu mengatasi rambut bercabang hingga keakar-akarnya.

Baca juga :

10. Hindari penggunaan bahan kimia yang berlebihan

Kesepuluh cara tradisional untuk merawat rambut bercabang adalah dengan membatasi penggunaan bahan kimia. Pembatasan ini bertujuan untuk menjaga agar rambut tidak mudah rusak akibat penggunaan bahan kimia yang terlalu sering. Contoh dari penggunaan bahan kimia adalah dengan menggunakan shampo, kondisioner dan vitamin rambut yang bermacam-macam mereknya. Jika Anda melakukan hal seperti ini justru dapat membuat kondisi rambut semakin parah.

Baca juga :

11. Jangan sering mengikat rambut

Cara tradisional merawat rambut yang kesebelas adalah denga tidak sering mengikat rambut. Untuk Anda yang memiliki rambut panjang mengikat rambut bertujuan untuk memaniskan penampilan dan mengatasi kegerahan. Namun adakalanya sesekali Anda tidak mengikat rambut panjang Anda seperti saat hanya dirumah saja. Kabar baik untuk wanita yang memiliki rambut pendek maka ini merupakan salah satu cara untuk meminimalisir kemungkinan rambut bercabang pada rambut Anda.

Baca juga :

12. Gunakan shampo yang cocok

Cara tradisional yang ke dua belas untuk mengatasi rambut bercabang adalah dengan menggunakan shampo yang cocok. Penggunaan shampo bertujuan untuk membersihkan rambut agar tidak ada lagi debu yang menempel di rambut setelah seharian melakukan aktifitas. Namun pemilihan shampo yang tepat juga perlu Anda pertimbangkan karena jika tidak tepat justru berbagai masalah rambut menjadi mudah untuk timbul. Contohnya adalah masalah rambut bercabang.

Baca juga :

13. Pilih kondisiner yang sesuai

Selanjutnya cara merawat rambut bercabang adalah dengan memilih kondisioner yang tepat juga untuk rambut. Kondisoner bagi rambut berguna untuk menjaga kelembapan rambut dan mengatasi masalah rambut bercabang. Pemilihan kondisioner yang tepat dapat dilakukan dengan melihat kondisi rambut terlebih dahulu. Jika pemilihan kondisioner yang sesuai dengan rambut justru bermanfaat sekali untuk mengatasi rambut bercabang.

Baca juga :

14. Hindari hair dryer

Cara keempat belas dengan merawat rambut bercabang adalah dengan menghindari penggunaan Hair dryer. Hair dryer digunakan untuk tujuan mengeringkan rambut yang basah dengan cepat. Sehingga Anda tidak perlu lagi menunggu lama agar rambut cepat kering. Selain itu penggunaan hair dryer untuk rambut jika terlalu sering dapat mengakibatkan rambut bercabang. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya batasi penggunaan hair dryer, gunakan hanya pada saat benar-benar perlu sekali.

Baca juga :

15. Cukupi nutrisi rambut

Terakhir cara tradisional merawat rambut bercabang adalah dengan mencukupi nutirisi. Inilah hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu mencukupi nutrisi untuk rambut. Jika nutrisi rambut tercukupi dengan baik, maka selama tinggal untuk rambut bercabang.

(Baca juga : Manfaat putih telur untuk rambut)

Itulah beberapa cara tradisional untuk merawat rambut bercabang yang dapat Anda terapkan sehari-hari.