5 Akibat Rambut Bercabang dan Kering – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dalam dunia kecantikan yang dibahas tidak hanya mengenai kesehatan kulit wajah dan anggota tubuh, namun kesehatan salah satu mahkota bagi perempuan yaitu rambut juga menjadi hal yang penting. Itu kenapa banyak para produsen kecantikanyang tidak lupa untuk menawarkan berbagai macam produk perawatan rambut mulai dari shampo, kondisioner dan vitamin bagi rambut. Tujuan dari itu semua adalah untuk merawat rambut dari berbagai macam masalah yang ada. Contoh masalah rambut yang paling umum dialami setiap orang adalah rambut bercabang.

Kehadiran rambut memang dapat menjadi hiasan dalam memperindah penampilan. Itu sebabnya tidak sedikit orang yang mau mengeluarkan biaya lebih agar mendapatkan rambut yang sehat dan hitam alami. Rambut bercabang dapat menganggu penampilan karena mengakibatkan beberapa hal seperti berikut ini :

1.Rambut jadi kasar

Akibat rambut bercabang yang pertama adalah menjadikan rambut terasa kasar. Rambut yang kasar saat disisir tentu akan membuat penyisiran tidak lancar dan tidak sedikit juga mengakibatkan rambut menjadi rontok. Kondisi ini bisa semakin parah jika rambut kasar tidak segera ditangani dengan benar. Untuk itu ada sebaiknya Anda memilih perawatan rambut yang cocok untuk rambut Anda. Sehingga rambut tidak menjadi bercabang dan terasa kasar.

Artikel terkait :

2. Sulit untuk menata rambut

Menata rambut memang diperlukan setiap hari, karena saat pagi hari kondisi rambut pasti tidak rapi jadi diperlukan penataan agar rambut kembali rapi. Penataan ini juga bertujuan untuk menunjang penampilan Anda saat akan keluar rumah dan bertemu dengan orang banyak. Namun lain hal jika Anda memiliki rambut yang bercabang. Dengan kondisi rambut yang bercabang cukup menyulitkan untuk menata rambut. Belum lagi bagian rambut yang bercabang tampak seperti tidak mau rapi dan keluar sehingga terlihat aneh. Dalam keadaan seperti ini Anda perlu segera melakukan perawatan untuk rambut yang tepat.

3. Penampilan jadi kurang cantik

Semua orang tahu bahwa wanita sangat senang jika dipuji apalagi dengan menyematkan kata cantik. Untuk itu tidak sedikit pengorbanan wanita agar tampak cantik selalu dihadapan semua orang. Cantik tidak hanya sebatas kulit yang putih dan make up yang sempurna. Namun keindahan rambut juga bisa menjadi tolak ukur kecantikan seseorang. Memiliki rambut yang hitam dan sehat bisa menjadi poin tambah kecantikan itu sendiri. Itu sebabnya rambut bercabang dapat menjadi momok yang menakutkan karena dapat menjadikan penampilan seorang wanita menjadi kurang cantik.

(Baca juga : Cara menjaga penampilan diri wanita)

4. Tidak percaya diri

Akibat rambut bercabang selanjutnya adalah menurunkan rasa percaya diri. Percaya diri adalah suatu sifat positif dalam diri yang menjadi seseorang berani untuk maju dan tampil didepan orang banyak. Kebalikan dari rasa percaya diri adalah tidak percaya diri yang bisa disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah masalah rambut. Tidak sedikit wanita yang memiliki rasa tidak percaya diri akibat membandingkan rambutnya yang bercabang dengan rambut temannya yang tidak bercabang. Kondisi ini ada baiknya disikapi dengan bijak dengan cara melakukan perawatan rambut yang tepat untuk rambut Anda. Karena bisa jadi perawatan rambut itu cocok untuk rambut teman Anda namun tidak untuk rambut Anda sendiri.

5. Rambut tampak lusuh

Rambut bercabang juga memiliki kaitan dengan rambut yang lusuh. Rambut menjadi sulit untuk dikembangkan dan kesannya seperti layu. Rambut yang tampak lusuh tentu tidak cantik dipandang. Berbagai macam perawatan untuk mengembangkan rambut dapat Anda coba agar rambut terlihat mengembang.

Artikel terkait :

Itulah beberapa penjelasan mengenai akibat dari rambut yang bercabang.

Penyebab Rambut Bercabang

Setelah mengetahui betapa buruknya penampilan dengan rambut bercabang, maka untuk mengatasi rambut bercabang ada baiknya Andan mengetahui penyebab dari rambut bercabang. Berikut ini ulasannya untuk Anda :

1.Pewarna rambut

Saat sekarang ini sudah bukan rahasia umum lagi semua orang ingin mengganti warna rambut mereka dengan warna rambut yang dimiliki oleh orang barat. Jadi warna rambut yang semula hitam diwarnai menyerupai pirang. Khusus untuk beberapa orang ada juga yang mewarnai rambut mereka karena profesi yang digelutinya. Mewarnai rambut sebenarnya aman namun tetap memiliki efek samping yang harus diwaspadai. Jika terlalu sering melakukan pewarnaan pada rambut dapat mengakibatkan rambut menjadi bercabang. Jadi ada baiknya Anda menghindari untuk mewarnai rambut jika tidak ada manfaatnya untuk Anda.

Artikel terkait :

2. Cuaca

Faktor luar yang kedua yang menjadi penyebab rambut bercabang adalah cuaca. Cuaca sehari-hari seperti panas dan hujan juga ikut mempengaruhi kesehatan rambut. Rambut adalah bagian yang pertama kali disinari matahari dan disirami hujan saat Anda keluar rumah. Solusinya saat keluar rumah lebih baik gunakan pelindung rambut seperti payung atau topi agar rambut tidak secara langsung merasakan panasnya sengatan matahari. Atau dinginnya kulit kepala akibat tetesan air hujan yang turun.

Artikel terkait :

3. Nutrisi rambut kurang

Setiap bagian dari tubuh kita memerlukan nutrisi untuk menjadi lebih sehat dan subur. Termasuk juga didalmnya adalah nutrisi untuk rambut. Pemberian nutrisi untuk rambut seperti vitamin yang dibutuhkan dapat menghindari rambut bercabang. Namun saat rambut Anda mengalami kekurangan nutrisi maka rambut bercabang akan mudah Anda alami. Nutrisi untuk rambut ada yang berasal dari luar seperti cream rambut atau juga berupa kapsul dan buah-buahan yang dapat menutrisi rambut dari dalam.

(Baca juga : Manfaat minyak kelapa untuk rambut)

4. Usia

Penyebab rambut bercabang yang selanjutnya adalah faktor usia. Seiring pertambahan usia memang semua fungsi tubuh akan mengalami penurunan secara bertahap dan pasti. Jadi tidak heran jika masalah rambut bercabang mulai Anda alami saat usia sudah diatas 20 tahunan. Hal ini termasuk wajar namun bukan berarti dibiarkan begitu saja. Asal Anda rajin melakukan perawatan untuk rambut dengan tepat, maka rambut bercabang tidak akan ada disetiap helai rambut yang Anda miliki.

Artikel terkait :

5. Shampo yang tidak cocok

Rambut perlu dibersihkan dengan cara keramas setiap dua kali dalam seminggu. Tujuannya adalah untuk menghilangkan debu yang menempel pada rambut dan kulit kepala. Untuk membersihkan rambut Anda tentu memiliki shampo yang tepat. Karena penyebab rambut bercabang yang juga harus Anda ketahui bisa berasal dari penggunaan shampo yang tidak cocok untuk rambut Anda. Jadi perhatikan dengan bijak.

Artikel terkait :

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab rambut bercabang. Ada baiknya untuk menghindari penyebab agar Anda tidak mengalaminya.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Jika rambut yang Anda miliki sudah terlanjur untuk bercabang maka langkah yang tepat adalah segera mengatasinya. Mengatasi rambut bercabang dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami yang bersumber pada alam. Sejak zaman dahulu sudah banyak yang membuktikan bahwa bahan alami dibawah ini dapat membantu Anda, berikut ini bahan alami tersebut antara lain :

1.Minyak zaitun

Minyak zaitun diambil dan diproses dari buah zaitun. Minyak zaitun selain bermanfaat untuk kulit wajah dan badan juga memiliki manfaat bagi rambut. Salah satunya adalah untuk mengatasi rambut yang bercabang. Ini karena kandungan yang utama dari minyak zaitun yaitu vitamin e. Cara menggunakannya cukup mudah tuangkan sedikit minyak zaitun keatas telapak tangan Anda dan oleskan secara merata pada seluruh rambut.

Artikel terkait :

2. Alpukat

Buah yang kaya akan kandungan vitamin e, vitamin c dan vitamin k serta lemak jenuh ini juga bermanfaat untuk mengatasi rambut yang bercabang. Caranya lumatkan seluruh daging dari buah alpukat pada suatu wadah. Kemudian setelahnya oleskan pada rambut. Biarkan selama 30 menit dan baru bilas rambut hingga bersih.

Artikel terkait :

3. Lidah buaya

Selanjutnya bahan alami untuk mengatasi rambut bercabang adalah tanaman lidah buaya. Lidah buaya mengandung manfaat yang banyak dan juga berfungsi untuk menyuburkan rambut dan mengatasi ketombe. Adapun cara menggunakan lidah buaya ini adalah dengan mengupas kulitnya. Lalu ambil lendir dan daging lidah buaya untuk dioleskan pada rambut secara merata. Diamkan selama 30 menit baru cuci rambut Anda dengan bersih.

Artikel terkait :

4. Pepaya

Buah asala amerika latin ini juga dapat mengatasi rambut bercabang. Buah pepaya memiliki kandungan vitamin c yang tinggi. Jadi untuk menggunakan buah ini juga mudah sekali. Kupas terlebih dahulu kulit pepaya lali sisihkan bijinya. Ambil saja daging pepaya dan lumatkan. Hasil lumatan tersebut oleskan pada seluruh rambut dan diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit baru bilas rambut Anda hingga bersih.

Artikel terkait :

Ingat penggunaan bahan alami ini memerlukan kerajinan dan konsiten Anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Penggunaan bahan alami ini dapat dilakukan dua kali dalam seminggu sebelum Anda mulai keramas.