12 Cara Mengatasi Kulit Keriput pada Tangan dan Kaki Secara Alami

Kulit merupakan salah satu pelindung yang berguna untuk melindungi bagian tubuh terdalam, selain itu kulit juga berperan sebagai indera peraba dan mengatur suhu tubuh.  Berbicara mengenai kulit tidak hanya menyangkut tentang kulit wajah saja namun juga kulit tangan dan kaki. Bagi sebagian orang kulit tangan dan kaki memang tidak terlalu menjadi perhatian. Namun lain halnya dengan Anda yang ingin terlihat cantik selalu, maka memperhatikan kesehatan kulit tangan dan kaki menjadi bagian yang sama pentingnya dengan kulit wajah.

Kulit tangan dan kaki juga memiliki berbagai macam masalah, diantaranya adalah keriput. Keriput bisa dikatakan sebagai masalah yang alami dan nyata bagi kulit. Dimana seiring dengan pertambahan usia maka kulit akan kehilangan kolagen yang berguna untuk menjaga keelastisan kulit tangan dan kaki. Sehingga kulit tangan dan kaki menjadi tampak keriput. Namun Anda tidak perlu khawatir karena akan dibahas mengenai bahan-bahan alami yang dapat mengatasi kulit keriput pada tangan dan kaki. Nah, berikut ini uraiannya untuk Anda :

1.Bengkuang

Buah yang terkenal di daerah tropis ini sudah lama digunakan untuk bidang kecantikan terutama merawat kulit. Bengkuang dapat diolah sebagai masker untuk cara mengatasi kulit keriput pada tangan dan kaki. Hal ini karena bengkuang mengandung vitamin c dan vitamin b yang dapat memberikan nutrisi untuk kulit tangan dan kaki.

Artikel terkait :

2. Madu

Cairan yang berasal dari sari bunga ini juga terbukti dapat mengatasi keriput pada tangan dan kaki. Adapun kandungan yang baik untuk kulit dari madu adalah vitamin c, vitamin b dan antioksidan yang berfungsi untuk melawan serangan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

Artikel terkait :

3. Pisang

Pisang juga tidak kalah dalam membantu untuk mengatasi kulit keriput pada tangan dan kaki. Karena buah ini memiliki kandungan antioksian dan potasium didalamnya. Seperti yang diketahui potasium berfungsi untuk mencegah dehidrasi pada kulit tangan dan kaki, sehingga kulit tangan dan kaki tetap terjaga kelembapannya.

Artikel terkait :

4. Minyak kelapa

Dewasa ini penggunaan minyak dari bahan alami juga banyak diperankan untuk menjaga kecantikan kulit tangan dan kaki. Contohnya saja minyak kelapa yang memiliki kandungan vitamin e yang menjaga kecantikan kulit tangan dan kaki serta antioksidan alami. Penggunaan minyak kelapa yang dibaluri ke bagian tangan dan kaki ini disertai dengan urutan untuk melancarkan peredaran darah.

Artikel terkait :

5. Kentang

Selama ini kentang dikenal karena diolah menjadi makanan yang dapat dikonsumsi seperti kentang goren dan kentang rebus. Namun dalam dunia kecantikan untuk kulit kentang juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami yang dapat mengatasi keriput pada kulit tangan dan kaki. Kandungan yang terdapat dalam kentang adalah vitamin a, vitamin b,vitamin c dan potasium. Semua kandungan ini merupakan kebutuhan kulit terutama kulit tangan dan kaki.

Artikel terkait :

6. Minyak zaitun

Cara mengatasi kulit keriput pada tangan dan kaki selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun sudah lama digunakan dalam dunia kecantikan, karena minyak yang berasal dari buah zaitun ini kaya akan manfaat yang terdapat didalamnya. Adapun kandungan utama dari minyak zaitun ini adalah vitamin a,vitamin b, vitamin c dan vitamin d. Kesemua vitamin ini dibutuhkan oleh kulit untuk mengangkat sel kulit mati dan menjaga keelastisan kulit sehingga menjauhkan kulit dari masalah keriput.

Artikel terkait :

7. Lemon

Lemon adalah buah yang memiliki warna kuning dan berukuran lebih besar dari jeruk nipis. Buah ini juga memiliki rasa yang asam-asam manis saat dicoba. Dibalik itu buah lemon juga dapat dioleskan pada kulit tangan dan kaki untuk mengatasi keriput. Hal ini karena lemon mengandung vitamin c yang sangat tinggi. Manfaat yang didapat dari vitamin c bagi kulit untuk melawan radikal bebas, mencerahkan kulit dan membantu menjaga kelembapan kulit tangan dan kaki.

Artikel terkait :

8. Air garam

Air garam memiliki kandungan mineral didalamnya yang baik untuk mengatasi masalah keriput pada kulit tangan dan kaki. Adapun cara untuk membuat air garam sangatlah mudah. Andan tinggal menyiapkan wadah, garam dan air secukupnya. Setelah itu masukkan beberapa sendok garam kedalam wadah dan beri air secukupnya. Aduk hingga garam sudah larut didalam air. Selanjutnya oleskan pda bagian kulit tangan dan kaki selama 30 menit. Kemudian lanjutkan dengan membilas tangan dan kaki dengan air bersih. Asal dilakukan secara rutin dan konsisten Anda akan merasakan manfaatnya seketika.

Artikel terkait :

9. Susu

Telah lama dipercaya bahwa susu memiliki manfaat untuk mendapatkan kulit tangan dan kaki yang bebas dari keriput. Itu kenapa ada istilah mandi susu, namun susu yang digunakan disini bukanlah susu yang sudah diolah untuk dikonsumsi. Kandungan susu yang membuatnya dapat mengatasi keriput pada kulit tangan dan kaki adalah kalsium, mineral, vitamin a, vitamin b,vitamin c,vitamin d, vitamin e dan vitamin k. Karena lengkapnya kandungan vitamin didalam susu maka tidak heran banyak yang memilih menggunakan susu untuk merawatn kecantikan kulit tangan dan kaki.

Artikel terkait :

10. Minyak almond

Kacang almond juga ternyata dapat diolah menjadi minyak yang berguna untuk mengatasi keriput pada kulit tangan dan kaki. Nama minyak ini disebut dengan minyak almond. Kandungan yang terdapat didalam minyak almond antara lain vitamin a dan vitamin b yang dapat mencegah dan mengatasi keriput pada kulit. Setelahnya vitamin c yang membantu melembapkan dan menjaga kecerahan kulit tangan dan kaki. Caranya juga cukup mudah Anda tinggal mengoleskan minyak almond keseluruh tangan dan kaki.

Artikel terkait :

11. Telur

Mengatasi keriput tangan pada kulit selanjutnya adalah menggunakan telur. Disini kita cukup menggunakan putih telur untuk mengatasi keriput. Pisahkan kuning telur dan putihnya dan ambil saja bagian putih telur untuk oleskan pada tangan dan kaki. Kandungan yang terdapat didalam putih telur adalah mineral yang baik untuk menutrisi kulit tangan dan kaki. Selain itu kandungan protein juga dapat membantu meregenerasi sel – sel kulit yang mati dengan sel kulit yang masih baru.

Artikel terkait :

12. Kulit semangka

Semangka buah yang memiliki rasa manis dan kandungan air yang banyak ini baik sekali untuk program diet. Namun setelah mengonsumsi buahnya jangan buang kulit semangkan, karena siapa sangka ternyata kulit semangkan dapat membantu mengatasi keriput pada tangan dan kaki. Ini karena pada kulit semangka terkandung dua senyawa penting yaitu likopene dan antioksidan yang berguna untuk mencegah penuaan dini pada kulit tangan dan kaki.

(Baca juga : Manfaat kulit semangka untuk wajah)

Itulah uraian mengenai bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk cara mengatasi kulit keriput pada tangan dan kaki Anda.

Penyebab Kulit Keriput pada Tangan dan Kaki

Kulit tangan dan kaki memang juga memiliki kerentanan terhadap keriput, kadang munculnya keriput pada tangan kaki bisa dapat terjadi lebih cepat karena faktor luar. Berikut ini yang menjadi penyebab kulit keriput lebih cepat pada tangan dan kaki antara lain :

1.Sinar matahari

Sinar matahari yang tidak baik jika mengenai kulit dimulai dari jam 09.00 hingga 16.00 waktu setempat. Dimana pada jam ini matahari mengandung sinar ultraviolet yang dapat menembus lapisan kulit paling bawah dan dapat menghancurkan kolagen kulit, mengakibatkan hiperpigmentasi dan kanker kulit. Oleh sebab itu dianjurkan menggunakan payung, masker dan baju lengan panjang serta tabir surya saat akan keluar rumah disiang hari.

Artikel terkait :

2. Usia

Penyebab yang kedua adalah usia yang merupakan kewajaran yang akan menghampiri setiap orang. Produksi kolagen pada tubuh perlahan menurun sehingga kulit tidak lagi menjadi elastis. Namun hal ini dapat diundur seberapa tahun saja dengan menggunakan kolagen dari luar tubuh seperti cream atau makanan dan buah yang mengandung kolagen didalamnya.

Artikel terkait :

3. Deterjen

Penyebab munculnya keriput pada kulit tangan dan kaki yang ketiga adalah penggunaan deterjen. Deterjen sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencuci baju dan piring yang tidak bersih. Namun saat deterjen tidak cocok dengan kulit Anda hal ini dapat mengakibatkan munculnya keriput pada kulit tangan dan kaki. Jadi ada baiknya pilih deterjen yang sesuai.

Artikel terkait :

4. Kurang minum

Terakhir yang menyebabkan keriput pada kulit tangan dan kaki adalah kurang minum. Saat tubuh mengalami kekurangan cairan maka kulit akan menjadi kering sehingga kerutan mudah muncul. Baiknya perhatkan kebutuhan tubuh akan cairan untuk menghindari keriput.

(Baca juga : Manfaat minum air putih sebelum tidur)

Itulah beberapa penyebab dari timbulnya keriput pada kaki dan tangan Anda. Dengan melakukan perawatan yang tepat maka hal ini dapat dicegah dengan baik.