9 Manfaat Kuning Telur Untuk Wajah – Kering, Berminyak dan Berjerawat

Telur yang merupakan salah satu sajian makanan yang paling praktis ini memang kaya akan manfaat untuk tubuh kita, khususnya kandungan protein hewani di dalamnya. Kita biasa menyajikan telur dengan digoreng atau direbus, bahkan sebagai pelengkap menu seperti nasi goreng, mie, bahkan sayuran. Bahkan untuk pembuatan kue, telur menjadi bahan dasar wajib yang harus ada untuk melembutkan hasil kuenya. Dengan banyaknya kegunaan telur khususnya telur ayam untuk keperluan sehari-hari ini, maka tidak heran kalau di rumah selalu ada stok telur ayam. Sehingga perawatan kulit wajah dengan menggunakan masker telur ini merupakan perawatan yang paling murah dan mudah untuk dilakukan di rumah.

Seperti kita ketahui bagian dalam telur ada dua, yaitu bagian putih telur dan bagian kuning telur. Antara putih telur dan kuning telur memiliki kandungan yang berbeda.Untuk kuning telur, berdasarkan hasil penelitian terhadap 100 gram kuning telur ayam terdapat kandungan protein 16,3 gram, energi sebesar 361 kilokalori, karbohidrat 0,7 gram, lemak 31,9 gram, kalsium 147 miligram, fosfor 586 miligram, dan zat besi 7 miligram.  Selain itu kandungan vitamin yang terdapat di dalam kuning telur ayam adalah vitamin A sebanyak 2000 IU, vitamin B1 0,27 miligram dan vitamin C 0 miligram. Sehingga manfaat telur untuk kesehatan tubuh meliputi untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, meningkatkan kekebalan tubuh, untuk kesehatan tulang, baik untuk kesehatan dan perkembangan otak.

Selain itu antara putih telur dan kuning telur juga berbeda manfaatnya untuk kesehatan kulit. Kalau putih telur membuat kulit menjadi lebih kuat dan bersinar, sedangkan kuning telur mengandung vitamin A yang lebih tinggi. Tetapi putih telur dan kuning telur sama-sama dapat digunakan sebagai masker wajah.

Kali ini akan diulas mengenai manfaat kuning telur untuk wajah. Berikut ini manfaatnya serta cara menggunakannya di wajah :

1.Untuk mengatasi jerawat di wajah.

Kuning telur dapat dipakai untuk membersihkan jerawat dari wajah dan sekaligus juga membersihkan sisa jerawat yang menempel di wajah. Selain itu kuning telur juga dapat mengontrol produksi minyak berlebih di wajah yang dapat menyumbat pori-pori yang nantinya bisa menimbulkan jerawat. Sehingga cara mengatasi muka berminyak dengan penggunaan kuning telur untuk mengurangi produksi minyak berlebih di wajah, sehingga dapat membersihkan kulit wajah dan sekaligus membantu mencegah timbulnya jerawat baru.

Cara membuat masker kuning telur untuk menghilangkan jerawat ini adalah :

  • Campurkan kuning telur dan minyak zaitun ke dalam wadah.
  • Lalu oleskan di bagian wajah yang berjerawat.
  • Biarkan masker hingga kering.
  • Kemudian bilas dengan air hangat.
  • Lakukan ini sampai jerawat atau bekas jerawat bersih dari wajah.

Selain itu manfaat seledri untuk wajah berminyak dan berjerawat dapat Anda terapkan juga untuk wajah Anda.

2.Sebagai pelembab kulit.

Masker dengan menggunakan kuning telur dapat dimanfaatkan juga untuk melembabkan kulit sehingga menjadi lembut dan halus. Sehingga masker kuning telur ini sangat cocok sebagai pelembab untuk kulit kering dan kusam dan untuk Anda yang memiliki kulit wajah sensitif dengan kandungan bahan kimia pada produk kosmetik. Caranya dengan mengaplikasikan kuning telur yang telah dipisahkan dari putihnya ke seluruh bagian kulit wajah hingga merata.

3.Untuk menghilangkan komedo.

Kuning telur dapat digunakan sebagai cara menghilangkan komedo secara alami di wajah. Munculnya komedo di wajah bisa diakibatkan karena paparan sinar uv ataupun karena tidak menjaga kebersihan wajah dengan rutin membersihkan wajah dari make up atau kotoran setelah beraktivitas. Dengan pemakaian kuning telur yang rutin maka komedo tidak akan menumpuk dan banyak menimbulkan titik-titik hitam di wajah. Caranya :

  • Campurkan kuning telur dan jeruk nipis ke dalam wadah.
  • Oleskan pada wajah khususnya yang banyak komedonya.
  • Diamkan hingga mengering dan meresap ke dalam kulit.
  • Lalu bersihkan wajah dengan air hangat.

4.Untuk menghaluskan wajah.

Manfaat kuning telur untuk masker wajah adalah dapat membuat kulit wajah menjadi halus berseri. Untuk membuat maskernya, kuning telur juga dicampur dengan bahan lainnya yaitu perasan buah lemon dan madu. Cara membuatnya :

  • Campur kuning telur, air lemon dan madu ke dalam mangkuk atau wadah yang bersih.
  • Oleskan campuran tadi ke seluruh wajah hingga merata.
  • Diamkan sampai masker mengering di wajah.
  • Lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

5.Untuk mengatasi kulit wajah yang kering.

Kuning telur kaya akan asam lemak dan vitaminnya sehingga dapat mengatasi kulit wajah Anda yang cenderung kering sehingga dapat terlihat normal dan lembab alami. Cara membuat masker kuning telur untuk kulit wajah yang kering adalah :

  • Campurkan kuning telur dengan satu sendok teh minyak zaitun dan air jeruk.
  • Oleskan campuran tadi pada bagian wajah dan leher hingga merata dengan jari atau bisa juga dengan menggunakan kuas kecil.
  • Hindari bagian mata, bibir dan area lubang hidung.
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Kemudian bilas wajah dengan air hangat.

6.Untuk menyamarkan kantung mata hitam.

Adanya kantung mata hitam di bawah mata membuat penampilan wajah menjadi terlihat tidak segar dan cerah. Ada beberapa penyebab kantung mata hitam ini di antaranya akibat kurang tidur atau kelelahan, sakit ataupun dehidrasi. Tetapi dengan menggunakan kuning telur dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan kantung mata yang kendur secara alami. Caranya :

  • Pisahkan kuning telur dari putihnya ke dalam wadah.
  • Terapkan kuning telur ke bagian bawah mata, tetapi lakukan dengan perlahan dan hati-hati agar tidak masuk ke mata.
  • Diamkan selama 10 menit.
  • Setelah itu cuci dengan air hangat hingga bersih.

7.Untuk kulit over sensitif.

Kalau Anda memiliki kulit yang sensitif terutama terhadap bahan-bahan kimia dari kosmetik, dapat diatasi dengan menggunakan masker kuning telur. Sehingga kulit dapat terawat secara alami dan terhindar dari masalah kulit sensitif. Caranya dengan mengoleskan kuning telur ke seluruh bagian wajah.

8.Untuk memperlambat penuaan dini.

Kuning telur mengandung nutrisi yang dapat digunakan sebagai salah satu cara mencegah penuaan dini di kulit wajah kita. Sehingga kuning telur sering digunakan sebagai bahan dasar dari beberapa produk kosmetik anti agingPenyebab kulit keriput di usia muda salah satunya adalah akibat radikal bebas. Beberapa tanda wajah yang mengalami penuaan dini adalah munculnya kerutan halus di area mata dan sekitarnya, munculnya kantung mata di bawah mata, ataupun kondisi kulit wajah yang semakin kering dan kusam. Maka buat Anda yang ingin menggunakan bahan alami untuk mencegah penuaan dini, masker kuning telur dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat sebagai masker untuk mengencangkan kulit. Gunakan masker kuning telur ini minimal dua minggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal untuk kulit wajah Anda.

9.Untuk mengatasi kulit wajah yang kusam.

Kuning telur dapat dipakai sebagai cara merawat wajah agar tidak kusam dan dapat mencerahkan wajah. Sehingga dengan pemakaian teratur Anda bisa mendapatkan wajah yang cantik dan bersih. Cara membuat masker kuning telur untuk mengatasi kulit kusam adalah :

  • Campurkan satu butir kuning telur dengan dengan dua sendok makan susu.
  • Kocok kedua bahan tersebut hingga tercampur rata.
  • Gunakan masker ini selama 5 menit.
  • Kemudian bilas dengan air hangat.

Dari berbagai manfaat masker kuning telur untuk wajah seperti telah disebutkan di atas, yang paling banyak dirasakan manfaatnya adalah begitu halusnya kulit wajah setelah melakukan masker wajah dengan kuning telur. Sehingga bila Anda rutin melakukan masker wajah dengan kuning telur, kulit wajah Anda akan terasa lebih lembut alami.

Sedangkan kalau manfaat kuning telur untuk wajah yang digunakan untuk masker wajah masih tersisa, simpanlah di dalam lemari es. Sebab kuning telur ini bisa tahan hingga 3 hari di lemari es.

Ada baiknya untuk membuat masker wajah dengan kuning telur ini dari telur ayam kampung. Tidak hanya daging ayam kampung saja yang dikenal lebih aman untuk kesehatan tubuh, tapi telur ayam kampung juga baik ketimbang telur ayam negeri. Dan gunakan telur ayam yang masih segar dan masih baik kondisinya.

Efek samping kuning telur di wajah

Bila saat pemakaian kuning telur di wajah terjadi alergi kulit, seperti gatal-gatal atau kemerahan, segera hentikan penggunaan kuning telur ini. Adapun penyebab alergi kulit wajah lainnya di antaranya karena iritasi, bahan kosmetik, ataupun cuaca.

Selain itu bila hidung Anda sensitif terhadap bau telur maka sebaiknya dihindari pemakaian kuning telur di wajah. Karena telur memiliki bau amis saat mulai mengering di wajah. Maka banyak orang yang enggan menggunakan kuning telur untuk masker wajah. Tetapi seperti telah dipaparkan di atas kalau pembuatan masker kuning telur juga dicampur dengan bahan-bahan lainnya, seperti minyak zaitun, madu ataupun jeruk nipis. Sehingga bila kuning telur telah tercampur dengan bahan-bahan lain ini rasa amis tidak akan tercium dan Anda akan merasa nyaman melakukan masker kuning telur pada wajah.

Kuning telur yang dikonsumsi terlalu sering akan meningkatkan kolesterol, karena di dalam kuning telur ini terkandung lemak yang tinggi sehingga tidak baik dikonsumsi terlalu banyak. Maka daripada Anda terkena kolesterol karena kebanyakan kuning telur, lebih baik Anda menggunakan kuning telur sebagai masker wajah. Dan saat menggunakan kuning telur, bagian putih telurnya jangan dibuang. Karena putih telur lebih aman untuk Anda konsumsi sebagai bagian dari program diet Anda. Sehingga selain Anda memiliki kulit wajah yang cantik dan sehat, tubuh Anda pun akan terlihat lebih sehat dan enak dipandang. Anda tentu saja menginginkan hal ini sebagai cara menjaga penampilan diri wanita. Selamat mencoba!