20 Cara Mengatasi Rambut Mengembang Seperti Singa Secara Alami

Rambut yang terlihat mengembang, mungkin menjadi impian bagi setiap wanita. Namun, jika rambut mengembang sulit diatur maka justru menimbulkan masalah tersendiri dan bisa mengurangi penampilan seseorang. Jika sudah terlanjur mengalami masalah tersebut, maka hal yang bisa dilakukan adalah menghindari rambut mengembang yang tidak diinginkan. Ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan untuk masalah rambut mengembang dan yang akan kami berikan kali ini adalah tentang cara mengatasi rambut mengembang seperti singa dengan tahapan praktis dan mudah untuk dilakukan.

Artikel terkait:

  1. Kurangi Frekuensi Keramas

Kulit memang memproduksi minyak secara alami yang berfungsi melembabkan rambut. Saat keramas memakai sampo, maka ini sekaligus menghilangkan kadar minyak yang ada di rambut sehingga rambut menjadi kering. Namun, keramas sendiri memang perlu untuk dilakukan supaya rambut serta kulit kepala bisa selalu dalam keadaan yang bersih. Trik paling tepat adalah dengan mencuci rambut di bawah shower atau pancuran tanpa sampo dan pada hari berikutnya baru mencuci rambut dengan memakai sampo dan lakukan cara ini secara selang seling. Untuk pilihan sampo paling tepat supaya rambut lebih mudah diatur adalah sampo kering seperti Batista Dry Shampoo Original atau jenis sampo lainnya.

  1. Pakai Shampo Untuk Rambut Kering

Pada saat anda keramas, maka pilih sampo untuk rambut kering yang mengandung lebih banyak pelembab atau kondisioner.

  • Pakai juga kondisioner tambahan dengan cara mengoleskannya dari akar sampai ujung rambut.
  • Biarkan kondisioner setidaknya 2 menit baru dibilas.
  • Pilih juga produk kondisioner yang mengandung silikon khususnya dimetikon supaya kelembaban dan kelembutan rambut bisa terjaga dengan baik.
  1. Keramas Dengan Air Dingin

Air dingin berfungsi untuk menguatkan kutikula rambut sekaligus mencegah helai rambut kehilangan kelembaban dan menghasilkan tampilan rambut berkilau. Awali keramas dengan air hangat lalu bilas dengan air dingin dari lemari es dan hindari meremas rambut saat mengeringkan dengan handuk.

  1. Keringkan Rambut Secara Lembut

Hindari menggunakan handuk yang terbuat dari bahan terrycloth sebab akan menjadikan kutikula rambut kasar dan kering. Cara terbaik adalah dengan memijat rambut secara lembut memakai kaus atau handuk berserat halus dan jangan menggosok atau meremas rambut dengan keras.

  1. Keringkan Rambut Dengan Cepat

Semakin cepat anda mengeringkan rambut, maka akan semakin cepat kutikula rambut untuk istirahat. Apabila ingin memakai pengering rambut, maka pastikan rambut benar-benar kering. Apabila rambut masih lembab, maka mengakibatkan rambut jadi mengembang dan sulit diatur. Akan lebih baik jika anda mengeringkan rambut dengan kipas angin yang menghasilkan angin dingin dibandingkan dengan hair dryer yang menghasilkan angin panas.

  1. Keramas Malam Hari

Apabila anda ingin keramas di malam hari, maka hindari mengeringkan rambut dengan hair dryer. Sisir rambut yang sudah dikeramas dan bentuk kepangan namun jangan terlalu kencang. Biarkan sampai kepangan agak sedikit mengering lalu keesokan paginya baru dilepas. Hasilnya, rambut mengembang bisa diatasi dan lebih mudah untuk diatur.

  1. Pakai Minyak Hangat

Untuk perawatan mingguan, anda bisa menggunakan minyak hangat yang bisa memberikan kelembabkan dan menguatkan rambut. Salah satu minyak bagus untuk dipakai adalah minyak jojoba yang bisa menguatkan kutikula rambut dan mencegah kering. Saat menggunakan minyak ini, gunakan dari rambut bagian tengah yakni sejajar dengan telinga sampai ke ujung rambut supaya rambut bagian atas tidak terlalu lepek.

Artikel terkait:

  1. Pakai Alat Pengeriting Rambut

Meski agak merepotkan, namun alat pengeriting rambut juga menjadi solusi jitu untuk mengatur rambut yang mengembang sekaligus menghaluskan rambut. Gunakan suhu rendah dan pastikan rambut sudah benar-benar kering serta jangan terlalu lama menahan alat pengeriting untuk membentuk rambut anda.

  1. Hindari Produk Beralkohol

Ganti semua produk perawatan rambut anda yang mengandung alkohol. Alat styling rambut yang mengandung alkohol bisa membuat rambut semakin kering, mengembang dan sulit diatur.

  1. Pakai Kertas Pengering Rambut

Gunakan juga kertas pengering rambut atau dryer sheet tanpa pewangi untuk menghilangkan listrik statis di rambut anda. Gosokkan kertas pengering rambut tersebut pada rambut sehingga masalah rambut mengembang yang sulit diatur bisa diatasi dalam waktu singkat.

  1. Pakai Es Batu

Dengan memamakai es batu, masalah rambut mengembang bisa diatasi dalam waktu yang singkat. Caranya adalag dengan menggosok es batu ke bagian rambut yang bermasalah. Hawa dingin yang dihasilkan dari es batu tersebut akan mempertahankan sekaligus mengendalikan kelembaban rambut sehingga rambut anda lebih mudah untuk diatur dan terlihat tidak terlalu mengembang.

  1. Pakai Lotion Non Minyak

Lotion badan bebas minyak juga bisa anda gunakan untuk membuat rambut lebih mudah diatur. Caranya, gosok lotion pada telapak tangan kemudian aplikasikan pada rambut yang bermasalah untuk melembabkan dan membuat rambut lebih mudah diatur.

  1. Pakai Jari Untuk Menyisir

Saat ingin menyisir rambut, gunakan jari anda sebagai pengganti sikat atau sisir yang sering digunakan. Ini dilakukan untuk menghindari gesekan yang ditimbulkan saat menggunakan sisir yang akan menghasilkan listrik statis dan akhirnya rambut mengembang terlihat lebih banyak.

  1. Minyak Kelapa

Perawatan dengan memakai bahan alami seperti minyak kelapa juga harus anda lakukan untuk memelihara kesehatan rambut dan mencegah rambut kusut serta mengembang. Gunakan 2 sendok minyak kelapa yang sudah dihangatkan dalam microwave lalu terapkan dari pangkal sampai ujung rambut. Bungkus rambut dengan plastik atau shower cap dan diamkan selama 30 menit atau lebih bagus lagi sampai beberapa jam. Setelah itu, keramas dengan sampo lembut dan kondisioner untuk membersihkan minyak kelapa yang tersisa di rambut anda. Hindari mengaplikasikan minyak pada kulit kepala sebab akan menyumbat pori dan bisa menimbulkan jerawat di kepala.

Artikel terkait:

  1. Mayonaise dan Alpukat

Makanan yang mengandung minyak seperti mayonaise dan alpukat juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut mengembang. Campurkan 1 sendok teh mayonaise dengan kondisioner atau haluskan alpukat matang dan aplikasikan pada rambut lalu tutup selama 10 menit dan bilas dengan air hangat.

  1. Pakai Produk Rambut Mengandung Susu

Tuangkan produk rambu yang mengandung krim atau susu pada telapak tangan dan usapkan pada rambut memakai jari anda untuk menyisir dan meratakan produk rambut tersebut. Pusatkan pemakaian krim pada bagian ujung rambut sebab bagian tersebut menjadi bagian paling kering rambut anda.

  1. Minyak Zaitun dan Madu

Campuran minyak zaitun dan juga madu sangat baik untuk mengembalikan kelembaban alami rambut. Campurkan kedua bahan dan hangatkan sebentar dalam microwave atau diatas kompor dan oleskan pada rambut. Saat mengoleskan campuran ini tidak boleh dilakukan secara sekaligus akan tetapi bertahap dan sesudah itu tutup rambut dengan shower cap dan biarkan selama 30 menit.

  1. Maker Minyak Zaitun

Untuk membuat masker rambut sederhana, anda bisa menggunakan minyak zaitun tanpa diberi campuran apapun. Hangatkan minyak zaitun dan oleskan ke rambut anda dari pangkal sampai ujung lalu tutup dengan shower cap dan diamkan selama 20 menit lalu bilas seperti biasa.

  1. Cuka Makan

Cuka yang memiliki bau menyengat juga bisa melembutkan rambut dan membuat rambut lebih mudah untuk diatur sekaligus mengembalikan pH rambut anda. Larutkan 75 ml cuka dengan 1 liter air dingin dan siram pada rambut sesudah dikeramas. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali dalam sebulan.

  1. Cuka Apel

Cuka apel juga dijadikan sebagai kondisioner alami sehingga tampilan rambut bisa terlihat lebih tipis dan tidak mengembang sekaligus lebih mudah diatur. Campur air dan cuka apel dalam botol lalu semprotkan pada rambut yang sudah dikeramas dan bilas sampai bersih. Sesudah kering, rambut akan terlihat lebih lembut dan juga mengkilat serta tidak terlihat terlalu mengembang.

Artikel terkait:

Beberapa cara mengatasi rambut mengembang seperti singa yang sudah kami berikan merupakan tips jitu untuk mengatasi masalah rambut susah diatur dalam waktu cepat dan dalam jangka panjang. Lakukan beberapa cara diatas dengan teratur untuk mendapatkan hasil maksimal dan ucapkan selamat tinggal pada rambut mengembang susah diatur.