22 Cara Merawat Rambut Keriting Agar Tidak Mengembang

Rambut adalah salah satu center dari kecantikan wanita selain wajah, dan kamu juga bisa membuatnya lebih bagus atau lebih buruk. Mempercantik rambut adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap wanita, dan tentu hal tersebut harus dilakukan dengan baik ya ladies. Kali ini kita akan membahas tentang rambut keriting, jenis rambut yang lucu ini bisa juga menjadi sebuah masalah bagi pemiliknya. Pertama masalah rambut keriting adalah begar atau mengembang, kering, pecah-pecah dan bahkan rusak. Ladies pada artikel ini kita akan membahas tentang cara mengatasi rambut keriting agar tidak mengembang. Yuk simak apa saja faktor yang menyebabkan rambut keriting bisa mengembang.

Baca Juga : Cara Melembutkan Rambut KeritingCara Agar Bulu Mata Lentik

Penyebab Rambut Keriting Mengembang

Rambut mengembang kerap dijadikan sebuah masalah bagi wanita, bukan hanya karena seperti singa tapi juga menyebabkan tingkat percaya diri merendah. Ladies !! Ada beberapa faktor penyebab rambut mengembang, terutama bagi kamu yang memiliki rambut keriting.

  • Faktor Keturunan / GENETIK
  • Jenis Rambut Mengembang
  • Sering Di Catok
  • Sering Di Hairdryer
  • Sering Di Blow
  • Salah Shampo
  • Sering Terpapar Sinar Matahari
  • Terkena Asap Jalanan
  • Udara Panas / Dingin
  • Suhu Tubuh
  • Menggunakan Air Hangat
  • Salah Produk
  • Cat Rambut
  • Kurang Vitamin
  • Keramas Setiap Mandi

Ladies !! Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan rambut mengembang, dan kita sudah tahukan apa saja penyebabnya. Sebagai wanita memang wajib hukumnya merawat rambut dengan benar, menyisir, keramas, memberi vitamin dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Rambut Mengembang Seperti SingaPenyebab Rambut Bercabang dan Rusak

Mengatasi Rambut Keriting Mengembang

1. Menggunakan Masker Rambut

Menggunakan masker rambut merupakan salah satu cara, atau lebih tepatnya jalan keluar untuk mengatasi rambut keriting yang mengembang. Membuat rambut keriting lebih mudah diatur dan tidak mengembang memang agak sulit, namun bukan berarti hal tersebut mustahil untuk dilakukan ya ladies. Masker rambut misalnya, kamu bisa menggunakan masker rambut paling tidak 2x seminggu. Kamu bisa memilih jenis masker yang bisa digunakan, yang sesuai dengan kebutuhan rambut tentunya.

2. Menggunakan Creambath

Salah satu cara membuat rambut keriting tidak mengembang adalah dengan menggunakan creambath. Kamu bisa menggunakan creambath paling tidak 1-2 kali seminggu. Gunakan creambath dengan bahan alami, dan aplikasikan pada rambut kurang lebih sekitar 40 menit. Selanjutnya kamu bisa mulai membilas rambut mu dengan air hangat. Tentu ini akan menjadi me-time yang sangat menyenangkan.

Baca Juga :  Merk Shampo Untuk Rambut Keriting –  Manfaat Hair Mask untuk Rambut

3. Memilih Shampo Dengan Benar

Menghindari rambut keriting mengembang bisa dilakukan dengan cara memilih shampo dengan benar. Dalam hal ini kita diwajibkan memilih jenis shampo yang sesuai dengan kebutuhan rambut kita. Jangan pernah termakan oleh iklan, brand dan lain sebagainya. Terkadang shampo dengan harga mahal hingga ratusan ribu juga tidak menjamin kualitas rambut yang akan dihasilkan.

4. Merawat Rambut Sesuai Kebutuhan

Merawat rambut sesuai dengan kebutuhan merupakan salah satu tindakan yang sangat benar. Kamu bisa melakukan perawatan di salon atau bahkan di rumah, dan perawatan rambut di rumah juga tidak kalah bagusnya dengan perawatan salon. Kita bisa membuat masker dari buah, atau bisa juga melakukan perawatan dengan minyak zaitun.

5. Hindari Sering Mencatok Rambut

Terlalu sering mencatok rambut ternyata bisa menyebabkan rambut mu yang keriting semakin mengembang. Oleh sebab itu sebaiknya kita menghindari penggunaan catok secara berlebihan atau terlalu sering. Jika kamu ingin membuat rambut mu tampak lebih lurus, maka kamu bisa menggunakan shampo pelurus rambut. Ladies !! Ada banyak sekali shampo pelurus rambut di pasaran, dan tentu kita hanya perlu menyesuaikan produk mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kantong kita ya ladies.

Baca Juga :  Penyebab Rambut Bercabang Dan Rusak –   Cara Merawat Rambut Keriting

Mem-blow rambut memang akan membuat rambut tampak lebih bervolume namun tetap teratur. Tapi tahukah kamu, jika mem-blow rambut juga sangat merugikan dirimu di masa mendatang. Terlalu sering mem-blow rambut bisa membuat rambut mu beggar seperti singa, terutama jika rambut mu kering. Jika kamy ingin menggunakan catok, hairryer dan alat stylist lainnya, sebaiknya perhatikan dampak positif ataupun negatif-nya.

7. Hindari Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan rambut menjadi begar atau mengembang, apakah itu benar ?? Iya benar. Paparan sinar matahari tidak hanya bisa membuat rambut tampak kusut, kering dan berubah warna, tapi juga bisa menyebabkan rambut mu mengembang dan kering. Jika rambut keriting mengembang dan kering, tentu hal ini akan mengurangi nilai estetika pada diri kita ya ladies. Oleh sebab itu sebaiknya kamu juga memperhatikan apa yang harus kamu lakukan untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari.

Baca Juga : Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Anak – Cara Membuat Rambut Lembut dan Mudah Diatur

8. Gunakan Topi

Topi ternayata tidak hanya bisa membuat penampilan kita terlihat keren, tapi juga bisa melindungi rambut kita dari paparan sinar matahari. Kamu bisa menggunakan topi di siang hari, dan tentu gunakan topi dengan benar ya ladies. Pilihlah topi dengan bahan yang nyaman digunakan dan tentu bisa menyerap keringat juga.

9. Gunakan Payung

Payung umumnya menjadi alat pelindung diri dari hujan, namun tahukah kamu jika payung juga bisa dimanfaatkan untuk melindungi tubuh dari paparan sinar matahari. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika rambut keriting terkena paparan sinar matahari terus menerus bisa menyebabkan kerusakan. Dan oleh sebab itu sebaiknya kita menggunakan payung untuk menghindari kerusakan rambut, atau juga masalah rambut mengembang dan susah diatur.

Baca Juga : Cara Agar Bulu Mata Lentik Merek Bulu Mata Palsu Yang BagusLem Bulu Mata Yang Bagus

10. Gunakan Shal

Shal bisa digunakan juga untuk melindungi rambut kita dari sinar matahari, yang dapat menyebabkan rambut mengembang. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga kebersihan shal ya ladies.

11. Gunakan Hijab

Salah satu cara menghindari rambut keriting mengembang adalah dengan menggunakan hijab. Hijab bisa kita gunakan untuk melindungi rambut kita dari kerusakan rambut yang disebabkan oleh partikel di luar sana.

12. Gunakan Vitamin Rambut

Vitamin rambut merupakan salah satu hal terenting, yang wajib kita berikan pada rambut kita. Jika kamu memiliki rambut keriting dan mengembang bagaikan singa, maka sebbaiknya gunakan vitamin rambut secara teratur. Kamu juga bisa menggunakan vitamin raambut yang sesuai dengan kebutuhan rambut mu ya ladies. Ada banyak sekali jenis vitamin rambut, dan merek vitamin rambut dengan berbagai harga. Kamu hanya perlu menyesuaikan mana produk yang sesuai dengan kebutuhan rambut mu, dan juga sesuai dengan kantong mu.

13. Gunakan Hair Tonic

Menghindari rambut keriting mengembang, kamu bisa menggunakan hair tonic. Perawatan rambut dengan menggunakan hair tonic akan lebih mudah dilakukan ya ladies, karena menggunaannya juga sangat simpel sekali. Kamu bisa menggunakan hair tonic dengan bahan seperti gingseng dan lain sebagainya. Pastikan hair tonic yang kamu beli merupakan suatu produk asli, karena mengingat semakin hari makin banyak oknum-oknum yang membahayakan konsumennya.

Baca Juga : Cara Memancungkan Hidung Tanpa Operasi

14. Hindari Dry Shampo

Para hair stylist semakin hari semakin memberikan pembaharuan-pembaharuan yang sangat pesat, misalnya saja dry shampo. Dry shampo merupakan salah satu produk shampo spray yang bisa digunakan kita untuk menggantikan proses keramas pada rambut. Seringnya penggunaan dry shampo, bisa membuat rambut mu tampak lebih mengembang dan susah diatur. Oleh sebab itu sebaiknya cucilah rambut dengan teratur, agar nantinya tidak terjadi kerusakan pada rambut secara permanen.

15. Hindari Alkohol

Menghindari alkohol merupakan salah satu kunci dari kesehatan dan kecantikan. Jika kamu ingin tampak awet mudah, cantik, menarik, maka sebaiknya hindari konsumsi alkohol ya ladies. Alkohol ternyata juga bisa memperburuk keadaan rambut kita, karena alkohol bisa membuat kulit kepala dan rambut menjadi kering. Dan jika rambut sudah kering, maka otomatis akan lebih mudah juga mengembang.Konsumsilah minuman yang mengandung banyak nutrisi, misalnya seperti sari buah/jus.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Minyak ZaitunMerek Bulu Mata Palsu Yang Bagus

16. Hindari Rokok

Rokok kini tidak hanya digunakan oleh kaum pria saja, namun semakin hari makin banyak juga wanita yang menggunakan rokok. Tahukah kamu wahai kaum wanita, jika rokok teramat sangat berbahaya bagi kesehatan mu di hari ini dan masa mendatang ?? Pertama memamng look so cool, namun selanjutnya mulai dari organ hingga kecantikan mu juga akan terenggut bahaya dari rokok. Ladies sama hal nya dengan alkohol, rokok juga bisa membuat kulit kering, menghitam, rambut rusak dan lain sebagainya. Hindari rokok sejak dini, agar tidak menyesal di masa mendatang.

17. Gunakan Kondisioner

Kondisioner merupakan salah satu produk perawatan rambut yang bisa digunakan jangka panjang. Kondisioner bisa membantu proses perawatan rambut rusak, kering, mengembang dan lain sebagainya. Jika kamu memiliki jenis rambut keriting dan mengembang, maka kondisioner dapat membantu proses pengempisan rambut begar mu itu.

18. Membuat Masker Rambut

Masker rambut memang bisa digunakan untuk mengatasi rambut begar atau mengembang. Dan kini kamu juga bisa membuat sendiri masker rambut dari buah-buahan atau bahan alami lainnya, misalnya saja dari pisang, pepaya, susu, madu dan lain sebagainya. Membuat masker rambut sendiri juga akan menjadi hal yang sangat menyenangkan loh ladies, kamu bisa mencobanya disaat ada waktu yang senggang.

19. Gunakan Minyak Zaitun / Minyak Kelapa

Salah satu cara merawat rambut keriting mengembang adalah dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa. Minyak tersebut dapat membantu proses pengempisan pada rambut yang keriting. Pada umumnya rambut mengembang merupakan salah satu ciri rambut yang kering, walaupun tidak semua seperti itu ya ladies. Tidak ada salahnya juga kita mencoba salah satu cara untuk mengempiskan rambut begar mu.

20. Memilih Gaya Rambut

Memilih style rambut adalah hal yang tepat untuk menyiasati rambut mengembang. Kamu bisa menggunakan style rambut yang simpel, atau bisa juga kamu tanyakan pada ahli hair stylist. Rajinlah memotong rambut mu, karena dengan rutin memotong rambut bisa mengurangi efek rambut keriting mengembang.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Uban Dengan Kulit KentangMerk Bleaching Rambut Yang Bagus –  Shampo Untuk Menebalkan Rambut

21. Kepang Rambut

Jika kamu ingin rambut lebih mengempis dan tidak terlalu begar, maka kamu bisa mengepang rambut mu. Kamu bisa mengepang rambut ketika usai menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa. Pastikan jika ikat rambut yang kamu gunakan juga bersih ya ladies.

22. Makanan Bernutrisi

Mengonsumsi makanan bernutrisi tidak hanya penting bagi tubuh kita seperti pencernaan dan organ dalam lainnya. Tahukah kamu jika makanan bernutrisi juga penting untuk menunjang kecantikan diri kita, baik itu kulit wajah, kulit tubuh dan rambut. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang bernutrisi setiap hari, dan ingatlah untuk tetap mengontrol konsumsi gorengan setiap harinya. Hindari makan gorengan dan makanan ber MSG, karena tubuh kita membutuhkan nutrisi alami yang baik untuk kesahatan dan kecantikan tubuh kita.

Baca Juga :

Memiliki rambut keriting memang bisa dikatakan lebih sulit perawatannya, dibandingkan dengan ladies yang memiliki rambut lurus atau ikal. Sebagai kaum wanita yang peduli pada kesehatan dan kecantikan, sebaiknya kita memperhatikan mana sesuatu yang positif dan mana sesuatu yang negatif untuk diri kita. Nah ladies, jangan pernah berpikir jika kecantikan itu mahal harganya. Kecantikan pada dasarnya berada dalam diri kita sendiri, berpikirlah positif agar aura cantik mu lebih terpancar. Hidup sehat itu nikmat, karena kesehatan sangat mahal harganya.