14 Cara Agar Bulu Kaki Tidak Tumbuh Lagi Setelah Dicukur Paling Mudah

Bagi wanita, tumbuhnya bulu di area tubuh terutama kaki kerap dirasakan sebagai suatu hal yang mengganggu. Untuk wanita yang bulu kakinya hampir tidak terlihat, tentunya tidak akan mengganggu penampilannya. Namun ada juga wanita yang kebetulan dikaruniai bulu kaki yang lebat sehingga cukup mempengaruhi penampilan ketika mengenakan busana yang memperlihatkan bagian kaki. Bulu kaki yang lebat tentunya akan membuat penampilan wanita menjadi menyerupai laki – laki.

Oleh sebab itu sebagian besar wanita berusaha menghilangkannya dengan cara yang paling praktis, yaitu mencukur bulu kaki. sayangnya, proses mencukur bulu kaki tidak sepenuhnya aman karena mempunyai beberapa efek samping yang merugikan, diantaranya bulu kaki justru akan tumbuh lebih cepat dan kasar daripada sebelumnya. Hal ini disebabkan karena proses mencukur sebenarnya hanya memotong bulu kaki yang dekat dengan permukaan kulit, dan tidak menuntaskan hingga ke akarnya. Padahal yang diperlukan adalah cara menghilangkan bulu kaki permanen.

Pencegahan Bulu Kaki Tumbuh Kembali

Sebagian wanita ada yang menggunakan obat perontok bulu permanen atau krim penghilang bulu agar tidak usah repot mencukur. Akan tetapi ada pula yang merasa lebih nyaman mencukur, namun kerepotan dengan bulu yang tumbuh lebih cepat. Apabila Anda tidak ingin bulu kaki tumbuh kembali dengan cepat setelah dicukur, ada beberapa tips tertentu yang bisa dilakukan untuk cara menghilangkan bulu kaki .

1. Gunakan Scrub Garam

Manfaat air garam untuk kulit dan manfaat garam untuk kulit adalah sebagai eksfoliator yang ampuh. Penggunaan scrub garam untuk kulit kaki berguna untuk mengangkat sel kulit mati yang mungkin masih ada tertinggal di area bulu halus. Anda bisa mulai melakukan scrub pada bagian pergelangan kaki menuju ke arah atas dengan membentuk gerakan memutar. Gunakan sarung tangan jika kulit Anda memiliki ciri – ciri kulit sensitif.

2. Basahi Kaki Dengan Air Hangat

Air hangat berguna untuk membasahi area kaki yang akan dicukur, gunanya untuk membuka pori – pori pada kulit dan folikel rambut. Basahi kaki dengan air hangat dan diamkan lebih dulu selama beberapa menit. Bila perlu gunakan sabun yang dapat melembabkan kulit. Dengan begini, Anda akan mudah mencukur sampai ke ujung bulu. Tidak dianjurkan untuk mencukur kaki dalam keadaan kering, karena kulit bisa terluka.

3. Gunakan Krim Cukur

Setelah membersihkan kaki dengan air hangat, Anda bisa mengoleskan krim cukur atau gel cukur untuk memudahkan proses pencukuran. Kelancaran gerakan alat cukur sangatlah penting agar tidak menimbulkan luka atau iritasi di kulit. Tidak menggunakan krim atau gel cukur dapat mnghambat gerakan pisau cukur yang menyebabkan proses mencukur tidak tuntas.

4. Perhatikan Arah Cukuran

Penting untuk memperhatikan teknik mencukur yang benar, yaitu dari arah bawah kaki ke arah atas. Hal ini perlu dilakukan agar bulu kaki dapat tercukur sempurna hingga mendekati akarnya. Cukurlah bulu kaki dengan tarikan panjang ke atas, jangan terputus – putus. Gerakkan tangan dan pisau cukur dengan halus dan merata.

5. Alat yang Tepat

Mencukur juga tidak bisa menggunakan sembarang pisau cukur. Perhatikanlah pisau cukur seperti apa yang menjadi kebutuhan Anda. Sebaiknya gunakan alat cukur yang memiliki lebih dari satu mata pisau agar hasil cukuran semakin bersih dan mencegah bulu tumbuh makin cepat. Sekarang ini telah ada alat cukur yang dikhususkan untuk wanita, dan Anda dapat menemukannya di toko – toko dengan mudah.

6. Gunakan Pisau Cukur Baru

Menggunakan pisau yang baru juga berpengaruh untuk membuat bulu tumbuh lebih lama. Pisau cukur baru yang lebih tajam akan mampu menjangkau hingga ke titik yang berada di lapisan permukaan dalam kulit, juga mengurangi resiko terluka serta iritasi. Mencukur juga merupakan salah satu cara agar bulu ketiak tidak tumbuh lagi dan  cara menghilangkan bulu betis.

7. Cuci Bersih

Setelah selesai mencukur, bersihkan kaki dengan seksama dan jangan menggosoknya dengan kasar, akan mempengaruhi kondisi kulit dengan resiko membuatnya teriritasi. Mencuci bersih juga akan membantu mengurangi resiko terkena infeksi.

8. Gunakan  Pelembab

Pemakaian pelembab juga merupakan hal yang penting bagi proses pencukuran bulu kaki. Oleskan pelembab atau body oil ketika area kaki yang telah dicukur masih berada dalam keadaan lembab atau basah, agar kaki tetap halus dan mencegah pertumbuhan bulu kaki. Gunakan pelembab untuk kulit sensitif khusus yang bisa Anda pilih agar kulit sensitif tidak teriritasi.

Bahan Alami Untuk Menghentikan Pertumbuhan Rambut Kaki

Selain dengan teknik – teknik mencukur, pertumbuhan bulu kaki juga dapat dikurangi atau dihentikan dengan penggunaan beberapa bahan alami yang dilakukan secara rutin. Bahan – bahan tersebut adalah:

1. Kunyit dan Garam

Kunyit dapat menjadi cara menghaluskan kulit kaki ketika sedang dihilangkan bulunya, dan juga ada cara menghilangkan bulu ketiak dengan kunyit. Cara menggunakan kunyit dan garam untuk bulu kaki yaitu:

  • Campur kunyit segar yang telah diparut secukupnya dengan garam kasar  hingga menjadi pasta kental
  • Oleskan ke kulit kaki secara merata
  • Biarkan pasta tersebut selama beberapa saat di kulit kaki
  • Gosok perlahan pasta setelah agak mengering, cuci bersih dengan air.

2. Gula

Sugaring adalah salah satu bentuk perontokan bulu yang mirip dengan proses waxing, dan hanya menggunakan bahan yang sangat mudah kita temukan di dapur atau toko bahan pangan. Anda bisa melakukan sugaring apabila tidak ingin bulu kaki tumbuh cepat dan kasar setelah dicukur. Proses pembuatan ramuan sugaring akan menjadi cara menghilangkan bulu kaki secara alami dan dapat dilakukan seperti berikut:

  • Peras setengah butir lemon dan ambil airnya
  • Campur dengan seperempat cangkir madu dan secangkir gula dalam mangkuk atau panci
  • Panaskan semua bahan sampai gula meleleh di atas kompor atau microwave
  • Biarkan mendingin sampai suhunya sedikit hangat, hati – hati agar tidak terlalu panas karena gula panas yang meleleh dapat membuat kulit menderita luka bakar cukup berat.
  • Ketika campuran telah mendingin, taburi kulit kaki dengan tepung jagung
  • Gunakan spatula untuk mengolesi kaki dengan ramuan sugaring tersebut
  • Tempelkan kain bersih diatas olesan gula dan biarkan selama tiga puluh detik
  • Tarik kain dengan cepat melawan arah pertumbuhan rambut kaki.

Teknik ini akan menyakitkan dan kurang rapi pada awalnya namun biayanya tidak mahal dan hasilnya akan bertahan lama. Sebabnya karena rambut akan tercabut hingga ke akar sehingga akan tumbuh lebih jarang dan perlahan. Ada pula cara menghilangkan bulu kaki dengan pepaya.

3. Batu Apung

Batu apung merupakan salah satu metode zaman dulu untuk penghilang bulu, bahkan untuk cara memutihkan lutut dan cara mengatasi kaki pecah – pecah. Gosokan batu akan mengelupas kulit sementara menarik keluar rambut dengan lembut. Pemilik kulit kering sayangnya tidak akan dapat menggunakannya karena akan membuat iritasi. Batu apung merupakan metode penghilang bulu yang relatif tidak sakit dan mudah. Hasilnya memang tidak akan langsung terlihat, namun dengan pemakaian teratur maka pertumbuhan kembali rambut akan melambat dalam waktu beberapa minggu atau bulan.

4. Daun Basil dan Bawang

Ramuan eksotis ini dapat digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan bulu kaki. Caranya:

  • Siapkan sepuluh hingga dua belas daun basil dan dua bawang merah.
  • Kupas bawang dari lapisan transparannya
  • Hancurkan daun basil dan bawang hingga lengket
  • Oleskan pada kulit kaki dan biarkan mengering selama dua puluh menit
  • Cuci dengan air dan ulangi 3-4 kali seminggu.
  • Ikuti ramuan ini selama dua atau tiga bulan dan lihat pengurangan pertumbuhan rambut kaki Anda.

5. Kentang dan Lentil

Kentang apabila dikombinasikan dengan lentil kuning akan membantu secara efektif dengan menghilangkan bulu yang tidak diinginkan. Kentang mempunyai khasiat alami untuk memutihkan, sehingga gabungan kedua bahan ini akan membuat warna bulu kaki menjadi terang. Selain itu kentang juga dapat digunakan sebagai cara memutihkan ketiak dan leher. Lentil juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bulu ketiak secara alami tanpa cukur.

  • Siapkan satu butir kentang, semangkuk lentil kuning dan sesendok makan madu, empat sendok makan air lemon, saringan atau kain tipis.
  • Rendam lentil kuning dalam air semalaman
  • Kupas kulit kentang, cuci dan hancurkan.
  • Saring air dari rendaman lentil lalu giling lentil sampai menjadi pasta
  • Ambil sari dari kentang yang dihancurkan dan campurkan ke pasta lentil kuning
  • Tambahkan air lemon dan madu, aduk rata.
  • Gunakan ramuan pada bagian kaki
  • Biarkan mengering selama dua puluh atau tiga puluh menit atau sampai mengering
  • Gosok ramuan untuk menghilangkannya dengan jari. Pasta lentil yang kering juga akan membuat bulu kaki menjadi rontok
  • Anda dapat mengulangi proses ini sebanyak dua atau tiga kali selama dua minggu untuk menghilangkan rambut yang tidak diinginkan sepenuhnya.

6. Tawas dan Air Mawar

Ramuan ini umum digunakan oleh para wanita di India dan Pakistan, ada pula cara memutihkan ketiak dengan tawas dan cara mencerahkan daerah kewanitaan . Tawas mudah didapatkan di pasaran dalam bentuk bubuk. Air mawar bahkan dapat menjadi campuran bahan dalam cara menghilangkan bulu tangan. Cara membuatnya yaitu:

  • Siapkan setengah sendok teh bubuk tawas, dua atau tiga sendok makan air mawar, beberapa tetes minyak zaitun atau minyak wijen, dan kapas.
  • Tambahkan air mawar ke bubuk tawas dalam mangkuk kecil.
  • Larutkan bubuk tawas dalam air mawar dengan bantuan sendok.
  • Celupkan kapas ke dalam larutan air mawar dan tawas.
  • Gunakan campuran bahan ini ke area kaki
  • Biarkan mengering dan lapisi dengan ramuan sekali lagi, ulangi proses ini hingga satu jam.
  • Jika kulit Anda sensitif maka cukup lakukan selama lima belas atau dua puluh menit
  • Cuci bersih dan aplikasikan minyak zaitun atau minyak wijen untuk melembabkan area kaki
  • Ulangi proses ini tiga atau empat kali dalam seminggu hingga beberapa minggu untuk menghilangkan bulu kaki sepenuhnya.

Melakukan teknik mencukur secara tertentu memang dapat memperlambat pertumbuhan bulu, namun Anda juga dapat merawatnya dengan bahan – bahan alami tersebut agar tidak perlu lagi melalui proses mencukur yang memakan waktu dan yang harus dilakukan dengan sering karena bulu kaki tumbuh lagi dengan sangat cepat. Dalam berurusan dengan proses menghilangkan bulu dari tubuh kita khususnya pada kaki, diperlukan kesabaran karena prosesnya lumayan panjang dan memakan waktu daripada pilihan yang lain. Jika Anda tetap mengikuti prosedur maka bulu di kaki akan mulai berkurang lalu lambat laun berhenti sama sekali.