12 Cara Menghilangkan Bulu Kaki Secara Permanen Efektif

Bulu yang ada di tubuh kita berfungsi memberikan perlindungan untuk kulit di baliknya. Walaupun demikian, keberadaan bulu di tubuh kerap kali menjadi gangguan bagi penampilan, terutama jika bulu tersebut sangat mudah dilihat seperti bulu kaki. Hal itu akan menjadi salah satu masalah kosmetik bagi wanita. Bulu kaki yang tidak diinginkan biasanya akan membuat seseorang merasa tidak nyaman, terutama jika bulu yang tumbuh tersebut banyak dan mudah terlihat.

Untuk sebagian wanita, bulu kaki yang tampak jelas akan sangat mengganggu penampilannya. Banyak wanita yang lebih memilih untuk menampakkan kaki yang mulus daripada kaki yang berbulu. Namun apabila bulu yang tumbuh di kaki lebih tebal dan banyak, tentunya akan sulit untuk menghilangkannya dengan mudah agar mendapatkan kaki yang mulus, karena mempunyai kaki mulus adalah salah satu cara menjaga penampilan diri wanita. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa mendapatkan kaki yang mulus dan halus. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Menghilangkan Bulu Kaki dengan Alat

Bulu kaki juga dapat dihilangkan dengan bermacam alat yang tersedia di pasaran. Ada dua alat yang dapat menghilangkan bulu kaki dengan cepat yaitu:

1. Alat Cukur

Cara yang paling umum dan mudah dilakukan untuk menghilangkan bulu kaki dan cara agar bulu ketiak tidak tumbuh lagi adalah dengan mencukurnya, walaupun tidak akan menghilangkan bulu sampai ke akar rambut. Untuk itu, pertumbuhan bulu kaki memang diperlukan sesuai batasnya agar mudah dicukur. Cara mencukur bulu kaki yaitu sebagai berikut:

  • Waktu mencukur – Sebaiknya cara menghilangkan bulu betis dilakukan saat malam hari daripada siang hari, karena mencukur pada malam hari bisa membuat kulit kaki menjadi lebih lembut.
  • Pilihan alat cukur – Alat cukur yang tepat akan menghindarkan Anda dari rasa sakit apabila menggunakan alat yang tumpul, misalnya. Belilah alat cukur yang berkualitas berupa elektrik atau menggunakan silet. Menggunakan alat elektrik berarti Anda tidak perlu membersihkan atau melembabkan kaki lebih dulu. Anda bisa memilih alat cukur untuk wanita ataupun pria, karena pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama. Alat cukur yang dikhususkan untuk wanita bedanya hanya dibuat sesuai dengan lekuk tubuh wanita.
  • Gunakan gel cukur – Menggunakan sabun dan air untuk mencukur saja bisa mengeringkan kulit. Lebih baik Anda menggunakan krim atau gel khusus untuk mencukur. Mandilah sebelumnya untuk melembutkan kulit dan membuka pori – pori.
  • Mencukur – Oleskan gel cukur per bagian kulit yang akan dicukur. Cukur ke arah tumbuhnya bulu kaki dengan gerakan searah. Jangan mencukur dengan sembarangan atau terburu – buru. Gerakkan alat cukur dengan perlahan dan lembut untuk menghindari luka.
  • Merawat luka – Luka akibat mencukur bisa terjadi apabila Anda mencukur terlalu dekat atau terlalu kasar. Bila tidak dirawat, bisa menyebabkan bulu yang tumbuh ke dalam. Bila mengalami luka karena mencukur, Anda bisa menggunakan scrub ke area tersebut untuk menghilangkan sel kulit mati agar tidak menimbulkan bekas.

2. Epilator 

Epilator adalah alat yang dipakai dengan menggunakan tangan. Cara kerjanya dengan  mencengkeram helaian rambut hingga tercabut dari akarnya. Sisi positifnya, hasil pencabutan bulu lebih halus daripada menggunakan metode waxing, namun waktu yang diperlukan mungkin lebih lama karena harus mencabut rambut satu persatu. Epilator bisa mencabut bulu yang masih berukuran 0.5 mm, jadi tidak perlu menunggu rambut atau bulu tumbuh panjang untuk bisa mencabutnya.

Menghilangkan Bulu Kaki dengan Krim

Mencukur adalah cara yang tercepat untuk menghilangkan bulu kaki, namun sayangnya bagi banyak orang hal itu bukanlah suatu pilihan. Jika Anda mempunyai bulu kaki yang tebal dan gelap, mencukur mungkin saja akan membuat jejak berupa titik – titik folikel yang terlihat jelas. Rambut yang dicukur juga akan tumbuh dengan sangat cepat, belum lagi beresiko mengalami goresan akibat pisau cukur atau bulu yang tumbuh ke dalam jika cara mencukur dilakukan dengan salah. Jika Anda menginginkan kaki yang mulus tetapi dengan metode selain mencukur, simaklah kedua cara ini yang bisa menjadi pilihan Anda:

1. Waxing

Tidak hanya untuk menghilangkan bulu kaki, waxing juga dapat menjadi cara menghilangkan bulu tangan dan cara menghilangkan bulu di wajah. Bahan – bahan yang diperlukan untuk melakukan waxing adalah waxing kit yang mudah ditemukan di toko kosmetik, apotik atau toko kecantikan lainnya. Langkah  – langkah untuk melakukan waxing adalah seperti berikut:

  • Siapkan waxing kit – Isi dari waxing kit biasanya berupa wax, strip untuk waxing dan stik yang akan digunakan untuk mengoleskan wax ke kulit. Panaskan wax di dalam microwave sampai mencapai suhu ruang, ikuti instruksi yang ada pada kotak kemasan waxing. Hati – hati agar tidak terlalu panas karena dapat membakar kulit. Wax yang dipanaskan dengan benar mempunyai konsistensi seperti madu.
  • Bersihkan kulit kaki lebih dulu – Siapkan kulit untuk proses waxing untuk mencegah kemerahan dan iritasi. Pastikan bulu yang tumbuh cukup panjang untuk di wax, dan pastikan untuk tidak ada luka apapun di kaki Anda sebelum memulai. Bersihkan kulit kaki dengan sabun dan keringkan. Lakukan sedikit eksfoliasi untuk menghilangkan sel kulit mati dari kulit kaki Anda. Rendam kaki di dalam air hangat sekitar 10-15 menit. lalu beri pelembab atau minyak agar wax tidak terlalu lengket pada kaki Anda.
  • Perhatikan arah tumbuhnya bulu – Penting untuk mengetahui arah tumbuhnya bulu,  jika tidak Anda akan mengalami bulu yang tumbuh ke dalam dan menyakitkan. Pada kaki, rambut biasanya tumbuh ke arah bawah. Ini berarti Anda harus mengoleskan wax ke arah bawah dan menarik waxing strip ke arah atas.
  • Oleskan cairan wax – Gunakan aplikator untuk mengoleskan wax ke kulit kaki secukupnya saja, jangan terlalu tebal. Tempelkan strip ke area kulit yang sudah diberi wax, tekan dan ratakan agar menempel. Tarik ke arah atas setelah beberapa saat, hangatkan kembali cairan wax jika masih diperlukan. Cuci area yang baru di wax dengan sabun dan air hangat suam kuku, kemudian gunakan pelembab.

2. Sugaring

Sugaring dapat menjadi cara menghilangkan bulu ketiak secara alami dan cara menghilangkan bulu dada secara tradisional. Anda dapat membeli bahan sugaring secara online, atau membuatnya sendiri di rumah. Langkah – langkah untuk melakukan sugaring yaitu:

  • Buat bahannya lebih dulu – Siapkan bahan – bahan untuk melakukan sugaring yaitu satu sendok makan gula, satu sendok teh lemon, satu sendok teh madu, air secukupnya, sehelai kain muslin, dan aplikator untuk sugaring. Campur gula, lemon, madu dan air di panci kecil selama kurang lebih tiga menit dan menjadi pasta yang sesuai teksturnya, tidak terlalu kental atau encer.
  • Bersihkan kulit kaki – Seperti waxing, kulit kaki juga harus dibersihkan dengan menggunakan sabun dan air hangat. Pastikan tidak ada luka terbuka di kulit kaki, terbakar matahari, atau luka dalam bentuk apapun, lalu gunakan body scrub untuk melakukan sedikit eksfoliasi. Oleskan sedikit minyak agar ramuan sugaring tidak terlalu lengket ke kulit.
  • Oleskan bahan ke kulit – Pastikan bahan sugaring sudah mencapai suhu yang tepat sebelum dioleskan pada kulit kaki. Sangat berbahaya apabila menggunakan bahan yang masih sangat panas pada kulit Anda. Bahan sugaring yang dihangatkan dengan benar akan sedikit lengket dan lembut. Oleskan dengan aplikator, tidak mengikuti arah tumbuhnya bulu ke kaki seperti waxing, melainkan ke arah atas.
  • Cabut bulu menggunakan kain – Gunakan kain muslin untuk melapisi kulit yang telah dioleskan bahan tersebut. Tekan – tekan dan ratakan hingga menempel, lalu cabut kain ke arah atas setelah dibiarkan beberapa saat. Tarik dengan cepat dan kuat agar bulu ikut menempel di kain. Hangatkan kembali bahan sugaring jika diperlukan.
  • Rawat kulit Anda – Cuci lagi kaki dengan sabun dan air hangat setelahnya. Warna kemerahan dan iritasi sementara sangat wajar, karena itu Anda harus merawat kulit dengan pelembab agar tidak mengalami iritasi yang semakin parah.

3. Menggunakan Krim Penghilang Bulu

Saat ini menghilangkan bulu di tubuh sangat mudah. Banyak merk krim penghilang bulu di pasaran yang diproduksi untuk kenyamanan para wanita. Cara menggunakannya pun sangat mudah, seperti berikut ini:

  • Lakukan tes lebih dulu – Krim penghilang bulu ini menembus ke dalam akar rambut, jadi bagi yang memiliki ciri – ciri kulit sensitif, krim ini dapat mengiritasi kulit. Lakukan tes menggunakan aplikator, oleskan krim sedikit di kulit Anda pada belakang telinga atau bagian dalam siku. Ikuti petunjuk sesuai yang ada di kemasan, lalu bersihkan. Tunggu selama 24 jam untuk melihat apakah ada reaksi alergi pada kulit Anda.
  • Persiapan – Siapkan kulit sebelum pemakaian krim. Cucilah kaki Anda dengan menggunakan sabun dan air hangat, keringkan dengan benar.
  • Pemakaian – Ikuti petunjuk sesuai kemasan dengan benar. Perbedaan merk krim mungkin akan mempunyai petunjuk yang berbeda juga, jadi pastikan untuk memakai krim dengan benar, sebab jika mengoleskannya terlalu lama di kulit bisa menyebabkan kulit terbakar atau justru berkeropeng.
  • Pembersihan – Ketika waktu pemakaian yang dianjurkan sudah habis, gunakan lap hangat yang lembut untuk menyeka krim dari kaki Anda. Anda juga bisa membersihkannya di bawah shower atau air mengalir untuk memastikan krim dan sisa bulu sudah bersih.
  • Pelembab – Kaki yang baru dihilangkan bulunya dapat diberi pelembab untuk perawatan dan juga untuk membuatnya tampak halus dan mulus. Pelembab dapat menjadi cara mengatasi kulit kaki kering, cara mengatasi kaki pecah – pecah dan cara mengatasi tumit pecah – pecah.

Menghilangkan Bulu Kaki Secara Alami

Untuk Anda yang lebih nyaman menggunakan cara – cara alami, simaklah beberapa bahan alami yang dapat digunakan berikut ini:

1. Pepaya

Buah ini tidak hanya bisa digunakan sebagai cara memutihkan wajah secara alami, tetapi juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bulu kaki secara alami. Cara membuat ramuan untuk menghilangkan bulu kaki yaitu:

  • Siapkan pepaya mentah dan kunyit secukupnya.
  • Potong – potong pepaya menjadi kecil dan hancurkan sampai menjadi bubur.
  • Parut kunyit seukuran buku jari dan campurkan kepada pepaya yang telah dihancurkan sampai merata.
  • Oleskan campuran tersebut ke area kaki yang akan dihilangkan bulunya.
  • Pijat dengan lembut bagian kaki dan biarkan selama dua puluh menit.
  • Bersihkan dengan air hangat. Ulangi satu atau dua kali seminggu.
  • Jika warna bulu kaki sudah menjadi terang, Anda bisa mencukurnya atau melakukan waxing. Beri jarak satu hari, lalu gunakan kembali ramuan ini.
  • Lakukan perawatan ini secara teratur, maka Anda tidak akan perlu khawatir tentang mencukur bulu kaki dalam waktu yang lama.

2. Kunyit

Akar – akaran ini mengandung curcumin, yaitu antioksidan yang dapat mengurangi peradangan, melawan bakteri, menyehatkan kulit dan juga menghilangkan bulu di tubuh. Banyak wanita yang mencoba cara membuat lulur kunyit sebagai tips agar kulit menjadi putih secara alami. Cara menggunakan kunyit untuk menghilangkan bulu kaki yaitu:

  • Siapkan bubuk kunyit, minyak wijen dan tepung gram.
  • Campurkan satu sendok makan bubuk kunyit dengan tepung gram dalam jumlah yang sama, lalu aduk merata.
  • Tuangkan minyak wijen secukupnya sampai menjadi pasta kental.
  • Oleskan ke area kaki menggunakan jari tangan.
  • Biarkan mengering selama sekitar 30 menit sebelum mencucinya dengan air hangat.
  • Lakukan gerakan memutar sedikit ketika membersihkan, Anda akan melihat beberapa rambut ikut rontok.
  • Warna kekuningan pada kulit kaki adalah wajar karena berasal dari kunyit, akan hilang dalam beberapa hari.
  • Lakukan perawatan ini sebanyak sekali seminggu.

3. Kentang dan Miju – miju

Kentang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bintik hitam di wajah dengan khasiatnya yang bisa memutihkan. Kentang mengandung asam yang akan memutihkan rambut di tubuh, membuat warnanya semakin terang dan tidak terlalu terlihat lagi. Penambahan miju – miju akan membuat ramuannya semakin efektif. Cara membuatnya yaitu:

  • Siapkan miju – miju kuning, kentang, madu dan air lemon.
  • Rendam miju – miju di dalam air semalaman.
  • Hancurkan keesokan paginya menjadi pasta kental.
  • Campurkan kentang ke dalam miju – miju, tambahkan satu sendok makan madu dan air lemon.
  • Oleskan campuran ke kulit kaki, diamkan selama 30 menit.
  • Bilas setelahnya.

Menghilangkan Bulu Kaki dengan Cara Medis

Menggunakan metode lainnya memang merupakan jenis perawatan yang ampuh, namun bulu kaki akan tumbuh lagi dalam waktu yang tidak terlalu lama. Anda akan harus mengulangi ritual ini ketika bulu kaki sudah mulai terlihat di kulit kaki Anda. Ada cara yang lebih cocok bagi Anda yang tidak ingin direpotkan, yaitu secara medis. Tentu saja cara medis ini haruslah dilakukan dengan bantuan dokter ahli kecantikan yang kompeten, sehingga hasilnya akan sesuai dan permanen. Cara menghilangkan bulu kaki secara permanen dengan bantuan medis yaitu:

1. Menggunakan Obat

Sebagai pilihan, ada obat perontok bulu permanen yang memerlukan resep dari dokter. Anda dapat menggunakan krim yang telah diresepkan dokter yang mengandung Eflornithine HCL untuk menghilangkan bulu kaki secara permanen. Krim ini bekerja dengan menghambat enzim bernama Ornithine Decarboxylase (ODC) yang mempengaruhi pertumbuhan rambut . Konsultasikan dengan dokter ahli untuk langkah lebih lanjut menggunakan krim ini.

2. Lakukan Elektrolisis

Elektrolisis juga dapat digunakan untuk menghilangkan bulu kaki yang tidak diinginkan. Teknik kosmetik ini melibatkan menyelipkan kawat tipis diantara folikel rambut di kaki Anda. Kemudian arus listrik akan disalurkan untuk menghancurkan akar rambut, dan rambut yang terlepas akan diambil menggunakan pinset. Elektrolisis memang juga dapat dilakukan pada salon kecantikan namun jika Anda mengalami iritasi biasanya sulit untuk melakukan tindak lanjut untuk mengatasinya. Untuk menghilangkan bulu ketiak secara alami, ada cara menghilangkan bulu ketiak dengan kapur sirih dan cara menghilangkan bulu ketiak permanen dengan jeruk nipis.

3. Photoepilation

Teknik ini bekerja dengan menggunakan pancaran cahaya atau sinar kepada kulit kaki untuk menghancurkan folikel rambut, biasanya berlangsung selama beberapa sesi atau tahap yang akan berlangsung selama beberapa bulan untuk memastikan hasilnya permanen. Teknik non operasi yang populer ini biasanya dilakukan oleh seorang dermatologis atau ahli bedah kecantikan.

4. Laser Hair Removal

Operasi menggunakan laser dianggap ekstrim bagi sebagian orang namun hasilnya tidak dapat diperdebatkan. Sinar laser yang terkonsentrasi bekerja untuk menghancurkan folikel rambut sepenuhnya, hingga rambut yang terkena laser akan rontok dalam waktu dua sampai tiga minggu. Akan tetapi, perawatan menggunakan laser ini biayanya lebih mahal daripada perawatan yang biasa dilakukan di rumah, dan beberapa sesi dengan dokter sebelum dianggap tuntas.

Banyak metode yang bisa Anda pilih untuk menghilangkan bulu kaki, namun penting untuk memilih cara yang paling cocok dengan Anda. Pertimbangan baik dan buruknya setiap metode hanya Anda sendirilah yang dapat memutuskan, karena setiap cara memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Ada cara yang dapat dilakukan dengan cepat namun dengan hasil kurang maksimal, dan ada cara yang lebih rumit namun akan membuahkan hasil memuaskan.