17 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak secara Alami dan Permanen

Bulu ketiak memang sangat mengganggu, apalagi bagi Anda para wanita yang suka sekali mengenakan pakaian tanpa lengan. Anda tentunya harus mencari cara untuk mencukurnya secara rutin agar tidak tampak ketika memakai pakaian model tersebut. Masalah bulu ketiak memang cukup serius bagi para wanita karena hal ini bisa-bisa menurunkan rasa percaya diri.

Meski bulu ketiak diketahui sangat berperan dalam melindungi tubuh, dan bahkan diyakini pula bahwa mampu mencegah potensi munculnya kanker payudara, tetap saja tak sedap dipandang ketika memakai baju tanpa lengan. Bulu ketiak yang semakin sering dicukur pun akhirnya bertambah lebat, lalu cara menghilangkan bulu ketiak secara alami seperti apa yang ampuh?

(Baca juga: cara menghilangkan kutil secara alami)

1. Mengonsumsi Makanan Berkandungan Fitoestrogen

Untuk langkah atau cara pertama, silakan mencari makanan dengan kandungan tinggi fitoestrogen. Demi menghilangkan bulu ketiak, apalagi yang pertumbuhannya sangat lebat, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi makanan-makanan berfitoestrogen tinggi. Hal ini bertujuan supaya pertumbuhan rambut yang tak diharapkan dapat dikurangi.

Fitoestrogen sendiri merupakan hormon tanaman yang memang ada kemiripan dengan hormon wanita, yakni estrogen. Makanan-makanan di bawah inilah yang memiliki kandungan estrogen tinggi dan wajib Anda pertimbangkan:

  • Licorice
  • Alfalfa
  • Ramuan adas
  • Biji rami
  • Kacang kedelai dan produk kedelai, seperti susu kedelai dan tahu.

Alangkah disarankan untuk memasukkan makanan-makanan tersebut ke dalam menu diet harian Anda dan bisa dilihat hasilnya.

(Baca juga: manfaat pisang untuk kulit)

2. Membuat Scrub dari Pisang dan Oatmeal

Untuk menghilangkan bulu ketiak yang cukup membuat Anda tidak nyaman, silakan membuat sendiri ramuan dari bahan-bahan alami yang mudah. Contoh bahan yang dimaksud pun adalah pisang serta oatmeal yang dicampur. Oatmeal dibutuhkan sebagai campuran bagi pisang agar mampu membentuk tekstur asar.

Hanya saja, Anda tak perlu khawatir apakah dari tekstur kasar yang tercipta dari oatmeal ini akan mampu membahayakan kulit ketiak Anda. Kombinasi bahan tersebut sangatlah aman dan terjamin. Bahkan diketahui pula bahwa cara ini merupakan pembersih alami yang sangat ampuh dan sangat dianjurkan untuk Anda coba.

  • Caranya: Sediakan 1 buah pisang matang, berikut juga oatmeal sekitar 1-2 sendok makan. Pisang perlu Anda lumatkan terlebih dulu hingga halus, lalu tambahkan oatmeal untuk campurannya. Pasta ini dapat Anda oles ke bagian ketiak Anda yang berbulu dalam gerakan melingkar. Lakukanlah pengusapan selama 15 menit sebelum dibersihkan dengan air; ulangi seminggu 2 kali.

3. Menggunakan Lentil dan Kentang

Cara menghilangkan bulu di wajah dan juga pada ketiak agaknya sedikit mirip, dan kali ini dua bahan yang hendaknya Anda pertimbangkan adalah kentang dan lentil. Kentang sendiri diketahui sebagai bahan makanan yang bisa dijadikan sebagai pemutih kulit alami.

Jadi selain bulu ketiak dapat terontokkan, Anda pun bisa memanfaatkannya sebagai pemutih bagian ketiak yang biasanya mudah menghitam akibat proses menghilangkan bulunya. Mengombinasikan kedua bahan ini diyakini juga sangat efektif untuk menghilangkan bulu pada kaki serta tangan. Maka, tak ada salahnya apabila Anda mencoba menyiapkan lentil dan kentang untuk dijadikan pasta.

  • Caranya: Sediakan kentang secukupnya yang Anda harus kupas dan lumatkan terlebih dulu, dan pastikan banyaknya sekitar 1 mangkuk. Lentil kuning pun juga perlu disiapkan, yaitu sebanyak 1 mangkuk, tak ketinggalan juga madu 1 sendok makan, serta jus lemon 4 sendok makan. Lentil kuning tersebut perlu Anda rendam lebih dulu di dalam air semalaman barulah esoknya Anda haluskan hingga membentuk pasta. Ambil ekstrak kentang, tambahkan ke pasta lentil tadi bersama dengan jus lemon dan madu, campur rata. Kemudian oles ke ketiak berbulu Anda, tunggu 20 menit sampai mengering, barulah Anda hapus pasta dari ketiak di mana bulu pun ikut tercabut.

(Baca juga: cara memutihkan kulit secara alami)

4. Memakai Kapur Sirih

Apabila Anda tahu bahwa kapur sirih ini biasanya digunakan oleh orang zaman dulu sebagai campuran untuk nginang, sebetulnya manfaatnya bukanlah itu saja. Rambut atau bulu ketiak yang tumbuh terlalu cepat dan lebat kerap kali menjadi hal yang cukup membuat pusing. Jadi, silakan Anda coba menggunakan bahan alami ini untuk menghilangkannya.

  • Caranya: Sediakan kapur sirih sebanyak 1 sendok makan bersama dengan air putih sekitar 2 sendok makan. Campurkan kedua bahan yang sudah siap tersebut dan aduklah hingga benar-benar merata. Jangan lupa untuk membersihkan bagian ketiak Anda lebih dulu dengan sabun, lalu keringkan, barulah ramuan bisa Anda oleskan sampai menyeluruh di ketiak. Sesudah lewat setengah jam, Anda baru boleh membersihkannya memakai handuk yang dalam keadaan hangat bersama sabun sampai bersih. Lalu keringkan hingga benar-benar kering.

Untuk menikmati hasil paling maksimal dan memuaskan, silakan dalam seminggu Anda bisa melakukannya maksimal 3 kali. Dalam 3 bulan, cara ini akan membuat perubahan, karena pertumbuhan bulu ketiak dipastikan mulai melambat.

ads

5. Memanfaatkan Tawas

Tawas adalah bahan yang biasanya dimanfaatkan sebagai penghilang bau badan, atau mungkin sebagian dari Anda tahu bahwa tawas banyak dipakai untuk menghilangkan bulu kumis. Para prialah yang banyak menggunakan bahan alami ini. Namun tawas ini juga aman bila Anda ingin memakainya untuk menghilangkan bulu ketiak.

Tak ada salahnya mencoba tawas sebagai penghilang bulu ketiak alami. Orang-orang Pakistan pun sudah banyak yang membuktikan keampuhan bahan ini dalam menghilangkan banyak jenis bulu yang bervariasi dan membuat pemiliknya tak nyaman. Campurlah dengan air mawar agar lebih berkhasiat, tapi tawas harus dilumatkan sebelum dicampur dengan air mawar tersebut.

6. Menggunakan Lada Putih dan Kamper

Kamper dan lada adalah dua bahan yang bisa dikombinasikan secara sempurna untuk tak hanya dijadikan sebagia cara menghilangkan bulu kaki dengan cepat. Memang agak berisiko karena lada putih dan kamper mampu memicu sensasi terbakar. Untuk yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya Anda ketahui risikonya sebelum menggunakan.

Sekalipun dipercaya sangat ampuh, tetap saja ada potensi bahaya dari kombinasi kedua bahan ini. Perlu diketahui bahwa minyak tanah bisa menjadi bahan tambahannya, tapi sangat berpotensi membuat kulit rusak. Asalkan melakukan perawatan dengan benar sebetulnya tak perlu khawatir. Minyak almond bisa dijadikan opsi alternatif apabila Anda takut mencoba menggunakan minyak tanah.

  • Caranya: Siapkan kamper 2 sendok makan (tentunya yang sudah dilumatkan lebih dulu), ditambah dengan lada putih 2 sendok makan juga. Ketika lada putih sudah dihaluskan dan Anda telah membentuk bubuk halus secara sempurna, kamper atau kapur barus dapat ditambahkan untuk dicampurkan. Ambil beberapa tetes minyak almond, aduk rata campuran tersebut sebelum dioles ke ketiak Anda. Tunggu kurang lebih 15 menit dan pasta bisa dibilas sampai bersih dari ketiak Anda; ketika membersihkannya, rambut atau bulu ketiak pasti akan ikut tercabut atau rontok.

Cara tersebut biasa juga dapat dipakai bagi yang ingin menghilangkan bulu pada kaki, tangan atau area lainnya.

(Baca juga: tips agar kulit menjadi putih secara alami)

7. Memakai Jintan Putih

Ketika Anda merasa terganggu oleh bulu ketiak yang bertumbuh sangat cepat karena efek dicukur, Anda bisa mencari bahan alami untuk menghilangkannya. Carilah cara yang juga efektif dalam memperlambat pertumbuhan dari bulu ketiak Anda supaya Anda tak perlu sering-sering membersihkannya, termasuk dengan jintan putih.

  • Caranya: Sediakan jintan putih sekitar 20 butir bersama dengan kapur barus atau kamper sebanyak 3 butir. Anda dapat menghaluskan kedua bahan lebih dulu, mencampurkannya, dan tambahkan dengan air perasan jeruk nipis sedikit sebagai pengental. Dengan begitu, pasta terbentuk dan bisa langsung dioles ke ketiak Anda. Selain mampu menghilangkan, proses pertumbuhan bulu juga akan dihambat.

8. Menggunakan Tepung Jagung

Kalau biasanya mencukur atau menghilangkan bulu ketiak adalah dengan melakukan waxing, sebenarnya Anda juga tetap bisa melakukannya dengan cara tradisional. Tepung jagung bisa dijadikan sebagai bahan utama sebelum Anda memulai untuk menghilangkan bulu pada ketiak.

  • Caranya: Sediakan tepung maizena atau tepung jagung 4 sendok makan saja bersama dengan telur sebanyak 3 butir, ditambah juga 3 sendok makan gula pasir. Siapkan juga sepotong kain yang nantinya juga diperlukan. Ketiga bahan tersebut Anda bisa campur sampai rata, lalu oles ke permukaan kulit ketiak dan kain ditempelkan di sana. Tunggu sampai mengering, kain kemudian dicabut seperti proses waxing biasanya.

9. Memanfaatkan Pepaya

Buah pepaya yang kerap disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita sembelit sebenarnya memiliki manfaat lain yang banyak. Salah satunya adalah kemampuannya dalam menghilangkan bulu ketiak dengan nutrisinya yang segudang. Ada kandungan papain pada pepaya yang fungsinya termasuk mencegah tumbuhnya bulu terlalu cepat.

  • Caranya: Siapkan buah pepaya 1 buah saja, tapi yang belum matang alias masih mentah. Jangan ketinggalan juga siapkan bubuk kunyit ¼ sendok teh, gel lidah buaya 4 sendok makan, minyak atsiri 2 tetes, minyak sawi 2 sendok makan, dan tepung terigu ¼ sendok teh. Seluruh bahan yang sudah siap perlu Anda campurkan pada sebuah mangkuk yang berukuran sedang, lalu aduk-aduk sampai semuanya tercampur dan mengental. Oleskan bahan tersebut ke permukaan kulit ketiak Anda dengan arah dari tumbuhnya bulu, tunggu ¼ jam, bersihkan dengan kain dan bulu pun akan ikut terlepas atau rontok.

Setelah proses menghilangkan bulu ketiak, Anda bisa mengambil minyak zaitun atau baby oil. Gunakan minyak tersebut untuk memijat kulit ketiak yang baru saja bersih dari bulu mengganggu. Apabila seminggu 3 kali dalam waktu 3 bulan Anda melakukan cara ini serutin mungkin, akan ada hasil luar biasa di mana pertumbuhan bulu ketiak tidak lagi terlalu cepat dan justru bakal melambat.

(Baca juga: manfaat masker pepaya bagi kulit)

10. Menggunakan Kunyit

Kunyit banyak digunakan sebagai cara memutihkan wajah secara alami, tapi kunyit juga bisa dimanfaatkan sebagai penghilang bulu ketiak ampuh. Selain bulu bisa hilang, kulit juga akan dibuat menjadi lebih putih dan cerah. Ada kandungan antibakteri serta anti inflamasi di dalam kunyit yang membuat kulit ketiak Anda nanti lebih sehat juga.

  • Caranya: Haluskan kunyit sebanyak 1-2 sendok teh, lalu rendam di dalam air dan campurkan sampai terbentuk pasta. Pasta ini Anda bisa oles ke ketiak berbulu Anda dan gosoklah secara pelan-pelan dengan arah berlawanan dari arah tumbuhnya bulu tersebut. Untuk supaya meresap sempurna, Anda perlu mendiamkannya ¼ jam, barulah boleh dibersihkan menggunakan air hangat.

Sedikit catatan di sini yang penting bagi Anda adalah bahwa kunyit merupakan bahan yang efektif untuk cara menghilangkan bulu ketiak secara alami. Kalau misalnya sudah termasuk lebat, Anda dapat mencari atau memilih cara lainnya untuk Anda praktikkan. Cara ini bakal ampuh juga dalam mencegah pertumbuhan rambut terlalu cepat.

11. Memakai Spearmint

Spearmint kedengaran begitu asing bagi telinga orang Indonesia mungkin, ini karena jenis spesies mint asli tersebut tak begitu sering disebut. Padahal sebenarnya spearmint ini cukup bisa dijumpai secara mudah pada benua Asia dan Eropa. Spearmint kerap juga dijadikan bahan tambahan pada obat kumur, sabun, saus, koktail, sampo dan pasta gigi selain dari bahan perasa pada permen karet.

Spearmint bisa juga diandalkan sebagai bahan penghilang bulu kaki, baik yang masih belum lebat atau yang sudah tebal. Untuk para wanita maupun laki-laki yang ingin membersihkan ketiaknya dari bulu-bulu yang mengganggu pemandangan, gunakan saja spearmint kalau ada dan bisa menemukannya dengan mudah.

  • Caranya: 5-6 lembar daun Spearmint bisa Anda sediakan, atau alternatifnya, siapkan daun spearmint sesendok teh, tapi sudah dikeringkan. Daun teh tersebut perlu Anda seduh seperti biasanya ketika Anda tengah membuat teh. Seduhlah selama maksimal hingga 7 menit sebelum disaring ke dalam cangkir yang bisa diminum 1-2 kali sehari demi menghilangkan bulu dan memperlambat pertumbuhannya.

(Baca juga: manfaat suntik kolagen)

12. Menggunakan Daun Kemangi dan Bawang Merah

Untuk menghilangkan bulu di ketiak, Anda juga bisa memanfaatkan daun kemangi yang dicampur bersama bawang merah. Selain menjadi cara efektif dalam merontokkan bulu kaki, cara ini pastinya juga bisa dicoba pada kulit ketiak.

  • Caranya: Siapkan 2 siung bawang merah dan juga 10 sampai 12 lembar daun kemangi. Sesudah bawang merah dikupas, cucilah sampai bersih, dan kemudian lumatkan bersama daun kemangi di dalam sebuah mangkuk. Kedua bahan perlu dicampur setelah dihaluskan dan bentuklah pasta. Oles langsung ke area kulit kaki berbulu Anda dan sesudah 25 menit, Anda dapat membasuhnya memakai air. Dalam 1 bulan, lakukan cara ini 3-4 kali supaya maksimal.

13. Memakai Susu dan Kunyit

Sebelumnya sudah dibahas mengenai manfaat kunyit dalam membuat bulu ketiak rontok, namun kali ini Anda perlu mencampurkannya dengan susu. Manfaat susu untuk kulit wajah sendiri sudah sangat banyak diketahui, dan susu ini selain bisa menghilangkan bulu juga akan memutihkan serta menghaluskan kulit ketiak Anda.

  • Caranya: Siapkan kunyit dalam bentuk bubuk apabila Anda tidak ingin repot-repot menumbuknya sendiri dan menjadikannya bubuk. Ambil beberapa sendok dan campurkanlah bersama susu hingga rata. Larutan tersebut bisa diaduk dan dicampur sampai pasta terbentuk dan kemudian bisa Anda terapkan langsung ke ketiak. Sesudah kering, area kulit ketiak Anda dapat dibersihkan memakai air hangat.

(Baca juga: cara mengencangkan kulit wajah)

14. Menggunakan Madu, Lemon dan Gula

Madu dan lemon tentu sudah tak asing lagi karena keduanya sangat tinggi manfaatnya dalam membuat kulit cantik nan sehat. Namun mungkin kurang begitu terdengar akan efektivitasnya sebagai penghilang bulu ketiak. Selain dapat digunakan untuk menghilangkan bulu atau rambut di kaki, campuran madu, lemon plus gula juga aman bagi ketiak.

  • Caranya: Siapkan madu yang murni dan asli seperlunya saja; biasanya takaran hanya sekitar 1 sendok teh. Campurkan sampai rata dengan jus lemon 3 sendok teh dan juga gula pasir 1 sendok makan. Sediakan juga kain tak terpakai tapi dalam keadaan bersih. Campuran tadi perlu dipanaskan selama 3 menit hingga pasta halus terbentuk, tunggu dingin, barulah dioles ke bagian ketiak berbulu Anda. Tutup dengan kain tadi, tekan-tekan agar menempel, dan tarik ke arah berlawanan dari jalur tumbuhnya bulu. Langkah ini cepat dan efektif untuk Anda coba.
Sponsors Link

15. Memanfaatkan Mentimun

Banyak orang menuai manfaat timun untuk wajah di mana biasanya mentimun selalu dijadikan masker untuk menyegarkan wajah dan mencerahkannya. Mentimun juga oke untuk membuat bulu ketiak tak lagi menjadi pengganggu. Tapi tak hanya mentimun yang Anda perlukan, jeruk nipis pun Anda harus siapkan.

  • Caranya: Sediakan mentimun setengah saja dan pastikan masih segar, dan juga jeruk nipis setengah butir. Mentimun perlu Anda kupas terlebih dulu sampai bersih lalu Anda cuci dna parut atau blender. Jeruk nipis tadi ditambahkan ke larutan mentimun dan campur sebagai masker bagi ketiak sampai merata. Diamkan selama maksimal 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat, lalu akhiri dengan membasuh menggunakan air dingin.

16. Memakai Lobak

Bila lobak adalah bahan untuk memasak, pada kesempatan ini Anda bisa menjadikannya bahan penghilang bulu ketiak. Tak banyak mungkin yang tahu, tapi tak ada salahnya mencoba dan membuktikan sendiri lobak untuk menghilangkan rambut mengganggu.

  • Caranya: Sediakan lobak secukupnya saja dan harus Anda cuci sampai bersih terlebih dulu sebelum menggunakan. Parutlah lobak atau blender bila ingin cara yang lebih sederhana dan instan. Parutan atau larutan lobak itulah yang Anda terapkan di ketiak sebagai masker. Pijat-pijatlah ketiak Anda ketika mengolesinya dan diamkan maksimal 15 menit. Terakhir, bilas ketiak hingga masker lobak bersih dari kulit menggunakan air hangat, lalu akhiri memakai air dingin.

(Baca juga: cara menghilangkan flek hitam di wajah)

17. Menggunakan Bengkoang

Selain lobak, ada lagi bahan alami lain yang pastinya bisa Anda dapatkan dengan sangat mudah. Bengkoang yang biasanya dijadikan bahan lotion atau pelembab kulit juga menjadi bahan ampuh dalam menghilangkan bulu ketiak.

  • Caranya: Siapkan saja bengkoang 1 buah, lalu kupas terlebih dulu dan cuci dengan air mengalir. Sesudah dicuci bersih, bengkoang dapat Anda parut atau blender hingga hasilnya bertekstur sangat lembut. Ramuan itulah yang Anda bisa gunakan dengan mengoleskan langsung ke ketiak Anda dan tunggulah maksimal 15 menit sebelum dibilas air hangat. Gunakan air dingin untuk pembilasan terakhir.

Melakukannya seminggu 2 kali lebih dianjurkan agar ketiak selalu bersih dari bulu tanpa harus mencukur. Bila mencukur bisa memperlebat pertumbuhan bulu pada ketiak Anda, carilah cara alami yang bisa merontokkan dengan cepat tanpa membuatnya bertambah banyak. Selain menghilangkan bulu, bengkoang juga akan mencerahkan warna kulit ketiak Anda.

(Baca juga: cara alami menghilangkan bau badan)

Itulah cara menghilangkan bulu ketiak secara alami yang bisa coba Anda praktikkan apabila ingin sesuatu yang lebih aman dan tidak memperbanyak pertumbuhan bulu ketiak. Terkadang pencukuran tak hanya membuat bulu semakin tumbuh lebat, tapi juga membuat kulit pada ketiak berwarna hitam atau gelap.

Meski waxing dan mencukur adalah dua cara yang populer dan umum, tak ada salahnya menggunakan cara-cara yang sudah dibagikan tersebut. Ini supaya menghindari rambut ketiak lebih dan ketiak yang menjadi gelap warnanya. Khusus bagi yang menyadari bahwa kulitnya bertipe sensitif, hendaknya tidak coba-coba dengan memakai minyak tanah atau bahan lainnya yang menawarkan sensasi terbakar.

Agak sulit bila Anda menginginkan supaya bulu ketiak dapat hilang secara permanen kecuali dengan peralatan canggih dan modern zaman sekarang, seperti penggunaan laser untuk membersihkan ketiak dari rambut. Namun tanpa laser atau alat canggih lainnya pun, ada cara-cara seperti di atas yang mendukung penghambatan akan pertumbuhan bulu ketiak. Tentunya cara tradisional memang memerlukan waktu lebih lama dan terkesan lebih ribet dalam mempersiapkan segala sesuatunya, tapi efek dijamin sangat oke dan tak akan membuat Anda menyesal.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 10th, September 2016 / 18:03 Oleh :
Kategori : Tubuh