16 Cara Menghilangkan Bulu Tangan Secara Permanen Alami

Bulu yang tumbuh di tubuh kita sebenarnya memiliki manfaat yang cukup besar. Namun, pertumbuhan bulu di beberapa bagian tubuh seperti ketiak, tangan, atau kaki terkadang tidak diinginkan, khususnya bagi para wanita. Sebagian besar wanita justru menempuh beragam cara untuk menghilangkan bulu pada kulit mereka. Mulai dari mencukur, mencabut, mengoleskan krim, hingga menempuh jalan medis lainnya rela dilakoni untuk mendapatkan kulit yang mulus bebas bulu. Oleh karena itu, wajar bila saat ini pelayanan salon terkait hal tersebut banyak disediakan. (baca juga: Merk Bedak Yang Bikin Glowing, Cara Menghilangkan Varises Secara Alami)

Pertumbuhan bulu di tempat yang tidak diinginkan memang terasa mengganggu bagi pemiliknya. Secara umum menghilangkan bulu tangan dilakukan dengan cara mencukur atau dengan metode cabut. Kedua cara tersebut adalah cara yang paling sering digunakan untuk mengatasi bulu tangan yang tumbuh lebat. Namun, baik mencukur maupun mencabut sama-sama mempunyai risiko yang kurang baik seperti warna kulit tidak merata, iritasi, hingga tumbuh lebih lebat. Oleh karena itu, biasanya dengan bantuan bahan-bahan alami maka risiko tersebut dapat  diminimalkan. Nah, kali ini klinik kecantikan akan membahas tentang cara untuk menghilangkan bulu tangan yang dapat dilakukan secara alami maupun modern. Simak ya!

Baca Juga:

1.Madu dan Kapur Sirih

  • Sediakan 5 sdm madu murni
  • Kapur sirih secukupnya
  • Campurkan kedua bahan tersebut hingga membentuk seperti pasta
  • Oleskan tipis pada area tangan dan diamkan 5 menit
  • Cukur tipis berlawanan arah tumbuhnya bulu
  • Bilas dengan air es hingga bersih

Madu memiliki kandungan alami yang menjaga kelembaban alami kulit. Penggunaan secara teratur akan mencegah tumbuhnya bulu secara cepat serta menekan pertumbuhan bulu yang baru pada area tangan. (baca juga: Cara Mengecilkan Hidung Yang Besar , Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Dengan Kapur Sirih)

2. Waxing

Waxing adalah metode menghilangkan bulu yang sudah umum menggunakan kain atau plester. Hanya saja biasanya metode ini dilakukan di salon-salon kecantikan menggunakan krim tertentu yang khusus untuk pengusir bulu. Dengan krim serta didukung tenaga profesional, maka proses waxing hampir tidak menimbulkan iritasi bagi anda. Hanya saja untuk melakukan ini anda harus siap dengan waktu luang serta biaya yang diperkirakan sampai ratusan ribu rupiah untuk sekali waxing.

Artikel Terkait: Merk Lip Balm untuk Bibir Hitam, Cara Menumbuhkan Kumis Dengan Kemiri

3. Tepung Maizena

Bahan dan aplikasinya:

  • Sediakan Tepung maizena sebanyak 100 gram
  • Siapkan telur 2 butir putih telur
  • Siapkan plester atau lakban
  • Campurkan kedua bahan tersebut hingga rata dan membentuk seperti adonan
  • Oleskan krim pada area tangan yang berbulu secara merata
  • Tutup bagian tersebut dengan plester atau lakban
  • Lepaskan plester secara berlawanan arah tumbuhnya bulu, bilas hingga bersih

Artikel Terkait: Cara Menghilangkan Uban Dengan Kemiri , Cara Merawat Kuku Agar Cepat Panjang

Menggunakan tepung maizena atau tepung jagung sangat alami manfaatnya selain itu dapat mencegah terjadinya iritasi pada saat pencabutan. Tumbuhnya bulu dapat diperkirakan masih lama setelah pencabutan menggunakan maizena karena juga dilengkapi dengan manfaat telur yang mampu menekan pertumbuhan bulu dan merawat kekencangan kulit.

4. Gula Lemon

  • Sediakan gula pasir 4 sdm
  • Campurkan gula pasir dengan 3 sdm air suling
  • Aduk kedua bahan secara merata, hingga gula menjadi lengket
  • Tambahkan perasan lemon sebanyak 2 sdm
  • Oleskan perasan lemon pada area kulit tangan, seseudah itu aplikasikan campuran gula pada area tersebut
  • Cukur perlahan berlawanan arah tumbuhnya bulu, bilas dengan air hangat

Penggunaan gula yang memang sebagai bahan perekat diyakini mampu membersihkan bulu secara cepat. Teknik pencukuran dipilih untuk menampilkan kulit lebih halus dan merata. Hanya saja pertumbuhan bulu akan muncul kembali dalam jangka waktu yang bergantung pada kondisi hormon seseorang.

Baca Juga:

5. Kapur Sirih dan Kunyit

Kunyit sejak dulu memang dipercaya berbagai khasiatnya. Termasuk juga sebagai penghilang bulu. Untuk metode menghilangkan bulu dengan kunyit lebih disarankan menggunakan teknik cabut bulu. Menggunakan kunyit dan kapur sirih dapat mempercepat proses pencabutan bulu pada kulit anda dan sebagai bahan anti iritasi.

Bahan dan caranya:

  • Siapkan kapur sirih secukupnya, hancurkan hingga halus
  • Sediakan kunyit secukupnya, parut
  • Campurkan kedua bahan tersebut dan oleskan tipis pada area yang tumbuh bulu
  • Diamkan hingga sedikit kering
  • Cabut bulu menggunakan pinset pelan-pelan
  • Bilas dengan air hangat

Baca Juga: CC Cream Untuk Kulit Berminyak , Eyeshadow Palette Yang Bagus

6. Pepaya

  • Pepaya mentah
  • Kunyit bubuk
  • Penggiling

Kupas pepaya mentah tersebut kemudian giling hingga halus. Tambahkan kunyit bubuk secukupnya dan campur kedua bahan tersebut hingga rata. Oleskan pada area yang berbulu dan tunggu beberapa saat. Bilas hingga bersih dan lakukan secara rutin. Bulu akan rontok serta pertumbuhannya tidak selebat sebelumnya jika resep ini rutin digunakan selama dua kali seminggu.

Baca Juga:

7. Air Mawar

Air mawar ternyata sangat banyak memiliki fungsi untuk kecantikan. Salah satunya adalah menghilangkan bulu secara permanen dan menghasilkan kulit yang lebih kencang dan halus. Caranya cukup mudah, siapkan baskom berisi air hangat dan tambahkan air mawar atau minyak mawar yang sudah banyak dijual di pasaran. Rendam bagian yang berbulu dengan memakai air tersebut, kemudian setelah air dingin cabut bulu dengan menggunakan pinset. Selain mencegah timbulnya iritasi, air mawar akan menekan pertumbuhan bulu secara permanen lho!

Artikel Terkait: Bahan Pencerah Wajah Alami, Cara Membuat Lulur Kefir

8. Krim Cukur

Krim cukur banyak tersedia di toko-toko besar. Anda pun dapat memerolehnya dengan mudah dan kualitas yang berbeda-beda. Penggunaan krim cukur selain untuk metode waxing atau cabut bulu biasanya dipakai atau dioleskan secara langsung. Metode ini hanya berhasil mengangkat sebagian akar saja. Cara yang lebih praktis adalah membasuh bagian yang ditumbuhi bulu dengan air hangat dan mengoleskan minyak seperti zaitun, kelapa, atau lainnya. Kemudian anda dapat mengaplikasikan krim cukur dan mulai mencukur bulu secara perlahan. Cara ini lebih efektif untuk mencukur bulu dengan hasil yang lebih halus tanpa iritasi dan sisa bulu.

9. Tweezing

Tweezing adalah nama lain dari teknik mencabut bulu dengan menggunakan pinset. Caranya cukup mudah karena hanya bermodal air hangat serta bedak bayi saja. Basuh bagian yang ditumbuhi bulu dengan menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori. Siapkan pinset yang masih baru dan steril kemudian oleskan beberapa bagian bedak bayi merk apa saja. Cabut bulu hingga ke akar menggunakan pinset. Bilas kemudian dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori kulit tangan. (baca juga: Cara Membuat Sanggul Untuk Rambut Pendek)

10. Elektrolisis

Di Indonesia, teknik elektrolisis untuk mencabut bulu sangat jarang dipublikasikan. Selain keterbatasan tenaga ahli, elektrolisis merupakan teknik yang membutuhkan budget mahal dalam sekali praktik. Oleh karena itu, teknik ini jarang digunakan. Elektrolisis adalah menghilangkan bulu dengan sistem magnet listrik yang membuat bulu tercabut hingga ke akar tanpa sisa. Keutamaannya adalah bulu dapat hilang dalam waktu singkat dan bertahan lama.

Baca Juga: Manfaat Argan Oil Untuk Rambut, Cara Membuat Masker Belerang

11. Laser

Teknik laser seringkali lebih menjamin untuk mencabut bulu wajah atau kumis, bulu kemaluan dan bulu yang berada sekitar punggung. Namun, ada juga yang menggunakan teknik laser hair removal untuk menghilangkan bulu di area tangan. Teknik ini dilakukan dengan memancarkan sinar pada area tangan dengan menggunakan laser dan bulu akan rontok atau mudah dicabut setelah laser dimatikan. Teknik laser cukup mahal biayanya, dan dapat menimbulkan efek samping seperti kulit terasa panas dan iritasi yang membuat kulit memerah.

12. Terigu dan Telur

Bahan lami lainnya yang dapat digunakan untuk mencabut bulu tangan dengan mudah adalah waxing menggunakan terigu dfan putih telur. Mencampurkan terigu secukupnya dengan putih telur kemudian mengoleskannya pada area tangan dan menutup dengan lakban atau plester dapat dilakukan dengan mudah bukan? setelahnya cabut atau lepas dengan berlawanan arah tumbuhnya bulu, sehingga tangan bebas bulu dan kencang karea efek putih telur bisa anda dapatkan. (baca juga: Cara Membuat Masker Bibir, Manfaat Celak Mata )

13. Merica

Merica ternyata tidak hanya dikenal sebagai bumbu dapur saja lho! Merica dapat merangsang efek panas pada pori-pori kulit sehingga akar bulu yang tumbuh dapat tercabut dengan sendirinya. Caranya adalah dengan menumbuk merica hingga halus kemudian campurkan dengan perasan lemon. Oleskan pada bagian tangan anda, pada awal mungkin kulit akan perih. Ini adalah tanda merica mulai bekerja, setelah kering bilas dengan air dingin. Ulangi selama seminggu secara rutin, maka bulu akan rontok dengan sendirinya.

14. Kapur Barus

Kapur barus dapat digunakan sebagai penghilang bulu tangan secara permanen. caranya mudah, campurkan kapur barus dengan minyak kelapa atau minyak lainnya yang sejenis. kemudian oleskan pada area tangan berbulu. Tunggu beberapa saat hingga minyak meresap kemudian cabut bulu menggunakan pinset steril. Bilas tangan dengan menggunakan air hangat dan segera oleskan lotion untuk menghilangkan efek kering dari kapur baru.

15. Minyak Tanah

Minyak tanah juga bisa membantu anda untuk menghilangkan bulu secara permanen dalam waktu singkat. Dengan menyiapkan sekitar 100 ml minyak tanah anda sudah dapat memulai pencabutan bulu tangan. Campurkan minyak tanah dengan kapur sirih hingga rata. Oleskan pada bulu tangan. Setelah beberapa menit cabut bulu tangan menggunakan pinset sampai tercabut seluruhnya, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.

16. Lulur Santan dan Madu

Santan dan madu memiliki khasiat yang sangat banyak untuk kecantikan. Salah satunya adalah untuk menghaluskan dan menghilangkan bulu-bulu tipis pada tangan anda. Ya, ramuan ini hanya cocok digunakan untuk kondisi bulu yang tipis. Caranya, ambil santan kani dari setengah butir kelapa, kemudian tambahkan madu murni. Aplikasikan dengan mengoleskan bahan tersebut pada tangan kemudian cabut sedikit demi sedikit bulu yang halus. Setelah selesai, gunakan air es untuk membilasnya.

Artikel Terkait: Cara Menghilangkan Selulit di Paha, Cara Membuat Rambut Klimis

Memiliki kulit yang mulus memang sudah barang tentu menjadi dambaan para wanita. Hal tersebut dapat diperoleh dengan menghilangkan bulu pada beberapa bagian tubuh. Bulu yang sudah dihilangkan pun dapat kembali tumbuh meski dalam waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu, menghilangkan bulu harus dilakukan secara berkala supaya kulit mulus anda bisa bertahan lebih lama. Untuk menjaga bulu agar tidak tumbuh cepat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut,

  • Usahakan untuk tidak mencabut atau mencukurnya terlebih dulu, lebih baik gunakan metode alami
  • Kurangi konsumsi makanan berlemak dan mengandung hormon tertentu
  • Olah raga teratur
  • Gunakan Lotion secara rutin sesuai jenis kulit dan sebelum tidur

Artikel Terkait: Cara Sulam Alis Sendiri, Cara Membuat Masker Untuk Kulit Berminyak

Demikian artikel informatif tentang cara menghilangkan bulu tangan yang dapat anda lakukan di rumah, semoga bermanfaat bagi anda!