6 Cara Sulam Alis Sendiri di Rumah

Alis merupakan bagian dari wajah wanita yang sering mendapat perhatian khusus. Diluar fungsi alis mata manusia, kecantikan wanita juga sedikit banyak akan dipengaruhi oleh bentuk alisnya. Ketika merias wajahnya, wanita sering merasa tidak lengkap apabila alis tidak tampak berbentuk sempurna. Walaupun semua wanita dianugerahi dengan bentuk alis yang feminin, namun tidak semua bentuk memuaskan pemiliknya. Ada yang memiliki alis yang tipis dan ada yang tebal sehingga harus disesuaikan dengan keseluruhan bentuk wajah melalui make up.

Beragam cara dilakukan untuk mendapatkan bentuk alis yang sesuai keinginan para wanita. Biasanya wanita merias alisnya sendiri dengan bantuan pensil alis untuk mendapatkan bentuk yang sempurna. Ada pula yang menggunakan manfaat es batu untuk alis ketika akan membentuk alis dengan mencabutnya. Selain itu ada juga wanita yang menggunakan manfaat mencukur alis untuk mendapatkan bentuk yang indah.

Apa Itu Sulam Alis

Pada masa sekarang, banyak metode modern untuk membentuk alis wanita. Ada wanita yang menggunakan cara menebalkan alis secara alami dengan menggunakan manfaat minyak kelapa untuk alis tebal atau menggunakan cara menebalkan alis dengan kemiri. Banyak juga wanita yang memilih menggunakan teknik sulam alis karena merasa hal itu lebih aman daripada mencabut dan mencukur, serta agar terhindar dari bahaya mencabut alis. Sulam alis adalah teknik perawatan kecantikan yang digunakan untuk memperindah bentuk alis wanita. Pada prinsipnya sulam alis adalah menggambar alis agar terlihat lebih tebal, jadi seperti mentato alis. Namun sulam alis menggunakan bahan alami atau herbal, sedangkan tato menggunakan tinta kimia. Alat yang digunakan adalah semacam embroidery machine atau embroidery pen khusus untuk alis yang bisa membentuk alur – alur di alis, dan bisa awet hingga selama beberapa tahun.

Cara Kerja Sulam Alis

Sulam Alis bekerja dengan cara yang mirip namun juga berbeda dengan tato. Jika pada tato, lapisan tintanya akan meresap dalam ke kulit maka pada sulam alis hanya sampai di permukaan kulit saja sehingga bulu alis masih bisa tumbuh kembali. Selain itu, ketika ditato kulit akan terasa sakit karena jarum pada alat tato. Alat untuk sulam alis lebih mirip seperti pena dan jarumnya berbentuk seperti sisir yang dirancang agar tidak menyakitkan.

Keuntungan Sulam Alis

Wanita yang memilih untuk melakukan sulam alis untuk membentuk alisnya akan mendapatkan beberapa keuntungan tertentu bagi kecantikan mereka, yaitu:

Langkah – langkah Menyulam Alis di Salon Kecantikan

Kebanyakan wanita menyulam alisnya di salon atau klinik kecantikan yang terpercaya sehingga tidak akan mengalami kesalahan yang merugikan. Berikut adalah langkah – langkah sulam alis yang biasa dilakukan di klinik kecantikan:

  • Tentukan lebih dulu model alis yang cocok dengan bentuk wajah
  • Alis dicukur lebih dulu untuk merapikan bentuknya, setelah itu digunakan cairan khusus untuk membersihkan bekas cukurannya
  • Lalu dioleskan krim antiseptik agar tidak terasa sakit saat alis disulam
  • Bagian yang sudah diplesi anestesi dibiarkan selama 20-45 menit
  • Setelahnya baru dilakukan penyulaman alis.

Sulam Alis di Rumah

Bagi Anda yang khawatir dengan rasa sakit yang dirasakan saat melakukan sulam alis, ada cara yang lebih mudah untuk melakukannya sendiri di rumah sebagai cara menebalkan alis mata dengan cepat. Alat dan bahan yang diperlukan sangat sederhana, yaitu satu set alat menggambar alis dari Etude yang bernama Tint My Brows Gel. Cara menggunakannya yaitu:

  1. Pastikan wajah dan terutama area alis bersih dari semua make up.
  2. Sisir alis sampai rapi terlebih dulu.
  3. Aplikasikan Tint My Brows Gel di alis tebal – tebal, agar mudah dikelupas.
  4. Tunggu sampai mengering, minimal selama dua jam. Untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya memakai produk ini pada saat malam hari sebelum tidur.
  5. Jika sudah kering, Anda bisa mengelupasnya perlahan mulai dari ujung tengah alis. Mengelupas perlahan sangat penting agar bulu alis tidak ikut tercabut.
  6. Alis Anda sudah terbentuk sempurna dengan Tint My Brows ini.

Menurut beberapa review, pemakaian produk ini hanya akan bertahan selama kurang lebih dua hari sampai tujuh hari saja. Ada tiga warna yang bisa dipilih, yaitu brown, light brown dan grey brown.

Bentuk Alis yang Cocok

Membentuk alis tidak bisa dilakukan sembarangan. Agar bentuk alis dapat menunjang kecantikan wajah secara keseluruhan, maka Anda tidak boleh salah memilih bentuk alis yang akan digunakan. Apabila ingin membentuk alis sendiri, maka Anda perlu mengetahui bagaimana bentuk alis yang sesuai dengan bentuk wajah agar hasilnya maksimal, seperti berikut ini:

  • Bentuk Wajah Bulat

Wajah yang bulat membuat wanita sering disebut memiliki pipi tembam. Jadi, trik membentuk alis adalah dengan membentuk alis yang akan membuat wajah memiliki kesan panjang dan lebih ke atas, bukannya kecil atau sempit. Bentuk alis yang sesuai adalah yang sedikit menukik seperti Emma Stone atau Michelle Williams. Bentuk alis ini biasanya disebut dengan bentuk High Arch. Kombinasikan bentuk alis ini dengan cara make up natural untuk wajah bulat.

  • Bentuk Wajah Kotak

Rahang yang persegi memberi kesan wajah kaku dan pipi lebar. Trik membuat alis pada wajah tipe ini adalah dengan membuat alis yang agak menukik, namun tidak terlalu bersudut tajam. Usahakan membuat lengkung alis yang tidak kaku untuk memperlembut bentuk rahang. Cobalah membuat bentuk alis yang melengkung dan kemudian tambahkan sedikit lengkungan high arch. Sudut alis yang menikung sebaiknya dibuat semakin tajam disesuaikan dengan semakin tegasnya bentuk rahang. Contohnya adalah alis yang biasa dilihat pada wajah Lucy Liu dan Olivia Wilde. Jika Anda memiliki kantung mata, jangan lupa untuk mencari cara menghilangkan kantung mata yang kendur atau cara menghilangkan kantung mata dengan bahan alami yaitu menggunakan manfaat timun untuk mata dan wajah.

  • Bentuk Wajah Diamond atau Segitiga

Variasi bentuk dari wajah kotak ini berbeda dalam hal proporsi. Jika pada wajah bentuk kotaknya ada pada area rahang, bentuk diamond ini perseginya ada di bagian atas, yaitu pada mata. Alis yang dibuat akan bertujuan untuk menyeimbangkan bagian wajah yang lebar. Karena area kening cenderung lebih lebar, alis yang dibentuk sedikit naik akan menyempurnakan bentuk wajah. Contohnya, Rihanna. Jika menginginkan bulu mata yang juga cantik senada dengan alis Anda yang indah, cobalah cara menebalkan bulu mata dan cara melentikkan bulu mata yang ampuh.

  • Bentuk Wajah Lonjong

Kebalikan dari bentuk wajah bulat, wajah lonjong membutuhkan bentuk alis yang bisa memberi ilusi wajah melebar sedikit. Yaitu bentuk alis yang lurus atau mendatar. Semakin datar alis, maka wajah lonjong akan semakin tampak melebar ke samping dan mengurangi efek wajah yang terlihat panjang. Contoh Kate Blanchett dan Sarah Jessica Parker.

  • Bentuk Wajah Oval

Beruntunglah Anda yang memiliki bentuk wajah oval, karena ini adalah bentuk wajah yang ideal. Model alis apapun akan cocok dengan pemilik wajah ini. Alis yang dibuat pada wajah oval tujuannya untuk memaksimalkan kelebihan bentuk wajah. Bentuk alis soft angled akan menyempurnakan bentuk wajah yang oval.

  • Bentuk Wajah Hati

Wajah berbentuk hati biasanya memiliki dagu runcing dan dahi yang lebar. Alis yang dibentuk ditujukan untuk menyeimbangkan dan memperhalus ciri – ciri wajah berbentuk hati tersebut. Cobalah mulai menggambar alis dengan bentuk rounded low arch, atur ketebalan alis sesuai keinginan Anda.

Tips sebelum sulam alis

Jika Anda ingin melakukan sulam alis, ada baiknya melakukan beberapa pertimbangan lebih dulu secara seksama agar tidak menyesal di kemudian hari. Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan sulam alis yaitu:

1. Ketahui dulu bentuk alis yang diinginkan.

Apakah Anda memiliki bentuk alis tertentu yang biasa digunakan sehari = hari dan sudah terasa cocok? Jika ya, maka tidak akan sulit untuk menentukan bentuk alis yang akan disulam. Jika belum ada bentuk alis yang khusus, Anda bisa meminta saran kepada ahli kecantikan yang akan menyulam alis Anda. Sebagai percobaan, bentuk alis yang Anda pilih akan digambar terlebih dulu di wajah Anda untuk mengetahui cocok atau tidaknya bentuk tersebut.

2. Pilih metode sulam alis yang akan digunakan.

Di Indonesia, metode sulam alis yang dikenal adalah metode 2 dimensi, 3 dimensi, 4 dimensi dan 6 dimensi tergantung dari dimensi sulam alis, teknik pewarnaan yang dipakai dan jenis tintanya. Sedangkan di luar negeri ada beberapa jenis sulam alis menurut salah satu salon kecantikan yaitu:

  • Basic Eyebrow Emboidery
  • Eyebrow Combination
  • Creative Eyebrow
  • Allure Signature Eyebrow
  • Angelic Eyebrow

3. Pastikan ada waktu untuk memulihkan diri.

Saat setelah melakukan sulam alis, hasilnya tidak akan langsung terlihat. Usahakan untuk melakukan sulam alis pada saat Anda tidak harus menghadiri suatu acara besar yang menuntut kesempurnaan penampilan.

4. Siapkan waktu ekstra untuk mencuci wajah

Karena sudah jelas bahwa alis yang baru disulam tidak boleh terkena air, maka Anda harus melakukan beberapa cara lain untuk membersihkan wajah. Ini berarti kegiatan mencuci atau membersihkan wajah akan membutuhkan waktu yang lebih banyak. Pastikan Anda akan mempunyai banyak waktu untuk membersihkan wajah.

5. Sediakan waktu untuk sesi touch up

Biasanya, akan ada sesi tambahan untuk memperbaiki hasil sulam alis yang sebelumnya dikerjakan. Mungkin saja ada bagian – bagian alis yang terlewat saat pengerjaan yang pertama. Prosedur yang akan dilewati tetap sama, karena itu Anda juga harus mempersiapkan diri dengan tahapan yang sama.

Tips Setelah melakukan Sulam Alis

Setelah melakukan sulam alis di salon kecantikan, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan yaitu:

  • Alis yang baru disulam tidak boleh terkena air selama tiga hari
  • Selama proses pengelupasan tinta alis akan terasa gatal, namun jangan digaruk. Anda hanya bisa mengelusnya saja agar tidak merusak bentuknya.
  • Hindari pemutih wajah yang dipakai pada bagian alis karena akan membuat tintanya cepat memudar
  • Bila ada rambut alis yang tumbuh keluar area yang disulam, segera rapikan.

Jika Anda memutuskan untuk menyulam alis sendiri di rumah dengan menggunakan metode yang telah dibahas di atas, pada dasarnya semua tahap persiapannya sama, dan hal yang harus diperhatikan saat setelah menyulam alis pun akan sama. Sebabnya karena baik pada sulam alis di klinik kecantikan maupun di rumah keduanya tidak membolehkan bagian alis terkena air. Pastikan bentuk alis yang Anda pilih sudah benar – benar cocok dengan bentuk wajah Anda, agar tidak menyesal dengan hasilnya kelak.