20 Cara Memutihkan Lutut Secara Alami (#Super Ampuh)

Warna kulit yang merata akan memberikan nilai tambah bagi kecantikan seorang wanita. Seringkali, beberapa bagian tubuh mempunyai warna kulit yang tidak sama mulusnya, seperti lutut kaki. Warna kulit yang ada di bagian lutut biasanya memang lebih gelap daripada kulit di bagian tubuh lainnya, sehingga para wanita kerap menghindari memakai busana yang memperlihatkan lutut. Ini adalah masalah kulit yang umum dan mengganggu kebebasan seseorang dalam berpenampilan, terutama wanita yang tidak percaya diri bila menggunakan rok atau celana yang selutut.

Kulit di bagian lutut biasanya lebih tebal dan mempunyai lebih banyak lipatan daripada kulit di sekelilingnya, dan juga karena tidak ada kelenjar minyak di area ini maka kulit lutut akan cenderung tampak lebih kering. Jika tidak dirawat sebagaimana mestinya atau dijaga kebersihannya, maka warna kulit di area lutut dapat menjadi lebih gelap daripada bagian lain dari tubuh Anda. Faktor lain yang menjadi penyebab kulit lutut menghitam yaitu seperti paparan sinar matahari, faktor genetik, kulit kering, ketidak seimbangan hormonal, kelebihan berat badan, penumpukan sel kulit mati dan kenaikan tingkat melanin pada kulit.

Memutihkan Lutut Secara Alami

Beberapa bahan alami dan teknik merawat kulit sederhana biasanya sudah cukup untuk mengatasi masalah ini. Bahan – bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan lutut yaitu:

1. Minyak Kelapa

Jika sebelumnya lebih dikenal manfaat minyak kelapa untuk rambut atau manfaat minyak kelapa untuk alis, ternyata minyak kelapa juga dapat digunakan untuk memutihkan lutut berkat kandungan vitamin E didalamnya. Vitamin E dalam minyak kelapa dapat membantu mencerahkan warna kulit dan juga mencegah kekeringan dengan menjaga kulit tetap lembab. Cara menggunakan minyak kelapa untuk memutihkan lutut yaitu:

  • Cara 1 – Setelah mandi, oleskan minyak kelapa di lutut sambil pijat perlahan selama satu atau dua menit. Anda dapat mengulanginya beberapa kali sehari untuk mencegah kulit menjadi kering.
  • Cara 2 – Siapkan satu sendok teh minyak kelapa dan setengah sendok teh air lemon. Gosokkan campuran ini ke bagian lutut, biarkan selama lima belas sampai dua puluh menit. Bersihkan dengan handuk kertas, lakukan sekali sehari.
  • Cara 3 – Siapkan satu sendok makan bubuk walnut dan minyak kelapa secukupnya, aduk sampai menjadi pasta. Gunakan untuk mengelupas kulit yang gelap di lutut, lakukan dua sampai tiga kali seminggu.

2. Lemon

Manfaat lemon untuk kulit mempunyai khasiat pemutih alami sebagaimana khasiat untuk mengelupas kulit yang mati. Selain itu, lemon juga mengandung vitamin C dalam jumlah yang tinggi yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit, dan juga membantu peremajaan kulit. Itu sebabnya buah asam ini seringkali digunakan sebagai bahan dalam cara memutihkan ketiak dengan lemon. Cara menggunakan lemon untuk memutihkan lutut yaitu:

  • Cara 1 – Oleskan air perasan lemon di lutut sambil dipijat secara lembut untuk beberapa menit. Biarkan selama sekita dua puluh menit, lalu cuci dengan air dan oleskan pelembab.
  • Cara 2 – Peras sebuah lemon dan campur air perasan tersebut dengan satu sendok makan madu. Oleskan ke area lutut dan biarkan sekitar dua puluh menit. Bilas dan cuci bersih dengan air.

Anda dapat melakukan perawatan menggunakan lemon untuk lutut setiap sekali sehari selama beberapa minggu. Setelah menggunakan air lemon, hindari agar kulit tidak terkena sinar matahari.

3. Yogurt

Yogurt sering digunakan sebagai cara meratakan warna kulit dan cara mencerahkan selangkangan secara alami karena mengandung lactic acid yang dapat mencerahkan warna kulit, membersihkan dan melembabkan kulit. Cara menggunakan yogurt sebagai bahan untuk memutihkan lutut yaitu:

  • Cara 1 – Campur satu sendok teh yogurt tawar dan cuka putih untuk mendapatkan pasta yang lembut. Oleskan pada lutut dan biarkan mengering. Cuci dengan air hangat, keringkan lalu gunakan pelembab. Lakukan perawatan ini setiap hari selama beberapa minggu.
  • Cara 2 – Campur dua sendok makan tepung gram dan satu sendok makan yogurt tawar sampai menjadi pasta kental. Gunakan pada lutut yang gelap dan biarkan sekitar dua puluh menit. Gosok dengan jari yang basah untuk menghilangkan pasta tersebut dari lutut dan cuci dengan air. Anda dapat melakukan perawatan ini dua atau tiga kali seminggu.

4. Gula

Sering digunakan dalam cara membuat scrub alami untuk wajah dan cara memutihkan tangan, butiran – butiran gula dapat membantu mengelupas sel kulit mati dan melembutkan kulit. Cara menggunakan gula sebagai scrub untuk memutihkan kulit yaitu:

  • Siapkan gula dan minyak zaitun dalam jumlah yang seimbang.
  • Gunakan pasta ini pada lutut lalu gosok dalam gerakan melingkar selama lima menit.
  • Cuci dengan sabun dan air hangat.
  • Anda dapat melakukan perawatan ini sekali sehari sampai warna kulit di lutut menjadi lebih cerah. Ulangi perawatan ini per minggu.

5. Baking Soda

Baking soda berfungsi sebagai pembersih yang lembut, karena itu sering juga digunakan dalam cara menghilangkan belang di wajah dan cara memutihkan badan dengan baking soda. Selain itu, baking soda dapat mengurangi hiperpigmentasi yang terbentuk di sekitar lutut. Cara menggunakan baking soda untuk memutihkan lutut yaitu:

  • Siapkan satu sendok makan susu dan satu sendok makan baking soda.
  • Campur sampai menjadi pasta yang kental.
  • Gunakan pada area lutut dan gsosok dengan gerakan melingkar selama dua sampai tiga menit.
  • Cuci dengan air hangat dan keringkan dengan cara ditepuk – tepuk.
  • Ulangi setiap hari sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

6. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan sudah banyak yang mengetahuinya. Ini adalah bahan pencerah kulit alami yang juga dapat membuat kulit tetap terhidrasi dan lembab, dapat membuat warna kulit tetap rata serta merangsang perbaikan sel kulit yang rusak karena sinar matahari. Cara menggunakan manfaat lidah buaya untuk kulit lutut yang gelap adalah:

  • Kupas lidah buaya segar dan keluarkan gelnya.
  • Oleskan gel tersebut ke area lutut.
  • Biarkan selama dua puluh menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Ulangi sebanyak satu atau dua kali sehari selama beberapa minggu.

7. Almond

Baik kacang almond maupun biji almond keduanya sangat baik untuk digunakan dalam perawatan kulit. Almond kaya akan bahan yang bisa melembabkan kulit yang bisa menjaga warna kulit tetap merata, dan juga menjaga kulit tetap sehat dan berkilau. Cara menggunakan almond untuk memutihkan lutut yaitu:

  • Pijat area lutut dengan minyak almond hangat selama sekitar lima menit setiap hari sebelum tidur malam. Hasilnya akan terlihat dalam beberapa hari.
  • Cara lain yaitu dengan mencampurkan satu atau dua sendok makan almond yang telah dihancurkan lalu tambahkan sedikit yogurt sampai menjadi pasta yang kental. Oleskan pada lutut yang menghitam, biarkan mengering lalu gorok dengan jari tangan yang dibasahi air dalam gerakan melingkar. Bilas menggunakan air dingin, lakukan perawatan ini sekali atau dua kali sehari selama beberapa minggu.

Selain manfaatnya untuk memutihkan kulit tubuh, ada pula manfaat almond untuk rambut dan almond juga sering digunakan dalam  cara menghilangkan noda hitam di wajah.

8. Mint

Mint atau dikenal juga dengan menthol mengandung minyak yang dapat merangsang pembentukan kolagen pada tubuh, yang dapat mempertahankan warna kulit merata dan membuat kulit berkilau sehat. Manfaat menthol untuk wajah dan manfaat daun mint untuk perawatan wajah juga berasal dari kandungan minyak didalamnya. Cara menggunakan mint untuk memutihkan lutut yaitu:

  • Didihkan setengah cangkir air dengan segenggam daun mint selama dua atau tiga menit.
  • Tambahkan air perasan dari setengah lemon ke dalamnya, saring dan biarkan mendingin.
  • Celupkan kapas ke dalam larutan dan gosokkan pada lutut.
  • Biarkan selama lima belas atau dua puluh menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Lakukan perawatan ini satu atau dua kali sehari sampai mendapatkan hasil yang memuaskan.

9. Kunyit

Kunyit dapat menjadi cara menghilangkan bulu di wajah secara alami dan para wanita juga sering menggunakan cara memutihkan kulit dengan kunyit. Cara menggunakan kunyit untuk memutihkan lutut yaitu:

  • Campur sedikit bubuk kunyit dengan satu sendok teh milk cream. Oleskan pada lutut dan pijaat selama beberapa menit. Biarkan mengering, lalu bilas dengan air hangat.
  • Campur bubuk kunyit dan tepung gram dalam jumlah yang sama. Tambahkan air mawar sampai bisa menjadi pasta. Pijatkan pasta ini ke lutut, biarkan mengering. Gosok dan bersihkan dengan air hangat.

10. Mentimun

Mentimun memiliki khasiat pemutih alami yang dapat membantu mencerahkan area lutut yang gelap, menjaga kelembaban kulit dan menghilangkan kekurangan pada lapisan kulit terluar. Ada pula manfaat mentimun untuk wajah dan manfaat mentimun untuk rambut. Cara menggunakan mentimun untuk memutihkan lutut yaitu:

  • Gosok perlahan potongan mentimun pada lutut selama sepuluh menit. Biarkan selama lima menit lagi, lalu bilas dengan air dingin. Anda bisa melakukan perawatan ini setiap hari.
  • Campur air perasan lemon dan air perasan mentimun dalam jumlah yang sama. Tambahkan sedikit bubuk kunyit dan aduk. Oleskan pada area lutut, biarkan sekitar dua puluh sampai tiga puluh menit lalu bersihkan dengan air, lakukan setiap hari.

11. Pepaya

Manfaat pepaya untuk kulit berasal dari kandungan yang ada di dalam buah pepaya yaitu enzim papain, juga vitamin C dan E. Cara menggunakan pepaya untuk memutihkan kulit sangat mudah, Anda cukup menggosokkan buah pepaya secukupnya ke bagian lutut yang menghitam, biarkan mengering dan bilas sampai bersih dengan air.

12. Minyak Mustard

Kandungan di dalam minyak mustard seperti asam linoeic, asam oleic dan asam erucic dapat membantu menahan pigmen melanin pada kulit dan mencerahkan bagian lutut. Cara menggunakannya yaitu:

  • Gosokkan minyak mustard pada lutut selama sepuluh sampai lima belas menit setelah mandi sambil dipijat.
  • Pastikan beberapa lama sampai minyak benar – benar menyerap ke kulit agar tidak mengotori pakaian yang Anda pakai.
  • Biarkan selama beberapa jam lalu cuci dengan sabun dan air hangat.
  • Ulangi secara teratur.

13. Minyak Zaitun dan Gula

Campuran ramuan yang sederhana ini dapat membantu menghilangkan warna hitam di lutut Anda. Cara menggunakannya yaitu:

  • Campur minyak zaitun dan gula dalam jumlah yang sama sampai menjadi pasta.
  • Gosok campuran pada kulit lutut sampai gulanya melarut, waktunya sekitar 5-10 menit.
  • Bersihkan dengan air dan sabun yang ringan.
  • Ulangi setiap hari hingga hasilnya kelihatan, dan setiap minggu untuk mempertahankan warna kulit pada lutut.

14. Tepung Chikpea, Kunyit, Susu dan Jus Lemon

  • Siapkan dua sendok makan tepung chikpea, satu sendok makan bubuk kunyit, dua sendok makan susu, satu sendok teh air lemon dan air mawar secukupnya.
  • Campur tepung chikpea, bubuk kunyit, susu dan air lemon sampai menjadi pasta.
  • Oleskan pada lutut, biarkan mengering. Bilas dengan air serta sabun ringan.
  • Keringkan, lalu bubuhkan air mawar di lutut. Ulangi dua kali seminggu.

15. Minyak Kelapa dan Walnut

Cara membuat campuran minyak kelapa dan walnut untuk memutihkan lutut yaitu:

  • Giling tiga sampai lima butir walnutsampai asaar, namun tidak sampai menjadi bubuk.
  • Tambahkan satu sendok makan minyak kelapa hingga menjadi pasta.
  • Gosok dan pijat dengan gerakan melingkar pada lutut.
  • Cuci dengan air hangat, dan ulangi secara teratur.

16. Buttermilk, Oatmeal dan Almond.

Buttermilk mempunyai khasiat melembabkan, memutihkan, bersifat asam dan dapat mengelupas untuk membantu kulit menjadi lebih cerah. Oatmeal dan almond juga bermanfaat untuk mengeksfoliasi sel kulit mati. Cara membuatnya yaitu:

  • Giling oatmeal dan almond, lalu campurkan dengan buttermilk sampai membentuk tekstur seperti pasta.
  • Gosokkan dalam gerakan melingkar pada lutut sambil dipijat.
  • Biarkan selama 10-15 menit, bersihkan dengan air.
  • Ulangi sekali seminggu selama dua sampai tiga bulan.

17. Lemon, Minyak Zaitun dan Garam

Lemon mempunyai khasiat anti oksidan, pemutih dan pengelupas kulit yang dapat membersihkan sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit. Garam juga dapat mengelupas kulit sementara minyak zaitun memberi kelembaban pada kulit. cara menggunakannya yaitu:

  • Campur satu sendok makan minyak zaitun, dua sendok makan air lemon, dan setengah cangkir garam meja.
  • Oleskan pada lutut sambil dipijat.
  • Biarkan selama 10-15 menit.
  • Cuci dengan sabun dan air, ulangi setiap hari. Ingatlah untuk memberi pelembab agar kulit tidak menjadi kering karena penggunaan lemon.

18. Kentang

Kentang juga mengndung bahan yang dapat memutihkan dan dapat mengurangi penampilan noda – noda di kulit tubuh. Jika digunakan secara teratur, kentang dapat membantu mencerahkan warna kulit, dan juga menjadi salah satu cara menghilangkan belang di kaki. Cara menggunakannya yaitu:

  • Masak kentang hingga lunak dengan cara direbus, lalu hancurkan.
  • Campur dengan yogurt sampai menjadi pasta.
  • Oleskan pada kulit lutut dan biarkan mengering.
  • Cuci dengan air dan ulangi secara teratur.

19. Cocoa Butter dan Shea Butter

Cocoa dan shea butter mengandung lemak alami yang dapat melembabkan serta mencerahkan kulit. Cara menggunakannya cukup dengan menggosokkannya pada lutut sambil dipijat hingga benar – benar menyerap. Untuk hasil terbaik, lakukan pada malam hari sebelum tidur dan biarkan semalaman.

20. Batu Apung

Anda bisa menggunakan batu apung untuk menghilangkan sel kulit mati pada kulit lutut, hal ini bisa dilakukan sambil mandi dengan menggosokkan batu tersebut pada lutut yang menghitam. Anda juga bisa menggunakan loofah sebagai alternatif untuk menggosok kulit lutut yang berubah warna menjadi hitam.

Semua cara alami ini lebih mempunyai resiko yang minimal daripada jika Anda memutuskan untuk menggunakan perawatan berbahan kimia untuk memutihkan bagian lutut. Selain itu, biaya yang Anda perlukan juga lebih kecil daripada jika membeli produk perawatan berkualitas nomor satu, yang bisa jadi belum jelas tingkat kecocokannya dengan kulit Anda. Usahakan untuk selalu menggunakan pelembab pada lutut dan menghindari sinar matahari untuk pencegaha agar kulit tidak kembali berubah warna menjadi gelap.