7 Penyebab Muka Bruntusan Saat Hamil yang Harus Diwaspadai

Salah satu permasalahan kulit yang bisa dialami wanita hamil adalah munculnya bruntusan atau bintik kecil di wajah. Kondisi wajah dengan bruntusan tentunya bisa sangat mengganggu penampilan dan membuat kesal yang mengalaminya. Jika biasanya bruntusan bisa muncul karena penggunaan kosmetik atau skincare wajah, pada wanita hamil yang mana biasanya minim penggunaan kosmetik maupun skincare terdapat beberapa penyebab wajah bruntusan dan gatal lainnya, antara lain:

1. Kurang menjaga kebersihan wajah

Polusi, debu, kotoran dan minyak bisa saja menyumbat pori-pori wajah, sehingga bisa menjadi penyebab muka bruntusan saat hamil.Selain bruntusan biasanya penyumbatan pori-pori juga dapat menyebabkan komedo, flek hitam atau jerawat. Sehingga membersihkan wajah dengan telaten dan bersih, setidaknya dua kali sehari sangat diperlukan.

2. Tidak menggunakan tabir surya

Wajah yang terpapar sinar matahari tanpa perlindungan tabur surya, tidak hanya membuat wajah gelap dan belang saja namun juga bruntusan karena meradang. Tabir surya merupakan salah satu jenis produk perawatan wajah untuk ibu hamil yang aman digunakan. Sehingga pastikan selalu menggunakan tabir surya yang aman setiap kali keluar rumah.

3. Dipengaruhi oleh hormon

Ketika hamil sudah bisa dipastikan bahwa ada perubahan hormon di dalam tubuh, termasuk hormon yang mempengaruhi kondisi kulit. Hal ini juga bisa menjadi salah satu faktor munculnya bruntusan pada kulit wajah saat hamil. Hal lain contohnya seperti stress atau emosi, secara tidak langsung juga bisa menjadi faktor munculnya bruntusan dan masalah lain karena mempengaruhi hormon.

4. Kurangnya kebersihan diri

Tidak hanya kebersihan kulit wajah saja yang bisa menjadi penyebab muka bruntusan saat hamil. Namun kebersihan diri seperti kebersihan tangan juga tubuh bisa mempengaruhi munculnya bruntusan, bahkan penyebab wajah kusam tak bercahaya. Hal ini dikarenakan tubuh yang berkeringat dan tangan yang kotor, jika menyentuh wajah bisa menimbulkan bruntusan. Tidak hanya di wajah saja, bahkan bruntusan juga bisa muncul di kulit badan.

5. Mengkonsumsi makanan pemicu bruntusan

Biasanya nafsu makan saat kehamilan akan bertambah banyak dibandingkan saat tidak hamil. Jika banyak mengkonsumsi yang kurang sehat seperti gorengan, jajanan pinggir jalan, coklat atau makanan berminyak lainnya juga bisa memicu bruntusan yang menjadi penyebab muka kasar dan berbintik.

6. Kurang beristirahat

Kurang beristirahat dan sering begadang memang menjadi salah satu faktor munculnya berbagai penyakit kulit, termasuk bruntusan. Jika tubuh mengalami lelah maka bisa mempengaruhi hormon di dalam tubuh. Begitu juga begadang, karena pada malam hari adalah waktu paling optimal untuk kulit melakukan perbaikan. Tidak heran jika bruntusan atau masalah kulit lain bisa muncul jika kurang beristirahat atau terlalu sering begadang.

7. Kurang melakukan olahraga

Berolahraga selain membuat tubuh tetap fit juga bisa membuat kualitas kulit meningkat, karena dengan berolahraga tubuh akan mengeluarkan zat toksik penyebab kulit bermasalah. Selain itu aliran darah juga semakin lancar yang bisa meningkatkan produksi sel kulit sehat. Sehingga kurang berolahraga bisa menjadi salah satu faktor penyebab bruntusan juga penyebab kulit kering dan kusam tidak sehat.

Selain menghidari hal-hal penyebab muka bruntusan saat hamil di atas, selain menggunakan perawatan alami sebenarnya ibu hamil tetap bisa menggunakan produk skincare yang mengandung zat seperti eritormisin, clindamycin, glycolic acid, benzoyl peroxide yang aman.