Sponsors Link

10 Penyebab Betis Besar pada Wanita dan Pria

Sponsored Links

Menurut anda menarik atau tidak jika seseorang memiliki Betis yang besar ? Inilah faktanya, Banyak orang yang yang tidak mernyukai ukuran bentuk betis kaki yang besar karena dinilai tidak menarik dan hanya merusak penampilan seseorang secara keseluruhan.  sebagai contohnya jika ukuran tubuh lebih ramping sedangkan betis terlalu besar maka efek yang akan didapat adalah penampilan yang kurang proporsional.

Apa penyebab betis menjadi besar ? Berikut ini diantaranya :

1. Mengangkat barang barang yang berat

Mengangkat beban berat yang mengandalkan bahu dan kekuatan tangan terus menerus akan membebani betis untuk menahan atau menopang tubuh ketika kaki berjalan misalnya mengangkat barang barang elektronik yang berat atau mengangkat kursi besi yang besar dan lain lain. Kondisi ini akan menyebabkan otot tendon (otot sekitar betis) menjadi lemah dan menyisakan sebuah gumpalan otot baru yang mengeras dan besar, yang menyebabkan bentuk betis menjadi besar.

2. Karena adanya penimbunan lemak

Pemunpukan lemak yang berlebih dibagian betis dapat terjadi secara bertahap jika seseorang mermpunyai nafsu makan yang besar tetapi jarang di imbangi olahraga yaang cukup atau kurang gerak. Kondisi ini dapat menimpa seseorang dengan tubuh yang ramping atau kurus sekalipun. Penumpukan lemak tidak dipengaruhi seberapa berat bobot tubuh seseorang.

3. Kebiasaan buruk selama bertahun-tahun

Kebiasaan para wanita menggunakan high heels atau sepatu yang berhak tinggi dapat menimbulkan tekanan pada otot bagian tumit kearah betis. Otot tidak akan berkembang dengan baik dan menyumbat peredaran darah disekitarnya tanpa anda sadari. jika ini terus berlanjut maka otot betis akan terasa pegal, nyeri dan mengalami perubahan bentuk yaitu bentuk betis alan menjadi membesar.

4. Karena genetik atau keturunan

Memiliki betis besar bisa terjadi karena ada garis keturunan berbetis besar dari kedua orangtua atau salah satunya. Kondisi ini tidak dapat dirubah karena sudah terbentuk secara alami. Betis besar karena faktor genetik biasanya dialami oleh orang orang yang bertubuh relatif pendek dan gempal. Mereka memiliki tendon Achilles pendek yaitu tendon yang melekat kuat sejak lahir dibagian tumit belakang sampai batas otot betis, maka tak heran jika otot betis akan nampak besar dengan sendirinya.

5. Akibat berdiri terlalu lama dan kurang gerak

Jikaa seseorang berdiri terlalau lama dan terjadi selama bertahun tahun maka betis akan berubah menjadi membulat dan besar. Berdiri secara berlebihan hanya akan memberi beban pada otot betis dan memberinya paksaan untuk terus menerus menopang berat tubuh anda. Berikan peregangan dengan cara yang sederhana yaitu carilah tempat yang luas dan teduh lalu duduklah dengan santai agar otot betis merasa kendur dan tidak tegang lagi, agar terhindar dari betis yang besar.

sponsored links

6. Akibat olahraga mengangkat beban

Wanita atau pria yang menyukai olahraga angkat barbel atau angkat besi akan mengakibatkan otot betis atau otot tendon akan mendapat tekanan yang berat sehingga mengganggu perkembangan aliran darah , jika kondisi ini berlangsung selama bertahun tahun maka betis akan membesar dan tubuh terlihat pendek.

7. Karena terlalu banyak berjalan

Aktifitas yang terlalu mengandalkan kaki dapat mengakibatkan otot sekitar tumit menuju betis mengalami ketegangan dan kelelahan yang menyebabkan aliran darah menjadi tersendat dan penumpukan lemak tidak dapat dihindari ketika kaki terasa pegal tetapi berhati hatilah jika kaki banyak bergerak atau berjalan,  anda jangan langsung duduk dan melipatnya, jika hal ini  terus berlangsung terus menerus maka yang akan terjadi adalah betis akan menjadi besar.

8. Olahraga yang mengandalkan kecepatan kaki

Olahraga lari sangat baik untuk kesehatan tubuh tetapi jika dilakukan dengan kecepatan penuh dan bertumpu hanya pada kekuatan otot kaki saja, maka lama kelamaan betis akan membesar. Otot yang bekerja ekstra akan mengalami kelelahan dan menimbulkan pegal pegal serta nyeri pada bagian betis dan persendian. inilah awal dari munculnya pembesaran betis.

9. Terlalu banyak duduk

Terlalu banyak duduk bukan hanya menyebabkana perut semakin buncit tetapi betispun dapat menjadi buncit atau besar. Ketika duduk aliran darah akan lancar disemua jaringan tubuh tetapi ketika posisi duduk tidak mendapat waktu sedikitpun untuk bergerak dan berdiri maka aliran darah seputar tendon betis menuju tumit bagian belakang akan mulai terganggu, karena otot betis mendapat penekanan dari berat badan anda ketika duduk dalam keadaan yang terlampau lama dan jarang bergerak.

10. Karena kegemukan (obesitas)

Tubuh yang terlalu gemuk atau obesitas akan berdampak pada bentuk betis. Betis akan membesar karena didalamnya terdapat penumpukan lemak dan keadaan ini terjadi karena menyesuaikan dengan lemak lemak lain yang ada dibeberapa bagian tubuh lain, dengan kata lain jika tubuh anda gemuk maka betispun akan ikut besar.

Tips Menghindari Betis Besar

Cara menghindari betis menjadi besar dan mengecilkan betis, bagi yang memiliki ukuran betis yang tidak proporsional, berikut ini diantaranya :

  • Berenang

Berenang adalah sebuah aktivitas yang menyenangkan, karena selain tubuh bisa menjadi bugar keuntungan lainnya anda akan merasa terhibur karena berenang bisa juga disebut sebagai hiburan untuk menenangkan pikiran yang sedang terbebani sesuatu. Berenang mampu mengecilkan betis anda yang besar karena tekanan air yang mendorong kaki untuk terus bergerak secara teratur dapat mempercepat proses pembakaran lemak dibagian betis.

  • Peregangan kaki

sponsored links
Berikan peregangan pada otot kaki agar otot betis menjadi lebih rileks . kaki akan mengalami kelelahan karena aktifitas anda. Otot kaki yang lelah dan tidak diberikan peregangan memicu betis menjadi besar, ini terjadi dikarenakan  penyumbatan aliran darah diarea betis menuju tumit  akibat penekanan beban selama anda beraktifitas. Caranya adalah merendam kedua kaki pada ember besar yang berisi air suam suam kuku yang sebelumnya telah dicampurkan dengan garam laut dan tetesan beberapa air perasan jeruk nipis. Biarkan  tersebut selama 20 menit atau lebih sambil tangan memijat pijat perlahan betis anda.

  • Olahraga betis

Lakukan olahraga otot khusus untuk betis agar mengecil secara bertahap, caranya berdirilah tegak dihadapan tembok yang dindingnya tak ada lukisan atau benda benda lainnya. salaah satu kaki diluruskan kebawah sedangkan kaki yang satunya lagi ditekuk perlahan kearah depan dengan posisi kedua tangan anda menyentuh tembok. Olahraga yang lebih mirip yoga ini dilakukan selama 20 sampai 30 menit secara bergantian yaitu kaki kanan dan kaki kiri dan dilakukan boleh setiap hari atau seminggu tiga kali. Semakin rajin melakukannya maka betis akan mengecil lebih cepat.

  • Lari ditempat

Menggunakan alat khusus berupa tali untuk berlari ditempat. Cara ini dapat membuat betis yang besar menjadi kecil secara bertahap. lakukan selama 20 menit sampai 30 menit sambil meregangkan otot kaki setelahnya dengan cara duduklah dengan rileks lalu rentangkan kedua kaki kedepan dengan sedikit dibuka.

  • Bersepeda

Melakukan aktifitas bersepeda pagi dengan kecepatan yang sedang. lakukan hingga keringat keluar secara alami selama kurang lebih satu jam. setelah itu lakaukan peregangan otot betis denbgan cara duduklah diatas rumput dengan cara meluruskan kedua kaki kedepan dengan kedua kaki sedikit dibuka.

  • Lari santai

Melakukan olahraga lari selama 30 menit dengan kecepatan yang santai atau sedang. Lakukan olahraga yang juga mampu menurunkan berat badan ini tanpa berlebihan dan hindari kecepatan berlari yang dapat mencederai otot betis dan persendian.

  • Olahraga calf raises

Melakukan olahraga unik calf raises, yaitu kedua tangan mengepal atau memegang  sebuah barbel kecil yang terbuat dari batu yang telah dicetak dengan alat cetak khusus. lakukan dengan diiringi kaki yang merapat kemudian angkatlah tubuh dengan tumit, kemudian tahanlah untuk beberapa saat lalu turunkan perlahan. lakukan gerakan ini berulangkali dan lakukan setiap hari supaya betis yang besar cepat mengecil.

  • Turun dan naik tangga

Melakukan olahraga berlari dengan kecepatan ringan dengan cara menuruni dan menaiki tangga. lakukan tidak lebih dari 30 menit saja untuk menjaga otot otot betis agar cepat mengecil dan memberinya waktu untuk santai setelahnya. Olahraga yang tidak terlalu berat dan selalu memberikan waktu untuk tubuh beristirahat setelahnya akan mudah mewujudkan kesehatan dan tujuan yang maksimal.

Catatan Penting untuk yang mungkin sedang dilanda krisis kepercayaan diri !

  • Janganlah terlalu khawatir dengan tampilan fisik betis yang besar, karena pada dasarnya menarik atau tidaknya seseorang tidak hanya diukur dari bentuk betisnya saja melainkan adanya hal yang lain yang lebih bisa dihandalkan. Misalnya bentuk hidung yang mancung, kulit yang putih, wajah yang tanpa jerawat, bentuk mata yang indah atau senyum anda yang sangat unik hingga seperti mengandung magnet.
  • Ingatlah tak ada satu manusia didunia ini yang luput dari kekurangan dan kelemahan. jika salah satu fisik anda terlihat kurang menarik maka ada bagian lain yang pastinya mempunyai keindahan yang sebenarnya tidak dimiliki orang lain. Lalu bagaimana jika anda adalah seorang yang berotak cemelang, cerdas dan memiliki bakat? Harus anda sadari bahwa sebenarnya itu adalah suatu kelebihan yang maha besar yang patut disyukuri dari pada harus cemas dan buang waktu percuma hanya memikirkan masalah betis yang besar.
Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 05th, January 2016 / 08:56 Oleh :
Kategori : Kaki