8 Manfaat Bengkoang Untuk Kulit Tubuh dan Wajah

Sponsored Links

Kalau Anda suka makan rujak atau asinan, pasti buah bengkoang menjadi salah satu isian jenis makanan ini. Buah yang berbentuk bulat dan berwarna putih ini termasuk tanaman umbi-umbian. Umbi bengkoang mengandung vitamin C yang sangat tinggi dan juga berbagai macam mineral yang baik untuk tubuh. Bila dimakan rasanya agak manis dan  segar dingin karena bengkoang mengandung kadar air  yang cukup tinggi yaitu 86-90%. Selain dapat menyegarkan tubuh, bengkoang juga dapat menambah cairan tubuh yang diperlukan untuk tubuh. Bengkoang juga berkhasiat dapat menghilangkan lemak di dalam tubuh. Sehingga bengkoang dikenal sangat baik untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit bila dikonsumsi secara teratur.

Bengkoang tidak hanya baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dalam tubuh tapi bengkoang juga dikenal berkhasiat untuk perawatan kulit dan wajah. Maka tidak heran kalau tanaman umbi ini biasa ditemukan dalam produk-produk kecantikan, seperti masker bengkoang, body lotion bengkoang, lulur, sabun untuk wajah, dan pelembab yang mengandung ekstrak bengkoang di dalamnya. Tapi produk-produk kecantikan yang dijual di pasaran seringkali mengandung bahan-bahan kimia juga yang tentu saja dapat memberi efek kurang baik terhadap kulit. Maka kalau Anda mau cara yang alami, cobalah memanfaatkan buah bengkoang untuk merawat kulit Anda.

Manfaat bengkoang untuk kulit adalah sebagai berikut :

  1. Bengkoang dapat mencegah penuaan dini

Pemakaian bengkoang dapat menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini. Sebab bengkoang banyak mengandung vitamin C  yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Untuk itu gunakan masker bengkoang di malam hari. Biarkan masker semalaman dan bilas wajah di pagi harinya hingga bersih. Selain itu konsumsilah buah bengkoang segar secara teratur.

(Baca juga : cara mencegah penuaan dinipenyebab kulit keriput di usia muda)

  1. Bengkoang dapat menyegarkan kulit

Untuk menyegarkan kulit wajah, Anda dapat membuat masker dari bengkoang. Oleskan masker bengkoang pada wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit lalu bilas hingga bersih.

(Baca juga : manfaat lidah buaya untuk kecantikan)

  1. Bengkoang dapat mencerahkan kulit

Kandungan vitamin C dan B1 di dalam bengkoang dapat membuat kulit wajah jadi cerah bercahaya dan dapat terhindar dari noda kusam di wajah. Untuk itu gunakan masker dari bengkoang untuk mencerahkan kulit Anda.

sponsored links

(Baca juga : pelembab untuk kulit kering dan kusammanfaat lidah buaya untuk kulit)

  1. Bengkoang dapat mendinginkan kulit

Bengkoang yang memilki kandungan air yang tinggi ini dapat  mendinginkan kulit dan mengatasi rasa panas atau kulit terbakar saat terkena sinar matahari secara langsung. Untuk itu pakailah masker dari bengkoang. Oleskan masker ke bagian kulit wajah atau tubuh yang terkena sinar matahari tadi. Agar dapat lebih mendinginkan kulit, Anda bisa menaruh bengkoang yang dipotong-potong terlebih dulu di kulkas sebelum diparut.

(Baca juga : manfaat menthol untuk wajah)

  1. Bengkoang dapat menjaga kelembaban alami kulit

Kulit yang kering dan kusam tentunya akan mengganggu penampilan kita. Bengkoang yang mengandung kadar air ini dapat membantu menjaga kelembaban kulit Anda dan terlihat lebih segar. Jadi anda bisa mengkonsumsi bengkoang secara rutin ataupun menjadikannya sebagai masker wajah.

  1. Bengkoang dapat menghilangkan jerawat

Salah satu manfaat yang bisa didapat dari buah bengkoang ini adalah menghilangkan jerawat. Jerawat yang tumbuh di wajah menjadi hal yang ditakuti wanita, karena dianggap dapat merusak penampilan. Tapi dengan rutin menggunakan masker bengkoang, maka jerawat di wajah bisa bersih. Tetapi sebelum  menggunakan masker, bersihkan wajah Anda dari kuman dan kotoran dengan menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Karena salah satu penyebab timbulnya jerawat di wajah akibat kurangnya menjaga kebersihan wajah.

Gunakan masker bengkoang selama 30 menit, kemudian bilas hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan masker ini dengan rutin setiap hari atau 2-3 kali seminggu hingga wajah bersih dari jerawat. Dengan rutin memakai masker bengkoang akan dapat menghilangkan jerawat dan bekasnya yang menghitam.

(Baca juga : manfaat garam untuk kulit)

  1. Bengkoang dapat menjadikan kulit sehat

Di dalam bengkoang terkandung vitamin B1, vitamin C dan mineral yang dapat membuat kulit Anda jadi lebih sehat dan segar. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, konsumsilah buah bengkoang segar atau jus bengkoang yang ditambahkan gula atau madu secukupnya. Untuk perawatan dari luar, pakailah masker bengkoang di malam hari untuk kulit wajah ataupun bagian tubuh lainnya.

(Baca juga : manfaat daun kelor bagi kecantikan)

  1. Bengkoang dapat menghilangkan flek-flek hitam di wajah.

Flek hitam berupa bintik-bintik hitam di wajah timbul akibat kita kurang menjaga kebersihan wajah, seperti setelah bepergian atau memakai make up wajah tidak dibersihkan dengan pembersih sehingga kotooran atau sisa make up masih menempel di wajah yang menimbulkan adanya flek. Masker bengkoang yang dioleskan di wajah selama 15 menit berkhasiat sebagai penghilang flek-flek hitam di wajah. Lakukan hal ini secara rutin 3-4 kali seminggu hingga flek hitam bersih dari wajah.

(Baca juga : manfaat kentang untuk kulit wajahmasker untuk kulit kering dan flek hitam)

Cara Membuat Masker Bengkoang

Untuk membuat masker bengkoang tidaklah sulit bahkan bahannya pun tidak mahal, bahannya hanya buah bengkoang segar saja. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat masker bengkoang :

  • Siapkan buah bengkoang yang masih segar dan berukuran sedang
  • Kupas kulit bengkoang itu sampai bersih.
  • Cuci bengkoang sampai bersih
  • Kemudian parut bengkoang atau bisa juga diblender
  • Peraslah air yang terdapat di bengkoang yang sudah diparut atau diblender.

Sponsors Link

  • Diamkan perasan bengkoang tersebut kira-kira 4 jam sampai terbentuk endapan putih di bawahnya
  • Tuang air perasan tadi ke wadah lain hingga yang tersisa endapan putih tersebut.
  • Sisa endapan putih itu adalah sari pati dari bengkoang, sehingga Anda sudah dapat menggunakannya sebagai masker

(Baca juga : manfaat memakai masker bengkoang setiap harimanfaat masker kunyit wajah)

Untuk mendapatkan hasil masker alami yang baik, ditentukan juga dari pemilihan buah bengkoang yang baik. Saat Anda ingin membeli bengkoang, Anda dapat lihat dari kondisi fisik buah tersebut. Pilihlah bengkoang yang kulitnya keras, bentuknya tampak bulat dan bersih. Bila Anda menemukan kulit bengkoang yang keriput permukaannya dan jika ditekan agak lembek sebaiknya jangan dipilih.

Buah bengkoang yang berbentuk keras ini memang awet disimpan. Buah ini dapat bertahan selama 2 minggu hingga sebulan bila di simpan di ruangan yang kering dan bersuhu ruang. Tapi bila Anda menaruhnya di dalam kulkas maka akan dapat berubah warna dan teksturnya sehingga kurang enak untuk dikonsumsi. Selain itu kadar air dari bengkoang itu juga akan semakin berkurang.

Kandungan Bengkoang Untuk Kesehatan Tubuh

Bengkoang memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh :

  • Vitamin B kompleks yang terdiri dari asam folat, pantotenat, riboflavin, piridoksin, dan tiamin.
  • Vitamin C dalam bengkoang sekitar 34% dari jumlah 100gram, sehingga memiliki sifat larut dalam air, sebagai penangkal radikal bebas, anti kanker dan anti inflamasi atau peradangan.
  • Kalori yang rendah yaitu 35 kalori/100ram yang bermanfaat sebagai antioksidan dan mengandung serat yang tinggi.
  • Mineral yang terdiri dari tembaga, mangan, magnesium dan zat besi.
  • Kalium sebanyak 195 mg yang berfungsi untuk mengontrol tekanan darah dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.
  • Sebagai sumber serat dan mengandung karbohidrat manis sehingga baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Melihat banyaknya manfaat yang di dapat dari buah bengkoang ini, maka tidak ada salahnya Anda juga memasukkan buah bengkoang ini sebagai daftar belanjaan Anda. Anda dapat memakan langsung buah bengkoang ini untuk mendapatkan manfaat dari dalam tubuh, dan juga membuat sendiri masker dari bengkoang untuk perawatan kulit.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , ,
Post Date: Monday 23rd, May 2016 / 05:56 Oleh :
Kategori : Kulit