8 Manfaat Tomat untuk Kulit Wajah dan Tubuh

Sponsored Links

Jika ingin membuat sambal, pastikan salah satu bahan penyusunnya adalah tomat. Tomat memiliki rasa yang khas dengan rasa kecut dan manisnya yang dapat digunakan untuk menggugah selera makan jika dibuat sambal. Lebih dari itu, tomat menyimpan segudang manfaat yang tidak hanya untuk memperlezat masakan tetapi juga hal-hal yang berkaitan degan kecantikan. Siapa yang menyangka bahwa buah tomat dapat diadikan masker wajah, hand and body lotion dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kami akan membagikan rahasia di balik buah tomat dimana manfaat buah tomat begitu penting bagi kita.

Kandungan Buah Tomat

Jika dilihat kandungannya, buah tomat tesusun atas zat-zat yang berguna dalam memelihara dan menjaga fungsi organ manusia. Di antara kandungannya berupa air dan vitamin C yang jika keduanya dikombinasikan akan menunjang kecantikan alami manusia, misalnya dengan memperkecil pori-pori pada kulit serta mencerahkan kulit. Oleh karena itu, tomat sangat baik digunakan sebagai masker alami yang pastinya aman tanpa efek samping. Di samping itu, terdapat buah kiwi juga yang bagus untuk perawatan kulit sehingga anda perlu membaca manfaat kiwi untuk kulit wajah.

Setiap manusia tentu mendambakan kulit yang sehat dan cantik untuk menunjang penampilannya. Tomat dapat dibuat menjadi krim alami guna memelihara kecantikan kulit. Berikut akan kami sajikan beberapa manfaat tomat untuk kulit.

  1. Mengecilkan Pori-pori Kulit Wajah

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya bahwa salah satu manfaat tomat yaitu mengecilkan pori-pori wajah. Kandungan alami yang ada di dalamnya berkhasiat mengencangkan pori-pori kulit wajah. Caranya, yaitu dengan membuat masker wajah ala kadarnya saja. Anda cukup memblender buah tomat segar dengan campuran air. Setelah tomat menjadi lembut dan tercampur dengan air, balurkan pada wajah skeitar 15 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air hingga bersih.

  1. Mencerahkan Warna Kulit

Bagi anda yang memiliki kulit kusam tetapi belum menemukan rahasia kecantikan yang tepat untuk kulit anda, tomatlah yang anda cari. Tomat kaya akan vitamin C sehingga akan selalu siap sedia mencerahkan kulit anda. Caranya gampang, siapkan saja dua potong buah tomat segar dan iris cukup tebal. Pakai tiap irisan tadi untuk menggosok kulit wajah anda secara merata. Hasilnya akan terlihat dalam penggunaan secara rutin selama satu minggu dimana kulit akan nampak cerah dan sehat.

  1. Merawat Kulit

Minyak zaitun memang terkenal lebih dahulu dalam perawatan kulit tetapi kandungan minyak yang terdapat dalam biji tomat tak kalah ampuhnya dari minyak zaitun. Minyak yang dihasilkan dari biji tomat berfungsi melawan ancaman radikal bebas yang mempercepat terjadi proses penuaan. Di beberapa pusat kecantikan, minyak dari biji tomat biasanya digunakan dalam pengobatan kulit yang rusak seperti psoriasis, kering, rusak dan eksim. Caranya cukup mudah yaitu dengan memijat kulit yang dikehendaki dengan menggunakan minyak tersebut.

sponsored links

Usahakan untuk melakukannya menjelang tidur tetapi anda tidak boleh membersihkannya malam itu juga. Bersihkan setalah bangun tidur.  Untuk merawat kulit, anda dapat menggantikannya dengan kentang. Untuk itu bacalah juga manfaat kentang untuk kulit wajah.

  1. Menghilangkan Jerawat

Pada umumnya, obat jerawat yang dijajahkan di klinik kecantikan atau salon memiliki komposisi vitamin A dan vitamin C. Kalau anda hendak membeli salep obat jerawat, sebaiknya tunda dulu karena tomat mengandung kedua nutrisi yang dimaksud. Selain kaya akan kandungan vitamin A dan vitamin C, kandungan asamnya juga berkhasiat menghilangkan masalah jerawat serta mengobati kulit ruam. Jika jerawat anda kecil, yang perlu anda lakukan hanya menggosokkan irisan tomat segar di wajah anda atau menjadikannya masker wajah. Anda dapat mengkombinasikannya dengan olah raga teratur, untuk itu bacalah juga manfaat olahraga untuk kulit wajah.

  1. Mengatasi Kulit Berminyak

Dalam kondisi tertentu produksi sebum yang dihasilkan kulit anda dapat berlebih sehingga membuat wajah anda berminyak. Jika anda mengabaikannya, beragam masalah akan muncul pada area wajah anda seperti jerawat, komedo dan flek hitam. Langkahnya cukup mudah yaitu dengan membuat jus tomat dari 2 potong buah tomat dicampurkan dengan jus mentimun sebanyak 4 sendok. Gunakan masker tersebut pada wajah anda dengan bantuan kapas untuk mengolesinya, keringkan dan bilas. Jika cara ini dilakukan secara rutin, minyak wajah anda akan terkontrol serta pori-porinya mengecil.

  1. Menghaluskan Kulit

Kulit halus bisa dikatakan sebagai salah satu asset berharga tiap orang, terlebih wanita. Tidak hanya akan memperoleh pujian di mata yang memandangnya tetapi kulit halus juga merupakan investasi masa depan. Banyak model yang rela melakukan berbagai perawatan kulit untuk mendapatkan kulit halus yang mana salah satunya dengan tomat. Caranya, blender tomat yang telah dicampur madu hingga terbentuk pasta tebal. Oleskan pasta tomat tersebut pada bagian wajah anda secara merata ditambah pijatan relaksasi melingkar. Lakukan pijatan tersebut hingga krim tomat tadi habis lalu bersihkan dengan air hangat. Sebaiknya anda tidak keluar rumah setelah perawatan tersebut agar debu tidak menempel di permukaan wajah anda yang telah bersih.

Sponsors Link

  1. Mencegah Terbakarnya Kulit

Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang mengkonsumsi pasta tomat sebanyak 5 sendok selama 3 bulan dapat membuat kulitnya terjaga dari berbagai masalah terbakar karena sinar matahari. Meskipun kondisi kulit telah terbakar, pasta yang terbuat dari tomat dapat mengobatinya. Gunakan campuran 1 sendok yoghurt dan 2 sendok tomat untuk dioleskan pada wajah, tangan, kaki dan leher secara merata tiap habis beraktivitas. Kandungan tomat berkhasiat menyegarkan kulit, adapun yoghurt akan menjadikan kulit elastis dan lembut.

  1. Menjaga Kulit dari Sinar UV

Terpaan sinar matahari secara langsung dapat membuat struktur permukaan kulit kita rusak. Akibatnya, kulit menjadi kering, kusam dan bersisisk. Jika demikian yang anda alami, sebaiknya fungsikan tomat sebagai produk tabir surya anda. Di dalamnya terkandung antioksidan yang namanya likopen untuk melindungi kulit anda dari terpaan sinar UV. Anda dapat menggunakannya sebelum pergi ke kantor atau beraktivitas di luar ruangan. Atau anda dapat mengkonsumsinya sebagai jus tomat untuk perawatan dari dalam. Anda juga dapat menggunakan tabir surya dengan merk tertentu agar perlindungannya lebih maksimal.

  1. Memutihkan Kulit

Jika anda merasa kulit anda gelap dan ingin memutihkannya gunakanlah tomat. Caranya yaitu dengan membersikan kulitnya dengan air terlebih dahulu. Campur 1 sendok yoghurt oatmeal serta 2 sendok tomat yang telah ditumbuk halus. Oleskan campuran tersebut pada wajah serta bagian tubuh lainnya sesuai keinginan. Biarkan 20 menit lalu bersihkan. Campuran bahan-bahan tadi berkhasiat mengilangkan noda pada kulit, mengangkat sel kulit mati, serta merilekskan kulit yang tegang. Untuk lebih jelas mengenai pemanfaatan oatmeal tersebut baca juga manfaat oatmeal untuk kulit wajah sensitif.

Demikianlah manfaat tomat yang dapat kami bagikan dalam artikel ini. Jika anda menginginkan tips kecantikan kulit dengan bengkoang, bacalah juga manfaat bengkoang untuk kulit.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 01st, June 2016 / 05:17 Oleh :
Kategori : Kulit