Sponsors Link

5 Manfaat Kemiri untuk Alis Mata

Sponsors Link

Alis merupakan salah satu keindahan yang diberikan Tuhan untuk kita sehingga kita harus merawatnya dengan baik. Lebih dari itu, wanita akan terlihat cantik jika memiliki alis yang indah serta tersusun rapi. Tidak heran jika banyak di sekeliling kita salon-salon kecantikan yang sangat memperhitungkan hal ini. Mereka bersedia mempermak alis anda hingga melebatkannya agar alis anda terlihat menarik. Di samping itu, banyak juga beredar makeup eyebrow, yang dikhususkan untuk alis, dimana tujuannya yaitu agar anda siap pergi ke luar dengan kepercayaan diri tinggi.

ads

Selain itu semua, alangkah luar biasanya jika kita menemukan perawatan alis yang benar-benar alami, sebagaimana kita dapatkan dari kemiri. Kemiri tidak hanya berkhasiat bagi rambut tetapi juga alis sehingga anda dapat memulai sesuatu yang baru untuk perawat alis anda. Berikut ini akan kami bahas hal-hal terkait manfaat kemiri untuk alis sehingga anda tidak perlu keluar biaya seperserpun untuk ke salon. (Baca juga: bahaya mencabut alis)

1. Menebalkan Alis

Agar terlihat cantik, salah satu cara yang ditempuh ialah dengan mempertebal alis. Akan sangat disayangkan jika anda hanya menebalkan menggunakan pensil penebal alis sebagaimana pada pensil eyebrow. Padahal dengan ditumbuhi alis yang tebal, anda tidak perlu repot-repot untuk membuat goresan-goresan dengan pensil eyebrow untuk menebalkannya. Tentu saja ini akan menyita waktu anda jika anda buru-buru pergi ke pesta teman anda. Belum lagi jika terkena cipratan air, maka alis buatan dengan pensil eyebrow akan luntur.

Untuk itu, mulailah berpikir dengan cara menumbuhkannya secara alami dengan menggunakan kemiri. Kemiri itu sendiri sangat sering kita jumpai sebagai salah satu zat penyusun produk-produk penebal alis. Biji kemiri akan menghasilkan ekstrak yang berupa minyak sehingga kita mengenal minyak kemiri dimana minyak kemiri ini menawarkan cara menebalkan rambut secara alami. Dengan kandungan protein serta mineral di dalamnya, kemiri berkhasiat menyuburkan pertumbuhan alis dengan aman. (Baca juga: manfaat mencukur alis untuk wajah)

2. Menghitamkan Alis

Sejatinya, alis yang indah dapat ditampilkan dengan alis yang hitam dan sehat. Sebagaimana halnya rambut, alis membutuhkan perawatan alami yang tidak hanya menyehatkan alis anda tetapi juga menghitamkannya. Sebagian besar dari kita percaya bahwa alis yang hitam akan membuatnya nampak tebal dan jelas dimana akan mempengaruhi keindahan mata seseorang. Untuk itu, rajin-rajinlah merawat alis anda dengan menggunakan kemiri karena bahan alaminya sama sekali tidak berbahaya dan tidak menimbulkan efek samping apapun.

Sponsors Link

Berikut ini ada beberapa langkah untuk memanfaatkan kemiri dalam menghitamkan alis anda, di antaranya yaitu:

  • Ambil satu biji kemiri lalu tusuk dengan garpu untuk memudahkan pembakaran.
  • Bakar kemiri tersebut hingga mengeluarkan minyak.
  • Tunggu hingga suhu minyak kemiri tidak terlalu panas (sedang).
  • Oleskan minyak yang keluar dari kemiri tadi ke bagian alis anda secara merata

Semua langkah-langkah ini sebaiknya dilakukan menjelang tidur tiap harinya. Tujuannya agar wajah anda tidak terkotori lagi dengan udara luar selama proses perawatan alis dengan kemiri ini. (Baca juga: manfaat mentega untuk alis)

3. Melindungi Alis dari Radikal Bebas

Hal yang paling sulit kita hindari dalam kehidupan kita ialah radikal bebas. Radikal bebas sangat banyak bertebaran di lingkungan luar rumah kita dan ini sangat tidak baik bagi kesehatan, khususnya alis. Sebaiknya, anda tidak menganggap remeh hal ini sehingga anda memerlukan sebuah solusi dalam menangkal radikal bebas terhadap alis anda. Kemiri memiliki kandungan berupa saponin, flavonida dan polifenol yang mana kandungan tersebut berfungsi sebagai antioksidan. Dengan menggunakan antioksidan yang dihasilkan oleh minyak kemiri ini, segala macam bentuk radikal bebas yang mengancam tidak akan begitu berefek pada alis anda. (Baca juga: manfaat bawang merah untuk alis)

4. Mencegah Kerontokan Alis

Masalah kerontokan tidak hanya menghampiri rambut tetapi juga alis. Jika hal ini yang terjadi pada anda, apakah anda akan membiarkannya hingga membuat alis anda botak atau bersih, tentu tidak kan? Oleh sebab itu, mulailah memberikan alis anda nutrisi yang dapat memperkuat akar-akar alis anda. Nutrisi tersebut salah satunya bisa anda dapatkan dari kemiri yang merupakan bumbu masak yang tak sing lagi di telinga kita.

Untuk mengatasi kerontokan alis, manfaatkanlah kemiri dengan cara-cara berikut ini:

  • Sediakan 3 buah kemiri yang telah dicuci bersih.
  • Panggang ketiganya di atas kompor atau lilin dan pastikan ketiga-tiganya terbakar secara merata.
  • Bungkuslah ketiga kemiri yang telah menghitam karena pembakaran tersebut dengan kapas bersih atau kain kasa.
  • Tumbuk semuanya secara perlahan sampai minyaknya keluar membasahi kapas atau kain kasa tadi.
  • Ambil minyak tersebut lalu oleskan pada alis anda secara teratur selama 30 menit sampai satu jam lalu mandilah sebagaimana biasanya.

Dengan penggunaan kemiri sebagai perawatan harian anda selama dua bulan maka hasil yang anda dapat akan memuaskan. Akar alis anda menjadi lebih kuat dan tidak mudah rapuh dalam keadaan apapun sehingga memungkinkan anda untuk dapat tampil lebih percaya diri dan nyaman. (Baca juga: manfaat es batu untuk alis)

Sponsors Link

5. Menutrisi Alis

Alis tersusun dari dari rambut-rambut pendek yang tertata rapi seperti halnya rambut. Meskipun alis tidak setebal dan sepanjang rambut, kebutuhan akan nutrisinya tak boleh dikesampingkan begitu saja. Salah satu cara untuk menutrisinya yaitu dengan mengoleskan kemiri yang telah diambil minyaknya pada kedua alis anda. Dengan cara ini nutrisi yang dibutuhkan alis hingga akar-akarnya dapat terpenuhi di samping menjaganya agar tetap lembab atau tidak kering. Adapun cara untuk mengolesinya yaitu seperti biasa hanya dengan menggunakan minyak kemiri yang telah dipanaskan secukupnya untuk dioleskan dari ujung alis ke ujung alis lainnya. Dengan cara dipanaskan dahulu membuatnya lebih mudah meresap ke dalam pori-pori kulit dimana alis anda tumbuh. Hal ini juga akan memudahkan nutrisi tersebut masuk ke dalam pori-pori kulit. (Baca juga: manfaat urang-aring untuk alis)

Cara Membuat Minyak Kemiri Perasan

Cara membuat minyak ini sangat mudah, yaitu dengan metode bakar dan metode peras. Karena metode bakar sudah sangat umum dan telah dijelaskan sebelumnya, kini saatnya anda mengetahui metode perasan dalam pembuatannya.

  • Parut beberapa butir biji kemiri utuh-utuh.
  • Masukkan air secukupnya saja kemudian peras.
  • Lakukan cara ini secara terus menerus sampai air perasan tadi menjadi bening.
  • Letakkan santan hasil perasan di wadah tertutup lalu diamkan selama sekitar 24 jam.
  • Setelah selesai 24 jam, santan tersebut digoreng sampai minyaknya keluar.
  • Minyak kemiri telah jadi dan siap digunakan untuk perawatan alis anda.

(Baca juga: fungsi alis dan perawatannya)

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 09th, June 2016 / 03:31 Oleh :
Kategori : Mata