Sponsors Link

Manfaat Minyak Kelapa untuk Perawatan Alis Tebal

Sponsors Link

Banyak di antara kita mungkin banyak yang belum mengetahui mengenai minyak kelapa. Sebab minyak yang biasa kita pakai biasanya minyak dari kelapa sawit. Sehingga penggunaan minyak kelapa kurang popular digunakan. Minyak kelapa atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan coconut oil ini dibuat dengan bahan baku kelapa segar dan biasanya diproses dengan pemanasan atau bisa tanpa pemanasan dan tanpa bahan kimia.

ads

Proses pembuatan minyak kelapa dengan penyulingan ini berakibat kandungan senyawa-senyawa penting yang dibutuhkan tubuh tetap utuh, yaitu kandungan utamanya asam laurat yang memiliki sifat antibiotik, anti bakteri dan jamur. Sehingga penggunaan minyak kelapa ini lebih populer digunakan sebagai minyak obat untuk mengobati keseleo, bengkak, ataupun gatal-gatal. (Baca juga : Cara Menghilangkan Bekas Luka secara Alami dan Medis)

Selain itu minyak kelapa yang mengandung vitamin E, sangat baik untuk perawatan tubuh, seperti untuk merawat kesehatan tubuh, rambut, kulit, dan kuku. (Baca juga : Cara Melembutkan Rambut Kasar secara Alami)

Manfaat minyak kelapa untuk perawatan tubuh dan kecantikan adalah :

  • Sebagai pelembab kulit
  • Sebagai krim mata
  • Untuk obat jerawat
  • Untuk mengatasi rambut kusut
  • Sebagai pelembab bibir
  • Sebagai pembersih
  • Untuk menghapus make up

(Baca juga : Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan, Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit)

Dari berbagai manfaat perawatan tubuh yang bisa didapat dari minyak kelapa ini, salah satunya adalah untuk alis. Seperti kita tahu, alis terletak sedikit menonjol di atas kedua belah kelopak mata dan mempunyai sedikit rambut halus. Alis mata berfungsi untuk pelindung melindungi mata dari tetesan keringat ataupun air yang jatuh ke arah mata. (Baca juga : Fungsi Alis Mata dan Perawatannya)

Alis yang indah alami pastinya menjadi dambaan setiap wanita, sebab alis menjadi salah satu bagian kecantikan wajah kita. Maka tidak heran bisa salah satu alat kosmetik yang kita kenal ada yang namanya pensil alis. Pensil alis ini biasanya dipakai di alis untuk menghitamkan maupun menebalkan alis.

Padahal untuk perawatan alis ini bisa dengan menggunakan minyak kelapa. Caranya  bisa disimak berikut ini :

Sponsors Link

  1. Untuk menghitamkan alis

Kita pasti ingin punya alis yang hitam, sehingga kita bisa tampil lebih cantik dan alami tanpa polesan pensil alis.

Cara untuk mendapatkan alis yang hitam alami dengan minyak kelapa yaitu :

Siapkan minyak kelapa. Bersihkan wajah dengan pembersih agar wajah bersih dari bekas make up dan kotoran/debu. Oleskan minyak kelapa pada alis sebelum tidur. Biarkan hingga besok pagi lalu bilas dengan air yang bersih. Lakukan hal ini secara teratur selama beberapa minggu. Niscaya dengan melakukan hal ini secara rutin, alis mata anda akan terlihat lebih hitam alami. Tetapi jika dirasa sudah cukup puas denga hasil yang didapatkan sesuai keinginan, anda dapat menghentikan penggunaan minyak kelapa ini atau cukup dengan sebulan sekali saja.

  1. Untuk menumbuhkan atau menebalkan alis

Siapa yang tidak ingin memiliki alis yang tebal. Alis yang tebal menjadi daya tarik kecantikan seorang wanita juga. Apalagi jika alis yang tebal ini tumbuh secara alami.

Kita bisa dapatkan alis yang tumbuh tebal secara alami, dengan cara menggunakan minyak kelapa :

Campur ¼ cangkir minyak kelapa ditambah dengan irisan kulit lemon dalam sebuah wadah yang bersih. Simpan campuran minyak kelapa dan kulit lemon tersebut selama 2 minggu dalam wadah tertutup dan terlindung dari sinar matahari. Setelah 2 minggu, ambil kapas dan celupkan pada campuran tersebut, kemudian oleskan pada kedua bagian alis sebelum tidur. Lakukan hal ini sebelum tidur malam, karena selama 2 jam alis yang diolesi campuran minyak kelapa dan kulit lemon tadi tidak boleh terkena paparan sinar matahari, untuk mencegah terjadinya iritasi kulit akibat kandungan sitrus dari lemon tadi. Setelah bangun pagi, bilas dengan air yang bersih dan sejuk. Lakukan cara ini selama 4 minggu dan hasilnya dapat terlihat.

(Baca juga : Cara Menebalkan Alis secara Alami, Cara Menebalkan Bulu Mata secara Alami)

Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri

Setelah tahu manfaat minyak kelapa untuk alis kita, baiknya kita coba sendiri di rumah, ya. Dan untuk bisa mendapatkan minyak kelapa ini, kita bisa membuatnya sendiri. Caranya mudah yaitu :

  • Siapkan kelapa parut yang bisa dibeli di pasar. Campurkan dengan air dan diaduk-aduk agar menghasilkan santan yang lebih banyak.
  • Peras dan saring kelapa menggunakan saringan agar air santan dan ampasnya terpisah.
  • Taruh air santan hasil saringan tadi pada wadah baskom, tutup bagian atas wadah dan diamkan selama 10-12 jam dalam suhu ruang.
  • Setelah 10-12 jam akan terbentuk lapisan krim santan pada permukaan wadah dan di lapisan bawahnya terdapat air yang telah memisahkan diri dari krim santan. Ambil krim santan tersebut secara perlahan-lahan dan tempatkan pada wajan/panci.
Sponsors Link

  • Nyalakan kompor lalu npanaskan krim santan tadi dengan api sedang sambil diaduk-aduk terus-menerus secara perlahan.
  • Selama proses ini minyak akan terbentuk secara perlahan-lahan. Ketika warna ampas krim santan berubah menjadi kecoklatan, matikan api dan diamkan hingga suhu tidak panas lagi.
  • Kemudian saring minyak yang telah dihasilkan tadi untuk memisahkan minyak dengan ampasnya. Lalu simpan di dalam wadah yang tertutup dan dalam suhu ruang.
  • Minyak kelapa yang sehat dan banyak khasiatnya sudah bisa digunakan

(Baca juga : Cara Menjaga Penampilan Diri Wanita Agar Tampil Menarik)

Selain itu untuk mencegah terjadinya alis mata kita rontok, sebaiknya hindari menggosok alis dengan terlalu keras dan dengan frekuensi yang terlalu sering. Karena hal ini nantinya akan memicu rontoknya bulu alis. Hal ini disebabkan kulit di area sekita mata kita ini sangat tipis dan tentunya sensitif.

Dan jangan lupa juga untuk selalu membersihkan bekas riasan wajah kita setelah menggunakan pensil alis dengan pembersih  dan penyegar wajah, saat sebelum tidur malam. Setelah itu baru gunakan ramuan minyak kelapa yang telah dibuat. Ini sangat penting dilakukan supaya kesehatan area mata kita tetap terjaga dan kondisi alis mata juga tetap kuat dan tidak mudah rontok.

Memiliki alis mata yang indah tentu akan sangat menunjang tampilan pesona kecantikan alami kita. Sehingga kita tidak perlu lagi untuk menggunakan polesan-polesan dan riasan wajah yang terlalu mencolok dan tebal hanya untuk menonjolkan pesona kecantikan wajah yang ada pada kita. Alis mata yang indah alami ini akan bisa membingkai wajah dengan baik dan indah. Tapi tetap berhati-hati saat menggunakan ramuan minyak kelapa di alis mata kita dan bisa juga dikonsultasikan dengan orang yang telah berpengalaman, karena alis mata ini berada di daerah yang cukup sensitif yaitu mata.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 03rd, May 2016 / 01:29 Oleh :
Kategori : Wajah