5 Cara Memilih Bedak untuk Kulit Sawo Matang Paling Mudah

Sponsored Links

Di antara benda-benda kosmetik yang dipakai oleh wanita, bedak menjadi benda wajib yang harus dimiliki atau dipakai saat bepergian. Sebab bedak pada umumnya dipakai untuk membuat kulit wajah terlihat lebih segar dan halus, dan juga untuk menutupi kekurangan pada kulit wajah seperti adanya flek hitam, komedo, bekas jerawat, atau kemerahan. Selain itu bedak yang dipoleskan ke seluruh wajah ini dipakai sebagai make up dasar  sebelum memoleskan  kosmetik yang lainnya seperti lipstik, eye shadow, blush on, dan lainnya.

Bedak yang dijual di pasaran begitu banyak macam dan jenisnya. Begitu pula dengan jenis kulit dan warna kulit wajah kita, ada yang kuning langsat, putih, sawo matang, atau hitam. Sedangkan warna kulit wanita Indonesia yang bercuaca tropis ini kebanyakan cenderung berwarna kecoklatan atau yang sering disebut dengan sawo matang. Tetapi kadang banyak wanita yang menganggap kalau cantik itu harus memiliki kulit yang putih dan mulus.  Padahal kulit sawo matang ini sebenarnya banyak dikagumi oleh negara-negara lain di dunia karena kulit sawo matang dianggap terkesan eksotis. Maka tidak heran kalau banyak orang bule yang berjemur di bawah sinar matahari supaya kulit menjadi coklat.

Berkulit wajah sawo matang juga dapat terlihat lebih cerah dan segar saat ber-make up asal kita bisa memilih jenis bedak yang sesuai dengan kulit kita, caranya adalah :

Mengenal jenis-jenis bedak yang beredar di pasaran 

  • Compact powder

Bedak ini berbentuk padat dan kotak, serta dilengkapi dengan kaca dan spoon. Bedak ini cenderung mengandung minyak dan pelembab sehingga lebih cepat menyerap di wajah. Tetapi bedak ini kurang cocok untuk kulit berminyak.

  • Two way cake

Sesuai dengan namanya, maka bedak jenis ini mempunyai 2 kotak, yaitu bedak padat  dan foundation. Foundation ini dipakai sebagai alas bedak dan untuk menutup serta menyerap  keringat. Karena formulanya cenderung berat dan berminyak, maka tidak cocok untuk kulit berminyak dan kulit bermasalah atau sensitif.

sponsored links

  • Loose powder

Bedak ini berbentuk bubuk dan bertekstur halus. Tapi bedak jenis ini biasanya tidak ada kacanya, seperti compact powder dan two way cake. Bedak jenis ini paling fleksibel karena bisa dipakai untuk segala jenis kulit, kulit normal, kering, berminyak, atau kombinasi,

  • Shimering powder

Bedak ini biasanya digunakan untuk menimbulkan efek bercahaya pada wajah. Biasanya bedak ini dipakai pada saat acara-acara khusus.

  • Meteorite Powder

Bentuk bedak ini berbeda dengan yang lainnya, yaitu bulat kecil-kecil. Cara memakainya pun bukan dengan spoon tapi dengan kuas, dan digunakan sebagai sentuhan terakhir setelah make up.

Cara Memilih bedak untuk Kulit Sawo Matang

Bedak yang beredar di pasaran biasanya telah mencantumkan keterangan dikemasannya. Seperti di salah satu produk yang mencantumkan nomor untuk masing-masing jenis kulit :

  • 01 Putih
  • 02 Kuning langsat
  • 03 Kuning atau sawo matang
  • 04 Kuning langsat agak kemerah-merahan
  • 05 Kemerah-merahan (Suntan)
  • 06 Putih kemerah-merahan (antara 01 dan 05)
  • 07 Merah
  • 08 Kulit sawo
  • 09 Kulit sawo matang
  • 10 Kulit gelap

Untuk jenis produk ini, pilihlah bedak yang khusus untuk kulit sawo matang, yaitu kuning atau sawo matang, kulit sawo dan kulit sawo matang. Biasanya produk bedak memang dibuat sesuai jenis kulitnya. Jadi kalau kulit sawo matang, ada baiknya tidak memilih bedak khusus yang lain seperti putih. Yang ada malah tidak cocok dan akan membuat wajah terlihat kusam. Kulit sawo matang yang mempunyai kesan hangat, kuat dan penuh energi ini lebih pas menggunakan bedak  yang natural beige atau yang terkesan natural sesuai dengan warna kulit.

Pilih bedak sesuai dengan jenis kulit

Tidak hanya memilih bedak sesuai dengan warna kulitnya, tapi perhatikan juga jenis kulit kita. Kita harus tahu apakah kulit kita cenderung normal, berminyak, kering, sensitif atau kombinasi.

Sponsors Link

  1. Untuk kulit sawo matang yang berjenis kulit normal, dapat memilih jenis bedak apapun.  Kita bisa pakai bedak padat maupun bedak tabur. Pilih bedak yang warna natural beige, agar terkesan natural sesuai dengan warna kulit dan tidak memberikan kesan kusam dan kontras.
  2. Untuk kulit sawo matang yang cenderung berminyak, pilih loose powder atau bedak tabur. Karena bedak tabur dapat mengurangi kadar minyak pada wajah. Hindari pemakaian compact powder dan two way cake, sebab dapat meningkatkan minyak di wajah. Karena kulit berminyak cenderung berkesan mengkilat, karena itu pilih bedak yang warnanya lebih gelap dari warna kulit atau warna yang serupa dengan foundation yang digunakan. (Untuk mengurangi minyak dan jerawat, baca juga : Manfaat Menthol Untuk Kecantikan Wajah)
  3. Sementara itu untuk kulit sawo matang yang cenderung kering, ada baiknya pilih bedak padat yang sudah mengandung pelembab. Atau kalau tidak ada, bisa menggunakan pelembab dulu di wajah sebelum pemakaian bedak, dan setelah bedak baru memakai foundation. Warna bedak yang digunakan yaitu satu tingkat lebih gelap dari warna kulit. (Untuk mengatasi kulit kering baca juga : Pelembab untuk Kulit Kering dan Kusam, Manfaat Kiwi bagi Kulit Wajah)
  4. Untuk kulit sawo matang yang sensitif, disarankan untuk melihat terlebih dulu kandungan apa saja yang terdapat di dalam bedak sehingga tidak menimbulkan iritasi kulit, alergi dan lain sebagainya. Pilih bedak yang ringan dan tidak terlalu berat kandungannya, serta warna bedak bisa memilih warna yang natural sesuai warna kulit. (Baca juga : Manfaat Oatmeal untuk Wajah Sensitif Setiap Hari)
  5. Sedangkan untuk kulit sawo matang berjenis kombinasi, gunakan pelembab di area wajah yang kering, sedangkan di arena berminyak tidak perlu dipakai atau gunakan tipis saja. Lalu ratakan dengan bedak dan foundation, sehingga permukaan wajah merata tidak ada yang lebih kering atau berminyak. Pemilihan warna bedak juga dipilih yang natural.

Jadi memilih bedak yang tepat bagi kulit sawo matang, pada umumnya adalah bisa dipilih sesuai yang tertera di produk khusus kulit sawo matang, atau rata-rata warnanya yang natural. Setelah itu kita tinggal memilih bentuk bedaknya apakah yang bedak tabur atau bedak padat, yang disesuaikan dengan jenis kulit kita. Warna kulit sawo matang sudah terkesan eksotis dan pemakaian bedak bernuansa natural ini untuk mengangkat kesan alami dari kulit wajah sehingga terlihat lebih cerah.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Thursday 28th, April 2016 / 06:02 Oleh :
Kategori : Tips