Categories
Rambut

Apakah Rambut Sintetis Bisa Diwarnai Dengan Aman

Rambut palsu bukanlah item kecantikan yang asing bagi para wanita, bahkan juga bagi para pria. Modelnya yang beragam memungkinkan seseorang untuk tampil beda setiap kalinya tanpa perlu repot menata atau mengubah warna rambut secara manual. Jika Anda sedang mencari cara yang lebih hemat untuk menambahkan volume atau panjang rambut, mungkin pilihan akan jatuh kepada rambut sintetis atau yang biasa dikenal sebagai wig. Bisa jadi Anda pada awalnya merasa sangat puas dengan wig tersebut karena dapat memberikan warna rambut untuk kulit gelap atau warna rambut untuk kulit kuning langsat dalam sekejap mata saja.

Namun lama kelamaan Anda bisa mulai merasa jemu pada penampilannya yang begitu – begitu saja, kemudian timbul niat untuk menyemarakkan penampilannya sedikit agar tidak membosankan. Cara untuk mengubah penampilan rambut palsu tentunya dilakukan dengan jalan mengecatnya. Mulai dari warna – warna netral sampai warna neon sekalipun, warna memiliki kekuatan untuk mengubah penampilan sesuatu secara dramatis, termasuk pada warna rambut yang dipilih oleh seseorang yang juga dapat memberikan kesan berbeda – beda pada pemakainya tergantung warna yang digunakan.

Bisakah Mewarnai Rambut Palsu

Jika Anda pernah mencoba mengecat rambut sintetis dengan cat rambut asli atau pewarna rambut alami, Anda mungkin akan mendapati bahwa hal tersebut tidak berjalan dengan lancar. Cat rambut dibuat untuk rambut asli dan bukan serat sintetis yang membuat rambut palsu dan rambut ekstensi. Oleh karena itu, cat rambut tidak akan bereaksi dengan baik pada rambut palsu walaupun menggunakan pewarna rambut yang bagus dan awet atau  cat rambut untuk kulit kepala sensitif sekalipun. Karena kebanyakan cat rambut mengandung amonia atau pemutih, maka bahan- bahan ini akan menghancurkan rambut sintetis tersebut. Itulah sebabnya mengapa rambut palsu dibuat dalam banyak pilihan warna, karena mengecatnya merupakan kegiatan yang beresiko.

Walaupun untuk rambut palsu selalu saja ada inovasi yang bagus, kesimpulannya tetap sama bahwa Anda tidak dapat mengecat rambut palsu dengan mulus. Memaksakan untuk mengecat rambut palsu dengan cat rambut asli hanya akan merusak rambut sintetis tersebut. Maka pertanyaan apakah rambut sintetis bisa diwarnai sudah terjawab, yaitu tidak dapat diwarnai dengan menggunakan cat yang dibuat untuk rambut asli. Banyak tutorial untuk mengecat rambut sintetis yang ada di internet, mulai dari menggunakan cat akrilik, pewarna kain, bahkan spidol. Kenyataannya, peralatan tersebut harusnya digunakan pada kegiatan kerajinan tangan, bukan pada bahan wig sintetis berkualitas tinggi. Pada akhirnya, cara – cara tersebut akan beresiko memperpendek rentang pemakaian rambut sintetis Anda.

Mengecat Rambut Sintetis

Teknik pewarnaan rambut sintetis menggunakan cat akrilik atau spidol bisa Anda coba hanya pada rambut sintetis yang lebih murah untuk mengurangi resiko pengeluaran yang lebih besar. Pada umumnya, teknik ini digunakan untuk acara – acara seperti pesta topeng atau yang membutuhkan kostum. Apabila Anda tetap ingin mencoba mengecatnya, berikut ini adalah cara mewarnai rambut sintetis:

  • Menggunakan Cat Kain

Campur 4 ons cat kain dengan satu galon air. Pastikan untuk mengecek instruksi pada kemasan cat tersebut, seperti suhu air yang menjadi faktor menentukan dalam proses mewarnai. Rendam rambut sintetis dalam campuran air dan cat sepenuhnya dan biarkan selama 45 menit. Bilas dan beri kondisioner lalu peras kelebihan airnya. Pastikan apakah Anda sudah mendapatkan warna yang tepat dan jika tidak, ulangi proses mengecatnya sampai warna yang diinginkan sudah didapatkan.

  • Menggunakan Cat Akrilik

Serat sintetis dapat diwarnai menggunakan kombinasi tinta dan alkohol yaitu menggunakan cat akrilik dan alkohol isopropil. Campur kedua bahan secukupnya dengan memasukkan tinta akrilik ke dalam botol semprot dan tambahkan alkohol. Jumlah alkohol yang digunakan tergantung pada seberapa terang Anda ingin mendapatkan hasil warnanya. Gunakan lebih banyak alkohol untuk warna yang lebih terang dan sedikit alkohol untuk warna yang lebih jelas dan kaya. Gunakan sarung tangan dan aplikasikan cat pada rambut sintetis tersebut dengan menyemprotnya secara merata. Pakai sisir untuk meratakan cat dan pastikan Anda menyemprotkan cat ke semua bagian dan lapisan rambut.

  • Spidol Sharpies

Anda juga dapat membuat cara yang mirip dengan alkohol dengan tinta dari spidol Sharpies yang merupakan spidol berbahan alkohol.

  • Gunakan tang untuk mencabut tinta sharpie keluar dari tubenya.
  • Lalu gunakan cutter untuk membuka wadah tinta dan tuangkan ke dalam botol semprot lalu tambahkan alkohol sesuai keperluan.
  • Biarkan mengendap sementara, semakin lama semakin baik. Paling baik adalah untuk membiarkannya semalaman.
  • Anda dapat mengaplikasikannya dengan cara yang sama ketika menggunakan cat akrilik.

Apakah rambut sintetis bisa diwarnai sebenarnya tergantung kepada keahlian orang yang mewarnainya. Jika proses mewarnai tidak dilakukan dengan benar, tetap ada kemungkinan bahwa rambut sintetis bisa menjadi rusak. Waspadai bahaya rambut sambung yang juga bisa dialami dengan menggunakan rambut sintetis berupa kusut dan lain sebagainya, terlebih jika rambut sambung tersebut juga dicat yang bisa beresiko menimbulkan bahaya cat rambut. Ketika Anda sudah merasa puas dan cocok dengan hasil warna pada rambut sintetis, maka waktunya mengeringkan secara alami di udara terbuka. Cat kemungkinan akan menetes jadi sebaiknya Anda menutupi tempat mengecat dengan alas yang memadai. Biarkan mengering setidaknya satu jam atau lebih lama. Untuk mengetahui tingkat kekeringan catnya, Anda bisa merabanya dengan tangan. Ketika sudah kering, bilas di dalam air dingin sampai airnya bersih. Pastikan tintanya sudah bersih agar tidak mengotori pakaian Anda nantinya, termasuk pada bagian kulit kepala sintetisnya. Kemudian keringkan lagi di udara terbuka dan sikat agar rapi kembali.