6 Macam Masker Alami Untuk Kulit Kering dan Sensitif

Para wanita pastinya tahu bagaimana sulitnya merawat kulit wajah yang kering. Tidak ada pelembab atau krim yang sepertinya dapat bekerja dengan baik. Memiliki kulit kering apakah itu disebabkan karena penuaan, masalah kulit atau faktor lingkungan, tetap saja rasanya mengganggu karena tidak nyaman dan gatal. Daftar penyebabnya bahkan bisa diperpanjang lagi berdasarkan kebiasaan kita sehari – hari, misalnya cuci muka dengan air panas, menggosok wajah dengan kasar, kurang minum, dan lain sebagainya.

Kondisi kulit kering adalah kulit yang kekurangan pelembab di lapisan terluarnya. Jika dibiarkan tidak dirawat, kulit kering dapat menjadi pecah – pecah dan infeksi. Kekurangan kelembaban di kulit merupakan hasil dari pengurangan asam lemak atau lipid di kulit yang bertanggung jawab untuk mengunci kelembaban dan menjaga kulit tetap lembut dan kenyal. Menjaga kulit kering tetap lembab adalah suatu hal yang penting, namun perawatan kulit yang produknya dibeli di toko bisa berharga mahal atau sama sekali tidak efektif.

Bahan Alami Untuk Merawat Kulit Kering

Walaupun ada banyak produk perawatan kulit yang tidak terhitung, ramuan alami mungkin saja akan lebih bagus untuk dicoba. Produk yang siap pakai memang mengandung banyak bahan untuk merawat kulit kering, tapi juga mengandung banyak bahan kimia dan pengawet, yang sering ditemukan pada produk berbahan dasar air. Selain itu kandungan produk berupa alkohol dan pewangi buatan juga dapat menyebabkan reaksi yang mengakibatkan kulit kering. Bahan – bahan alami yang dapat ditemukan di rumah bisa digunakan sebagai masker alami untuk kulit kering yaitu:

1. Alpukat

Membuat ramuan masker alpukat adalah salah satu cara untuk menenangkan kulit yang kering, juga cara melembabkan wajah yang kering dan kusam. Anda dapat menggunakan setengah buah alpukat yang dihancurkan sampai menjadi puree dan mencampurnya dengan satu sendok minyak zaitun. Anda juga dapat menambahkan satu sendok makan madu untuk kulit yang sangat kering. Oleskan masker alami untuk kulit kering tersebut di wajah lalu biarkan selama 15-20 menit. Bilas sampai bersih setelahnya.

2. Lidah buaya

Tanaman ini sering disebut sebagai ramuan untuk kulit terbakar matahari, namun lidah buaya juga bisa sangat membantu sebagai masker alami untuk kulit kering. Cara kerja masker untuk kulit kering mengelupas menggunakan lidah buaya yaitu dengan mengurangi kemerahan dan iritasi yang berhubungan dengan kekeringan kulit yang parah dan bahkan mengurangi tanda – tanda penuaan dan juga jerawat. Namun ada pula efek samping lidah buaya untuk wajah yang bisa terjadi pada orang – orang dengan alergi kulit, maka sebaiknya melakukan tes alergi sebelum mencobanya sebagai masker wajah.

3. Susu bubuk

Susu yang merupakan bahan utama untuk membuat mentega atau yogurt, juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering karena mengandung lemak sehat dan asam amino yang dapat membuat kulit tetap terhidrasi dan lembab. Siapkan dua sendok teh susu bubuk, satu sendok makan madu, sejumput bubuk kunyit dan air. Cara membuat masker wajah untuk kulit kering dengan susu bubuk yaitu: Campur susu bubuk dengan madu dan kunyit lebih dulu, lalu tambahkan air dan aduk sampai rata. Gunakan pada wajah Anda, biarkan mengering sepenuhnya sebelum mencucinya. Lakukan dua kali seminggu.

4. Pisang

Pisang dapat menjadi masker untuk kulit kering dan flek hitam karena mengandung zat yang melembabkan, juga anti keriput. Minyak kelapa juga mengandung banyak lemak yang bisa melembabkan kulit. Siapkan setengah buah pisang matang dan satu sendok makan minyak kelapa. Hancurkan pisang lalu tambahkan minyak kelapa dan aduk sampai menjadi pasta. Gunakan masker pada wajah dan biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air dingin, lakukan 1-2 kali seminggu.

5. Kunyit

Kunyit mengandung bahan aktig yang dinamakan curcumin yang memiliki banyak keuntungan dan manfaat, antara lain untuk memulihkan dan melembabkan sel kulit, memperbaiki tekstur kulit dan mencerahkan, juga cara melembabkan wajah kering dan bersisik. Siapkan setengah sendok teh bubuk kunyit, satu sendok teh madu murni dan satu sendok teh yogurt full fat. Campur semua bahan sampai menjadi pasta yang lembut. Oleskan pada kulit wajah dan biarkan mengering selama 15 menit. Bilas dengan air dingin. Lakukan 1-2 kali seminggu.

6. Cokelat

Coklat menjadi salah satu dari bahan yang memiliki banyak manfaat untuk kulit dengan memperbaiki aliran darah di bawah kulit dan menjaga kesehatan kulit yang optimal karena mengandung antioksidan serta anti radang, dapat menjadi cara mengatasi wajah keriput dan kering. Siapkan lima sendok makan bubuk coklat, lima sendok makan madu dan dua sendok makan tepung maizena. Campur semuanya sampai menjadi pasta yang lembut. Oleskan sebagian pada wajah dan biarkan selama setengah jam, lalu bilas dengan air hangat. Simpan sisanya dalam wadah kedap udara. Ulangi perawatan dua kali seminggu sebelum mandi.

Selain menggunakan masker alami untuk kulit kering, Anda juga perlu melakukan pencegahan dalam perawatannya dengan melakukan cara untuk melembabkan kulit. Kulit Anda adalah tahap pertama pertahanan melawan bakteri dan virus. Ketika kulit menjadi gatal, infeksi dapat terjadi. Anda mungkin bisa menggunakan pelembab yang bagus sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit Anda, walaupun tidak ada masalah kulit yang dialami. Faktanya, memelihara kulit sehat setiap hari merupakan cara terbaik untuk mencegah jerawat bermunculan di kulit kering. Ingatlah bahwa kulit kering juga bisa menjadi salah satu tanda kondisi yang lebih serius. Jika perawatan rumahan tidak membantu, Anda mungkin perlu menemui dokter untuk mendapatkan resep perawatan untuk mengatasi masalah kulit kering tersebut.