15 Masker untuk Kulit Kering Mengelupas

Sekarang ini banyak sekali perawatan untuk kulit mulai dari luluran, pembersih, pelembap dan masker. Masker pada bagian kulit lebih tepatnya digunakan sebagai sumber nutrisi dari luar. Karena pemakaian masker umumnya hanya untuk bagian terluar kulit saja. Masker yang digunakan bisa dipilih dari bahan-bahan alami yang telah disediakan dari alam. Alasannya karena masker yang terbuat dari bahan alami lebih aman dan sudah lama digunakan sejak dulu sekali.

Namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan masker untuk kulit, yaitu jenis kulit yang Anda alami. Jika kulit Anda cenderung kering atau disebut juga dengan kulit kering, dimana kulit kering ini akan mudah sekali keriput akibat tidak adanya kelembapan di lapisan luar kulit. Kulit kering juga terlihat kusam dan bersisik. Nah, untuk itu yang Anda perlukan adalah masker bahan alami seperti berikut ini :

1.Oatmeal

Pertama masker yang bisa Anda gunakan untuk kulit kerng mengelupas adalah masker yang terbuat dari oatmeal. Oatmeal merupakan gandum utuh yang sudah diolah untuk dikonsumsi. Namun siapa sangka ternyata oatmeal juga bisa dijadikan sebagai masker. Cara untuk membuat masker dari oatmeal ini sebagai berikut :

  • Tuang sekitar dua sendok makan oatmeal ke piring kecil.
  • Masukkan air hangat untuk melarutkan oatmeal tersebut.
  • Jika sudah tunggu hingga air hangat tadi menjadi dingin.
  • Setelah dingin baru balurkan keseluruh kulit secara merata selama 30 menit.
  • Kemudian baru bilas hingga bersih dari kulit.

Manfaat oatmeal untuk wajah sensitif juga baik sekali Anda gunakan sebagai masker sehari-hari.

2. Lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan sudah lama digunakan, terbukti banyak sekali produk dipasaran yang berbahan dasar dari lidah buaya. Ini karena dalam lidah buaya terkandung gel yang kaya akan vitamin c, vitamin a, antioksidan, anti iritasi dan anti peradangan. Nah, manfaat lidah buaya untuk kulit kering mengelupas sebagai masker dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Ambil satu batang lidah buaya kemudian kupas kulitnya dan bersihkan dengan air.
  • Lalu ambil gel yang terkandung didalamnya dan oleskan pada wajah selama 30 menit.
  • Kemudian baru bilas hingga bersih.

Itulah langkah dalam menggunakan masker dari lidah buaya.

3. Madu

Masker untuk kulit kering yang mengelupas ketiga adalah menggunakan madu. Cairan madu ini memiliki kandungan vitamin c dan antioksian didalamnya, yang berfungsi untuk memberikan kelembapan alami bagi kulit dan menutrisi kulit dari dalam. Sudah sejak lama manfaat madu untuk wajah dirasakan manfaatnya. Selain itu manfaat madu untuk kulit tubuh juga sering digunakan sehingga sering ada sebutan mandi madu. Adapun cara untuk menggunakan masker madu ini antara lain :

  • Bersihkan kulit terlebih dahulu dengan menggunakan pembersih.
  • Lalu oleskan madu bagi seluruh kulit dan diamkan selama 30 menit.
  • Jika sudah baru bersihkan kulit secara keseluruhan.

Selain menggunakan masker madu untuk kulit, cara melembapkan bibir dengan madu dapat Anda coba sendiri dirumah dengan mengoleskannya langsung ke bibir. Cara ini berguna untuk membuat warna bibir merah dan lembap secara alami. 

4. Jeruk nipis

Selanjutnya adalah masker dari jeruk nipis yang kaya akan vitamn c, vitamin c berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit. Biasanya manfaat buah jeruk nipis untuk wajah berguna juga untuk mengecilkan pori-pori pada wajah. Bagian dari jeruk nipis ini yang dijadikan masker untuk kulit kering mengelupas adalah air perasannya. Caranya belah dua jeruk nipis kemudian peras hingga mengeluarkan air dan letakkan diatas piring kecil. Diamkan sekitar 30 menit pada kulit Anda. Namun efek samping masker jeruk nipis ini dapat menimbulkan rasa perih pada kulit jika kulit mengalami luka luar.

5. Pepaya

Manfaat masker pepaya untuk kulit kering mengelupas dapat membantu melembapkan kulit yang kering. Dalam satu buah pepaya terkandung berbagai macam vitamin seperti vitamin a, vitamin c, enzim papain, kaya serat dan antioksidan. Adapun cara membuat masker pepaya untuk kulit kering mengelupas langkah-langkanya adalah sebagai berikut ini :

  • Kupas kulit buah pepaya dan pisahkan dari bijinya.
  • Setelah itu haluskan daging buah pepaya ini hingga lumat.
  • Jika sudah halus oleskan pada kulit secara merata dan tunggu hingga 30 menit.
  • Kemudian baru bilas hingga bersih.

Manfaat pepaya untuk kulit sebagai masker ini dapat Anda lakukan sendiri dirumah sambil menikmati waktu santai Anda.

6. Alpukat

Manfaat alpukat untuk kulit kering mengelupas dapat dilakukan dengan membuat masker dari buah alpukat. Buah ini sendiri memiliki warna yang hijau dan isi daging yang segar sekali. Karena kulitnya yang tebal dapat dipastikan isi daging buah alpukat bebas dari peptisida. Buah ini kaya akan lemak tak jenuh yang baik untuk kulit. Selain itu manfaat avokad untuk rambut juga bisa Anda dapatkan dari masker ini. Adapun berikut ini cara membuat masker dari alpukat antara lain :

  • Belah dua buah alpukat dan keruk isi buahnya dengan menggunakan sendok.
  • Lanjut haluskan buah dengan blender baru oleskan pada kulit kering mengelupas.
  • Setelah itu diamkan selama 30 menit baru bilas dengan menggunakan air yang bersih.

Nah, itulah cara-cara untuk membuat masker dari buah alpukat.

7. Strawberry

Buah strawberry memiliki warna merah dan rasanya yang manis-manis asam. Buah ini bisa dijadikan sebagai masker untuk mengatassi kulit yang kering mengelupas secara alami. Buah ini juga kaya akan antioksidan yang dapat menangkal serangan bebas penyeban penuaai dini dikulit. Cara mencegah penuaan dini dengan masker strawberry ini sangatlah mudah, berikut ini cara membuat masker dari buah strawberry untuk kulit kering dan mencegah penuaan dini antara lain :

  • Cuci bersih terlebih dahulu buah ini dan bersihkan juga daun atas yang menempel pada buahnya.
  • Lanjutkan dengan blender buah ini dengan diberi sedikit tambahan air.
  • Baru kemudian dioleskan pada kulit kering secara merata dan tunggu hingga 30 menit.
  • Setelah itu baru bilas masker strawberry hingga bersih.

Masker dari buah strawberry ini juga dapat dijadikan sebagai scrub wajah alami. Cara membuat scrub wajah dengan strawberry hampir sama dengan cara membuat masker dari buah strawberry.

8. Mentimun

Cara kedelapan adalah dengan menggunakan masker mentimun untuk mengatasi kulit kering mengelupas. Biasanya kulit kering terjadi akibat kurangnya asupan air minum dan panas matahari yang menyengat kulit. Manfaat mentimun untuk wajah sama dengan manfaat masker mentimun untuk kulit. Mentimun merupakan jenis sayuran yang tinggi kandungan airnya, sehingga buah ini juga cocok dijadikan sebagai lalapan. Nah, untuk Anda yang ingin tahu cara membuat masker dari mentimun berikut ini langkahnya :

  • Kupas kulit mentimun hingga bersih dan cuci.
  • Lalu haluskan buah ini dengan menggunakan blender.
  • Setelah halus baru kemudian tempelkan pada kulit yang kering dan biarkan selama 30 menit.
  • Jika sudah 30 menit baru bilas masker mentimun dari kulit hingga bersih.

Itulah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuat masker dari mentimun.

9. Bengkuang

Manfaat bengkoang untuk kulit kering dan mengelupas dapat dilakukan dengan mengolah bengkuang sebagai masker. Buah tropis ini memiliki manfaat untuk mendinginkan dan memutihkan kulit secara alami. Itu sebabnya bengkuang sering dijadikan sebagai bahan dasar lulur. Cara membuat lulur bengkoang dapat Anda praktekkan sendiri dirumah karena membuatnya mudah sekali. Adapun cara membuat masker bengkoang antara lain adalah sebagai berikut :

  • Kupas kulit bengkuang hingga bersih baru kemudian cuci bersih buahnya.
  • Lanjutkan dengan menghaluskan daging dari bengkuang.
  • Lalu balurkan sebagai masker untuk kulit kering dan mengelupas.
  • Tunggu masker bengkuang ini selama 30 menit baru kemudian bilas dengan menggunakan air yang bersih.

Cara menggunakan masker bengkuang ini dapat Anda lakukan sendiri dirumah sambil menikmati waktu luang.

10. Lemon

Manfaat lemon untuk kulit kering dan mengelupas juga dapat diatasi karena lemon memiliki kandungan vitamin c yang tinggi. Masker dari lemon ini dapat Anda peroleh dari air buah lemon yang diperas terlebih dahulu. Lalu oleskan air lemon tersebut pada seluruh kulit secara merata. Diamkan perasan air lemon tersebut selama lebih kurang 30 menit. Jika sudah 30 menit baru bilas dengan bersih. Untuk ajah nuah ini juga memiliki efek samping untuk wajah terutama saat kulit wajah terluka. Maka, hal ini dapat mengakibatkan rasa perih saat Anda mengoleskan air perasan lemon tersebut pada wajah.

11. Minyak zaitun

Minyak zaitun berasal dari buah zaitun yang diolah dan dimanfaatkan dalam dunia kecantikan. Sekaran ini sudah banyak produk yang mengemas minyak zaitun secara alami sehingga Anda hanya tinggal menggunakannya lagi. Minyak zaitun kaya akan vitamin e yang dapat melembapkan kulit kering dan mengelupas. Adapun cara menggunakan minyak zaitun untuk kulit kering mengelupas sama dengan cara menghilangkan kerutan di wajah dengan minyak zaitun dan cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan minyak zaitun. Caranya tuangkan minyak zaitun secukupnya ke atas telapak tangan. Dan oleskan pada kulit yang kering mengelupas. Ulangi pengolesan minyak tersebut jika Anda merasa kulit Anda sudah kembali kering lagi.

12. Putih telur

Manfaat putih telur untuk wajah sudah lama digunakan secara alami untuk mengencangkan wajah. Selain itu ternyata putih telur juga dapat mengatasi kulit kering mengelupas secara alami. Berikut ini cara membuat masker dari putih telur antara lain :

  • Sisihkan antara putih telur dengan kuning telur, gunakan putih telur dan kocok hingga berbusa.
  • Setelah itu baru balurkan pada kulit secara merata dan diamkan selama 30 menit.
  • Jika sudah 30 menit dan masker telah mengencang baru bilas dengan air.

Mudah sekali bukan untuk membuat masker putih telur untuk kulit kering dan mengelupas.

13. Pisang

Manfaat pisang untuk kulit kering dan mengelupas di dapatkan dengan membuat masker pisang. Caranya cukup mudah Anda yaitu :

  • Kupas kulit dari buah pisang.
  • Haluskan buah pisang dan oleskan pada kulit secara merata.
  • Diamkan selama 30 menit dan baru bilas hingga bersih.

Gunakan masker dari buah pisang ini saat kulit mulai terasa kering.

14. Tomat

Masker alami berikutnya adalah manfaat tomat untuk kulit kering mengelupas. Caranya adalah dengan menghaluskan buah tomat dan balurkan keseluruh kulit secara merata. Biarkan masker tomat tersebut selam 30 menit. Jika sudah kering baru bilas hingga bersih masker tomat tersebut.

15. Daun jambu

Terakhir adalah menggunakan masker dari daun jambu biji. Adapun untuk membuat masker ini Anda tinggal memetik langsung daun pucuk jambu biji dari batangnya. Setelah itu haluskan dengan menggunakan blender daun tersebut. Lanjut dengan balurkan keseluruh tubuh Anda baru kemudian bilas hingga bersih.