15 Efek Samping Masker Jeruk Nipis

Bahan alami memang tergolong aman karena tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi kulit dalam jangka waktu yang panjang. Salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk wajah adalah masker jeruk nipis. Jeruk nipis memiliki kandungan berupa :

  • Vitamin a yang baik untuk menjaga kesehatan mata.
  • Vitamin b yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Vitamin c yang berperan untuk mencerahkan kulit wajah.
  • Asam folat yang baik untuk nutrisi ibu hamil bagi janin.

Dari kandungan tersebut diatas vitamin c adalah kandungan yang paling tinggi yang terdapat didaalam jeruk nipis. Jeruk nipis dapat dijadikan sebagai salah satu masker alami. Masker jeruk nipis aman digunakan jika Anda tidak mengalami efek samping setelah menggunakannya. Berikut ini beberapa efek samping yang bersifat sementara saat menggunakan masker jeruk nipis antara lain :

1.Tidak cocok untuk kulit sensitif

Efek samping yang pertama untuk penggunaan masker jeruk nipis pertama kali ataupun terlalu sering adalah tidak cocok untuk jenis kulit sensitif. Untuk itu Anda yang berjenis kulit sensitif ada baiknya untuk tidak menggunakan bahan alami ini sebagai masker. Baiknya gunakan bahan alami yang lain yang dapat membantu Anda mendapatkan kulit yang cerah tanpa meninggalkan efek samping.

Baca juga :

2. Kemerahan pada wajah

Efek samping yang kedua bisa timbulnya kemerahan pada kulit wajah. Warna merah tersebut bisa diakibatkan karena masker jeruk nipis yang tidak cocok untuk kulit wajah Anda. Jika sudah terjadi seperti ini ada baiknya untuk menghentikan pemakaian masker dari jeruk nipis ini. Tujuannya untuk tidak memperparah kondisi kulit Anda yang mengalami kemerahan.

Baca juga :

3. Nyeri

Nyeri bisa timbul seperti rasa sakit disekitar kulit yang dioleskan masker jeruk nipis. Nyeri yang muncul bisa intensitas ringan atau berat terkandung dari reaksi ketidakcocokan pada kulit Anda. Jika sudah timbul rasa nyeri memang ada baiknya segera bilas wajah Anda hingga bersih dari masker jeruk nipis tersebut. Setelah itu tidak perlu digunakan lagi karna bisa saja efek samping tersebut berulang kembali.

(Baca juga : Manfaat daun kelor bagi kecantikan)

4. Timbul jerawat baru

Jerawat memang merupakan masalah kulit yang umum dialami hampir setiap orang. Timbulnya jerawat pada wajah secara eksternal akibat dari kelenjar minyak yang aktif dan debu yang menyumbat pori-pori pada wajah. Di sisi lain jerawat juga dapat disebabkan karena faktor internal seperti stres dan perubahan hormon. Namun jerawat ternyata juga dapat timbul akibat menggunakan masker dari jeruk nipis. Jika jerawat Anda timbul setelah pemakaian masker tersebut sebaiknya segera saja dihentikan.

Baca juga :

5. Wajah terasa kering

Efek samping dari jeruk nipis yang kelima adalah wajah terasa kering. Wajah yang terasa kering mengindikasi bahwa kulit mengalami dehidrasi akibat berkurangnya air dan kelenjar minyak pada lapisan kulit bawah. Untuk mengatasi hal ini baiknya selalu mengoleskan pelembap pada wajah yang khusus untuk mengatasi kulit kering. Selain itu jangan lupa untuk minum air putih yang cukup.

Baca juga :

6.  Gatal-gatal pada wajah

Efek samping selanjutnya dari penggunaan masker jeruk nipis untuk wajah adalah wajah terasa gatal-gatal. Wajah yang terasa gatal dapat menjadi salah satu efek samping pemakaian masker ini. Jika wajah Anda terasa gatal setelah menggunakan masker jeruk nipis ada baiknya untuk segera membilas masker dari wajah.

Baca juga :

7. Kulit wajah mengelupas

Selain itu efek samping berikutnya dari penggunaan masker jeruk nipis secara berlebihan adalah menjadikan kulit wajah mengelupas. Pertama mungkin kulit wajah akan terasa mengering, setelah itu baru dilanjutkan dengan kulit wajah mengelupas. Jika sudah seperti ini ada baiknya pemakaian masker jeruk nipis dihentikan saja. Karena takutnya kulit wajah yang mengalami pengelupasan semakin parah dan dapat mengakibatkan penampilan Anda menjadi tidak cantik lagi.

Baca juga :

8. Peka terhadap sinar matahari

Efek samping yang kedelapan berikutnya adalah kulit wajah menjadi peka terhadap sinar matahari. Kulit wajah yang peka terhadap sinar matahari dapat membuat kulit menjadi merah dan perih. Oleh sebab itu jika Anda mengalami efek samping seperti ini hendaknya dihentikan saja pemakaian masker jeruk nipisnya. Peka terhadap sinar matahari juga sebaiknya Ada menggunakan payung atau masker saat keluar rumah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berlebih mengenai kulit. Karena sinar matahari khususnya siang hari memilik kandungan sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker kulit dalam kurun waktu tertentu.

Baca juga :

9. Wajah menjadi bersisik

Kesembilan efek samping dari penggunaan masker jeruk nipis jika tidak cocok dengan kulit Anda dapat mengakibatkan wajah menjadi bersisik. Wajah yang bersisik ini ditandai dengan keringnya kulit wajah akibat penggunaan masker yang tidak cocok. Untuk itu meskipun berasal dari bahan alami ada baiknya penggunaan masker tetap harus diperhatikan. Takutnya nanti tidak cocok untuk kulit wajah Anda. Disisi lain penampilan wajah yang bersisik juga tidak sedap untuk dipandang mata.

Baca juga :

10. Terasa perih di kulit wajah

Kesepuluh efek samping dari menggunakan masker jeruk nipis adalah menyebabkan rasa perih diwajah. Untuk poin ini dapat diminimalisir karena biasanya rasa perih pada wajah hanya bersifat sementara saat pertama pengolesan. Namun jika sudah beberapa detik rasa perih akan hilang sendiri. Rasa perih yang terasa dikulit wajah dapat disebabkan karena adanya luka dalam kulit wajah. Jadi saat terkena dengan air perasan jeruk nipis akan terasa perih sekali.

Baca juga :

11. Membuat pori wajah besar

Masker jeruk nipis dipercaya dapat mengatasi wajah berminyak yang merupakan pangkal penyebab pori-pori pada wajah menjadi besar. Namun pori wajah yang besar ternyata juga dapat disebabkan karena masker jeruk nipis yang dioleskan pdaa wajah. Pori wajah yang besar selain menganggu penampilan juga dapat mengakibatkan lebih cepatnya muncul jerawat dan komedo. Untuk itu sebaiknya penggunaan masker dari jeruk nipis ini tidak dilakukan secara berlebihan. Cukup gunakan masker dari jeruk nipis sebanyak dua kali dalam seminggu saja.

Baca juga :

12. Kulit menjadi kurang halus

Efek samping wajah yang dapat terjadi karena penggunaan masker jeruk nipis berikutnya adalah kulit menjadi kurang halus. Wajah yang halus merupakan impian setiap wanita, karena memiliki wajah yang halus nampak bahwa seorang wanita begitu memperhatikan penampilannya. Namun jika menggunakan masker jeruk nipis terlalu sering efek samping yang mungkin terjadi adalah kulit menjadi tidak halus lagi.

Baca juga :

13. Dermatitis

Efek samping yang ketiga belas untuk pemakaian jeruk nipis sebagai masker secara berlebihan adalah dermatitis. Dermatitis adalah suatu penyakit kulit yang menimbulkan ruam kemerahan pada kulit dan membuat penderita merasa tidak nyaman sama sekali. Dermatitis sebaiknya segera diobati agar tidak semakin parah. Dan jika penggunaan dari masker jeruk nipis yang menyebabkan dermatitis pada kulit Anda ada baiknya untuk tidak menggunakannya lagi.

(Baca juga : Penyebab alergi kulit wajah)

14. Kusam

Penggunaan masker dari jeruk nipis selanjutnya dapat membuat kulit wajah menjadi kusam jika digunakan secara berlebihan. Masker jeruk nipis yang kaya akn vitamin c ini memang memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit wajah. Namun jika terlalu sering menggunakannya kandungan asam pada masker jeruk nipis juga dapat mengakibatkan kulit wajah menjadi kusam. Untuk itu ada baiknya jika kulit Anda terlihat kusam karena pemakaian masker ini, hentikan segera. Idealnya masker dari jeruk nipis ini bisa digunakan dua kali dalam seminggu saja suah cukup.

Baca juga :

15. Iritasi

Terakhir efek samping dari penggunaan masker jeruk nipis adalah iritasi pada kulit. Iritasi merupakan efek samping lanjutan setelah kulit merasa gatal dan munculnya ruam kemerahan pada wajah setelah Anda mengoleskan masker jeruk nipis beberapa saat. Selain itu iritasi yang terjadi ada baiknya segera diobati karena takutnya kondisi kulit menjadi semakin parah. Anda bisa melakukan konsultasi terhadap dokter kulit cara untuk mengatasi iritasi pada wajah Anda.

(Baca juga : Ciri – ciri kulit sensitif)

Itulah beberapa efek samping yang timbul dari penggunaan masker jeruk nipis jika dilihat dari pemakaiannya yang terlalu sering dan tipe kulit Anda. Perlu diingat bahwa efek samping penggunaan masker jeruk nipis ini tidak berlaku pada semua orang. Karena efek samping ini bisa saja hanya terjadi pada beberapa orang dan sangatlah jarang sekali terjadi. Namun ada baiknya Anda tetap waspada dalam menggunakannya sebagai masker. Jika timbul indikasi yang mencurigakan ada baiknya hentikan pemakaian dari masker jeruk nipis ini. Dan untuk yang baru pertama kali ingin mencoba dapat mengaplikasikan terlebih dahulu masker pada lengan tangan bawah. Tunggu beberapa menit jika tidak ada efek samping baru gunakan untuk wajah.

 

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 28th, August 2017 / 04:49 Oleh :
Kategori : Wajah