Sponsors Link

15 Manfaat Sabun Beras untuk Jerawat yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Manfaat sabun beras untuk jerawat memang banyak. Perawatan kecantikan dengan menggunakan beras memang sudah dilakukan sejak lama, termasuk untuk menghilangkan jerawat. Kandungan beras memang sangat baik untuk merawat kecantikan kulit wajah. Selain untuk merawat kulit wajah, Anda bisa menggunakan sabun beras ini untuk seluruh tubuh, lho.

ads

Manfaat Sabun Beras untuk Jerawat

1. Melembabkan Kulit

Kulit yang berjerawat bisa jadi kehilangan kelembabannya. Untuk mengembalikan kelembaban kulit, menggunakan sabun beras dapat menjadi alternatif yang tepat. Sabun beras mampu melembutkan dan menghidrasi kulit. Menggunakan sabun beras juga meningkatkan produksi elastin dan kolagen, sehingga jerawat pada wajah akan cepat sembuh.

Baca juga:

2. Memperlambat proses penuaan dini

Menggunakan sabun beras pada wajah tidak hanya mampu menghilangkan dan menyembuhkan jerawat saja. Jika Anda rutin menggunakannya, wajah Anda akan lembut dan kenyal. Sabun beras dapat memperlambat proses penuaan dini sehingga wajah senantiasa terlihat sehat dan awet muda.

Baca juga:

3. Menyamarkan garis halus dan keriput

Apa lagi masalah kulit wanita selain jerawat? Munculnya garis halus dan kerutan juga salah satu permasalahan yang dihadapi. Terlebih jika kulit Anda berjerawat, masalah akan berlipat ganda bukan? Pakai sabun beras pada wajah untuk menyamarkan garis-garis halus ini. Kulit Anda akan semakin kencang dan garis halus pun akan hilang.

Baca juga:

4. Menyembuhkan jerawat dengan cepat

Sabun beras adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang punya jerawat tumbuh atau jerawat aktif. Kandungan alami asam ricinoleat pada sabun beras dapat melawan bakteri dalam jerawat dan mempercepat proses penyembuhannya. Hanya dalam beberapa hari saja jerawat di wajah Anda akan segera kering dan sembuh.

Baca juga:

5. Memperbaiki kulit yang kering akibat jerawat

Kulit yang terkena jerawat biasanya akan rusak jaringannya. Dampak dari rusaknya jaringan kulit ini beragam. Ada yang membuat kulit seperti berlubang, atau bahkan bertekstur seperti parut. Sebelum itu terjadi, segera lakukan pencegahan dengan menggunakan sabun beras. Tekstur kulit yang kering akibat jerawat dapat diperbaiki oleh sabun beras. Sabun beras mampu mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit yang baru, sehingga kerusakan jaringan kulit dapat segera diperbaiki.

Baca juga:

6. Menghaluskan luka bekas jerawat

Pertanda bahwa jerawat akan sembuh adalah ketika jerawat mulai mengering. Tapi Anda juga harus waspada karena jerawat yang mulai mengering bisa meninggalkan bekas luka. Bekas luka jerawat biasanya kering dan kasar, serta sangat mengganggu penampilan. Asam lemak yang terkandung di dalam sabun beras mampu meresap dengan cepat ke dalam lapisan kulit serta merangsang pertumbuhan jaringan kulit yang lebih sehat di sekitar bekas luka jerawat.

Sponsors Link

7. Menghilangkan jerawat di badan

Jerawat tidak hanya bisa tumbuh di wajah saja. Bagian tubuh lain seperti punggung dan dada juga bisa ditumbuhi oleh jerawat. Penggunaan sabun yang tepat bisa menghilangkan jerawat yang tumbuh di badan. Sabun beras tidak hanya bisa dipakai di wajah saja lho. Sabun ini mempunyai manfaat yang sama jika digunakan di bagian tubuh yang lain. Gunakan sabun beras sebagai pengganti sabun mandi biasa agar jerawat di badan lebih cepat hilang.

8. Mengangkat sel kulit mati

Tahukah Anda bahwa salah satu penyebab jerawat adalah penumpukan sel kulit mati di wajah? Sabun beras sangat ampuh untuk mengangkat sel kulit mati di wajah Anda. Tidak hanya mengangkat sel kulit mati saja, sabun beras juga bisa merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru sehingga kulit tampak lebih sehat.

Baca juga:

ads

9. Mengurangi minyak pada wajah

Kelebihan minyak pada wajah akan menyumbat pori-pori kulit. Ketika sumbatan ini bercampur dengan debu dan kotoran, maka timbullah jerawat. Kelebihan minyak pada wajah sangat rentan menimbulkan jerawat. Gunakan sabun beras secara rutin agar produksi minyak pada wajah dapat lebih terkontrol dan pertumbuhan jerawat dapat segera dihentikan.

10. Membunuh bakteri penyebab jerawat

Sabun beras juga dapat mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun dan kotoran dari kulit wajah. Sabun beras mengandung zat aktif underlynic acid yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mencegah jerawat untuk kembali lagi.

Baca juga:

11. Membersihkan wajah secara menyeluruh

Bagi wanita yang berjerawat, hal terpenting adalah menjaga kebersihan wajah. Proses pembersihan harus dilakukan secara menyeluruh akan wajah bersih sempurna. Sabun wajah secara aktif akan meresap hingga ke pori-pori kulit terdalam dan membersihkannya secara menyeluruh. Dengan kulit wajah yang bersih, jerawat akan segan untuk menempel.

12. Mencegah peradangan pada jerawat

Sabun beras mempunyai sifat anti inflamasi sehingga mencegah peradangan dan kemerahan akibat jerawat. Kulit yang berjerawat biasanya akan memerah, terutama ketika jerawat sedang meradang. Dengan menggunakan sabun beras, peradangan ini dapat dicegah sehingga jerawat dapat sembuh dengan sendirinya.

Baca juga:

13. Mencegah iritasi kulit

Kulit yang berjerawat sangat rentan mengalami iritasi karena banyaknya bakteri yang ada dalam jerawat. Inilah kenapa tidak setiap produk perawatan kulit cocok untuk kulit berjerawat. Sabun beras dengan kandungan yang alami mampu mencegah terjadinya iritasi pada kulit wajah yang berjerawat jika digunakan secara rutin.

14. Memperbaiki jaringan kulit yang rusak

Jaringan kulit yang rusak akibat jerawat dapat dengan mudah diperbaiki oleh sabun beras. Sabun beras mengandung nutrisi alami seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan asam lemak tak jenuh yang sangat baik untuk merangsang pertumbuhan jaringan dan menjadikan kulit lebih sehat.

15. Menyeimbangkan pH kulit

Pada kulit yang berjerawat terdapat banyak bakteri terutama pada area yang berjerawat. Tumbuhnya bakteri pada kulit ini diakibatkan pH kulit yang tidak seimbang. Menggunakan sabun beras secara rutin akan mengembalikan pH alami kulit sehingga kulit lebih sehat dan tidak ditumbuhi bakteri.

Baca juga:

Cara Membuat Sabun Beras Alami di Rumah

Sabun beras sangat mudah didapatkan di pasaran. Namun jika Anda punya kulit sensitif dan rentan alergi mungkin akan ragu untuk membeli sabun yang dijual bebas ini. Berikut resep sederhana untuk membuat sabun beras yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah.

Bahan:

  • 200 gr minyak kelapa (virgin coconut oil)
  • 300 gr castor oil
  • 200 gr susu domba
  • 300 gr tepung beras murni
  • 4 ml minyak aromaterapi (sesuai selera)
  • Air secukupnya
Sponsors Link

Cara membuat:

  1. Larutkan tepung beras dengan air hingga membentuk pasta kental. Jangan terlalu encer, tapi juga tidak terlalu kental.
  2. Campurkan adonan terpung beras dengan minyak kelapa, castor oil, dan susu domba dalam sebuah wadah. Aduk dengan mixer hingga tercampur rata.
  3. Masukkan gliserin secara perlahan, lalu aduk dengan kecepatan tinggi hingga gliserin tercampur dengan rata.
  4. Terus aduk adonan dengan mixer hingga mencapai kekentalan seperti body lotion.
  5. Tuangkan minyak aromaterapi, lalu aduk lagi hingga merata.
  6. Siapkan loyang berbahan aluminium, lapisi dengan kertas minyak agar tidak lengket.
  7. Tuangkan adonan sabun ke loyang, lalu diamkan selama 24 jam.
  8. Setelah 24 jam, adonan akan mengeras. Keluarkan adonan dari loyang dan potong sesuai ukuran yang Anda inginkan.
  9. Sebelum digunakan, biarkan sabun selama 3 sampai 4 minggu agar tahap pembentukannya sempurna.

Tidak sulit bukan membuat sabun beras? Selain dapat dibuat sendiri di rumah, manfaat yang Anda dapatkan juga sangat banyak. Jadi buat Anda yang bermasalah dengan jerawat, yuk coba perawatan alami dengan menggunakan sabun beras buatan sendiri. Dengan demikian Anda jadi tidak perlu lagi khawatir dengan kandungan bahan kimianya bukan?

Perawatan alami memang membutuhkan waktu untuk menunjukkan hasil yang Anda inginkan. Gunakan sabun beras secara rutin dan teratur setiap mandi, maka seiring berjalannya waktu kulit Anda akan bersih dan terbebas dari jerawat. Meski prosesnya agak lama, namun hasilnya akan Anda rasakan dalam jangka waktu yang lebih lama juga. Perawatan dengan bahan kimia memang menunjukkan hasil yang instan, namun jerawat Anda akan tumbuh kembali segera setelah Anda menghentikan perawatan. Selamat mencoba perawatan alami dengan sabun beras ya!

Baca juga:

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 10th, August 2017 / 04:25 Oleh :
Kategori : Review Produk