12 Cara Menghilangkan Daki Secara Alami

Daki adalah sebuah plak yang menghitam atau noda yang sangat susah dibersihkan dan dihilangkan. Banyak penyebab munculnya daki, mulai dari kotoran hingga sel kulit mati. Ya, munculnya daki tidak hanya selalu adanya kotoran yang menempel pada kulit kita. Namun daki juga dapat muncul karena adanya sel kulit kita yang mati. Tubuh kita terdiri dari sel – sel kecil, ketika sel itu menua maka sel tersebut akan mati dan berganti dengan sel baru. Sela yang telah menua dan mati inilah yang akan mengeras dan menjadi daki ketika kita menggosokkan kulit kita. Daki juga dapat terbentuk dari kotoran yang menumpuk pada kulit kita, terutama kulit yang berkeringat. Kotoran ini akan menumpuk dan menumpuk, terutama di bagian selangkangan dan lipatan – lipatan dan akan mengeras dan menebal menimbulkan efek kulit kusam dan menghitam. Cara membersihkan daki sangatlah mudah namun juga susah karena kita harus rajin – rajing membersihkan diri dan membutuhkan waktu yang agak lama. Daki paling suka berkumpul di daerah leher, daerah – daerah lipatan pada badan manusia seperti siku, ketiak, selangkangan, bagian belakang lutut bahkan mungkit juga berada di lipatan bokong. Banyak faktor yang bisa menyebabkan kulit berdaki, misalnya : (Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kusam , Penyebab Kulit Kering dan Kusam)

  1. Adanya gangguan pigmen (zat warna kulit) pada kulit yang cukup umum dan disebut sebagai acanthosis nigircans. Penyakit ini bukanlah infeksi dan tidak menularkan ke manusia lainnya. Ini hanyalah gangguan pada pigmen saja.
  2. Usia yang semakin tua membuat penuaan pada kulit. Usia yang semakin tua adalah penyebab utama perubahan warna gelap pada bagian yang berdaki. (Baca Juga:Cara Mencegah Penuaan Dini)
  3. Sering terkena paparan sinar matahari. Hal ini memacu produksi keringat menjadi tinggi. Keringat – keringat inilah yang akan mengangkut kotoran yang tertempel dan menumpuknya menjadi satu sehingga daki pun bermunculan. (Baca Juga: Manfaat Kiwi bagi Kulit Wajah)
  4. Berbagai penyakit yang menyerang manusia seperti diabetes, penyakit genetika, sindrom polikisti ovarium, dan sebagainya.
  5. Kebersihan diri yang buruk sehingga menyebabkan kotoran dan keringa menumpuk terutama di bagian lipatan – lipatan. Hal ini terjadi karena pada daerah lipatan, intensitas kulit bergesek sangat tinggi akibat dari kebiasaan sehari – hari.
  6. Gesekan baju dalam atau celana dalam pada kulit selangkangan. Penggnaan celana dalam yang ketat dan tidak sering mengganti celana dalam bisa juga menjadi penyebab munculnya daki dan kehitaman pada kulit selangkangan. Hal ini juga memicu munculnya jamur pada kulit.
  7. Bagian tubuh jarang tersentuh sehingga jarang dibersihkan. Bagian punggung merupakan bagian yang sangat jarang disentuh oleh diri kita, sehingga banyak daki atau kotoran yang menumpuk yang sangat susah dibersihkan. Kita bisa saja meminta teman untuk membersihkannya karena memang bagian inilah yang menjadi bagian yang sangat sulit dibersihkan.
  8. Banyaknya sel – sel kulit mati yang menumpuk. Selain karena faktor luar tubuh, faktor dalam tubuh juga mempengaruhi munculnya daki pada kulit. Tubuh terdiri dari jutaan sel kecil. Ketika sel tersebut mati maka sel tersebut akan lepas dan berganti dengan sel baru. begitu juga dengan kulit. Sel kulit mati akan mengelupas dan menebal apabila tidak segera dibersihkan.

Itulah beberapa penyebab munculnya daki pada diri kita. Mungkin bagi sebagian orang tidak risih dengan kemunculan daki, namun ada juga yang sangat risih dengan kemunculan daki pada kulit. Bahkan ada yang sampai bingung mencari solusi mengapa daki muncul setiap hari. Daki memang muncul setiap hari dan juga intensitas dan jumlah daki yang muncul akan berbeda setiap orang tergantung dari kebersihan dan juga jenis kulitnya. Jenis kulit yang mudah berkeringat akan semakin banyak daki yang tertinggal karena keringat banyak membawa kotoran yang menempel. Berikut akan disebutkan beberapa akibat dari munculnya daki. Akibat dari adanya daki antara lain, :

  • Daki akan menyebabkan kulit menjadi kotor dan kusam. Hal ini tentunya kan mengganggu penampilan kita. Daki yang menumpuk, lama kelamaan akan berwarna kehitaman sehingga akan sangat mudah diketahui dan dilihat. Hal ini tentu saja membuat banyak orang menjadi risih dengan kemunculan daki pada tubuh. (Baca Juga: Cara Menjaga Penampilan Diri Wanita)
  • Menimbulkan perasaan gatal, risih, lengket serta bau. Adanya daki membuat kita merasa orang yang paling kotor. Terlebih lagi apabila disertai keringat yang banyak, tentu akan membuat diri kita menjadi risih dan gatal. Selain itu muncul perasaan yang tidak enak karena kulit terasa lengket. Selain tampilan, munculnya daki juga memicu munculnya bau pada badan karena daki merupakan kumpulan kotoran. (Baca Juga: Cara Alami Menghilangkan Bau Badan)
  • Membuat baju terlihat kotor. Tumpukan kotoran dan keringat yang menempel pada baju akan membuat baju menjadi kotor. Terlebih pada area leher, ujung lengan selangkangan dan juga bagian ketiak serta bagian lainnya. Itulah jalur – jalur kotoran menumpuk sehingga pada bagian itu pakaian terlihat lebih kotor dari yang lainnya.
  • Dapat memicu timbulnya penyakit kulit. Pada hakikatnya daki merupakan kotoran. Dan kotoran merupakan sarang penyakit. Dengan menumpuknya daki dan keringat dana memicu munculnya penyakit kulit seperti jamur. Hal ini sangat sering terjadi di daerah leher, punggung dan selangkangan. Selain jamur masih ada penyakit lainnya seperti panu. (Baca Juga: Penyebab Kulit Kepala Gatal)

Demikian beberapa akibat yang timbul karena adanya daki yang menempel pada kulit kita. Tentu membuat risih dan merugikan bukan. Oleh karena itu banyak orang yang mencari berbagai cara untuk membersihkan daki setiap hari. Banyak orang yang mengatasinya dengan mandi setiap hari, mandi dua kali sehari, membeli sabun kecantikan dan lain sebagainya. Para wanita mungkin yang lebih mengkhawatirkan kemunculan daki pada kulit dibanding pria. Karena munculnya daki tentu mengganggu penampilan mereka. Bahkan banyak dari kalangan wanita yang sampai rela menguras uang yang tidak sedikit demi melakukan perawata kulit agar kulit terlihat lebih bersih, sehat, segar serta tak berdaki. Namun apakah hanya dengan cara yang mahal saja untuk menghilangkan daki? Jawabannya adalah tidak. Masih banyak cara sederhana dalam menghilangkan daki yang membandel. Berikut beberapa tips untuk menghilangkan daki degil pada kulit kita. (Baca Juga: Manfaat Aqua Skin Whitening , Pembersih Wajah Alami)

1. Kacang Almond

Kacang almond mengandung vitamin yang penting untuk kesehatan kulit. Kacang almond juga memiliki sifat yang dapat menutrisi kulit dan menghilangkan perubahan warna pada kulit. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan kulit gelap pada leher, ketiak, dan selangkangan. Tempelkan almond untuk menghilangkan kulit berdaki. Berikut beberapa cara untuk memanfaatkan almond dalam menghilangkan daki pada kulit. (Baca Juga: Manfaat Almond Untuk Perawatan Rambut)

  • Cara pertama. Untuk cara yang sederhana, buatlah pasta dengan menggunakan setengah sendok teh almond yang sudah menjadi bubuk dan madu. Oleskan pasta campuran almond bubu dan madu tersebut pada bagian belakang leher, dan diamkan selama 30 menit atau setengah jam. Setelah selesai bilaslah menggunakan air. Lakukan cara ini 2 – 4 kali selama seminggu. Lakukanlah hal yang sama pada daerah ketiak, selangkangan, siku dan bokong untuk menghilangkan daki degil yang membandel.
  • Cara kedua. Hangatkanlah sedikit minyak almond dan pijat – pijatlah pada bagian leher, ketiak, dan selangkangan. Lakukan hal ini selama beberapa kali dalam sebulan untuk meningkatkan sirkulasi darah di daerah – daerah yang telah dioles dengan adonan tersebut. Minyak juga berlaku sebagai pelembab dan akan membuat kulit lebih bersinar dan lebih cantik.
  • Cara ketiga ialah dengan merendam 4 atau 5 buah biji almond selama satu malam. Lalu ketika pagi menjelang, biji – biji almond tersebut digiling hingga lembut dan menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut pada daerah kulit yang berdaki dan gosokkan dengan lembut selama beberapa saat atau menit. Lalu bilaslah dengan air dingin dan cuci hingga bersih. Lakukan hal yang sama 2 atau 3 kali selama seminggu.

2. Aloe Vera (Lidah Buaya)

Aloe Vera atau lidah buaya merupakan sebuah jenis lightener atau pencerah kulit alami yang mempunyai efek melembabkan kulit. Hal ini dapat mencerahkan warna kulit sehingga kulit bisa terlihat sehat dan cantik alami. Dan selain itu, lidah buaya juga dapat mengurangi noda atau bintik – bintik hitam yang membandel pada kulit yang membuatnya terlihat bersih. Lidah buaya juga mengandung antioksidan dan berbaga senyawa lainnya yang mampu membantu dalam perbaikan sel – sel kulit serta menghasilkan sel – sel kulit baru. Jadi lidah buaya mampu membuat kulit lebih awet muda dengan cara meregenerasi sel – sel kulit mati. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena selain kulit lebih bersih, kulit juga akan menjadi terlihat awet muda. Adapun cara yang dilakukan untuk memanfaatkan Aloe Vera atau Lidah Buaya sebagai berikut : (Baca Juga: Manfaat Aloe Vera Untuk Rambut , Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan)

  • Potong dan kupas lidah buaya dari kulitnya.
  • Ambil bagian gel yang ada pada lidah buaya kemudian oles dan gosokkan pada bagian yang akan diperlukan.
  • Pijatlah dengan lembut dan lakukan selembut mungkin.
  • Diamkan selama beberapa menit atau lebih tepatnya sekitar 20 menit.
  • Sesudah 20 menit, cucilah bagian tersebut dengan air yang hangat.

Lakukan langkah – langkah tersebut secara konsisten setiap hari hingga mendapatkan perubahan pada kulit. Itulah cara memanfaatkan Aloe Vera untuk membersihkan daki pada kulit dan juga mencerahkannya.

3. Biji kenari

Biji kenari memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat berguna dan menyehatkan bagi kulit. Biji kenari juga membantu dalam menjaga kelembaban kulit, dan yang terpenting untuk menjaga kesehatan kulit. Biji kenari juga berguna untuk menghilangkan kulit yang gelap dan ramuan ini akan meremajakan kulit dan mengurangi warna gelap yang terdapat pada leher, ketiak dan selangkangan. Scrub yang terbuat dari biji kenari dan yogurt bisa menjadi ramuan yang sangat efektif untuk kulit. Berikut adalah cara untuk membuat ramuan dari biji kenari : (Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kusam , Penyebab Kulit Hitam)

  • Giling atau hancurkan biji kenari.
  • Campurkan biji kenari hasil gilingan dengan yogurt denga perbandingan kira – kira setengah sendok teh biji kenari dengan 2 sendok makan yogurt.
  • Aduk hingga menjadi pasta
  • Oleskan pasta biji kenari dan yogurt pada bagian kulit yang gelap dan berdaki.
  • Gosok dengan lembut selama beberapa menit dan kemudian biarkan hingga mengering.
  • Kemudian cucilah menggunakan air dingin.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini minimal dua kali dalam satu minggu.

4. Mentimun

Mentimun juga mempunyai khasiat dlam memperbaiki penampilan daerah kulit yang gelap akibat daki. Mentimun memiliki sifat yang menenangkan sehingga dapat membantu memperbaiki sel – sel kulit mati dan mengangkatnya serta menambahkan cahaya pada kulit. Ada dua cara dalam memanfaatkan mentimun sebagai pencerah kulit. Berikut adalah cara – cara dalam memanfaatkan mentimun. (Baca Juga: Manfaat Timun Untuk Wajah , Manfaat Timun untuk Mata dan Wajah)

  • Cara pertama. Tempelkan mentimun yang diparut atau jus mentimun ke seluruh bagian kulit yang gelap dan pijat serta gosokkan dengan lembut selama sekitar 10 menit, biarkan sensasi segar dan sejuk menusuk kulit. Diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas.
  • Cara kedua. Campurkan jus mentimun dan jus lemon dengan perbandingan 1 banding 1 lalu tempelkan pada kulit yang berdaki dengan menggunakan bola kapas. Diamkan delama 10 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.

Pilih cara yang lebih mudah dan sesuai menurut selera.

5. Lemon juice.

Lemon memiliki kandungan asam sitrat yang merupakan zat pemutih alami yang membuat kulit terlihat cantik berseri alami. Selain itu lemon juga memiliki vitamin C yang sangat berguna untuk membantu menghilangkan sel – sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Oleh karena itu lemon dapat digunakan sebagai penghilang daki di area sekitar leher, ketiak maupun selangkangan. Caranya adalah sebagai berikut : (Baca Juga: Manfaat Lemon Untuk Kulit , Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah)

  • Peras lemon tanpa tambahan air ke kulit yang gelap menggunakan bola kapas.
  • Tunggu efeknya, jika terbukti memiliki kulit yang sensitif maka tambahkan air untuk mengurangi efek sensitif pada kulit.
  • Diamkan selama 20 menit dan kemudian cuci dengan air dingin.
  • Diamkan bagian yang sudah dioles dan jangan biarkan terkena sinar mentari secara langsung.

6. Oats

Oats atau gandum berfungsi sebagai scrubber kulit yang akan membantu pengelupasan kulit mati. Hal ini cukup efektif dalam mengurangi daki pada area kulit yang muncul di area sekitar leher, ketiak dan juga selangkangan. Bahan lainnya yang digunakan untuk membuat adonan ialah tomat karena tomat memiliki efek untuk mencerahkan kulit. (Baca Juga: Manfaat Oatmeal untuk Wajah Sensitif , Manfaat Tomat untuk Kulit)

  • Cara pertama. Ambil dua sendok teh gandum kemudian giling kasar (jangan sampai halus) dan tambahkan potongan tomat kecil supaya menjadi pasta. Oleskan campuran tersebut pada area kulit yang berdaki dan biarkan selama sekitar 20 menit. Kemudian gosok dan pijat dengan lembut. Bilaslah hingga bersih dengan menggunakan air dingin dan berikan pelembab setelah itu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan cara tersebut dua kali selama seminggu.
  • Cara kedua. Campurkan masing – masing satu sendok makan bubuk gandum dengan bubuk susu dan madu untuk membuat pasta. Oleskan pada daerah gelap daki pada leher, ketiak dan selangkangan atau bagian lainnya. Diamkan selama 20 hingga 30 menit dan kemudian cucilah dengan menggunakan air hangat. Lakukan secara teratur minimal dua kali selama satu minggu.

7. Baking soda

Baking soda berguna sebagai exfoliant kulit yang alami yang membersihkan kulit dan secara perlahan – lahan menghilangkan gelap alias daki. Campuran antara air dengan baking soda terbukti efektif dalam menghilangkan hiper-pigmentasi yang membentuk daki pada area di sekitar kulit tubuh. Caranya adalah sebagai berikut : (Baca Juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Dengan Minyak Zaitun)

  • Campurkan 3 bagian baking soda dengan satu bagian air untuk membuat pasta.
  • Oleskan pada kulit yang berdaki dan biarkan hingga adonan benar – benar meresap pada kulit atau hingga mengering.
  • Bilas hingga bersih kulit tersebut setelah beberapa menit.

Lakukanlah hal seperti ini selama dua kali dalam satu minggu untuk menghilangkan dan mengurangi daki pada kulit hingga mendapatkan kulit cantik yang maksimal.

8. Kulit jeruk

Tidak hanya buah jeruk yang kaya akan kandungan vitamin C, namun ternyata setelah diteliti kandungan pada kulit jeruk juga memiliki jumlah kandungan vitamin C yang banyak. Kulit jeruk memiliki khasiat yang baik dalam menghilangkan daki – daki yang membandel pada kulit. Kulit jeruk juga dapat digunakan sebagai pembersih serta pemutih kulit secara alami. Caranya adalah sebagai berikut : (Baca Juga: Manfaat Buah Jeruk Nipis Untuk Wajah)

  • Cara pertama ialah dengan mengeringkan kulit jeruk dengan tidak menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung. Hindari sengatan sinar matahari secara langsung. Angin – anginkan kulit jeruk hingga mengering. Kemudian giling kulit jeruk yang kering hingga menjad bubuk dan tambahkan dengan susu bubuk dengan menggunakan perbandingan 1:1 pada kulit berdaki lalu aduk hingga merata. Oleskan pasta hingga merata di sekitar area leher, ketiak maupun selangkangan dan biarkan hingga kering dan cuci dengan air dingin. Vitamin C dan antioksidan pada jerk dapat membuat kulit cerah. Sedangkan susu bekerja sebagai pembersih alami untuk memberikan kulit bercahaya di tempat leher gelap.
  • Parutlah kulit jeruk dan tambahkan dengan jeruknya yang telah di jus. Oleskan campuran ini pada kulit yang berdaki dan biarkan selama 10 enit sebelum mencucinya dengan air dingin. Lakukanlah setiap hari.

9. Tepung kacang panjang

Tepung kacang panjang dapat digunakan sebagai scrubber yang cukup baik untuk menyingkirkan bercak kulit gelap yang terdapat pada leher, ketiak dan selangkangan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membuat ramuan tepung kacang panjang disarankan untuk menggunakan kunyit yang berfungsi sebagai antiseptik dan untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada kulit. (Baca Juga: Manfaat Masker Kunyit untuk Kulit Wajah)

  • Caranya adalah dengan mencampurkan dua sendok teh tepung kacang panjang dengan sejumput kunyit yang telah digiling atau diuleg.
  • Tambahkan air dan aduk bahan dengan merata sehingga berubah menjadi sebuah pasta. Oleskan pasta pada bintik – bintik gelap dan berdaki.
  • Biarkan selama 20 menit dan kemudian gosok serta pijat dengan lembut lalu bilas dengan air dingin.

10. Jus kentang

Kentang memiliki enzim catecholase yang berkemampuan untuk memutihkan dan mencerahkan kulit gelap dan membuat kulit terlihat lebih cantik. Caranya adalah sebagai berikut : (Baca Juga: Manfaat Kentang Untuk Kulit Wajah)

  • Cara pertama dengan menggiling kentang lalu tempelkan pada kulit berdaki, biarkan selama 15 menit dan kemudian cucilah dengan air dingin.
  • Cara kedua dengan mencampur ramuan jus lemon dengan jus kentang bersama – sama dan meletakkannya pada area berdaki pada kulit leher, ketiak, selangkangan. Biarkan selama 10 hingga 15 menit dan kemudian bersihkan dengan air dingin.

Lakukan hal tersebut setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Cara ini juga efektif untuk menghapus bintik – bintik gelap bekas jerawat.

11. Air cucian beras

Adapun cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan air cucian beras. Caranya ketika mencuci beras pertama kalinya, gunakan air cucian beras tersebut untuk digosokkan pada kulit dengan lembut dan merata. Setelah 10 menit, bilaslah dengan air bersih. (Baca Juga: Manfaat Air Beras Untuk Kulit , Manfaat Beras Untuk Wajah)

12. Yogurt

Yogurt bisa menjadi alternatif dalam membersihkan kulit. Efek asam pada yogurt dapat menghilangkan kotoran pada kulit. Caranya ialah :

  • Cara pertama dengan mencampurkan yogurt dengan kunyit, perbandingannya 1 banding 1 dengan kunyit sudah dihancurkan. Oleskan pada bagian yang berdaki dan biarkan selama 15 menit dan cucilah dengan air hangat.
  • Cara kedua dengan mencampur yogurt dengan jus lemon, dengan perbandingan yang sama kemudian oles dan biarkan selama 15 menit dan dibilas.
  • Cara ketiga ialah dengan menambahkan susu krim pada yogurt. Oleskan pada kulit yang kotor dan pijat dengan lembut selama 5 menit. Kemudian cuci dengan sabun yang terbuat dari susu atau disarankan menambahkan air jeruk nipis jika dibilas menggunakan air hangat untuk menghilangkan yogurt dan susu krim.

(Baca Juga: Manfaat Air Hangat Untuk Perawatan Wajah)

Lakukan hal tersebut sebanyak dua atau tiga kali seminggu.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan kulit berdaki semoga bermanfaat dan mendapatkan kulit sehat putih dan cerah alami. Terima kasih.