12 Penyebab Kulit Susah Putih dan Cerah

Kebanyakan orang meinginkan kulit yang putih bersih, terutama wanita. Dengan memiliki kulit yang putih, penampilan kalian akan terlihat lebih freshserta bersinar, dan juga menjadi tambah lebih cantik. Kadang kalian telah melakukan banyak hal untuk memutihkan muka serta badan. Seperti melakukan perawatan di salon kecantikan sampai menggunakan pemutih muka serta tubuh. Bahkan bagi beberapa wanita rela melakukan suntik senyawa untuk membuat kulit cepat putih. Bahkan tidak jarang banyak juga yang memilih untuk mengkonsumsi obat pemutih kulit yang banyak dipasarkan. Bahkan beberapa artis yang menginginkan kulit putih sampai melakukan proses pengurangan pigmen dalam kulit agar bisa memperoleh putih secara instan.  (Baca Juga: Bahaya Facial di Salon , Jenis Perawatan Rambut di Salon)

Langkah memutihkan kulit seperti itu termasuk banyak ditawarkan oleh ahli kecantikan. Tapi tidak jarang hal ini beresiko dilakukan dan bisa menimbulkan efek negatif dikemudian hari. Sehingga sangat disarankan untuk melakukan pemutihan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Yang jelas tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Walaupun memang jika menggunakan bahan-bahan alami membutuhkan waktu yang lama untuk melihat hasilnya. Tidak jarang jika prosesnya bahkan membutuhkan waktu bulanan. (Baca Juga : Membuat Masker Alami Untuk Memutihkan Wajah , Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami)

Sebelum kalian melakukan perawatan lebih lanjut, ada baiknya kalian mengetahui terlebih dulu kesalahan Penyebab Kulit Susah Putih, walaupun telah melakukan berbagai perawatan.

1. Faktor Genetika

Keturunan atau faktor genetika menjadi salah satu penyebab terbesar warna kulit kalian. Menurut para analisis, pigmen atau yang kalian kenal dengan warna kulit merupakan keturunan yang sangat sulit untuk dirubah. Karena jika kedua orangtua kalian mempunyai kulit yang tidak terlalu putih atau berkulit sawo matang tentu tidak mengherankan jika kalian juga mempunya kulit seperti itu. Karena jenis kulit kalian biasanya merupakan faktor turunan, seperti misalnya jika kulit ibu kalian mempunyai jenis yang berminyak, maka tidak heran jika kulit kalian juga merupakan jenis kulit yang berminyak. (Baca Juga: Manfaat Buah Jeruk Nipis Untuk Wajah , Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Rambut)

Tapi tidak perlu khawatir, kalian bisa membuat kulit menjadi lebih cerah dan bersinar. Walaupun mungkin tidak bisa mempunyai kulit yang sangat putih seperti artis-artis dari Korea maupun artis-artis lainnya.( Baca Juga : Cara Membuat Masker Air Beras)

2. Gaya Hidup Yang Kurang Sehat

Tidak hanya keturunan saja, gaya hidup yang kurang sehat juga bisa menjadi penyebab kulit kalian susah menjadi putih. Untuk kulit wajah bisa jadi kalian jarang membersihkan muka hingga larut malam tidak membersihkan sebelum tidur. Bisa juga terjadi karena kalian jarang melakukan olahraga, atau hobi merokok kalian. (Baca Juga: Suntik Vitamin C dan Kolagen , Manfaat Vitamin E Untuk Kulit)

Sehingga disarankan sambil melakukan perawatan kulit, jangan lupa untuk memperbaiki gaya hidup kalian ya. Karena perawatan dari dalam juga mempengaruhi hasil akhirnya. (Baca Juga : Manfaat Olahraga Untuk Kecantikan , Cara Membuat Masker Baking Soda)

3. Sering terkena sinar matahari

Jika kalian mau putih jangan melupakan masalah ini, karena sinar matahari salah satu faktor terbesar yang membuat kulit kalian menjadi susah putih. Dari semua penyebab yang membuat kulit kalian menjadi susah putih adalah sinar matahari. Sinar matahari merupakan slaah satu yang paling sering membuat kulit  menjadi terbakar serta rusak. Jadi sebagus atau semahal apapun produk pemutih yang kalian gunakan akan percuma saja kalian masih sering berpanas-panasan saat siang hari. (Baca Juga: Pembersih Wajah Alami , Cara Merawat Kulit Wajah agar Putih)

Saat kalian keluar menggunakan kendaraan bermotor atau kendaraan umum, ada baiknya untuk menggunakan hand body serta tabir surya. Kalian juga bisa menggunakan payung atau jaket agar kulit kalian tidak terpapar sinar matahari. Ini juga akan melindungi kalian dari kotoran, debus serta polusi yang bisa merusak kesehatan kulit kalian. (Baca Juga :  Cara Membuat Masker Buah Naga, Cara Membuat Masker Alpukat Untuk Wajah)

4. Umur

Buat kalian yang berumur kurang dari 11 tahunan, lebih baik bersabar.  Karena umur juga berhubungan erat dengan produksi kolagen dikulit. Senyawa ini biasanya lebih banyak diproduksi saat kalian lagi dalam masa puber. Ini yang membuat anak remaja serta orang dewasa lebih mudah mempunyai kulit putih.(Baca Juga : Cara Memutihkan Wajah , Cara Merawat Kulit Kering)

5. Tidak Memberikan Nutrisi Pada Kulit

Jika kalian ingin mempunyai kulit putih, maka kalian juga harus memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit setiap hari. Pemenuhan nutrisi ini bisa dengan mengkonsumsi suplemen maupun vitamin kulit. Tapi kalian harus ingat, minum suplemen harus seuai aturan agar hasilnya maksimal. Dianjurkan untuk meminum suplemen setelah makan, jangan meminum kopi, teh bahkan susu setelah minum suplemen. Ini dikarenakan bisa menghambat proses penyerapan serta kinerja dari suplemen itu. (Baca Juga : Manfaat Masker Pepaya bagi Kulit ,  Manfaat Madu Untuk Kesehatan Kulit)

6.Kurang istirahat

Begadang sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh, serta kesehatan kulit kalian. Kurang istirahat bisa mengakibatkan kulit menjadi kusam. Bahkan beberapa ahli mengatakan orang yang sering begadang akan sulit mencerahkan kulitnya. Ini dikarenakan kurang tidur akan menyebabkan hormon stres meningkat sehingga memperparah peradangan pada kulit. Serta rasa panas, terjadinya bengkak, nyeri, bahkan gangguan pada organ tubuh.  (Baca Juga: Cara Merawat Wajah Agar Tetap Segar , Manfaat Air Teh Untuk Kecantikan Wajah)

Bahkan ketika kalian kurang istirahat bisa menyebabkan kulit menjadi cepat keriput. Tapi ini merupakan efek dalam jangka panjang yang bisa kalian rasakan.( Baca Juga : Cara Membuat Masker Apel)

7.Pemutih kulit yang digunakan tidak cocok

Produk pemutih termasuk menjadi salah satu faktor penentu. Jika kalian memilih sebuah produk dengan banyak testimoni keberhasilan atau positif. Maka peluang kalian akan cocok dengan produk ini menjadi lebih besar.

Yang menjadi tanda pemutih yang digunakan tidak cocok adalah kalian jarang terpapar sinar matahari tapi tetap tidak putih. Pemakaian produk yang benar serta banyak istirahat tapi tetap tidak putih. Jika sudah begini sangat disarankan untuk mencoba produk lainnya. (Baca Juga :  Manfaat Buah Jeruk Nipis Untuk WajahManfaat Pisang untuk Kulit )

8.Kulit sudah mentok

Kulit memang bisa diputihkan dengan suplemen, cream wajah atau yang lainnya, akan tetapi tidak bisa merubah genetik. Jika anda termasuk genetik kulit hitam ya ga akan bisa putih meski berkonsultasi dengan dokter ahli sekalipun. (Baca Juga : Manfaat Buah Kelapa Untuk Kecantikan , Vitamin untuk Kulit Kering)

9. Pola Hidup

Pola hidup yang tidak benar dan tidak teratur akan berdampakneg buruk terhadap kesehatan. Begitupun  sebaliknya, pola hidup yang terjaga akan berdampak positif pada kesehatan kita. Misalnya terlalu banyak bekerja, mandi tidak teratur, makan tidak teratur, bahkan rutin meminum alkohol, dsb. (Baca Juga :  Cara Membuat Masker Alpukat ,  Langkah Perawatan Kulit Kering)

10. Kurang mengkonsumsi air putih

Buat kalian yang jarang mengkonsumsi air putih bisa membuat kalian mengalami dehidrasi. Serta menyebabkan kulit menjadi kusam, kering dan sulit sekali untuk putih. Mengingat kulit yang baik adalah kulit yang terjaga kelembabannya maka sangat disarankan untuk minum air minimal 8 gelas sehari. (Baca Juga: Cara Membuat Masker Tomat , Cara Membuat Masker Putih Telur)

11. Pola Makan

Buat kalian yang terlalu banyak makan-makanan berlemak, junk food, makanan yang tidak bergizi. Atau makan gorengan, serta mengandung banyak santan. Serta tidak mengimbanginya dengan asupan atau vitamin yang seimbang dan sangat diperlukan tubuh. Akan membuat kulit kalian menjadi kusam serta sulit sekali untuk putih.(Baca Juga : Manfaat Bengkoang Untuk Kulit ,  Cara Membuat Lulur Susu Yang Mudah)

12. Faktor Lingkungan

Jika kalian sering berada ditempat-tempat kumuh serta tidak sehat. Jangan kaget jika debu-debu dilingkungan tersebut bisa membuat kulit kalian menjadi tidak sehat. Ini dikarenakan debu bisa menempel di kulit kalian yang berminyak, sehingga menyumbat dan menutup pori-pori kulit. Inilah yang membuat kulit kalian menjadi sulit untuk putih.(Baca Juga : Merawat Wajah Agar Tidak Kusam, Cara Merawat Wajah Agar Putih)