20 Manfaat Ketumbar Untuk Kecantikan Wajah dan Rambut

Ketumbar merupakan salah satu bumbu masak yang paling sering digunakan untuk membumbui makanan. Biji ketumbar merupakan tanaman yang bisa tumbuh di daerah pegunungan. Ketumbar (Coriandrum sativum) sendiri memiliki bentuk seperti biji kecil-kecil dengan diameter 1-2 mm. Daunnya yang hampir menyerupai seledri itu seringkali dijadikan bahan taburan oleh orang thailand untuk masakan seperti sup atau salad. Bumbu masak ini mempunyai kandungan vitamin yang banyak seperti vitamin A, B1, C dan masih banyak lainnya. Tidak heran jika ketumbar mempunyai banyak manfaat untuk mengatasi masalah kesehatan, seperti mengobati diabetes, kolestrol, serta melancarkan sistem pencernaan. Selain itu ketumbar juga mmpunyai manfaat buat kecantikan, berikut manfaat ketumbar untuk kecantikan.

1.Menghilangkan noda

Ketumbar merupakan salah satu bahan yang mampu menghilangkan noda membandel di wajah kalian. Kalian cuma perlu membuat pasta atau masker dari ketumbar. Caranya pun sangat mudah, kalian cuma perlu menyiapkan satu sendok ketumbar yang sudah dihaluskan atau bubuk ketumbar. Lalu tambahkan sedikit air mawar serta sampai tercampur rata dan menjadi pasta. Kemudian bisa langsung kalian oleskan pasta atau masker tersebut diwajah dan tunggu hingga kering. Kemudian bilaslah wajah dengan memakai air hangat, kemudian keringkan dengan memakai handuk bersih. (Baca Juga : Cara Menghilangkan Noda Hitam di Wajah)

2. Menutup pori-pori besar

Mempunyai pori-pori yang besar tentu akan menyebabkan masalah kulit yang banyak. Ini dikarenakan semua debu serta kotoran bisa berkumpul di pori-pori kalian. Untuk mengatasi ini kalian bisa menyiapkan satu sendok makan bubuk ketumbar atau ketumbar yang sudah dihaluskan kemudian tambahkan susu. Lalu aduk sampai tercampur rata dan menjadi pasta atau masker. Kemudian oleskan pasta atau masker pada wajah, jangan terlalu tebal kalian cuma perlu mengoleskannya tipis. Kemudian diamkan sampai kering, kemudian bilaslah wajah dengan memakai air hangat. Dan keringkan dengan menggunakan handuk bersih. (Baca Juga : Manfaat Madu Untuk Kulit)

3. Mengatasi kulit kusam

Jika kalian mempunyai kulit wajah yang terlihat kusam serta kurang dirawat, kalian bisa memakai masker ketumbar. Caranya sangatlah sederhana, kalian bisa mecoba sendiri dirumah. Kalian hanya perlu menyiapkan bubuk ketumbar kemudian tambahkan air secukupnya. Lalu aduk sampai tercampur rata hingga menjadi pasta atau masker. Kemudian oleskan pasta atau masker ke wajah, sambil dipijat secara perlahan selama kurang lebih 15 menit.  Kemudian diamkan sampai mengering, dan bilaslah wajah kalian dengan menggunakan air hangat. (Baca Juga : Penyebab Wajah KusamCara Mengatasi Kulit Kusam)

4. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Jika kalian ingin mempercepat pertumbuhan rambut, kalian bisa memanfaatkan ketumbar. Kalian hanya perlu menyiapkan bubuk ketumbar kemudian tambahkan air secukupnya. Kalian juga bisa mencampurkan beberapa tetes susu kental serta telur kedalam adonan ini. Lalu aduk sampai tercampur rata hingga menjadi pasta atau masker. Kemudian oleskan pasta atau masker ke rambut, sambil dipijat secara perlahan selama kurang lebih 15 menit. Lalu gunakan air ketumbar ke rambut kalian, sambil menuangkan jangan lupa untuk memijat rambut secara perlahan. Untuk hasil maksimal kalian perlu melakukannya 3-4 kali dalam sebulan secara rutin. (Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Agar Tidak Rontok,  Manfaat Conditioner rambut)

5. Memberi Vitamin Buat Rambut

Kekurangan vitamin tentu bisa membuat rambut kalian menjadi mudah rapuh serta patah. Ketumbar merupakan salah bumbu dapur yang mengandung vitamin yang sangat baik untuk rambut. Sehingga kalian bisa memanfaatkan kentang untuk memberi nutrisi pada rambut kalian. Pertama siapkan kentang, kemudian rebuslah ketumbar bersama. Kemudian gunakan air rebusan ketumbar ke rambut kalian, sambil menuangkan jangan lupa untuk memijat rambut secara perlahan.

Tunggulah hingga setengah jam, kemudian bilaslah dengan menggunkan air biasa. Untuk hasil maksimal kalian perlu melakukannya 3-4 kali dalam sebulan secara rutin. (Baca Juga : Manfaat Hair Mask Untuk Rambut , Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok)

6. Melebatkan Rambut

Ketumbar ternyata sangat bermanfaat untuk melebatkan rambut kalian. Kalian cuma perlu menyiapkan segemgam ketumbar, kemudian kalian giling ketumbar lalu sangar ketumbar yang sudah kalian haluskan hingga keluar minyaknya. Kemudian dinginkan minyak ketumbar, lalu bisa langsung kalian oleskan pada kulit kepala sambi kalian pijat secara perlahan.

Tunggulah kurang lebih 15 menit, kemudian bilaslah dengan menggunkan air biasa. Untuk hasil maksimal kalian perlu melakukannya 3-4 kali dalam sebulan secara rutin. Ini  juga bisa meminimalkan jika rambut kalian sering mengalami kerontokan. ( Baca juga : Vitamin Untuk Rambut Kering, Manfaat Santan Untuk Rambut )

7. Bisa Mengurangi Jerawat Di Wajah

Salah satu manfaat ketumbar untuk wajah berjerawat adalah mengurangi dan menyembuhkan jerawat secara signifikan. Hal ini disebabkan kandungan vitamin yang banyak terkandung didalam ketumbar. Bumbu dapur ini akan bekerja untuk menyeimbangkan konsentrasi air di dalam kulit serta menghilangkan kotoran yang bisa membuat jerawat bertambah parah. Buat menghilangkan jerawat dengan menggunakan ketumbar, sebenarnya tidak sulit. Kalian hanya perlu menyiapkan bubuk ketumbar atau ketumbar yang sudah dihaluskan kemudian tambahkan air secukupnya. Kalian juga bisa mencampurkan beberapa tetes minyak zaitun atau minyak almond kedalam adonan ini.

Lalu aduk sampai tercampur rata hingga menjadi pasta atau masker. Kemudian oleskan pasta atau masker ke rambut, sambil dipijat secara perlahan selama kurang lebih 15 menit.  Perlu diingat bahwa pengguna lensa kontak sebaiknya  dilepas terlebih dahulu sebelum mengikuti perawatan ini. Pastikan juga sebelumnya bahwa wajah yang akan diolesi ketumbar sudah bersih. Oleh karena itu, bersihkan terlebih dahulu wajah kamu dengan sabun pembersih wajah.(Baca juga: Manfaat Beras Untuk Wajah)

8. Facial

Tekstur ketumbar yang sedikit kasar ernyata ini bisa kalian manfaatkan sebagai facial. Ketumbar bisa membantu mengelupas sel-sel kulit mati pada wajah. Bahkan beberapa ahli kecantikan menyarankan agar kalian mencampurkan ketumbar dengan beberapa tetes minyak wajah maupun  facial oil. Kemudian kalian pijatkan campuran tersebut di wajah dengan perlahan dan gerakan berputar. Kemudian bilaslah hingga bersih wajah kalian seperti biasanya.

9. Meredakan Mata Bengkak
Seliain mengatasi masalah rambut dan wajah, katumbar juga bisa dijadikan sebagai pereda pembengkakan yang handal. Tapi ingat, karena ketumbar harus dipakai sebagai perawatan luar. Bisa saja kalian menggunakannya pada bagian bawah mata. Kalian bisa mencampurkan beberapa sendok ketumbar bubuk dengan sedikit air hangat lalu kalian oleskan pada mata kalian bengkak. (Baca juga: Cara Menghilangkan Kerutan Di Mata)

10. Membantu Mencerahkan Kulit

Kerusakan pada kulit sebagai akibat dari paparan cahaya matahari, serta luka atau masalah kesehatan lainnya yang bisa menyebabkan timbulnya flek atau terjadi hiperpigmentasi yaitu warna wajah yang tidak merata. Walau kalian bisa memakai concealer untuk menyamarkan warna kulit yang tidak merata, tapi pengunaan concealer terlalu sering bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Tapi  dengan menggunakan ketumbar kalian bisa membantu menghambat proses pembentukan melanin  serta menghilangkan warna  kulit tidak rata serta menghilangkan noda-noda pada wajah. Serta sebagai salah satu  cara mencerahkan kulit wajah.

Kalian hanya perlu membuat masker dari ketumbar, dengan cara mencampurkan bubuk ketumbar atau ketumbar yang dihaluskan dengan air, kemudian oleskan pada kulit wajah kalian. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kusam , Penyebab Kulit Kering dan Kusam)

11. Meningkatkan Proses Penyerapan Produk

Tertutupnya pori-pori wajah serta menumpuknya sel-sel kulit mati bisa menghambat terjadinya proses penyerapan krim skincare yang kalian gunakan. Dengan menggunakan ketumbar, sel-sel kulit mati bisa hilang serta membuat pori-pori menjadi lebih bersih sehingga ini akan meningkatkan proses penyerapan krim  skicare. Sehingga ketumbar bisa menjadi salah satu cara merawat wajah agar putih.

12. Menghaluskan Wajah

Ternyata ketumbar juga bisa menghaluskan wajah kalian. Cara penggunaannya pun cukuplah mudah, kalian bisa menjadikannya sebagai scrubbing. Membuat scrub alami dari ketumbar sangatlah mudah. Kalian hanya perlu menghaluskan ketumbar dan mencampurkannya dengan sedikit minyak zaitun. Jika terasa perih, jangan khawatir karena  itu disebabkan efek saat membunuh bakteri dikulit wajah. (Baca juga: Manfaat Eksfoliasi Wajah)

13.Bermanfaat untuk Mengatasi Komedo

Masalah pada kulit wajah seperti komedo ini akan menimbulkan efek kusam dan kasar pada kulit wajah kalian, dan tentunya sangat mengganggu pada penampilan kita. Komedo merupakan bentuk kumpulan bakteri yang menumpuk pada bagian kulit wajah tertentu seperti hidung, bibir, dan dagu. Selain menimbulkan efek kusam pada kulit wajah, jika di biarkan akan menjadi jerawat yang membandel. Maka dari itu, segerlah atasi untuk merawatnya. Anda bisa memanfaatkan ketumbar ini sebagai obat untuk membunuh bakteri dan kotoran pada kulit wajah, sehingga wajah akan terbebas dari komedo dan masalah pada kulit wajah lainnya. (Baca juga : Manfaat Oatmeal Untuk Kulit Wajah Sensitif)

14. Detoks Wajah

Manfaat ketumbar buat wajah lainnya adalah mendetoksifikasi segala sesuatu yang buruk pada wajah. Mendetoks wajah dengan ketumbar merupakan sesuatu hal yang dianjurkan para ahli kecantikan. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu menyiapkan 2 hingga 3 sendok makan ketumbar bubuk atau ketumbar yang sudah dihaluskan. Kemudian campurkanlah garam tersebut ke dalam air hangat-hangat kuku hingga larut.

Kemudian basuhlah wajah kalian dengan menggunakan air ketumbar. Kemudian diamkan kurang lebih selama 10 menitan. Wajah kalian akan langsung terasa menjadi lebih segar karena segala kotoran maupun racun pada wajah sudah menghilang serta membuat wajah kalian terhindar dari yang namanya jerawat. (Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Secara Alami)