9 Bahaya Memutihkan Wajah dengan Pasta Gigi yang Harus Diwaspadai

Memiliki kulit wajah yang putih dan bersih adalah dambaan setiap orang. Bahkan, saat ini banyak beredar pemutih wajah yang diketahui dapat memutihkan wajah dengan cepat. Namun karena harganya yang mahal, banyak orang yang menggunakan cara yang lebih sederhana yaitu cara memutihkan wajah dengan pasta gigi.

Pasta gigi seharusnya digunakan untuk gigi. Kandungan yang ada di dalamnya pun tentu diformulasikan khusus untuk gigi, sehingga tak heran jika menggunakan pasta gigi untuk wajah dapat menimbulkan efek samping. Nah, berikut ini beberapa bahaya memutihkan wajah dengan pasta gigi.

Bahaya Memutihkan Wajah dengan Pasta Gigi

Ada banyak bahaya memutihkan wajah dengan pasta gigi yang akan ditimbulkan. Yuk simak beberapa bahayanya di bawah ini.

1. Membuat Kulit Mengelupas

Efek samping yang pertama jika anda melakukan cara memutihkan wajah dengan pasta gigi atau cara memutihkan wajah dengan odol yaitu kulit wajah akan mengelupas. Pasta gigi yang anda gunakan untuk memutihkan wajah akan menimbulkan efek, dimana wajah akan mengelupas yang disebabkan dari panas pasta gigi yang akan membuat lapisan kulit rusak.

2. Membuat Kulit Melepuh

Memutihkan wajah dengan menggunakan pasta gigi juga akan membuat kulit wajah melepuh. Efek panas dari pasta gigi akan membuat wajah terbakar. Berbeda halnya dengan pencerah wajah alami yang memiliki manfaat baik untuk kulit.

3. Memicu Alergi Pada Kulit

Pasta gigi juga dapat memicu alergi jika digunakan pada kulit wajah. Alergi ini biasanya disebabkan karena adanya perbedaan pH antara pasta gigi dengan pH wajah. Akibatnya wajah akan terasa gatal dan mengalami pembengkakan.

4. Menyebabkan Kulit Kering

Bahaya memutihkan wajah dengan pasta gigi selanjutnya yaitu dapat menjadi penyebab kulit kering. Alih-alih mendapatkan kulit cantik dan putih, kulit wajah anda justru kering dan kasar. Bahkan tidak jarang kulit akan terasa gatal.

5. Memicu Jerawat

Apabila pada wajah anda terdapat jerawat, namun anda tetap memaksa menggunakan pasta gigi untuk memutihkan wajah, maka jerawat yang terdapat pada wajah anda bisa mengalami pembengkakan. Selain itu, jerawat anda akan memerah dan mengganggu penampilan anda.

6. Menyebabkan Infeksi Pada Wajah

Anda harus mewasapdai bahaya memutihkan wajah dengan pasta gigi, karena bisa juga menyebabkan infeksi pada wajah. Oleh karena itu, untuk menghindari bahaya ini sebaiknya anda memikirkan ulang untuk memutihkan wajah dengan menggunakan pasta gigi.

7. Dapat Memicu Radang Kulit

Memutihkan wajah dengan menggunakan pasta gigi dapat memicu terjadinya peradangan pada kulit. Selain itu, wajah anda juga akan mengalami komplikasi yang lainnya.

8. Membuat Pori-Pori Wajah Membesar

Pada pasta gigi pasti terdapat kandungan alkohol. Meskipun tidak sebesar pada kandungan alkohol yang digunakan untuk luka, tapi tetap saja efeknya tidak baik untuk kulit. Alkohol yang diaplikasikan pada kulit akan membuat kulit tidak mampu menyimpan air dan mengikis lapisan kulit. Apalagi untuk anda yang memiliki kulit berminyak, penggunaan alkohol memang akan dapat membuat kulit anda kering. Namun efeknya alkohol akan dapat memperbesar pori-pori wajah anda.

9.  Kulit Seperti Terbakar

Bagi anda pemilik kulit sensitif, menggunakan pasta gigi pada wajah adalah pantangan. Pasalnya, kulit sensitif rentan terhadap iritasi dan alergi. Kandungan yang terdapat pada pasta gigi dapat menyebabkan kulit anda seperti terbakar. Kandungan pasta gigi terlalu keras untuk kulit sensitif.

Itulah beberapa bahaya memutihkan wajah dengan pasta gigi. Untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, sebaiknya hindari memutihkan wajah dengan bahan yang satu ini. Sebab masih ada cara lain yang bisa anda coba untuk membuat kulit putih dan bersih.