9 Penyebab Bibir Hitam Padahal Tidak Merokok yang Jarang Diketahui

Bibir yang terlihat merah merona memang menjadi impian banyak orang khususnya wanita sehingga banyak wanita yang melakukan berbagai cara untuk mendapatkan tampilan bibir cerah mulai dari perawatan memakai bahan bahan alami, melakukan sulam bibir, memakai warna lipstik untuk bibir gelap dan lain sebagainya. Akan tetapi sayangnya, banyak kebiasaan buruk yang sering dilakukan sehari hari bisa menyebabkan tampilan bibir semakin kusam dan menghitam. Bibir yang terlihat hitam tidak hanya bisa disebabkan karena kebiasaan buruk seperti merokok, namun ada begitu banyak hal lain yang bisa membuat tampilan bibir anda terlihat hitam dan tentu sangat mengganggu penampilan. Lalu,apa saja sebenarnya penyebab bibir hitam padahal tidak merokok?, berikut penjelasan yang kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

  1. Kondisi Bibir Kering

Bibir merupakan satu satunya kulit yang tidak memiliki pori sehingga akan lebih mudah kering jika tidak sering dilembabkan. Kulit bibir juga selalu terbuka sehingga kelembaban akan lebih mudah hilang khusus jika cuaca sedang panas. Bibir kering inilah yang nantinya menjadi penyebab bibir pecah pecah dan semakin gelap seiring berjalannya waktu. Sedangkan untuk cara mengatasi bibir kering bisa dilakukan dengan bahan bahan alami seperti madu.

  1. Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi merupakan kondisi melanin dalam tubuh yang terlalu banyak sehingga juga akan membuat warna kulit semakin gelap termasuk bibir. Umumnya, hiperpigmentasi ini terjadi karena terlalu sering beraktivitas dibawah terik matahari dan wajah menjadi area utama yang banyak terkena sinar matahari seperti bibir yang membuat bibir anda semakin menghitam sekaligus menjadi penyebab kulit hitam.

  1. Anemia

Ketika tubuh kekurangan hemoglobin yakni zat pembawa oksigen dan juga nutrisi dalam darah, maka warna bibir juga akan terlihat lebih hitam. Hemoglobin ini merupakan zat pemberi warna merah pada darah sehingga jika terjadi penurunan hemoglobin akan membuat bibir terlihat kusam, pucat dan hitam dan juga penyebab kantung mata hitam terbentuk.

  1. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kafein

Makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi dan coklat juga menjadi salah satu penyebab bibir hitam meski tidak merokok. Kafein adalah zat diuretik yang membuat seseorang akan lebih sering buang air kecil. Namun jika zat diuretik ini terlalu banyak di dalam tubuh, maka bisa menyebabkan dehidrasi yang akhirnya membuat bibir pecah pecah, tidak terlihat sehat dan pastinya warna bibir terlihat semakin gelap dan penyebab wajah cepat tua.

  1. Memakai Kosmetik Kadaluarsa

Hampir seluruh wanita di dunia rasanya merasa kurang lengkap jika dalam aktivitas sehari hari tidak memakai make up seperti salah satnya lipstik. Lipstik yang sebenarnya bertujuan untuk membersih warna segar pada bibir, namun jika ternyata lipstik tersebut sudah kadaluarsa maka bisa berpengaruh pada kesehatan bibir seperti salah satunya warna bibir yang semakin hitam.

  1. Keracunan

Ketika anda mengalami keracunan, maka hal tersebut juga bisa membuat tampilan bibir terlihat semakin hitam dan penyebab kulit keriput. Beberapa racun yang bisa menyebabkan tampilan bibir hitam diantaranya adalah merkuri, tembaga, perak, alkali kuat dan jenis logam berbahaya lain.

  1. Kebiasaan Buruk Menggigit Bibir

Selain merokok, aktivitas buruk yang biasa dilakukan adalah sering menggigit bibir. Kebiasaan buruk yang biasanya terjadi ketika cemas atau takut ini juga bisa menjadi penyebab bibir terlihat menghitam bahkan bisa menyebabkan pendarahan pada area bibir.

  1. Mengkonsumsi Obat Tertentu

Ketika anda sedang sakit kronis, maka akan ada beberapa jenis obat yang diresepkan oleh dokter dan harus dikonsumsi. Kandungan dalam obat obatan dan juga durasi mengkonsumsi obat yang mungkin berlangsung lama bisa menyebabkan area bibir terlihat menghitam sebagai salah satu efek samping dari obat obatan dan juga menjadi penyebab kulit cepat keriput.

  1. Faktor Keturunan

Meski pola hidup dan pola makan yang anda lakukan sudah baik, namun jika anda terlahir dari orang tua yang memiliki bibir hitam, maka hal tersebut juga akan terjadi pada anda karena seperti warna kulit, jenis rambut, warna mata dan sebagainya, bibir yang berwrna hitam juga bisa diturunkan dari orang tua pada anak anak mereka.

Berbagai penyebab bibir hitam padahal tidak merokok yang sudah diberikan diatas bisa terjadi karena kebiasaan buruk sehari hari atau juga bisa terjadi karena faktor genetik yang tidak bisa dicegah dan hanya bisa dilakukan dengan cara sulam bibir, memakai lipstik atau tindakan operasi. Semoga informasi yang kami berikan kali ini bisa menambah wawasan anda seputar kecantikan khususnya bibir.