8 Cara Merawat Kulit Wajah yang Kering dan Berminyak

Kulit wajah merupakan bagian tubuh yang membutuhkan perhatian khusus ketimbang kulit pada area tubuh yang lain. Terutama jika kulit kita tergolong ke dalam jenis kulit kombinasi seperti kering dan berminyak. Kulit wajah jenis ini menjadikan beberapa area wajah berminyak, tetapi area lainnya kering.

Sayangnya, jika memiliki wajah dengan kondisi kulit seperti ini, kita perlu melakukan perawatan ekstra. Beberapa faktor yang menyebabkan kulit kering dan berminyak belakangan diketahui karena faktor kadar air, suhu udara, matahari, eksfoliasi yang berlebihan, dan material make up yang menyumbat pori-pori kulit.

Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit kering dan berminyak.

1. Hindari pemakaian sabun, gunakanlah facial wash

Hindarilah pemakaian sabun pada area wajah! Hal ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan malah bisa memperburuk masalah kulit kamu. Sebaiknya kamu memilih pembersih wajah yang bisa memberikan efek lembut pada kulit wajah.

Facial wash untuk kulit yang berminyak dapat mengangkat penumpukan minyak secara alami, membersihkan kotoran seperti debu dan bakteri. Pilihlah facial wash yang memiliki kandungan niacinamide, hyaluronic acid, asam salisilat, benzoil peroksida, asam glikolat, dan gliserin.

Kedua, pilihlah yang memiliki kandungan bebas minyak dan noncomedogenic serta hindari produk yang memiliki kandungan alkohol di dalamnya karena alkohol akan menyebabkan kulit kering dan berminyak menjadi lebih kering dan kehilangan kelembaban.

2. Gunakan toner wajah

Setelah membersihkan wajah, alangkah lebih baik jika kamu mengaplikasikan cairan toner ke kulit wajah secara merata. Toner bisa memberikan efek keseimbangan yang sempurna pada kulit wajah yang kering dan berminyak. Dengan menggunakan toner, pori-pori yang terbuka pada wajah akan mengecil.

Namun, jangan sampai kamu salah memilih toner. Gunakanlah toner yang bebas dari kandungan alkohol. Karena alkohol akan membuat kondisi kulit kering dan berminyak jadi semakin kering dan kehilangan kelembaban.

3. Gunakan pelembab dan serum

Tahapan selanjutnya, mengaplikasikan pelembab secara merata pada area wajah. Pelembab ini berfungsi untuk menutrisi kulit pada area yang kering dan melembapkan bagian kulit yang berminyak.

Ada banyak jenis pelembab di luar sana, tapi kamu disarankan untuk menggunakan yang bertekstur gel karena akan lebih efektif untuk kulit kamu yang kering dan berminyak. Selain itu, gunakanlah pelembab yang oil-free agar kulit kamu tidak tambah berminyak.

Penggunaan hydrating serum pada kulit kamu yang kering bisa membuat kulit menjadi lebih lembut. Gunakanlah serum yang cocok untuk kulit kering dan berminyak agar mendapat manfaat terbaiknya.

4. Pakailah tabir surya (sunscreen)

Apa pun jenis kulit kamu, tabir surya menjadi komponen paling penting untuk kulit wajah. Tabir surya berfungsi sebagai perisai atau pelindung kulit ketika terpapar sinar UVA atau UVB.

Selain itu, tabir surya juga dapat mencegah segala jenis gangguan kulit yang disebabkan paparan sinar matahari berlebih. Siapa pun pasti tidak mau wajahnya menjadi gosong, kan? Hal ini juga berlaku untuk kamu yang memiliki kulit kering dan berminyak.

Ketika kulit terpapar sinar matahari secara berlebih, dapat menyebabkan kulit terbakar, bahkan lebih parah lagi bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kanker kulit.

Agar terhindar dari semua risiko tersebut, gunakanlah tabir surya dengan SPF 35 atau lebih. Semakin tinggi nilai kandungan SPF, maka semakin lama tabir surya bertahan dan melindungi pada kulit wajah.

5. Bersihkan wajah setelah seharian beraktivitas

Kulit wajah yang kering dan berminyak akan memproduksi sel bakteri yang lebih aktif apalagi jika sudah beraktivitas seharian, sehingga kondisi tersebut mewajibkan kamu untuk membersihkan wajah dengan pembersih yang lembut.

Pembersih ini membantu kamu untuk menghapus sisa material make up di wajah dan membuat kulit beristirahat dengan sempurna di malam hari. Pakar kecantikan kulit mengatakan bahwa lapisan pelindung pada area permukaan kulit sebaiknya memiliki kadar keasaman (pH) sebesar 5,5.

Gunakanlah pembersih wajah yang memiliki kandungan pH balance yang sesuai dengan kondisi kulit kamu.

6. Lakukan langkah pengelupasan kulit (exfoliate)

Kulit kering dan berminyak cenderung memproduksi komedo dan sel kulit mati lebih aktif. Exfoliate bisa membantu kamu menghilangkan keduanya. Pengelupasan kulit akan merangsang sirkulasi darah parah area wajah dan memoles kembali kulit kamu.

Gunakan scrub pada kulit wajah dan gosokkan dengan lembut. Hindari eksfoliasi lebih dari dua kali dalam seminggu.

7. Gunakan krim malam sebelum hendak tidur

Sering kali orang menyepelekan langkah yang satu ini. Menggunakan krim malam bisa membuat kulit wajah kamu menjadi lebih lembab dan bersinar kembali di pagi hari karena kandungannya telah diserap dengan baik oleh kulit.

Selain itu, krim malam diketahui bisa menyamarkan noda kehitaman dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini pada wajah karena kandungan di dalamnya bersifat memperbaiki lapisan kulit wajah yang rusak.

8. Perbanyak minum air mineral

Sering kali kita hanya fokus pada perawatan kulit wajah dari luar dan melupakan fakta bahwa tubuh membutuhkan kandungan yang baik dari dalam.

Meminum air mineral dalam jumlah yang cukup dapat membantu pengoptimalan perawatan pada kulit wajah yang kering dan berminyak. Dengan mengonsumsi air mineral sebanyak 8 gelas sehari atau setara dengan 1,5 liter, akan membuat kulit terhidrasi dan terjaga kelembapannya.

Setelah mengetahui penyebab dan kiat-kiat merawat kulit wajah yang kering dan berminyak, sekarang masalah kamu bisa teratasi kan? Di era yang serba canggih seperti sekarang ini, kita bisa dengan mudah memperoleh berbagai jenis produk perawatan kulit yang cocok untuk kondisi kulit wajah kita. Jadi, jangan sampai salah pilih produk ya!