9 Cara Mengatasi Kulit Kering Akibat Iritasi

Kulit kering atau bisa juga disebut sebagai xerosis, seringkali menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman. Masalah kulit kering akibat iritasi dapat terjadi karena beragam faktor.

Seperti menggunakan sabun yang tidak cocok dan bisa juga karena penyakit kulit. Tapi, kamu tidak perlu cemas, kulit kering akibat iritas bisa dicegah dan disembuhkan.  

Biasanya kulit kering timbul saat lapisan kulit terluar mengalami kondisi kurang cairan serta minyak alami. Masalah kulit ini dapat muncul dimana saja terutama pada bagian tangan, lengan, dan kaki.

Biasanya kulit yang terkena xerosis akan lebih rentan dan sensitif dan menimbulkan kerusakan. Bahkan saat kulit menjadi sangat kering serta tidak terawat, akan timbul masalah kulit lainnya seperti eksim, infeksi bakteri, bahkan muncul retakan kulit disertai dengan darah. Untuk itulah berikut beberapa tips mengatasi kulit kering akibat iritasi.

1. Rutin Memakai Pelembap

Saat kulit sedang kering akibat iritasi, pelembap tetap boleh digunakan untuk mencegah semakin bertambah parah. Untuk itu rutinlah memakai pelembap setelah kamu mandi, cuci muka, ataupun setelah cuci tangan.

Pelembap cukup ampuh mengatasi kulit kering dan menjaga kelembapan agar tidak cepat hilang. Karena kondisi kulit yang sedang iritasi, pastikan untuk memilih pelembap tanpa kandungan zat penyebab iritasi, seperti perwarna dan parfum.

2. Memakai Kompres Dingin

Saat kulit kering akibat iritasi, seringkali disertai juga dengan rasa gatal yang mengganggu. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan kompres dingin dan diletakan pada kulit yang bermasalah.

Caranya pun mudah, cukup dengan menggunakan kain bersih yang sudah dicelup air dingin. Kompres dingin juga ampuh mencegah kamu menggaruk kulit terlalu sering.

3. Memilih Produk Sabun yang Aman

Untuk mengatasi kulit kering, kamu bisa mengganti untuk sementara sabun mandi. Apalagi jika sabun mandi yang sering digunakan mengandung pewangi ataupun deodoran, karena bahan ini menjadi salah satu penyebab hilangnya kelembapan kulit. Sehingga bisa memperparah kondisi kulit kering akibat iritasi.

Sangat disarankan untuk menggunakan produk sabun mandi yang lembut, ringan serta tidak mengandung pewangi. Atau bisa juga menggunakan sabun berlabel hypoallergenic, karena kulit yang iritasi seringkali menjadi lebih sensitif.

4. Hindari Mandi dengan Air Panas

Pastikan juga untuk mandi sewajarnya, jangan keseringan mandi serta batasilah waktu mandi selama 10–15 menit saja. Kamu juga bisa mencoba mandi susu untuk mengatasi masalah kulit ini. Pastikan air yang digunakan untuk mandi tidak terlalu panas karena bisa mengurangi kelembapan pada kulit.

5. Rutin Membersihkan rumah

Kulit kering akibat iritasi bisa juga disebabkan lingkungan sekitar yang kotor. Penumpukan debu serta kehadiran serangga, seperti tungau, bisa menjadi penyebab kulit kering serta gatal. Untuk itulah, rutin membersihkan rumah sangat penting, tidak hanya kebersihan tubuh yang harus dijaga, tapi kebersihan lingkungan juga harus dirawat.

6. Mengonsumsi buah kaya serat

Tidak hanya dari luar, kulit kwring akibat irittasi juga bisa disembuhkan dari dalam, salah satunyabadalah dengan mengonsumsi buah kaya akan serat.  Selain memenuhi kebutuhan nutrisi, buah-buahan juga ampuh untuk mengatasi masalah kulit.

Buah-buahan juga bisa mengatasi kulit kering akibat iritasi karen tinggi antioksidan, kaya akan vitamin, serta air. Ada banya buah-buahan tinggi serat yang dapat kamu konsumsi seperti pepaya, alpukat, apel, pisang, pir, serta, kiwi, dll.

7. Rutin Minum air putih

Air putih memegang peranan penting jika ingin kulit sehat dan bercahaya. Air putih juga terbukti ampuh mengatasi kulit kering akibat iritasi. Tubuh yang kekurangan cairan, biasanya akan membuat kulit kehilngan kelembapannya. Kulit akan lebih kering, kusam bahkan mengalami iritasi. Untuk itu, rutinlah mengonsumsi air putih sesuai kebutuhan tubuh.

Setiap orang memiliki kebutuhan air putih yang berbeda-beda. Untuk mengetahuinya, kamu cukup mengalikan berat badan dengan 30ml air putih. Atau, bisa juga dengan mengikuti anjuran umum, yaitu mengonsumsi air putih 8 gelas/ 2 liter setiap hari.

8. Menggunakan Masker Oatmeal

Oatmeal menjadi salah satu cara mengatasi kulit kering akibat iritasi. Oatmeal kaya akan antioksidan serta zat anti-inflamasi sehingga bisa membantu meredakan rasa gatal akibat iritasi.

Cara membuat masker oatmeal pun cukup mudah, campurkan oatmeal dan air lalu oleskan langsung di kulit kering yang disertai iritasi. Agar lebih efektif, kamu bisa mencampurkannya dengan minyak kelapa dan langsung dioleskan ke kulit.

9. Menggunakan Produk Aloe Vera

Produk Aloe vera gel menjadi salah satu skincare yang bisa ditemukan dengan mudah. Hal ini dikarenakan aloe vera memiliki banyak manfaat dan bisa mengatasi beragam permasalahan kulit. Seperti iritasi, luka dingin, luka bakar, peradangan hingga, psoriasis. Lidah buaya sendiri terdiri atas 3 lapisan penting.

Lapisan dalam meruoakab gel bening dengan komposisi 99 persen berupa air serta mengandung 75 bahan aktif. Hal inilah yang membuat kulit wajah terasa dingin serta bisa menenangkan iritsi. Tapi jika kulit kamu termasuk yang sensitif, sebaiknga berkonsultasilah dengan dokter.

Untuk itulah, sangat penting untuk mengenali tipe kulit terlebih dahulu agar kulit kering akibat irirtasi tidak bertambah parah. Pastikan jika produk yang ingin digunakan terbukti aman.