3 Cara Memutihkan Kaki dengan Kopi Paling Mudah

Kaki yang indah merupakan idaman semua wanita. Bahkan tak sedikit wanita melakukan perawatan mahal untuk mendapatkan kaki yang indah terutama untuk memutihkannya.  Tapi, tahukah kamu? Untuk mendapatkan kaki yang putih nan indah tak harus melakukan perawatan dengan biaya yang menguras kantong. Caranya sangat gampang, cukup dengan menggunakan ampas maupun bubuk kopi, kamu bisa mendapatkan kaki putih nan indah yang didambakan.

Manfaat kopi untuk kulit baik ampasnya maupun bubuknya yang belum diseduh sangat banyak bagi kesehatan dan keindahan kulit. Diantaranya adalah dapat mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit akan terlihat lebih putih.

Bahkan, dari zaman dahulu, para putri kerajaan dan kaum bangsawan sering menggunakan kopi sebagai lulur untuk merawat kecantikan dan keindahan kulit. Perlu juga untuk kamu ketahui, ampas kopi merupakan bahan alami yang tidak mempunyai efek samping pada kulit.

Cara pembuatan dan penggunaan scrub kopi sangatlah gampang. Penasaran? Berikut 3 cara memutihkan kaki dengan kopi yang dibuat menajdi scrub, untuk kamu lakukan di rumah,

  • Menggunakan Kopi Hitam tanpa Campuran Bahan Lain

Berikut cara membuat dan menggunakan kopi untuk memutihkan kaki kamu,

  1. Siapkan ampas kopi hitam / bukan kopi campuran maupun instan (cara membuatnya: seduhlah kopi kemudian diamkan sampai dingin, lalu tiriskan), biasanya sebanyak satu cangkir.
  2. Sebelum menggunakan ampas kopi, sebaiknya keringkan kaki menggunakan handuk yang telah dibasahi air hangat dan bersih agar pori-pori kulit membesar atau bisa juga dengan membasuh kaki dengan air hangat kemudian dikeringkan. (Hal ini tidak mutlak, kamu bisa menggunakan air dingin sebagai gantinya).
  3. Lakukan scrubbing pada kaki dengan menggunakan ampas kopi, dengan melakukan gerakan memutar dan lembut.
  4. Tunggu sampai ampas kopi mengering, lebih kurang 10 hingga 30 menit.
  5. Bilas menggunakan air hangat sambil dipijat lembut.
  6. Keringkan kaki dengan menggunakan handuk, lalu bilas kembali dengan menggunakan air dingin (agar pori-pori kulit mengecil kembali)
  7. Lakukan perawatan minimal 2-3 kali seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan menggunakan cara ini, kamu telah melakukan cara yang paling sederhana dalam pembuatan scrub kopi. Kamu juga bisa menambahkan beberapa bahan selain kopi agar scrub lebih bekerja maksimal, seperti yang dijelaskan selanjutnya.

  • Menggunakan Campuran Kopi dan Minyak Zaitun

Kenapa harus dicampur dengan minyak zaitun? Selain agar tekstur kopi tidak kasar, minyak zaitun dapat mengencangkan dan melembapkan kulit. Jadi selain memutihkan kulit, scrub ini bisa mengencangkan dan melembapkan kulit kamu yang kering. Penasaran bagaimana cara membuat dan cara menggunakan scrub ini? Berikut caranya,

  1. Siapkan bubuk kopi hitam (bukan kopi instan) yang belum diseduh.
  2. Campurkan bubuk kopi hitam dengan minyak zaitun dengan perbandingan 1:1 (misal, jika ada bubuk kopi sebanyak satu cangkir, maka minyak zaitun yang disediakan juga satu cangkir). Kamu juga bisa mengganti minyak zaitun dengan minyak lainnya, seperti minyak kelapa, minyak canola maupun minyak grapeseed. Untuk hasil yang lebih baik, kamu bisa menambahkan gula sebanyak setengahnya bubuk kopi.
  3. Bersihkan kaki dengan air bersih dan hangat sebelum melakukan scrubbing.
  4. Oleskan atau lakukan scrubbing dengan menggunakan campuran kopi dan minyak zaitun sambil dipijat lembut dan gerakan memutar.
  5. Tunggu sampai kering, biasanya 10 hingga 30 menit.
  6. Setelah kering, cuci kaki dengan air hangat, keringkan dengan handuk, lalu cuci kaki menggunakan air dingin agar pori-pori kulit mengecil kembali.
  7. Lakukan perawatan atau scrubbing minimal 2-3 kali seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Perhatian, bagi kamu yang mau mengganti minyak zaitun dengan minyak kelapa, kamu bisa memanaskan minyak kelapa selama 20 hingga 30 detik atau sampai minyak kelapa mencair.

  • Menggunakan Campuran Kopi dan Madu

Manfaat masker Kopi dan Madu tidak hanya berguna untuk memutihkan kulit, tetapi juga bisa melembabkan, menyegarkan, melembutkan, mencegah penuaan kulit, dan masih banyak lagi.  Cara pembuatan dan penggunaannyapun juga sangat mudah. Berikut cara pembuatan dan penggunaan scrub ini,

  1. Siapkan bubuk kopi hitam (bukan kopi instan), biasanya sebanyak satu cangkir. 
  2. Tambahkan madu dengan perbandingan kopi dan madu adalah 3:4. Jika bubuk kopi ada sebanyak satu cangkir, maka madu yang dibutuhkan adalah sebanyak 1,5 cangkir. (Hal ini tidak mutlak, kamu boleh menambah atau mengurangi sampai menurutmu bahan sudah cukup kental).
  3. Bersihkan kaki menggunakan air bersih dan hangat agar pori-pori kulit membesar.
  4. Lakukan scrubbing dengan gerakan memutar dan lembut.
  5. Tunggu sampai kering, lebih kurang 10 hingga 30 menit.
  6. Bilas kaki dengan menggunakan air hangat, keringkan menggunakan handuk dan bilas dengan air dingin agar pori-pori kulit mengecil kembali.
  7. Lakukan perawatan minimal 2-3 kali seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Bagaimana? Sangat gampang bukan? Kamu sekarang tidak perlu menguras tabunganmu untuk mendapatkan kaki putih nan indah. Sekarang, tugasmu adalah mencoba salah satu cara tersebut di rumahmu, dan jangan heran dengan hasil yang akan kamu peroleh. Selamat mencoba!