15 Cara Mengatasi Bibir Kering, Hitam

Warna bibir, seperti warna pada kulit berbeda-beda untuk setiap orang. Terdapat variasi alami antara orang-orang dalam warna bibir.[1] Karena pembuluh darah dapat dilihat melalui kulit yang tembus pandang, sehingga bibir tampak berwarna merah muda hingga merah muda kemerahan. Sementara bagi orang yang berkulit gelap, bibir dapat memiliki lebih banyak melanin dan tampak lebih gelap.

Tidak ada warna kulit di bibir yang lebih sehat daripada yang lain. Bibir tiga kali lebih sensitif dari kulit, oleh karena itu membutuhkan banyak perhatian dan perawatan. Beberapa faktor kesehatan, pola hidup dan gaya hidup dapat membuat bibir menjadi kering dan hitam. Beberapa penyebab bibir kering dan hitam adalah sebagai berikut.

  • Paparan sinar matahari yang berlebihan
  • Merokok tembakau
  • Kehamilan
  • Obat-obat tertentu
  • Kondisi medis
  • Terlau banyak kafein
  • Alergi lipstik
  • Alergi pasta gigi
  • Kekurangan hidrasi
  • Mengisap bibir
  • Kemoterapi
  • Anemia
  • Kekurangan vitamin
  • Penggunaan fluoride yang berlebihan
  • Usia

Beberapa orang menggunakan pengobatan rumahan, untuk mengatasi bibir kering dan hitam. Namun, untuk mengeksplorasi keefektifannya perlu di lakukan penelitian. Ada juga yang perawatan lain yang dapat digunakan. Beberapa cara mengatasi bibir kering dan hitam adalah sebagai berikut.

1. Lemon

Lemon memiliki sifat pemutihan dan pengelupasan alami. Selain itu, asam dalam lemon juga dapat membantu menghilangkan kehitaman dan mengembalikan warna asli bibir. Dengan perasan setengah lemon dan mengoleskannya setiap hari, atau dengan mengambil irisan lemon dan taburkan sedikit gula diatasnya kemudian gosokkan pada bibir.

Ini akan mengelupaskan sel-sel mati agar kulit lebih segar. Gunakan setiap hari selama beberapa minggu untuk memastikan bibir yang sempurna. Namun, karena sangat asam lemon juga dapat mengiritasi kulit. Oleh karena itu pastikan tidak ada luka atau iritasi, jika mencoba menggunakan lemon.

2. Madu dan gula

Ini adalah pengobatan rumahan yang paling mudah tetapi hasilnya dapat terlihat ketika dilakukan secara teratur. Lulur ini dapat membantu membersihkan lapisan mati pada bibir.

Sementara madu melembabkan bibir sehingga tidak kering, gula mengelupas dan dengan lembut dapat membersihkan sel-sel kulit mati. Selain itu, lulur ini juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah pada bibir dan membuatnya menjadi lebih ringan.

3. Minyak wijen

Minyak wijen mengandung lignan aktif yang disebut sesamol. Ini berguna untuk menghambat biosisntesis melanin pada percobaan hewan. Oleh karena itu, minyakwijen dapat membantu mencerahkan bibir yang gelap.

4. Minyak almond dan lemon

Lemon berfungsi sebagai pencerah alami untuk kulit. Sementara minyak almond memiliki vitamin E dan merupakan pelembab yang bagus untuk bibir. Pelembab ini juga dapat membuat bibir tidak kering. Selain itu juga dapat menghidrasi bibir dari dalam san juga mencerahkan warna bibir.

5. Lulur gula

Gula berfungsi sebagai scrub yang sangat baik untuk mengelupas bibir dan juga membantu menyingkirkan kulit mati yang tidak diinginkan. Campurkan tiga sendok gula dan dua sendok mentega untuk membuatnya mengental.

Gunakan campuran ini pada bibir untuk mengelupasnya. Selain itu, mentega yang ditambahkan dapat melembabkan bibir agar tidak kering. Untuk bibir yang lebih cerah, cobalah scrub ini dua atau tiga kali seminggu.

6. Gliserin

Gliserin dapat melembabkan bibir yang halus. Sehingga membuatnya tetap kenyal dan halus. Sehingga menghilangkan sel-sel mati dan mencerahkan warna bibir. Oleh karena itu, melembabkan bibir dengan gliserin dapat membuat bibir tidak kering dan hitam. Selain itu, gliserin juga dapat mencegah kulit mengelupas dan pecah-pecah.

7. Madu

Madu merupakan bahan alami yang luar biasa dan dapat digunakan untuk merawat bibir yang gelap atau hitam. Selain mencerahkan bibir, madu juga dapat membuat bibir lembut sehingga tidak kering. Oleskan madu setiap hari pada setiap malam pada bibir. Lanjutkan perawatan ini selama beberapa minggu untuk melihat perubahan pada warna bibir.

8. Hidrasi

Bibir merupakan salah satu area tubuh pertama yang terlihat kering dan hitam. Minum cukup cairan adalah salah satu cara terbaik untuk merawat kulit, termasuk bibir. Untuk minuman yang lezat dan menyegarkan, dapat tambahkan irisan mentimun atau lemon pada segelas air.

9. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, yang dapat menghentikan atau mengurangi produksi melanin. Sehingga dapat membantu mencerahkan kulit. Campurkan susu dan kunyit hingga mengental, kemudian oleskan pada bibir. Biarkan selama lima hingga sepuluh menit. Lalu bilas, keringkan dan oleskan pelembab atau lip balm non-iritasi.

10. Perawatan umum

Perawatan yang bisa digunakan untuk mengatasi bibir gelap adalah pilihan perawatan umum. Perawatan ini digunakan untuk bibir gelap termasuk penggunaan laser. Perawatan laser tidak memiliki efek samping yang parah. Jika tetap khawatir karena efek samping yang mungkin bisa terjadi, tetap lakukan perawatan rumahan atau segera konsultasikan dengan dokter.

11. Hindari merokok

Hampir semua masalah kesehatan dapat ditimbulkan oleh rokok. Bibir gelap juga merupakan salah satu kerusakan mencolok yang terlihat akibat rokok. Oleh karena itu, kurangi rokok yang dihisap atau berhenti lebih baik lagi.

12. Perawatan kimia

Untuk mencerahkan bibir yang gelap atau hitam juga dapat menggunakan perawatan kimia. Perawatan ini sering melibatkan penggunaan hidrokuinon dan asam kojic yang dapat menghambat enzim tiroinase. Sebaiknya lakukan perawatan ini setelah berkonsultasi dan dengan pengawasan dokter, untuk menghindari efek yang lebih serius.

13. Hindari kafein

Cara mengatasi bibir kering dan hitam adalah dengan mengurangi konsumsi kafein. Salah satu minuman berkafein yang mungkin banyak digemari misalnya kopi. Karena kafein dapat membuat dehidrasi yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi. Sebaiknya konsumsi minuman kaya air seperti lemon dan mentimun.

14. Pilih kosmetik yang tepat

Hati-hati saat akan memilih kosmetik yang akan digunakan. Pada bibir biasanya menggunakan lipstik, lipgloss atau lip balm. Perhatikan saat memilih barang tersebut, karena bahan kimia yang dikandungnya bisa membuat bibir menjadi gelap. Pastikan aman dan pilih merek terpercaya atau menggunakan banyak bahan alami.

Selain itu, apabila sering menggunakan make up dalam aktivitas sehari-hari juga perlu diperhatikan. Cucilah muka secara keseluruhan terlebih dahulu sebelum tidur. Jangan langsung tidur karena residu kimia dalam kosmetik warna dapat mempengaruhi kulit dan seiring waktu menggelapkan bibir.

15. Hindari alergi

Jika menggunakan kosmetik atau pasta gigi yang membuat iritasi pada bibir sebaiknya berhenti menggunakannya. Gunakan lebih banyak bahan alami dan lebih sedikit bahan kimia. Misalnya jika fluoride dalam pasta gigi menyebabkan bibir menjadi gelap, maka pertimbangkan untuk mengubah merek.

Apabila tidak yakin alasan bibir kering dan hitam, sehingga bingung untuk melakukan perawatan atau menghindari penggunaan kosmetik dan lainnya. Segera hubungi dokter untuk diperiksa, apalagi jika memiliki kombinasi warna yang tidak biasa, gatal, merah, nyeri tekan atau berdarah.